MADYA POS.COM

Kamis, 14 Maret 2013

Gubsu Definitif- Pakai APBN- Calon Deputi Gubernur BI-Dis.M-III


Selamat & Sukses, Kepada
    Bapak Gatot Pujo Nugroho,ST

 Resmi dilantik sebagai  Gubernur Sumatera Utara (Definitif), disisa masa jabatan 2008-2013, melalui Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Kamis, 14 Maret 2013
Gatot Pujo Nugroho - Tengku Erry& Atas TerpilihnyaBapak GATOT PUJO NUGROHO,ST, sebagai GUBSU, & Bapak T. ERY NURYADI, Sebagai Wagubsu, lima Tahun Mendatang


Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Senantiasa Memberikan Perlindungan dan Kesehatan untuk Memimpin di  Provinsi Sumatera Utara
dari:                        PDAM TIRTANADI MEDAN


Ir. Azzam Rizal, M.Eng
     Direktur Utama








ralat berita

Bayar Diyat TKI Pakai APBN Dikhawatirkan Timbulkan Polemik Baru


Jakarta (mp.c)- Pembayaran uang diyat (uang tuntutan korban) bagi TKI yang terancam hukuman mati bisa menuai polemik. Bagaimana tidak, uang diyat yang dibayarkan oleh pemerintah merupakan uang dari pajak negara.

Hal itu diungkapkan oleh pakar hukum Islam asal UIN Syarif Hidayatullah Amin Sukma, dalam Rapat Koordinasi Penanganan Kasus TKI yang Terancam Hukuman Mati di Gedung Diklat Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jl Sisingamangaraja, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

"Kalau hal itu terus dibebankan ke APBN, nanti orang-orang yang kena pidana bisa menuntut itu. Bagaimana tidak, mereka TKI yang dari Arab pulang dengan uang banyak sedangkan yang di Indonesia hidup miskin tapi perlakuannya beda. Jelas hal ini membuat kericuhan baru," ujar Amin.

Oleh karena itu, Amin menyarankan agar uang diyat juga dibebankan kepada TKI-TKI ataupun kepada penyalur TKI. Dengan demikian, penggunaan APBN untuk pembayaran uang diyat dapat ditekan ataupun dihilangkan.

"Bisa gunakan sistem tanggung renteng. Semacam kesetiakawanan antar TKI, minimal itu sumbangan dengan sepersekian Riyal bisa mengurangi beban negara," paparnya.

Selain itu, dia juga menyarankan agar para TKI yang ingin bekerja keluar negeri haruslah sesuai pendidikan dan kejuruan sesuai profesinya. Dengan demikian, hal itu akan membuat TKI menjadi tenaga profesional.

"Misalnya mereka yang berangkat haruslah berlatar belakang pendidikan pramuwisma, hal itu akan memberikan dampak positif," ungkapnya.(dtc)

Ujian Calon Deputi Gubernur BI

Perry Warjiyo Janji Kendalikan Inflasi dan Suku Bunga Rendah


Jakarta (mp.c)- Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI DPR. Perry yang merupakan Asisten Gubernur BI ini menawarkan 6 agenda khusus kebijakan BI ke depan.

"Saya meyakini penerapan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akan menjadi landasan kokoh untuk mewujudkan visi baru BI ke depan. Fokus utama kebijakan moneter perlu diarahkan pada inflasi yang rendah dan stabilitas nilai tukar Rupiah. Ini perlu respon kebijakan suku bunga yang tepat, didukung oleh koordinasi dengan Pemerintah (Pusat dan Daerah) yang erat," jelas Perry.

Perry menyampaikan hal ini secara langsung di depan para Anggota Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Kamis (14/3/2013). Ia menjelaskan kebijakan moneter tersebut perlu diintegrasikan dengan kebijakan makroprudensial untuk mengelola risiko sistemik dan fungsi intermediasi perbankan agar stabilitas sistem keuangan dan stabillitas moneter tetap terjaga.

Perry menyampaikan 6 misi yang akan dilakukan Bank Indonesia ke depan. Yang menjadi fokus Perry adalah mengenai kebijakan pengendalian inflasi dan suku bunga rendah.

"Saya mempunyai komitmen kuat dalam pengendalian inflasi dan kebijakan suku bunga rendah. Hal ini penting tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, tetapi juga kesejahteraan masyarakat," jelas Perry.

Dengan penerapan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, tidak semua beban pengendalian inflasi diletakkan pada kebijakan suku bunga agar suku bunga tetap rendah.

"Terkait dengan suku bunga kebijakan, saya berkeyakinan suku bunga BI-Rate yang sejak Februari 2012 dipertahankan pada level 5,75% masih konsisten dengan pencapaian sasaran inflasi 4.5%±1% dan mendukung pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Berikut 5 agenda lain yang menjadi misinya.



  1. Stabilisasi nilai tukar Rupiah dan pendalaman pasar keuangan
  2. Penguatan kebijakan makroprudensial dan koordinasi dengan OJK
  3. Pemberdayaan sektor riil, UMKM dan ekonomi daerah
  4. Penguatan koordinasi dengan Pemerintah dan komunikasi kebijakan
  5. Penguatan organisasi dan sumber daya manusia

"Saya merasakan masa transisi dan pengalihan pengawasan bank ke OJK, di tengah tantangan berat BI menjaga kesinambungan perekonomian nasional dari dampak berlanjutnya krisis global, merupakan masa-masa yang sulit dan menentukan," ungkapnya.

"BI akan memasuki babak baru dengan visi dan misi, strategi kebijakan, serta organisasi dan SDM yang perlu diperkuat. Saya berkeyakinan 6 (enam) agenda kebijakan yang saya ajukan di atas akan menjadi landasan kokoh bagi BI ke depan," tutup Perry.

Anggota Komisi XI, Arif Budimanta mengungkapkan terdapat dua pemaparan Perry yang cukup bagus diterapkan BI.

"Pertama adalah pendalaman finansial melalui manajemen devisa yang pro ekonomi nasional dan kemudian penjagaan stabilitas nilai tukar yang bermuara kepada stabilitas harga melalui pendekatan pengelolaan multipurpose," tutur Arif.

"Menurut saya beliau sangat layak untuk menjadi Deputi Gubernur BI dalam menghadapi dinamika perubahan strategi ekonomi global saat ini," tegas Arif.(dtc)

 DISPENDASU M. III MARET 2013


 
 Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda
 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------







Siap-siap, Mulai 1 April Tarif Listrik Naik Lagi 4,3%

Rista Rama Dhany - detikfinance
Kamis, 14/03/2013 13:14 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame
Jakarta (mp.c)- Mulai 1 April 2013 pemerintah tetap akan memberlakukan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) tahap ke-2 sebesar 4,3%, kenaikan TTL tahap. Walaupun hingga sampai saat ini beberapa golongan terutama industri masih menentang kenaikan tarif listrik tersebut.

"Iya, 1 April nanti kita tetap akan naikan tarif listrik periode ke-2 yakni sebesar 4,3%," kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman ketika ditemui di Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (14/3/2013).

Dikatakan Jarman, walaupun beberapa pihak seperti industri sampai saat ini keberatan dengan kenaikan tarif listrik, namun selama periode 1 kenaikan tarif listrik berjalan lancar dan tidak ada keterlambatan pembayaran.

"Ya memang mereka (industri) masih keberatan, tapi buktinya sampai saat ini tidak ada tunggakan pembayaran khususnya dari industri, semuanya berjalan lancar-lancar saja," ungkapnya.

Apalagi kenaikan tarif listrik periode pertama pada 1 Januari 2013, dampak terhadap inflasi sangat kecil yakni hanya 0,1%.

"Apalagi kenaikan listrik kemarin dampak inflasinya juga sangat kecil tidak lebih dari 0,1%, dimana kalau total tahun ini kita naikan 15% tarif listrik secara bertahap, dampak inflasinya hanya sebesar 0,3% saja," ucap Jarman.

Namun kalau kenaikkan tarif listrik tahap ke-2 ini sangat membebani industri, Kementerian ESDM merekomendasikan kepada industri agar berbicara kepada PLN untuk melakukan pencicilan pembayaran tagihan listrik.

"Kalau berat bagi industri kan bisa dicicil, tinggal bicara dengan PLN saja," tandasnya.

Seperti diketahui tahun ini pemerintah melakukan kebijakan kenaikan tarif listrik sebesar 15%, namun dilakukan secara bertahap yakni per triiwulan sebesar 4,3%. Kenaikan tahap 1 sudah dilakukan pada 1 Januari lalu dan tahap 2 akan dilakukan pada 1 April ini.

Kenaikan tarif listrik ini tidak berlalu bagi pelanggan rumah tangga dan industri kecil dengan daya 450 Volt amper dan 900 volt amper, sementara beberapa golongan seperti mal dan hotel tidak mendapatkan subsidi listrik lagi dari pemerintah.




KESEHATAN


HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Batu Ginjal, Penyebab dan Pencegahannya

Sakit pinggang terjadi bila batu yang mengadakan obstruksi berada di dalam ginjal. Sedangkan, rasa sakit yang parah pada bagian perut terjadi bila batu telah pindah ke bagian ureter. Mual dan muntah selalu mengikuti rasa sakit yang berat. Penderita batu ginjal kadang-kadang juga mengalami panas, kedinginan,adanya darah di dalam urin bila batu melukai ureter, distensi perut, nanah dalam urine.
DALAM istilah kedokteran, batu ginjal disebut Nephrolithiasis atau renal calculi. Batu ginjal adalah suatu keadaan terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis atau calyces dari ginjal atau di dalam saluran ureter. Pembentukan batu ginjal dapat terjadi di bagian mana saja dari saluran kencing, tetapi biasanya terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal, yaitu di pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis. Batu dapat terbentuk dari kalsium, fosfat, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut di dalam urine.
Batu ginjal bervariasi ukurannya, dapat bersifat tunggal atau ganda. Batu-batu tinggal dalam pasu ginjal atau dapat masuk ke dalam ureter dan dapat merusak jaringan ginjal. Batu yang besar akan merusak jaringan dengan tekanan atau mengakibatkan obstruksi, sehingga terjadi aliran kembali cairan. Kebanyakan batu ginjal dapat terjadi berulang-ulang.
Apakah penyebabnya? Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1.000 orang, biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-50 tahun) ketimbang wanita. Juga banyak dijumpai di daerah tertentu. Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu. Penyebab lain adalah infeksi, adanya obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan kadar asam urat (biasanya bersamaan dengan radang persendian), kerusakan metabolisme dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh, terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak memakan kalsium.
Gejala
Walaupun besar dan lokasi batu bervariasi, rasa sakit disebabkan oleh obsruksi merupakan gejala utama. Batu yang besar dengan permukaan kasar yang masuk ke dalam ureter akan menambah frekuensi dan memaksa kontraksi ureter secara otomatis. Rasa sakit dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul, kemudian ke alat kelamin luar. Intensitas rasa sakit berfluktuasi dan rasa sakit yang luar biasa merupakan puncak dari kesakitan. Apabila batu berada di pasu ginjal dan di calix, rasa sakit menetap dan kurang intensitasnya. Sakit pinggang terjadi bila batu yang mengadakan obstruksi berada di dalam ginjal. Sedangkan, rasa sakit yang parah pada bagian perut terjadi bila batu telah pindah ke bagian ureter. Mual dan muntah selalu mengikuti rasa sakit yang berat. Penderita batu ginjal kadang-kadang juga mengalami panas, kedinginan, adanya darah di dalam urin bila batu melukai ureter, distensi perut, nanah dalam urine.
Bagaimanakah diagnosisnya? Dokter akan menanyakan gejala yang dialami, kemudian melakukan tes sebagai berikut:
1.Foto sinar X dari ginjal, ureter, dan kandung kemih untuk menunjukkan adanya batu ginjal.
2.Ultrasound ginjal, merupakan tes noninvasif yang mempergunakan gelombang frekuensi tinggi akan mendeteksi obstruksi dan perubahannya.
3.Pemberian intravena zat pewarna dan scan memberi konfirmasi diagnosis dan menentukan ukuran dan lokasi batu ginjal.
4.Analisis batu untuk mengetahui kandungan mineralnya.
5.Analisis kultur urine untuk menunjukkan jenis bakteri penyebab infeksi, dan lain-lain.
Mencegah dan mengobati
Bagaimanakah pengobatannya? Karena 90% dari batu ginjal berdiameter kurang dari 5 mm, biasanya cukup diberi air rebusan dari tumbuhan Desmodium stryracifulium dan diberi minum 6 – 8 gelas air per hari, diberi antibiotika untuk mencegah infeksi, serta obat pengurang rasa sakit. Pada umumnya batu akan keluar dalam waktu 5 – 10 hari.
Apabila batu terlalu besar untuk dikeluarkan secara alamiah, operasi dapat dikerjakan. Apabila batu berada di ureter, sistoskopi dapat digunakan melalui uretra dan batu dimanipulasi dengan kateter. Pengeluaran batu dari daerah lainnya (pada calix dan pelvis) memerlukan operasi dari samping atau perut bagian bawah. Prosedur yang disebut percutaneus ultrasonic lithotripsy dan extracorporeal shock wave lithotripsy akan memecah batu ginjal menjadi fragmen kecil-kecil, sehingga dapat dikeluarkan secara alamiah atau dengan pengisapan.
Untuk pencegahan batu ginjal, sebaiknya sering minum air rebusan tumbuhan Desmodium stryracifolium, atau dianjurkan mengurangi makan kalsium, diberi obat untuk mencegah pembentukan batu asam urat, dan vitamin C yang memberi keasaman kepada urine. Apabila kelenjar paratiroid juga termasuk penyebabnya, dokter akan merekomendasi tindakan paratiroidektomi (kelenjar paratiroid diangkat).
Prognosisnya: batu ginjal sering menimbulkan gejala rasa sakit yang hebat, tapi biasanya setelah dikeluarkan tidak menimbulkan kerusakan permanen. Memang sering terjadi kambuh lagi, terutama bila tidak didapatkan penyebabnya dan diobati.
Komplikasinya:
1. Timbul kembali batu ginjal.
2. Infeksi saluran urine.
3. Penyumbatan pada ureter.
4. Kerusakan sebagian jaringan ginjal.
5. Menurunnya atau hilangnya fungsi ginjal yang terkena.
(dr. Drs. Hadipratomo Y, sarjana biologi dan dokter umum).***(int)





----------------------------------------------------------------------------------------------------------


6 Manfaat dari daun pepaya untuk tubuh manusia









daun-pepayaDaun pepaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Jangan salah paham dibalik rasa pahitnya ternyata menyimpan khasiat yang begitu banyak. Dan apa sajakah itu? Kita tahu kalau buah pepaya juga bagus untuk tubuh, namun daunnya juga tidak boleh diremehkan.
Berikut beberapa manfaat daun pepaya yang wajib anda tahu :
1. Sebagai Obat jerawat.
Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.
2. Manfaat Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
3. Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
4. Demam berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!
5. Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.
6.Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).(int)





KATA-KATA  BIJAK





Kesuksesan bukan akhir, kegagalan bukan hal yang fatal, namun keberanian menghadapinya adalah yang penting – Winston Churchill 


Ketika anda harus membuktikan sesuatu, tidak ada yang lebih hebat dari pada sebuah tantangan
-Rifhi-

 Cara memotivasi yang baik adalah katakan KENAPA seseorang harus melakukan sesuatu daripada BAGAIMANA cara dia harus melakukannya.(Merry Riana)


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda