Kadis Disbudpar Provsu, Drs.Nahruddin Dalimunthe,MSp
Kadis Disbubpar Provsu Drs.Naruddin Dalimunthe, MSp :
round-color: red; color: yellow; text-align: justify;">
Dampak Hasil dari Jasa Publikasi Promosi dan Iklan Keindahan Alam dan Budaya di Sumatera Utara Sangat Menambah Kunjungan Manca Negara
* Pekerjaan Penayangan Jasa Promosi/Iklan ditenderkan Lewat alat Electronik LPSE, yang terbuka untuk Umum
Medan, (Madya Pos.com)
Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara, Drs.Naruddin Dalimunthe,MSp, (fhoto) menyatakan, dana program kegiatan untuk jasa Publikasi atau periklanan , di dalam mempromosikan dan menampilkan keuindahan alam dan budaya serta keunikan sumatera utara hasilnya sangat menambah kunjungan dari manca negara.
Hal itu terbukti dari hasil Sumber data BPS (Badan Pusat statistik) Sumut,menunjukan angka jumlah wisatawan manca negara yang telah mengunjungi Sumatera Utara dari sample sepululuh negara yakni dari kebangsaan 1.Malaysia, 2, Singapore, 3.Belanda, 4..RRC, 5. Amerika Serikat.6.. Australia, 7.Inggris. 8..Jerman. 9 Thailand. dan 10. Taiwan. Danlain-lain, di tahun 2011,mencapai angka sejumlah 223.126, sedangkan pada tahun 2010 hanya, 191.466 , hal ini jelas terbukti mengalami kenaikan yang siknifikan,” “ujar Naruddin baru-baru ini di ruang kerjanya. Ia juga meminta hasil dari penunjukan dan tayangan iklan itu supaya dibuka dan diperlihatkan dan di tonton bersama-sama. .
Dikatakan dalam tahun berjalan (2012) ini manca negara yang mengunjungi sumatera utara juga mengalami kenaikan,yang siknifikan, yakni, pada bulan Januari , jumlah wisman, 18.139, Februari 17.580 dan Maret cukup mengalami kenaikan dengan jumlah wisman yang berkunjung 22.123., jumlah ini menunjukan peningkatan , hal itu terbukti dari hasil tayangan promosi iklan
Dikatakan promosi dan iklan yang ditayangkan itu, jauh lebih baik hasilnya seperti lewat TV Metro Discovery, Universal, Electronik, Note Book, dan lain- sebagainya, yang bertujuan, bagaimana manca Negara di dunia yang berkunjung bisa menikmati ke indahan alam di sumatera utara, seperti alam di Danau Toba, Brastagi, dan lainnya merupakan tempat yang baik bagi turis yang sekaligus menikmati lingkungan alam.di sumatera utara
Selain itu juga manca negara dapat mengenal kultur kebudayaan seperti Gondang sembilan, Tor-tor, Panerogo, Kuda Gepang dan lain sebagainya. Kegiatan ini dilakukan juga dalam upaya untuk mengenjot pemasukan pendapatan dari sektor Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara
Namun diakui Dia, untuk anggaran biaya promosi itu menelan biaya berkisar
Rp. 4,5 M (empat setengah miliar ) yang bersumber dari dana APBD. TA 2011. .melihat dari biaya jasa publikasi promosi/iklan ini pihak Disbudpar Provsu, yang ditenderkan / diumumkan lewat alat Electronik LPSE
Yang terbuka bagi umum (Public) namun , setelah dilakukan tender yang cukup maksimal dengan prosedur dan ketentuan undang-undang yang berlaku., Pekerjaan itu dimenangkan PT SCM (Salita Citra Mandiri) yang berkedudukan di Jakarta
Bahkan pihak Disbudpar Provsu dalam melakukan tender dengan menggunakan alat electronic lewat program LPSE itu dilakukan secara electrronik 100 persent, hal itu memang harus dilakukan secara terbuka untuk umum dan fair.,sehinga tidak ada istilah dan kesan tutup menutupi,dan yang diistimewakan “ yah silahkan saja masyarakat luas mengetahuinya bahwa tender untuk jasa publikasi/ promosi iklan di Disbudpar Provsu, dilakukan dan dilaksakanan lewat electronic program LPSE,agar masyarakat luas tahu , sehingga tidak ada kesan yang pilih kasih dan di istimewakan , semua dilakukan apa adanya “ Jelas Naruddin
Sementara itu Pihak PT SCM, Marlon Nainggolan, menyatakan, tayangan iklan Disbudpar Provsu berjalan sukses dan dapat memberikan yang cukup positif , sehingga turis manca negara yang mengunjungi keindahan alam di sumatera utara dan juga berbagai kultrur dan kebudayaan di Sumatera Utara, sangat dirasakan keunikannya yang memberikan kesan khusus.
Dikatakan pihaknya ikut tender tetap memenuhi ketentuan dan prosedur serta mekanismen yang ada, “ kita tetap ikut dalam meknisme dan prosedur tender yang ditentukan pihak Disbudpar Provsu, tender tetap terbuka dan fair untuk umum ini tanpa ada yang diistimewakan dan dikecualikan” Kata Marlon Naingolan. Seraya menyatakan biaya anggaran Promosi iklan di Disbubpar Provsu hanya berkisar Rp. 4,5 miliar, ini cukup kecil jika dibandingkan untuk biaya promosi dan iklan di Sulawesi, yang jauh besar nilainya, yakni berkisar Rp. 9 Miliar.” Tambah Marlon. (n.01)
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda