MADYA POS.COM

Jumat, 06 Juli 2012

Kadis Disbudpar Provsu, Drs.Nahruddin Dalimunthe,MSp


                        Kadis Disbubpar Provsu Drs.Naruddin Dalimunthe, MSp :


round-color: red; color: yellow; text-align: justify;">
Dampak Hasil  dari  Jasa Publikasi Promosi dan Iklan Keindahan Alam dan Budaya di Sumatera Utara Sangat  Menambah   Kunjungan   Manca Negara
       
* Pekerjaan Penayangan Jasa Promosi/Iklan  ditenderkan   Lewat alat  Electronik LPSE, yang  terbuka untuk Umum




Medan, (Madya Pos.com)
Kepala Dinas Kebudayan dan  Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara, Drs.Naruddin Dalimunthe,MSp,  (fhoto) menyatakan, dana program kegiatan untuk jasa  Publikasi atau periklanan , di dalam mempromosikan dan menampilkan keuindahan alam dan budaya serta keunikan  sumatera utara hasilnya sangat menambah kunjungan dari manca negara.

Hal itu  terbukti dari hasil Sumber data BPS (Badan Pusat statistik)  Sumut,menunjukan angka  jumlah wisatawan manca negara yang telah mengunjungi Sumatera Utara dari sample sepululuh  negara yakni dari  kebangsaan  1.Malaysia, 2, Singapore, 3.Belanda, 4..RRC, 5. Amerika Serikat.6.. Australia, 7.Inggris. 8..Jerman. 9 Thailand. dan 10. Taiwan. Danlain-lain, di tahun 2011,mencapai angka   sejumlah 223.126, sedangkan pada tahun 2010 hanya, 191.466 , hal ini jelas terbukti mengalami kenaikan yang siknifikan,” “ujar Naruddin baru-baru ini di ruang kerjanya. Ia juga meminta hasil dari penunjukan dan tayangan iklan itu supaya dibuka dan diperlihatkan dan di tonton bersama-sama. .


Dikatakan dalam tahun berjalan (2012) ini   manca negara yang mengunjungi sumatera utara juga mengalami kenaikan,yang siknifikan,  yakni, pada bulan Januari , jumlah wisman, 18.139, Februari 17.580  dan Maret cukup  mengalami kenaikan dengan jumlah wisman yang berkunjung  22.123., jumlah ini  menunjukan peningkatan  , hal itu terbukti dari hasil tayangan promosi iklan

Dikatakan promosi dan iklan yang ditayangkan itu, jauh lebih baik hasilnya  seperti  lewat TV Metro  Discovery, Universal, Electronik,  Note Book, dan lain- sebagainya, yang bertujuan,  bagaimana manca Negara di dunia  yang berkunjung bisa menikmati  ke indahan alam di sumatera utara, seperti alam di Danau Toba, Brastagi, dan lainnya merupakan tempat yang baik bagi turis yang sekaligus menikmati lingkungan alam.di sumatera utara

Selain itu juga manca negara dapat mengenal  kultur kebudayaan seperti  Gondang sembilan, Tor-tor, Panerogo, Kuda Gepang  dan lain sebagainya. Kegiatan ini dilakukan juga dalam upaya  untuk mengenjot  pemasukan  pendapatan  dari sektor Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Sumatera Utara


Namun diakui Dia, untuk anggaran biaya promosi itu menelan  biaya berkisar
Rp. 4,5 M (empat setengah miliar )  yang bersumber dari dana APBD.  TA 2011. .melihat dari biaya jasa publikasi  promosi/iklan   ini  pihak Disbudpar Provsu, yang   ditenderkan / diumumkan lewat alat  Electronik LPSE

            Yang terbuka bagi  umum (Public) namun , setelah dilakukan tender yang cukup maksimal  dengan  prosedur dan ketentuan undang-undang  yang berlaku.,  Pekerjaan    itu  dimenangkan PT SCM (Salita Citra Mandiri) yang berkedudukan di Jakarta

Bahkan pihak Disbudpar Provsu dalam melakukan tender dengan menggunakan alat electronic  lewat program LPSE  itu  dilakukan secara electrronik 100 persent, hal itu memang harus dilakukan secara terbuka untuk umum dan fair.,sehinga  tidak ada istilah dan kesan   tutup menutupi,dan yang diistimewakan   “ yah silahkan saja masyarakat luas mengetahuinya bahwa tender untuk jasa publikasi/ promosi iklan di Disbudpar Provsu, dilakukan dan dilaksakanan lewat  electronic program  LPSE,agar masyarakat luas  tahu , sehingga tidak ada kesan yang pilih kasih dan di istimewakan , semua dilakukan apa adanya “  Jelas  Naruddin  

            Sementara itu Pihak PT SCM, Marlon Nainggolan, menyatakan, tayangan iklan Disbudpar Provsu berjalan sukses dan dapat memberikan yang cukup  positif , sehingga turis  manca negara yang  mengunjungi keindahan alam di sumatera utara dan juga  berbagai  kultrur dan kebudayaan di Sumatera Utara, sangat dirasakan keunikannya yang  memberikan kesan khusus.

 Dikatakan pihaknya  ikut tender tetap memenuhi ketentuan dan prosedur serta  mekanismen yang ada, “ kita tetap ikut dalam meknisme dan prosedur tender yang ditentukan pihak Disbudpar Provsu,  tender tetap terbuka dan fair untuk umum  ini tanpa ada yang diistimewakan dan  dikecualikan” Kata Marlon Naingolan. Seraya menyatakan biaya anggaran Promosi iklan di Disbubpar Provsu  hanya berkisar Rp. 4,5 miliar, ini cukup kecil jika dibandingkan untuk biaya promosi dan iklan di Sulawesi, yang jauh besar nilainya, yakni berkisar Rp. 9 Miliar.” Tambah Marlon. (n.01)

  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda