MADYA POS.COM

Rabu, 03 April 2013

PPK Rawan Korupsi- M.I/APRIL.






PPK, PPTK, dan Bendahara Proyek, Pejabat yang Sangat  Rawan Terindikasi Korupsi




Tanjung Balai (mp.c)
Penangan pekerjan proyek tidak terlepas dari tangung jawab kepala Satuan  Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku Penguna Anggaran (PA) , Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ,dan  Pejabat  Pelaksanan Teknis  Kegiatan (PPTK), Bendahara serta Pelaksana proyek, pejabat ini , sangat rawan terindikasi  Korupsi
          Bahkan bisa juga pengusaha dalam menangani pekerjaan tersebut terseret ke pegadilan guna mempertanggungjawabkan keuangan negara,akibat menyalahi aturan dan teknis pekerjaan

Seperti halnya, belum lama ini, sesuai  laporan masyarakat terhadap dugaan penyimpangan  proyek lanjutan  revitalisasi saluran kanan dan kiri  di jalan Sudirman Kota Tanjung Balai (yang dijuluki kota kerang,red)

Proyek ini menganggarkan Rp.2,4 miliar yang bersumber dari dana BDB TA 2012, dari seputar pekerjaan ini beberapa pejabat yang terkait terpaksa berurusan dengan pihak Kejaksaan Negeri Tanjung (Kejari) Tanjung Balai.

Menurut data yang diperoleh, Tim Pidsus dipimpin Kasi Pidsus  Ahmad  P Hasibuan,SH memeriksa   pihak Pekerjaan Umum (PU)  yakni, PPTK berinisial, Say bendahara pengeluaran Lis  dan pelaksana proyek Fas,bahkan kemudian akan menyusul yang lain guna mempertanggungjabkan keuangan negara yakni ,Kepala  Dinas, selaku  Pengguna Anggaran (PA)

Diungkapkan,  yang bersalah tetap diminta pertanggungjawabannya,bahkan dalam hukum siapa pun yang bersalah tetap  dipanggil dimintai keterangannya ,lalu diproses sesuai koredor hukum dan  semua ini dilakukan  dalam upaya menegakan hukum, ungkapnya (01.n)




Pemerintah Alokasi Rp.600 Triliun untuk  Daerah
Jakarta (mp.c)
Pemerinth telah mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)  sebesar Rp.600 Triliun  untuk ditransfer keseluruh daerah  melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan alokasi khusus (DAU) dana dekosentrasi dan berbagai jenis dana lain
“ karena itu kami harapkan kinerjanya lebih baik, uang makin banyak dan kewenangan lebih besar, tentu hasilnya juga akan lebih baik” kata Mendagri Gamawan Fauji usai membuka rakornas penelitian dan pengembangan kemdagri Tahun 2013 di Jakarta Senin
Terhadap pengawasan  penggunaan dana tersebut Kemendagri akan melakukan evaluasi untuk mengawal pemerintah otonomi daerah
“ setiap tahun akan kami lakukan evaluasi, dan tiap tahun juga kami kawal anggaran itu”tambahnya
Dana yang diberikan pemerintah kepada daerah  selalu bertambah setiap tahun sehingga diharapkan pengelolanyan dapat membawa perbaikan yang signifikan di daerah.
Pemerintah juga berharap agar pemerintah daerah dapat menyerahkan laporan penggunaan anggaran sesuai dengan jadwal.
Kepada peerintah daerah yang terlambat menyerahkan laporan penggunaan anggaran diharapkan dapat segera melaksanakannya.
Bagi yang belum menyerahkan laporan keuangan 2012 maka DAU akan ditahansampai laporan diserahkan
“Hingga hari ini, masih ada 17 kabupaten-kota yang belum menyelesaikan. Untuk itu, kami meminta Menkeu untuk menahan DAU”ujarnya (sib)
  --------------------------------------------------------------------------------------------         


 DISPENDASU M. I APRIL 2013




   Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda  

  
-------------------------------------------------------------------------------------------------



Setelah LKPD Diserahkan , BPK  Sumut Segera Menindak Lanjuti Laporannya

Medan (mp.c)



IMG_5360-Copy-22      Kepala Kantor  Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK) Perwakilan Sumatera Utara, menyebutkan batas waktu terakhir penyerahan Laporan Keungan Daerah (LKPD)   Kamis 28/3-2013, untuk tahun laporan  2012
   
[+]
      Untuk itu  diminta segera melaporkannya kepada kantor BPK Perwakilan Sumut di Medan, ungkap Kepala kantor BPK , melalui Kabag Humas  Mikail Togatorop kepada wartawan Rabu (27/3) kemarin
          Dikatakan, laporan ini, sangat penting, guna menindak lanjuti pemeriksaan lebih  lanjut, pemeriksaan  yang dilakukan BPK Perwakilan Sumut, akan membentuk Tim, sehingga diharapkan Tim dapat bekerja secara maksimal, ungkapnya
          “ Tim akan turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan setelah LKP diserahkan, dan hasilnya akan bisa diperoleh setelah 60 hari setelah LKPD diserahkan,”tambahnya
          Menurut data yang diperoleh Kabupaten /kota yang telah menyerahkan LKPD yakni, Simalungun,Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara,Medan, Tebing Tinggi, Tanjung Balai,Labuhan Batu Utara,Binjai, Nias,Padang Lawa s Utara (Paluta),Serdang Bedagai,Karo,Langkat,Humbang Hasundutan, dan Asahan
          Namun yang menjadi  wilayah BPK RI Perwakilan di Sumatera utara meliputi, 33 Pemerintah Kota/Kabupaten dan 1 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (01.nn) 

PESTA PASKAH DISELENGGARAKAN
 MEDIA NUANSA DI DUKUNG LAPISAN MASYARAKAT

     Perayaan paskah suatu momen untuk mengenang Tuhan Yesus yang telah mati dan berkorban untuk menebus dosa umat manusia.

Kali ini Media Nuansa mengadakan hari paskah (29/3)di halaman redaksi jalan Jati Karakatau ujung No.6 Medan .Berbagai kalangan peserta datang menghadiri acara tersebut dari mulai anak anak, pemuda pemudi dan masyarakat. Paskah yang diselenggarakan penuh dengan hikmad .

Secara umum merayakan paskah di Tahun ini di harapkan setiap manusia dapat membangun rasa kebersamaan , persaudaraan, serta kesatuan serta memperbaharui diri manusia itu sendiri. Ketua panitia Drs,Ericson L.Toruan menyatakan kita sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang mana kita selalu diridoi dalam kehidupan di dunia ini oleh sebab itu kita harus berbuat baik terhadap sesama . “ujarnya, dalam sambutannya

Musik berkumandang sambil mengadakan liturgy yang telah disiapkan bagi peserta yang mana wajib dilakukan yang dibacakan melalui Alkitab untuk mengingat kembali sejarah Anak Allah yang disalibkan.

Warga berbondong bondong menghadiri Hari paskah yang di selenggarakan oleh Media Nuansa. Acara  Penuh hikmad adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan adalah mulai ibadah,liturgi, perkenalan,  ceramah dan diskusi. Pdt.MTH Hutagalung.STH selaku pengkotbah “mengambil khotbah dari Yesaya 60:1 “Bangkitlah menjadi teranglah sebab Terangmu datang dan kemuliaan Tuhan Terbit diatasmu”artinya dengan melalui sengsara dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus semua harus bangkit dari keterbelakangan dan menjadi garam dunia bagi sesama.


Selanjutnya ceramah dan diskusi dikordinir oleh st. M Sihombing Salah satu kegiatan inti dari perayaan Paskah ini adalah mengenal apa arti hari paskah dan dampaknya terhadap proses pembentukan mental dan spiritual bagi masyarakat secara keseluruhan. Kemudian peserta diajak untuk mempelajari isi kitab suci bersama melalui tanya jawab merefleksikan dengan bentuk permainan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan langsung dengan wafatnya Tuhan Yesus.

  Peserta ikut  dalam permainan ini . dengan cara membagikan peserta dalam lima kelompok dengan masing masing kelompok terdiri dari sepuluh peserta .
  
“Diharapkan dengan hari paskah ini seluruh masyarakat, pemuda pemudi dapat mengintropeksi 
diri dan akan ada suatu perubahan ke jalan yang benar. Sehingga mampu mengatasi semua kekurangan yang ada dan dapat lebih mengembangkan apa yang sudah baik saat ini.”Tegas Hombing  (rell )



Kasus LP Sleman

Wamenkum Denny: Pelaku Penembakan Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana


Semarang (mp.c)- Wamenkum HAM Denny Indrayana menduga penembakan di LP Cebongan, Sleman, sudah merencanakan aksinya. Sebab itu, para pelaku bisa dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.

Menurut Denny, menyatakan sebetulnya tidak sulit untuk mengungkap peristiwa LP Cebongan tersebut karena masih banyak bukti ditemukan di lokasi kejadian. "Pidananya pembunuhan berencana, karena ini mengarah pada pembunuhan berencana," kata Denny usai memberi orientasi kepada 151 calon PNS di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, Jl Dr. Cipto Semarang, Rabu (3/4/2013).

Saat ditanya terkait kemungkinan alasan pelaku disebabkan rendahnya kepercayaan kepada penegak hukum, Denny menegaskan apapun alasannya, tindakan keji seperti di LP Cebongan tidak perlu terjadi.

"Hukum kita memang ada persoalan. Tapi yang pasti seberapa rendah kepercayaan kita pada penegak hukum, tidak bisa menjadi alasan membenarkan tindakan keji dan brutal di Lapas Cebongan," pungkasnya.

Denny menambahkan, saat ini sudah ada sketsa wajah pelaku, bukti peluru, saksi dan data lainnya terkait penyerangan. Namun hal itu belum bisa diungkap ke publik karena khawatir pelaku akan melakukan antisipasi.

"Biar yang menginvestigasi bekerja dulu. Kalau terlalu dibuka, belum sempat didalami, prematur, nantinya pelakunya malah tahu dan bisa mengambil langkah antisipasi," ujar mantan staf khusus presiden di bidang hukum itu.

Selain Polda DIY, kasus ini juga diinvestigasi Mabes TNI AD dan dan Komnas HAM. Mereka masih bekerja sehingga belum bisa menyimpulkan dan menyampaikan hasilnya.(dtc)


60.000 Ton Bawang Merah Impor Siap Banjiri Pasar Indonesia


Jakarta (mp.c)- Pemerintah menegaskan pasokan bawang merah dalam negeri masih belum tercukupi di awal tahun, karena panen raya bawang merah masih harus menunggu bulan Juli mendatang.

Untuk menutupi kekosongan, kementerian perdagangan (Kemendag) sudah mengeluarkan Surat Persetujuan Impor (SPI) untuk impor 60.000 ton bawang merah dalam 3 bulan ke depan.

"Ini terkait bawang merah yang sudah dikeluarkan SPI. Bertahap 2 bulan akan mencapai 60.000 ton, puluhan kontainer. 60.000 ton 2.000 kontainer dalam 2-3 bulan ke depan," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan usai rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Ia mengatakan, gelombang pertama impor tersebut akan dilakukan dalam 2 hari mendatang, atau pada 5 April 2013 dan berlangsung selama 3 bulan hingga panen raya petani bawang di Brebes sudah dilakukan.

"Ini akan kita jaga jangan sampai tabrakan. Sebelum raya (panen), raya-nya Juli. Panennya bertahap," katanya.

Selain menutup kekurangan pasokan bawang merah di dalam negeri, hal ini pun dimaksudkan untuk menjaga stabilitas harga bawang merah yang belakangan ini bergejolak.

"Yang pasti kepentingan kita akan menurunkan harga, akan dijaga di level yang tidak terlalu rendah agar petani juga bisa menikmati," katanya.

Gita menjelaskan sejatinya produksi bawang merah lokal mampu melebihi kebutuhan. Produksi bawang merah dalam negeri diperkirakan mencapai 900.000 ton per tahun, sedangkan kebutuhan hanya mencapai 500.000 ton per tahun. Permasalahannya panen raya hanya terjadi di bulan Juli, otomatis kebutuhan bawang merah pada awal tahun harus dipenuhi dari impor.

"Kita terbelenggu oleh siklus, awal tahun itu belum panen. Di Brebes itu produksi Juli. Jadi awalnya itu kita harus mengimpor. Padahal sebenarnya net-nya kita ekspor," tutup Gita.(dtf)

-------------------------------------

KESEHATAN


Waspadai Gangguan Penyakit Stroke Bisa Mengakibatkan Kematian

Waspadai Gangguan Penyakit Stroke Bisa Mengakibatkan Kematian

penyakit stroke2 300x197 Waspadai Gangguan Penyakit Stroke Bisa Mengakibatkan Kematian

Waspadai Gangguan Penyakit Stroke Bisa Mengakibatkan Kematian


Waspadai Gangguan Penyakit Stroke Bisa Mengakibatkan Kematian. S.Lutena/Super Lutein nutrisi herbal untuk menjaga kesehatan tubuh secara total dan juga untuk membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. S.Lutena/Super Lutein sangat bagus untuk membantu penyembuhan penderita penyakit stroke dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara total.
Penyakit Stroke adalah gangguan fungsi saraf yang terjadi mendadak akibat pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga peredaran darah ke otak terganggu. kurangnya aliran darah dan oksigen menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak sehingga menyebabkan kelumpuhan anggota gerak, gangguan bicara, penurunan kesadaran.
Stroke sebagai salah satu penyakit yang paling menakutkan karena hasil akhirnya yang bisa fatal baik meninggal dunia atau cacat tetap. Untuk itu penting bagi kita semua untuk mengetahui lebih dalam tentang penyakit stroke ini.

Jumlah Penderita Stroke Semakin Meningkat

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan oleh Yayasan Stroke Indonesia, masalah stroke semakin penting dan mendesak karena kini jumlah penderita Stroke di Indonesia terbanyak dan menduduki urutan pertama di Asia. Jumlah yang disebabkan oleh stroke menduduki urutan kedua pada usia diatas 60 tahun dan urutan kelima pada usia 15-59 tahun. Stroke merupakan penyebab kecacatan serius menetap no 1 di seluruh dunia.
Pada tanggal 29 Oktober diperingati sebagai hari stroke dunia, saat ini diingatkan bahwa 1 dari 6 orang menderita stroke dan hampir setiap 6 detik seseorang meninggal karena stroke . Organisasi Stroke Dunia mencatat hampir 85% orang yang mempunyai faktor resiko dapat terhindar dari stroke bila menyadari dan mengatasi faktor resiko tersebut sejak dini.
Badan kesehatan dunia memprediksi bahwa kematian akibat stroke akan meningkat seiring dengan kematian akibat penyakit jantung dan kanker kurang lebih 6 juta pada tahun 2010 menjadi 8 juta di tahun 2030.
Di Amerika Serikat tercatat hampir setiap 45 detik terjadi kasus stroke, dan setiap 4 detik terjadi kematian akibat stroke. Pada tahun 2010, Amerika telah menghabiskan $ 73,7 juta untuk menbiayai tanggungan medis dan rehabilitasi akibat stroke.
Secara normal darah mengangkut oksigen dan nutrisi untuk sel – sel otak. Tanpa aliran darah , sel otak akan cepat mati. Setiap detik 32.000 sel otak yang tidak mendapat suplai oksigen akan mati.

Apa Itu Stroke

Stroke merupakan suatu penyakit defisit neurologis yang bersifat mendadak. Penyebabnya adalah gangguan pada aliran pembuluh darah di otak. beberapa hal yang dapat menyebabkan terganggunya aliran darah di otak antara lain adalah terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah ( stroke iskemik ) maupun pecahnya pembuluh darah (stroke perdarahan), yang sama – sama dapat menyebabkan aliran suplai darah ke otak terhenti dan muncul gejala kematian jaringan otak.
Menurut dr.Yuda Turana Sp.S saat ini bukan hanya gejala kelemahan tubuh saja yang menjadi fokus utama tetapi bisa saja terkena gangguan pada fungsi kognitif seperti lupa mendadak, gelap satu mata, pusing, bicara pelo / cadel mendadak, gangguan menelan, kesemutan seluruh badan mendadak, gangguan keseimbangan mendadak.Stroke dapat menyebabkan gangguan baik fisik maupun emosional seseorang.

Apa Itu TIA/ Stroke “mini”??


TIA merupakan suatu stroke yang berlangsung sesaat dan tidak menyebabkan gejala sisa apapun. Gejala berlangsung kurang dari 24 jam sehingga fungsi otak yang terganggu dapat kembali normal. Namun, TIA yang berulang dapat menyebabkan terbentuknya bekuan darah yang sewaktu-waktu dapat menyebar ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah. Sekitar 1 dari 5 orang yang pernah mengalami TIA akan mengalami serangan stroke dalam waktu kurang lebih 3 bulan. TIA harus diwaspadai sebagai kondisi kegawatdaruratan sebab tidak ada jaminan akan sembuh dan fungsi akan kembali normal. Oleh karena itulah meskipun gejala sudah menghilang tetapi tetap harus dicek kembali di RS karena tidak ada bedanya dengan penanganan stroke.
Gejala TIA sama seperti stroke , antara lain penglihatan ganda, pusing (vertigo), kehilangan keseimbangan, kelemahan satu sisi tubuh ataupun kelumpuhan tangan, kaki, wajah ataupun seluruh tubuh, tidak lancar berbicara dan tidak mengerti perintah. Bekuan darah yang terbentuk dapat menyumbat pembuluh darah di daerah retina sehingga menimbulkan gejala gangguan di mata seperti hilangnya penglihatan sementara (amaurosis fugax).

Kenali Segera Gejala Khas Stroke ( “Warning Sign” )

Perlu diingatkan lagi untuk gejala pada penderita stroke tidak hanya kelemahan tubuh saja yang menjadi fokus utama tetapi bisa terjadi gangguan pada fungsi kognitif yang bersifat mendadak, seperti
  • Mendadak mati rasa, kesemutan dan kelemahan pada wajah, tangan, atau kaki, pada satu sisi tubuh atau seluruh tubuh
  • Mendadak kebingungan, lupa mendadak, sulit berbicara ataupun sulit mengerti
  • Mendadak muncul masalah penglihatan pada satu atau kedua mata (penglihatan ganda, penglihatan gelap)
  • Mendadak kesulitan berjalan, dan kehilangan keseimbangan tubuh
  • Mendadak pusing berat tanpa sebab yang jelas (int)

KATA-KATA BIJAK

 

Hidup Bagaikan Secangkir Teh

Hidup ini seperti secangkir kopi atau teh. Tidak peduli seberapa pahit teh atau kopi tersebut tetapi … [Read more...]

Pahit dan Manisnya Hidup

Ketika hidup manis, ucapkan terima kasih dan merayakan. Dan bila hidup ini pahit, ucapkan terima … [Read more...]

Menikmati Hidup

Jangan membuat hidup Anda sulit. Hidup ini untuk Anda nikmati, menciptakan kehidupan yang indah Anda … [Read more...]

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda