MADYA POS.COM

Sabtu, 29 September 2012

DISPENDASU M--II AGUSTUS & BERITA STRES


 IKLAN & berita  kesehatan



DISPENDASU M-II AGUSTUS 2012











KESEHATAN


Obat Stress Paling Manjur

OPINI Kompasianer menilai menarik
Pasti kita semua pernah mengalami yang satu ini: stress. Entah karena urusan pekerjaan atau karena persoalan lainnya, kita (tanpa pandang bulu siapa diri kita, baik petani, pedagang, pelajar, maupun pengusaha) pasti pada saat tertentu harus ketemu dan merasakan pening di kepala dan kadang ditemani mual di perut karena stress. Anda juga kan? Iya, saya juga. Sering malah. :D
Nah, seperti halnya saya, saya yakin Anda pun pada saat tertimpa stress menginginkan obat yang sangat manjur untuk menghilangkannya. Ya siapa sih yang mau terus-terusan merasakan kepala berdenyut tak karuan, jantung berdebar tak beraturan, dan perut mual tak terkira? Pasti tidak ada. Semua orang di dunia ini termasuk saya dan Anda menginginkan kehidupan yang penuh kebahagiaan. Kita ingin senantiasa tertawa. Kalau perlu hingga berjumpalitan. Tak ada di antara kita yang ingin terus menangis dan berurai air mata. Dan stress benar-benar membuat kita tidak bisa tertawa. Sebaliknya stress hanya bisa membuat kita menangis. Jadi, sangat wajar jika kita semua sangat menginginkan obat untuk mengusir stress.
Tapi, apakah di dunia ini ada obat untuk stress? Kalau ada, bisa dibeli di mana? Harganya berapa?
Eits, jangan terlalu terburu nafsu seperti itu. Tahukah Anda, justru sikap semacam inilah yang membuat Anda menjadi stress. Dengan sikap seperti ini, selalu terburu nafsu, jangan harap Anda bisa lepas dari stress yang mengganggu hidup Anda. Karena itu, jika saat ini Anda sedang stress dan benar-benar ingin menghilangkan stress Anda, langkah awal yang harus Anda tempuh adalah mengubah sikap Anda. Sekali lagi, jangan terburu nafsu. Bersabarlah.
Baiklah, sebelum saya menyebutkan jenis obat yang manjur untuk menghilangkan stress, terlebih dahulu izinkan saya menjelaskan definisi dan penyebab stress. Hanya dengan memahami definisi dan penyebab stress kita bisa mencari obatnya. Jadi, bacalah artikel ini secara seksama.
Menurut definisi, stress adalah gangguan atau kekacauan mental atau emosional yang muncul karena tanggapan terhadap suatu keadaan yang umumnya menekan. Sejalan dengan definisi ini maka seseorang dikatakan mengalami stress jika mental dan emosinya terganggu. Dan yang umumnya bisa menggangu dan mengacaukan mental serta emosi seseorang adalah keadaan yang menekan.
Lalu, seperti apa sih keadaan yang menekan itu? Keadaan yang menekan adalah keadaan dimana kita dituntut atau tertuntut untuk bertindak atau berpikir lebih keras daripada biasanya. Misalnya, jika pada hari-hari biasa seorang wartawan diharuskan membuat dua berita dan suatu ketika dia dituntut untuk membuat lima berita, maka keadaan dimana ia diminta membuat lima berita itulah yang disebut keadaan menekan. Kenapa? Karena dalam keadaan seperti itu ia harus berpikir dan bertindak lebih keras. Jika tidak kuat, maka si wartawan akan dengan mudah jatuh ke dalam jurang stress.
Nah, sampai di sini kita sudah mengetahui apa itu stress dan apa yang seringkali menyebabkannya. Maka sudah tiba saatnya kita mulai membahas bagaimana mengatasi atau mencegahnya. Akan tetapi sebelumnya akan lebih baik jika kita bahas terlebih dahulu isi pikiran orang yang sedang stress.
”Tuhan memang tidak menyayangiku”, ”Tidak ada satu orang pun yang peduli denganku”, ”Hidup ini begitu kejam, kenapa semuanya begitu menyiksa”, ”Kenapa mereka tetap tidak mau mengerti”, ”Dari pada hidup begini, lebih baik aku mati.”
Saya yakin kalimat-kalimat seperti di atas dan yang sejenisnya akan berseliweran di kepala kita pada saat kita stress. Dengan mencermati kalimat-kalimat di atas, kita bisa memahami pikiran orang-orang yang sedang stress. Seperti bisa Anda sekalian lihat, kalimat-kalimat di atas memiliki dua ciri yakni 1) bernada negatif dan 2) berupa keluhan. Nah, begitu pula lah isi kepala orang-orang yang sedang stress: berpikir negatif dan mengeluh. Dan ini lah kunci obat penyembuh stress yang sedang kita bicarakan ini. Penasaran? Teruslah membaca (sedikit lagi kok.. :D ).
Sebetulnya, ramuan obat anti stress atau obat penyembuh stress ini tidak lah rumit. Dua bahan saja sudah cukup untuk membuat obat ini. Tidak perlu berlama-lama lagi, dua bahan obat penyembut stress ini adalah kebalikan dari dua ciri orang stress di atas. Apakah itu? Well, 1) berpikir positif, dan 2) tidak mengeluh. Anda tidak percaya? Baiklah, baca dulu penjelasan saya.
Di atas sudah disinggung bahwa stress adalah gangguan atau kekacauan mental atau emosi yang umumnya disebabkan oleh keadaan yang menekan. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kenapa mental atau emosi kita bisa kacau. Apakah karena keadaan yang menekan itu? Tentu tidak karena bisa jadi dalam keadaan yang sama dua orang bisa memiliki pengalaman mental yang berbeda. Yang satu bisa jadi mengalami kekacauan mental, sedangkan yang lainnya bisa jadi tidak merasakan apa-apa dan tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Kenapa bisa berbeda? Karena pikiran mereka berbeda. Yang satu merespon keadaan tersebut dengan pikiran negatif, sedangkan yang lain merespon dengan pikiran biasa atau pikiran positif.
Jadi, obat pencegah dan penyembuh stress yang paling manjur adalah senantiasa berpikir positif.
Sekedar tambahan, ulasan di atas juga saya sandarkan pada salah satu ayat Al Qur’an yang artinya “Barang siapa bersyukur, maka akan Ku-tambah nikmat-Ku. Dan barang siapa ingkar, maka sesungguhnya adzab-Ku sangatlah pedih.” (int)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda