MADYA POS.COM

Minggu, 15 Desember 2013

dUA ORANG TERSANGKA



Terkait Dugaan Kasus di BLH Sumut, Kejari Medan Menetapkan Dua Orang  Tersangka

Medan (mp.c)
Kepala Kejaksaan Negeri Medan, M. Yusuf menyatakan,dugaan  korupsi di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumut, terkait hasil korupsi dana Pendapatan di Unit Pelayanan Teknis  (UPT) Laboratorium Badan Lingkungan Hidup  (BLH) Tahun Anggaran 2012 yang tidak distorkan ke kas daerah, hasil penyidik dari proses penyidikan ditemukan kerugian negara membengkak yaitu awalnya Rp.817 juta menjadi Rp.1,206 miliar.

Demikian dikatakan Kajari Medan, melalui Kasi Pidsus Kejari Medan Jufri Nasution. Ia menyatakan, bahwa dugaan korupsi dari ini, maka ada dua oknum  sudah menjadi tersangka yakni, kepala UPT Laboratorium BLH Pemprov Sumut, Henny Nainggolan dan Bendaharanya Hervina Sari, kedua tersangka ini juga dari hasil penyidikan membuat surat pertanggungjawaban fiktif atas biaya perjalanan dinas

Tersangka Hervina (Bendahara) ditetapkan sebagai DPO pada tanggal, 4 Desember 2013, sebab sudah tiga kali pemanggilan, namun tersangka tidak datang memenuhi panggilan Kejari Medan,karena itu, pihak Kejari Medan ,bekerjasama dengan Kejatisu untuk seterusnya ke Kejaksaan Agung guna pencarian tersangka dimana keberadaannya,ujar JufriNasuion kepada wartawan Jumat (13/12)

Terkait dugaan kasus korupsi ini dengan modus, dana pendapatan di UPT, Henny Naingggolan telah mengembalikan Rp. 200 juta dari total Rp.1,206 miliar jumlah kerugian negara, namun menurut Henny. Ia akan mengembalikan kerugian negara, dengan ketentuan setelah hasil audit BPKP  Sumut, dugaan korupsi  terhadap tersangka Henny  bukti hasil penyidik juga  menyita sejumlah Rp. 100 juta dari tersangka guna persidangan

Data yang diperoleh, Penyidik setelah mendalami kasus perkara ini perkembangannya ditemukan  terdapat pajak yang telah dipungut , dimana awalnya, penerimaan dana Rp.3,397 miliar, namun yang di storkan hanya Rp.2,190 miliar, sehingga sisa yang belum di storkan sejumlah Rp.1,206 miliar (ns)





Permasalahan Banjir di  Pemko T.Tinggi ,  Terus  Diupayakan Setiap Tahun Mengalokasikan Dana Pembuatan Bronjong

Pemko T.Tinggi  dapat  Bantuan  Rp. 2 Miliar  Guna Tanggulangi  Banjir

ilustrasi                                          T.Tinggi (mp.c)
Pemerintah Kota  (Pemko) T.Tinggi mendapatkan bantuan  Rp. 2 miliar yang menyerahkan   Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan (Menko Kesra) bersama Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional  Penanggulangan Bencana (BNPB), bantuan ini bukti kepedulian Menko Kesro dengan BNPB terhadap masalah banjir disebabkan turunnya hujan, Bantuan ini akan dalokasikan untuk pembangunan bronjong di kawasan Kebun Buah Kelurahan Tanjung Marulak Hilir Kecamatan Rambutan.

Menko Kesra yang diwakili  Staf Khusus, Ir Leo Nababan mnyatakan, bantuan yang diberikan kepada Pemko T.Tinggi  adalah berkat kerjasama dengan semua pihak seperti anggota DPRD T. Tinggi, Ir. Pahala Sitorus,MM,namun,terealisasinya dana bantuan Rp.2 miliar itu juga didukung oleh RAB-nya, kata Leo, kepada wartawan, di Ruang Data  Sekretariat Pemko T.Tinggi jumat (13/12)

Walikota  Pemko  T.Tinggi, Ir.H.Umar Hasibuan,MM menyatakan, terimakasihnya atas kepeduliaan Menko Kesra dengan pihak BNPB, yang turut peduli terhadap masalah banjir  di  wilayah Pemko T. Tinggi,  bantuan ini juga akan mengurangi keresahan warga dalam permasalahan  banjir yang diakibatkan turunnya hujan. Diakui turunnya hujan, maka Sungai padang pun mulai menimbulkan banjir.

Karena itu, uapaya bantuan ini akan digunakan sebaik-baiknya dan diharapkan kepada warga T.Tinggi  untuk mendukung sepenuhnya bantuan ini, khususnya di kelurahan  Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan
Diakui Walikota, bahwa Pemko T.Tingggi sangat kecil dari PADnya, namun Ia terus akan membenahi permasalhan banjir untuk dialokasikan setiap tahunnya,  yang melanda di 35 kelurahan.

Walikota T.Tinggi saat penyerahan bantuan juga turut hadir dalam pertemuan itu, Sekdako H. Johan Samose Harahap,Kepala BPBD ,Drs.Wahid Sitorus, Kadis Pendidikan Drs.H. Pardamean Siregar, MAP dan sejumlah SKPD dan anggota DPRD T.Tinggi.  (ns)

 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------




Kami dari Media Online MADYA POS.COM 
Mengucapkan Terima kasih 
Kepada 
PNS/Sipil/ TNI dan Polri Serta Masyarakat 
Yang Turut Mendukung HUT ke -2
 







 

Media Online MADYA POS.COM
Yang Diselenggarakan
di Jalan Sempurna, Sambirejo Timur,
Jumat 22 -11-2013
Semoga Tuhan Yang Maha Esa
Memberikan Rahmat dan Taufiknya.Amin
Dari
Pemimpin Umum/Pem.Redaksi                 
                                                                           Sekretaris Panitia
        Selaku Ketua Panitia

      NASRAN NASUTION                          ABDUL KHALIQ,SPdI





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gadis Cantik Ini Tak Kunjung Pulang ke Rumah, Diduga Dibawa Kabur Pria



Jakarta (mp.c)- Seorang gadis cantik bernama Astrid EM (20) ini tidak kembali ke rumahnya sejak beberapa hari yang lalu. Astrid diduga dibawa oleh seorang pria yang baru dikenalnya.

"Hilang sejak beberapa hari yang lalu. Pada Kamis (12/12) lalu," ujar ayah Astrid, Yoga Purnomo, kepada detikcom, Minggu (17/12/2013).

Menurut Yoga anaknya tersebut diduga dibawa oleh seorang pria yang baru dikenalnya. Pria tersebut bernama Jerry dan mengaku sebagai sahabat dekat Astrid.

"Saya tidak tahu kenal di mana tapi kayaknya mereka kenalan di Gereja UOB," terangnya.

Yoga mengaku telah melaporkan hilangnya Astrid kepada Polresta Bekasi. Namun hingga kini keberadaan Astrid belum diketahui.

"Teleponnya sudah tidak aktif. Kemarin ditelepon tapi tidak dijawab," kata Yoga.

Bagi siapa saja yang melihat keberadaan Astrid dan memberikan informasi, bisa menghubungi ayahnya, Yoga Purnomo di nomor 0818-0800-6191.(dtn)
 

Berkas Perkara Pembunuhan Holy Angela Diteliti Kejaksaan


 Jakarta (mp.c) - Penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah melimpahkan berkas tersangka Gatot Supiartono Cs, dalam perkara pembunuhan Holy Angela Hayu Winanti (37), ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI. Saat ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih meneliti berkas tersebut.

"Berkasnya sudah dikirimkan ke JPU pada Senin, 9 Desember 2013 lalu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto melalui pesan singkat kepada wartawan, Minggu (15/12/2013).

Adapun, berkas yang dilimpahkan ini adalah BAP untuk 3 tersangka yakni Gatot Supiartono, Surya Hakim dan Abdul Latief. Untuk berkas displit menjadi dua yakni berkas tersangka Gatot dipisah, sementara berkas Surya dan Latief disatukan dalam satu berkas.

"Jadi ada dua berkas yaitu berkas Gatot dan satu lagi berkas tersangka Surya dan Latief," ujar Rikwanto.

Sementara itu, untuk tersangka Pago masih dilengkapi penyidik. Pemberkasan Pago sedikit terlambat lantaran ia baru ditangkap satu bulan setelah kejadian.

"Nanti berkasnya diteliti dulu oleh jaksa. Manakala ada yang kurang nanti dikembalikan untuk dilengkapi, namun bila dinyatakan lengkap, nanti kita tinggal proses pelimpahan tahap kedua," paparnya.(dtn)

 

KSAD Kembali Tegaskan Netralitas TNI AD dalam Pemilu 2014

Surabaya  (mp.c)- KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal TNI Budiman kembali menegaskan netralitas anggota TNI AD saat pemilu 2014. Budiman juga menjelaskan anggota TNI tak melakukan politik praktis pada pemilu nanti.

"Kami kembali menegaskan, berkomitmen untuk bersikap netral, tidak melakukan politik praktis dalam Pemilu 2014 nanti," kata KSAD Jenderal TNI Budiman usai menjadi Irup Upacara Hari Juang Kartika di Lapangan Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (15/12/2013).

Kemudian soal sistem pengamanan dan penjagaan Pemilu 2014, pihaknya siap menurunkan seluruh armadanya, termasuk Babinsa, Dandim, Danrem hingga Batalyon Infantri.

"Apabila dibutuhkan, kami siap," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, peringatan Hari Juang Kartika tahun ini mengambil tema 'Dilandasi semangat Hari Juang Kartika, TNI AD bertekad menjadi profesional, berdisiplin tinggi, militan, modern dan dicintai rakyat, siap menjaga keutuhan NKRI'.

Selain dimeriahkan dengan drum band, parade tank dan heli, perayaan ini juga dihibur dengan kedatangan artis Luna Maya, Raffi Ahmad, Syahrini, Krisdayanti, Denny Cagur, Kartika.(dtn)




Menkum Beberkan Detik-detik Kerusuhan di Lapas Palopo




 Jakarta (mp.c) Kerusuhan di Lapas Palopo, Makassar, bermula dari tindakan napi bernama Riti. Akibat kerusuhan, bangunan Lapas mengalami kerusakan. Sementara Kalapas Palopo Sri Pamudji terluka.

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Minggu (15/12/2013) menjelaskan kronologi peristiwa itu. Kerusuhan bermula ketika Kalapas Palopo melakukan kontrol pekerjaan perbaikan lantai kamar 3 Blok C didampingi Kasubsi Sarana Kerja, Sabtu 14 Desember.

"Kemudian salah seorang narapidana atas nama Riti bin Herman dengan datang tiba-tiba memukul kepala dan kaki Kalapas dengan batu sehingga tersungkur," papar Amir dalam keterangannya di kediaman dinasnya, Jalan Denpasar, Jalan HR Rasuna Said, Jaksel.

Setelah kejadian, pegawai mengangkat Kalapas ke ruang poliklinik sedangkan Riti langsung dibawa ke portir oleh petugas. Saat dibawa, napi lainnya teman Riti berteriak dan melempari ke arah portir. "Akhirnya napi tersebut dilepaskan dan semua pegawai melakukan pendekatan ke warga binaan tapi tidak berhasil," ujarnya.

Pada pukul 11.00 WITA, Riti melempar batu dari blok yang memicu napi lain berbuat sama. "Penghuni lain juga melempari batu memecahkan kaca-kaca ruang perkantoran lantai satu dan lantai dua. Setelah itu mereka mulai melakukan pembakaran," imbuhnya.

Setelah suasana berhasil diamankan polisi dan TNI, petugas memadamkan kebakaran di Lapas. Sekitar pukul 18.00 WIB, perbaikan aliran listrik pada blok-blok hunian oleh petugas PLN. Selanjutnya penghungi dimasukkan ke dalam kamar masing-masing.

Akibat kerusuhan ini, 4 orang terluka yakni Kalapas, petugas bernama Abu dan penghuni bernama Irwan dan Acil. Dipastikan tidak ada tahanan yang melarikan diri dalam kerusuhan di Lapas berpenghuni 280 orang ini.

"Saat ini petugas Lapas beserta Polisi dan TNI masih berjaga-jaga di dalam dan luar kantor Lapas," ujar Amir.(dtn)

 
SELEBRITIS



FOTO Seksinya Pevita Pearce di Premiere Film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijc


ARTIS cantik Pevita Pearce jadi pusat perhatian dalam gala premiere film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" di Plaza Senayan XXI, Jakarta, Sabtu (14/12) malam kemarin.
Pevita-Pearce SEN-19Gadis 21 tahun itu hadir dengan mengenakan gaun hitam yang sangat menonjolkan keseksian tubuhnya. Khususnya di bagian dada.
Sayang, kendati terlihat sangat cantik, Pevita tampak kurang nyaman dengan busananya malam itu. Terlebih ketika menghadapi sorot kamera wartawan.
Saat jumpa pers belangsung, mantan pacar Nino "RAN" itu sesekali sibuk memperhatikan bagian depan gaunnya yang cukup terbuka, dan menutupinya dengan tas tangan agar dadanya tak terlalu terlihat.
Menurut Pevita, gaun tersebut tidak secara khusus dibelinya untuk acara pemutaran film. Melainkan sudah ada di lemari pakaiannya sejak lama.
"Saya enggak terlalu mempersiapkan baju untuk malam ini, jadi saya ngambil apa yang ada di lemari aja," terangnya.
Saat ditanya lebih jauh soal penampilannya, Pevita memilih untuk menghindar. "Gimana kalau pertanyaannya kembali ke film aja?" pemilik nama lengkap Pevita Cleo Eileen Pearce itu berusaha mengalihkan topik pembicaraan.(bintangonline)







Syahrini Ingin Liburan Setelah Kerja Nonstop



BEKERJA terus selama 11 bulan, Syahrini merindukan liburan.
syahrini-ari
Baginya, liburan merupakan hadiah di akhir tahun setelah bekerja nonstop. Sempat berlibur di Amerika, ia belum memutuskan tujuan selanjutnya. Padahal ini sudah jelang akhir tahun, lho.
"Setelah bekerja terus, harus ada liburan. Biasanya aku berlibur dengan membawa keluargaku seperti waktu ke Korea, Singapura, atau Malaysia. Nah, tahun ini belum tahu kemana," ungkapnya pada kami belum lama ini.
Jika semua pekerjaannya tahun ini selesai, ia ingin berlibur dan bersantai selama 3 minggu.
"Tinggal satu lagi pekerjaanku, lagi-lagi di Bali seperti tahun kemarin. Tahun ini off-air terakhirku di Bali, setelah itu mau liburan. Biarlah aku istirahat, lalu pulang bawa lagu--siapa tahu bawa suami, ya," katanya sambil tertawa. Oalah, kami doakan saja, deh.
(sarah/adm) (bintangonline)




Status Janda Sharena Gunawan Tak Jadi Masalah Buat Ryan Delon



BINTANG sinetron Ryan Delon mantap melabuhkan hatinya pada Sharena Gunawan.

Delon bersedia menerima Sharena apa adanya, termasuk masa lalu sang istri yang sudah pernah menikah sebelumnya.
"Sama aja, enggak ada pengaruhnya. Masalah itu sih bukan hal aneh, gue cinta, dan yang penting sekarang. Enggak ngaruh," tegas Delon, dalam jumpa pers usai pernikahan yang digelar di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (13/12) sore.
Ryan Delon shareena SEN
"Kita kan enggak hidup di hari kemarin," Sharena menimpali.
Setelah berpacaran beberapa tahun terakhir, Delon semakin yakin bahwa Sharena adalah perempuan yang dia cari selama ini. Sebab, bisa membuatnya nyaman dan selalu merasa bahagia.
"Dalam nyari pasangan, intinya orang itu bisa ngebahagiain gue apa enggak. Sama dia gue selalu bahagia. Simpel kok, harus bahagia dan itu datang dari dua arah. Perjuangan kami seru," tandasnya.
(ari/yb) (bo)







PENDIDIKAN

Ironi Korupsi Marak Vs SekolahBobrok


: Sungguh sebuah ironi, di tengah maraknya kasus korupsi yang dilakukan sejumlah pejabat negara, potret memprihatinkan dunia pendidikan di Indonesia akibat minimnya fasilitas justru semakin mengemuka. Sejumlah sekolah tak hanya minim fasilitas, bahkan nyaris tak bisa lagi digunakan.
Seperti bangunan Sekolah Dasar Negeri 2 Ngrandah, Toroh, Grobogan Jawa Tengah yang kini sangat memprihatinkan. Sejak dibangun tahun 1982 silam, bangunan sekolah itu belum pernah direnovasi sama sekali. Padahal atapnya yang terbuat dari seng sudah mulai berkarat dan berlubang
Tak hanya itu, seperti dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (12/12/2013), langit-langit kelas pun banyak yang jebol karena sering terkena air hujan. Kaca jendela pun ada yang pecah dan sebagian tembok juga sudah ambrol. Jika musim kemarau tiba, hawa panas akibat seng yang memuai membuat ruang kelas menjadi terlalu panas. Saat hujan, air pun menetes dari segala penjuru ruangan.
Kondisi itu tentu saja sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa.
Pihak sekolah sudah berulang kali mengajukan bantuan pada pemerintah, Namun belum ada tanggapan. Pemerintah diharapkan segera turun tangan mengatasi permasalahan itu, sehingga para siswa bisa belajar dengan nyaman.
Kondisi memprihatinkan juga terjadi pada ratusan siswa SMK Kesehatan Kota Dobo Kabupaten Aru Maluku, yang terpaksa belajar di sekolah berdinding papan dan beralaskan tanah.
Meski bangunan sekolah baru dibangun tahun 2007 silam, dinding kayu dan atap seng sekolah itu mulai keropos dimakan usia. Ruang kelas yang becek saat musim hujan dan berdebu saat kemarau datang, dirasa sangat mengganggu konsentrasi siswa saat belajar.
Minimnya ruang kelas yang tidak sebanding dengan jumlah siswa yang mencapai 880 orang, juga menjadi kendala tersendiri. Karena para guru terpaksa bekerja keras membagi jadwal mengajar pada pagi, siang dan sore hari.
Pihak sekolah juga mengaku sudah sering mengajukan anggaran untuk perbaikan. Namun lagi-lagi belum mendapat tanggapan dari pemerintah daerah maupun pusat. (Tnt/Sss) (liputan6com)



Wamendikbud Beber Sumber Dana Kurikulum 2014




 Jakarta : Pembiayaan kurikulum baru mulai tahun ajaran 2014 akan didanai melalui 3 sumber. Yakni Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pusat, bantuan operasional sekolah, dan dana alokasi khusus (DAK).
pos-pos anggaran itu akan difokuskan


penggandaan buku dan pelatihan guru," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim di Jakarta, Senin (13/11/2013).
Musliar mengatakan, kementerian akan mengeluarkan surat edaran terkait pembiayaan Kurikulum 2013. Ke depan, pelaksanaan pembiayaan Kurikulum 2013 tak hanya dari DIPA pusat seperti saat ini.
Wamendikbud Beber Sumber Dana Kurikulum 2014"Semester 1 tahun depan bulan Juli digunakan dana BOS, sedangkan dana DAK digunakan untuk semester 2 mulai Januari," jelas dia.
Untuk penggandaan buku, kata Musliar, akan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan sebagian dari DAK. "Kalau BOS kurang akan ditransfer dari pusat dari DIPA untuk tambahan BOS Buku".
Musliar menyebutkan dana BOS SD dan SMP sebanyak Rp 580 ribu dan Rp 710 ribu, jika digunakan membeli buku mencapai Rp 70 ribu. Sedangkan BOS SMA cukup besar yaitu Rp 1 juta.
"Kami transfer lebih kurang Rp 800 miliar untuk beli buku khusus buku SD dan SMP, yang bosnya kecil. Tetapi kalau SMA kan BOS-nya besar," tuturnya.
Sementara, lanjut Musliar, untuk pelatihan guru, sebagian besar akan menggunakan dana dari DIPA pusat. Namun daerah juga diharapkan berpartisipasi.
Dia mencontohkan, di Provinsi Jawa Timur biaya pelatihan guru 50 persen ditanggung pemerintah pusat, 30 persen pemerintah provinsi, dan 20 persen ditanggung pemerintah kabupaten atau kota.
"Banyak daerah-daerah di tahun ini saja melaksanakan sendiri tanpa diminta, tapi dalam edaran ini betul-betul kami minta dan kami arahkan bahwa buku diadakan melalui tiga sumber tadi," ucapnya.
Ia menambahkan, saat ini sebagian kabupaten kota telah menerapkan kurikulum 2013 secara mandiri dari segi biaya pelatihan guru maupun pengadaan buku. "Semuanya hampir 800 sekolah menerapkan mandiri," tukas Musliar. (Ant/Ali) (liputan6com)

Renovasi Sekolah Taman Kanak-kanak, “PAUD Teratai” di Desa Garis Hanyar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan

Mei 2013, Kunjungan Tim Kaganangan kala itu bersama mitra dari Australia datang desa Garis Hanyar untuk melihat kondisi desa sambil berdiskusi dengan masyarakat setempat. Tim mitra tersebut kemudian melihat sebuah gedung yang ternyata merupakan Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Teratai, dalam kondisi memprihatinkan. Melalui donasi mereka sebesar Rp. 3,5 juta, tim Kaganangan bermaksud untuk meneruskan dana tersebut dalam bentuk renovasi gedung. Setelah disepakati bersama dengan Pemerintah dan masyarakat desa, pada tanggal 6 dan 7 Juli lalu diadakanlah kerja bakti bersama untuk renovasi gedung PAUD Teratai. Antusiasme masyarakat saat itu begitu mengagumkan. Kebanyakan dari masyarakat tersebut adalah orang tua murid bergotong-royong bekerja dari mengganti papan untuk lantai yang sudah lapuk, merapihkan dan mengecat dinding, membuat jendela serta memasang plafon, papan tulis dan juga papan nama PAUD, hingga penataan halaman sekolah. Semua pekerjaan itu selesai hingga keesokan harinya. Alhasil, kini telah berdiri gedung Sekolah PAUD Teratai. Dengan selesainya renovasi gedung sekolah, kami semua menjadi kian yakin dan optimis tentang masa depan anak-anak di desa Garis Hanyar, sembari diikuti dengan semangat untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dari sejak usia dini. Ke Galeri kami atau  klik link ini untuk melihat gambar (kaganganan.org)


KESEHATAN

Bahaya Penyakit Asam Urat

bahaya asam uratBahaya Penyakit Asam Urat - Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, jantung, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.
Pada keadaan normal, kadar asam urat di dalam darah pada pria tidak boleh melebihi 7 mg/dL dan pada wanita 6 mg/dL. Peninggian kadar asam urat dalam darah menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara produksi asam urat yang berasal dari makanan/minuman yang dikonsumsi  dengan pengeluarannya melalui ginjal, yang kemungkinan disebabkan karena produksi asam urat yang berlebihan ataupun pengeluarannya dari tubuh melalui ginjal yang terlalu sedikit maupun kombinasi keduanya.
Diperkirakan sekitar 10 % dari penderita dengan kadar asam urat darah yang tinggi (hiperurikemia) mengalami pembantukan asam urat yang berlebihan dengan akibat pengeluaran asam urat melalui air seni melebihi 800 mg/hari.

Bahaya Pada Ginjal

Penderita hiperurikemia mempunyai risiko menderita batu asam urat di dalam perjalanan penyakitnya. Kurangnya pengeluaran asam urat melalui air seni bukan saja meningkatkan pembentukan batu asam urat di ginjal tetapi juga batu kalsium oksalat.
Menurut seorang ahli yang bernama Emmerson bahwa terbentuknya kedua jenis batu tersebut secara bersamaan dapat disebabkan karena asam urat merupakan inti untuk terbentuknya batu kalsium oksalat.
Pembentukan batu asam urat ini juga dipengaruhi oleh bertambahnya keasaman air seni dan tingginya kadar asam urat di dalam air seni, sedangkan disisi lain bahwa adanya zat sitrat dan glikosaminoglikan dapat menghambat pembentukan batu tersebut. Selain daripada kadar asam urat yang tinggi di dalam urine, faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi pembentukan batu asam urat berupa volume air seni yang lebih sedikit.
Adanya batu asam urat menyebabkan peninggian tekanan di dalam ginjal dan penekanan pembuluh-pembuluh darah yang menyebabkan bertambah tebalnya dinding pembuluh darah dan berkurangnya aliran darah ke ginjal dengan akibat kerusakan pada ginjal.

Bahaya Pada Jantung

Hiperurikemia mempunyai hubungan yang jelas dengan angka kematian yang disebabkan berbagai macam penyakit jantung dan pembuluh darah. Pada pasien dengan hiperurikemia dan hipertensi terdapat meningkatnya risiko 3-5 kali timbulnya penyakit jantung koroner dan strok dibandingkan dengan yang hanya menderita hipertensi.
Hiperurikemia juga berhubungan dengan sindroma metabolik (sindroma X) atau resistensi insulin, yaitu kumpulan kelainan-kelainan dengan kadar insulin yang meningkat di dalam darah, hipertensi, kadar trigliserida darah yang meningkat dan kadar lemak ‘baik’ (HDL-cholesterol) yang rendah yang semuanya sering menyebabkan penyakit jantung koroner.
Dengan diet yang rendah asam urat (dikenal sebagai diet rendah purin) yang ketat dalam jangka waktu lama dan kombinasi dengan alupurinol serta kontrol berobat secara teratur akan dapat mempertahankan kadar asam urat darah dalam batas normal.
(dr.Pirma Siburian Sp PD)
SUMBER OBAT-ONLINE.COM

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda