MADYA POS.COM

Minggu, 04 Maret 2012

Dispenda M-I-MARET-2012 -& BERITA BOLA API

DISPENDASU M -I MARET 2012


Iklan Dispendasu









============================================================




Bola Api Besar di Langit Hebohkan Warga Inggris


Bola api besar di Inggris (Graeme Whipps/Daily Mail)

London (mp.c) Sebuah meteor yang cukup besar dan menyala terang melintasi langit Inggris. Peristiwa ini membuat warga Inggris heboh juga panik. Beberapa orang mengira meteor tersebut merupakan pesawat terbang yang jatuh terbakar.

Kepolisian di sejumlah wilayah Inggris telah mendapat banyak telepon dari warga yang mengaku melihat bola api besar di langit. Laporan diterima oleh Kepolisian mulai dari wilayah Skotlandia, wilayah utara hingga selatan Inggris, sekitar pukul 21.40 waktu setempat.

Para pengguna Twitter di Inggris juga sibuk melaporkan soal meteor tersebut. Melihat begitu terangnya nyala api meteor tersebut, tidak sedikit warga yang menduga ada kecelakaan pesawat di udara. Namun, demi menenangkan warga, Kepolisian Metropolitan menyampaikan keterangan melalui akun twitternya.

"Halo semuanya, bagi siapupun yang melihat sesuatu di langit malam, kami yakin itu adalah sebuah meteorit," jelas Kepolisian Metropolitan dalam akun twiternya, seperti dilansir Daily Mail, Senin (5/3/2012).

Secara terpisah, Pusat Pengamatan Astronomi Kielder juga menegaskan bahwa sebuah meteor yang cukup besar melintas dari utara ke selatan di wilayah Northumberland, Inggris bagian timur laut. "Selama 30 tahun mengamati angkasa, itu bola api terbesar yang pernah saya lihat," tutur mereka dalam akun twitternya.

Menurut seorang ahli astronomi dan penulis buku, Dr David Whitehouse, meteor tersebut bisa bertahan dalam ukuran besar usai menembus atmosfer bumi. Whitehouse menduga, meteor tersebut berukuran sebesar kepalan tangan dan merupakan puing-puing dari sebuah planet yang tidak terbentuk sempurna.

"Melihat dari tingkat terangnya, mungkin ukuran meteor itu cukup besar dan menabrak bumi tapi tidak diketahui di mana jatuhnya," tuturnya.

"Itu merupakan bongkahan batu yang mungkin berasal dari suatu lokasi di antara Mars dan Jupiter, yang telah berada di luar angkasa selama ribuan tahun lamanya. Terdapat puluhan ribu bongkahan batu dan butiran pasir yang mengorbit di antara Mars dan Jupiter. Beberapa di antaranya keluar dari orbit dan kemudian menghantam bumi," imbuh Whitehouse.

Meteor merupakan partikel luar angkasa yang terbakar dalam kilatan cahaya ketika memasuki atmosfer bumi. Sedangkan meteorit merupakan objek yang lebih besar yang mampu bertahan dan mencapai lapisan bumi. (Novi Christiastuti Adiputri - (nvc/ita) dc)







0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda