MADYA POS.COM

Selasa, 18 Februari 2014

DISPENDA- SEKDA APBD TA 2014-M-II- PTPN -III - POLISI



Dispenda Medan, Bertekad Mengenjot Pajak, Hingga Over Target

Medan (mp.c)
Kepala Dinas Pendapatan Pemerintah Kota Medan (Pemkot) Medan, M. Husni menyatakan, prediksi ,Target pajak tahun 2013 sama dengan Tahun anggaran 2014 yaitu sebesar Rp. 1,2 triliun. Kinerja Dispenda Pemkot medan bertekad  berupaya dalam mengejar target yang diberikan, akan mengenjot PAD  TA 2014  dengan  maksimal,demikian sumber menyebutkan   baru-baru ini.

Namun, dalam upaya mengejar target PAD dalam Tahun 2014, juga diharapkan partisipasi dan kesadaran wajib pajak untuk melunasi dari tunggakan-tunggakan yang ada selama ini.

Dengan pelunasan wajib pajak dari  sisa tunggakan ke Kas Pemerintah Kota Medan, diyakini, bahwa  PAD Tahun 2014 menjadi over target. Dengan demikian dampak pembangunan dari beberapa sektor, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan  sektor lainnya akan memberikan tingkat kesejahteraan bagi warga Medan.


Sementara itu, menurut data dan sumber Madya Pos.com bahwa  ada dari pajak yang sudah memenuhi  over target yakni, dari , Pajak Air Tanah mencapai  106 persen dari target Rp. 7,5 miliar Dan Pajak  Penerangan Lampu Jalan (PPJ)mencapai  ,100,5 persen dari target Rp. 148 miliar, kemudian dari sejumlah Pajak lainnya, akan diupayakan memenuhi target, sesuai harapan Plt Walikota Medan, Drs.H. Zhulmi Eldin,MM (01.nn)


'Pendapatan Orang Miskin dan Kaya di Indonesia Makin Timpang'




http://images.detik.com/content/2014/02/18/4/gedung.jpgJakarta (mp.c)-Perekonomian Indonesia masih tumbuh cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir dengan kisaran 5%-6%. Sayangnya, pertumbuhan tinggi tak diimbangi pemerataan.

"Ketimpangan pendapatan semakin memburuk. Memang orang miskin dan kaya di Indonesia ini sama-sama tumbuh ekonominya. Pendapatannya naik. Tapi yang orang kaya itu naiknya lebih cepat dibandingkan yang miskin," kata Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dodi Zulverdi di kantor pusat BI, Jakarta, Selasa (18/2/2014)

Dodi menilai hal ini memang merupakan dampak dari pemerataan ekonomi yang tidak maksimal. Sehingga ketimpangan pendapatannya semakin lebar.

"Ketimpangan pendapatan menghambat akselerasi pertumbuhan ekonomi," sebutnya.

Sementara itu dari sisi kemiskinan, memang ada penambahan dari segi jumlah di tahun 2013. Menurut Dodi ini bukan disebabkan oleh minimnya dampak dari ekonomi yang tumbuh tapi karena beberapa faktor seperti kenaikan harga BBM dan komoditas pangan.

"Pertumbuhan ekonomi itu sebenarnya berpengaruh untuk pengurangan kemiskinan. Memang jumlahnya naik tapi liat persentasenya kan turun setiap tahunnya. Kita juga harus lihat trennya kan. Kalau nambah banyak itu kan karena kemarin ada BBM dan pangan yang tiba-tiba naik," jelasnya.

Dodi menilai masalah ini perlu diatasi segera, dalam rangka pemerataan ekonomi di dalam negeri dan mengurangi ketimpangan pendapatan. Alasannya jika dibiarkan dampaknya akan semakin meluas ke arah sosial dan lainnya.(dtf)

(mkl/hen)


Sekda Provsu : Nurdin Lubis, SH,MM :

APBD TA 2014 Sudah Disyahkan Mendagri,  BDB  Akan Segera  Dibayar
*Penyusunan APBD TA 2014, Pemprovsu    Koordinasi  dengan BPKP dan KPK

Medan (mp.c)
Sekretaris  Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) Nurdin Lubis (fhoto) menyatakan, Anggaran Pendapatan Belanja  Daerah (APBD) TA 2014 sudah disyahkan Menteri  Dalam Negeri  (Mendagri ) tanggal, 13 Februari 2014, kemudian dalam minggu depan akan diperbuat Peraturan daerah (Perda) oleh Anggota  Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumut, dengan demikian dipertengahan  bulan  Maret 2014, pembayaran BDB (Bantuan Daerah Bawahan) Pem.Kabupaten/Kota, akan segera dibayarkan.

“ APBD TA 2014 sudah disyahkan oleh Mendagri, lalu pada Minggu depan akan disyahkan kembali oleh DPRD Sumut untuk dijadikan Perda-nya, dengan demikian pembayaran sisa dari dana  BDB dan lainnya , mudah2an dapat  terselesaikan,” ujar  Sekda Provsu, Nurdin Lubis, kepada wartawan ,Jumat/14/2)

Namun ketika ditanya wartawan Sekda Provsu, soal pembayaran siasa   BDB terhadap pemerintah Kabupaten dan Kota, Sekda lupa, yang jelas katanya,  setelah adanya Perda APBD Sumut TA 2014 yang disyahkan DPRD Sumut, maka pihaknya akan membayar Dana BDB tahun anggaran 2013  dan lainnya.

Sekda Provsu, Nurdin Lubis, sebelumnya menyatakan juga bahwa, dana APBD TA 2014 sudah diuji oleh Mendagri, penataannya juga disususun dan dikoordinasikan   antara Badan Pengawas  Keuangan dan Pembangunan (BPKP)   dengan Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK), sehingga dengan demikian para SKPD tak perlu takut dan khawatir dalam menjalankan dana , APBD TA 2014,  namun  juga harus pengeluaran  yang bersumber dari dana  APBD  ini, disesuaikan dengan pos dan aturan yang ada..(01.nn) 


 
Ketua KPU Madina, Agus Salam :
 Meskipun , Ali Makmur Nasution di Vonis 2 Tahun  Sah   Ikuti Pilkada 2014-2019.Karena Hukuman Belum Lima tahun

·       Kejaksaan Negeri  Penyabungan  Tahan Oknum Anggota DPRD  Madina  

Penyabungan (mp.c)
Meskipun Mahkamah Agung  memutuskan terhadap Ir. Ali Makmur Nsution dengan keputusannya untuk menjalani hukumannya selama dua tahun penjara dalam kaitan kasusnya  penggelapan pengeluaran politik Pilkada Madina tahun 2010 yang dilaporkan H. Aswin Parinduri

Namun untuk anggota DPRD Madina yang juga ketua Partai Hanura Madina itu, tetap dapat mengikuti sebagai calon anggota DPRD Madina pada tahun periode 2014-2019 , karena yang bersangkutan  diancam dengan hukuman dua tahun

“ Ancaman terhdap Ali Makmur Nasution hanya dua tahun penjara, jadi sah-sah saja beliau dapat terus mengikuti Pilkada lima tahun mendatang, sebab ancamannya tidak lebih  melebihi empat tahun, artinya menurut ketentuan dan aturannya, bahwa setiap orang jika dikenakan hukum penjara lima tahun, baru tidak hak-nya gugur yang tidak dapat lagi ikut mencalonkan sebagai anggota clon legislative”ujar Ketua KPU Madina, Agus Salam  kepada wartawan, beberapa baru-baru .

Kejaksaan Negeri Penyabungan, melalui Kasi Intel, Muhammad Yusuf,SH , menjelaskan,bahwa atas keputusan dari Mahkamah Agung ( MA) maka oknum AMN, anggota DPRD Madina, terpaksa kami  tahan setelah diproses beberapa waktu menurut ketentuan dan undang-undang, maka AMN di tahan di Lembaga Pemasyarakatan KLas II B Sipapa Penyabungan

Disebutkan, berdasarkan Surat Keputusan Mahkamah Agung  No. 1842/K/Pid/2013 tanggal, 12 September 2013 ,  Ali Makmur Nasution di vonis dua tahun penjara. (01.nn)

MINGGU KEDUA FEBRUARI 2014





 



Dengan Membayar PKB Dan
 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda   

---------------------------------------------------------------------------------------------------------


PTPN III dan SPBUN Tanda Tangani
 Perjanjian Kerja Bersama

Medan (mp.c)
Pada tanggal 12  Pebruari 2014 di AULA Sawit Kantor Direksi PTPN III Jalan Sei. Batanghari Medan, PT.Perkebunan Nusantara III melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja bersamayang dilakukan antara pihak manajemen dan pengurus teras serikat pekerja perusahaan. Penandatanganan ini merupakan hasil kesepakatan perundingan yang dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2014 lalu di Bandung

Penandatanganan PKB selalu diperbaharui dalam dua tahun sekali  untuk memastikan tingkat aspirasi Karyawan dan perubahan-perubahan lain yang  terjadi terkait aturan pemerintah yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan perusahaan

Dalam acara pengesahan penandatanganan PKB tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Sumatera Utara, Bukit Tambunan. Ia mengatakan bahwa penandatanganan PKB adalah keharusan bagi kedua belah pihak yang saling membutuhkan demi tercapainya tujuan bersama antara pemberi kerja dan penerima kerja

Bagas Angkasa Direktur Utama PTPN III kesempatan yang sama berharap agar SPBUN sebagai kesatuan organisasi serikat pekerja yang ada di PTPN III dapat bekerja sama, saling bahu membahu dan mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif  bagi kelangsungan bisnis perusahaan.Ia sangat apresiatif  terhadap upaya-upaya positif yang dilakukan oleh SPBUN selama ini.

Mailanta Bangun, ketua umum SPBUN  PTPN III mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas perhatian dan kerjasama manajemen terhadap aspirasi seluruh karyawan yang dalam perjanjian   PKB tahun ini semakin aspiratif. Ia pun berjanji bersama-sama dengan seluruh pengurus di tingkat perusahaan dan basis-basis yang tersebar di seluruh unit/kebun/distrik PTPN III akan komit dan bekerja keras mendukung target kinerja yang telah ditetapkan perusahaan (rel.01)   

Polisi: Tak Ada Kejadian Geng Motor Bacok Korban Sampai Puluhan di Pd Gede

Jakarta (mp.c)- Polres Bekasi Kota memberi penjelasan soal kabar yang ramai beredar terkait aksi geng motor di Pondok Gede. Dipastikan tak ada aksi geng motor yang berulah dan menimbulkan korban pembacokan sampai puluhan orang.

"Sampai saat ini belum ada kejadian seperti itu yang menyangkut geng motor. Kita belum pernah mendengar dan menangani ada peristiwa seperti itu yang dilakukan geng motor. Itu hoax," kata Kasat Reskrim Polres Kota Bekasi, Kompol Nuredy Iriawan saat dikonfirmasi, Rabu (19/2/2014).

Informasi soal ulah geng motor itu beredar lewat pesan berantai. Pihak kepolisian juga mendapatkan laporan itu.

Namun menurut dia, kalau geng motor yang suka kebut-kebutan atau balapan liar mungkin saja ada. "Saya rasa di setiap sudut jalan mana pun pasti ada," jelas dia.

Nuredy juga menyampaikan, agar masyarakat tidak risau. Karena pihak kepolisian selalu melakukan patroli menjaga keamanan.

"Kalau patroli rutin kita lakukan tiap malam, untuk mengantisipasi kriminalitas, termasuk motor-motor yang suka balapan liar dan trek-trekan, itu rutin kita lakukan patroli," tutupnya.(dtn)

Menteri PU : Djoko Kirmanto :
UU SDA Tak Mengenal Privatiasi/Swastanisasi Atau Monopoli


Jakarta (mp.c)
MenteriPekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, yang juga selaku Ketua Harian Dewan , SDA, menegaskan yang dipaparkan dalam sidang pengujian menyangkut UU No.7 Tahun 2004 Tentang  Sumber Daya Air (SDA) terhadap kaitannya dengan UU Dasar 1945, menyimpulkan, bahwa Undang-undang Sumber AIR telah sejalan dan tidak mengingkari amanat UU Dasar 1945 itu

 “ UU  dan aturan SDA Tidak mengingkari terhadap  UU Dasar 1945.karena  di dalamnya  terkandung  guna mewujudkan makna penguasaan air oleh negara” Jelas Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto , dalam paparannya di Mahkamah Konsitusi beberapa waktu lalu.

Dengan demikian kata menteri, Djoko Kirmanto, bahwa visi pengelolaan sumber daya air (SDA) yang tercantum dalam Pasal 6 ayat (1) Undang-undang SDA, bahwa SDA dikuasai oleh Negara dan dipergunkan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat , maka norma di dalam UU SDA tidak mengenal privatiasi/swastanisasi  komersialisasi ataupun monopoli dalam pengelolaan SDA,”Ujarnya (01.nn)  


http://images.detik.com/content/2014/02/18/1036/malaysia.jpeg

Avtur Makin Mahal, Malaysia Airlines Rugi Rp 3 T


Kuala Lumpur (mp.c)-Maskapai penerbangan Malaysia, yaitu Malaysia Airlines menyatakan mengalami rugi besar. Sepanjang 2013 lalu, maskapai ini mengalami kerugian 1,17 miliar ringgit atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Dalam empat kuartal berturut-turut di 2013, maskapai ini terus mengalami kerugian. Kerugian di 2013 ini, naik 3 kali lipat dari rugi di 2012 yang mencapai 433 juta ringgit.

Kerugian di 2013 ini adalah akibat pelemahan nilai tukar ringgit terhadap dolar, mahalnya bahan bakar, dan juga naiknya beban biaya perseroan.

"Memasuki 2014, Malaysia Airlines memprediksi lingkungan bisnis masih menantang dengan tingginya harga bahan bakar, bergejolaknya nilai tukar, dan juga kompetisi yang makin ketat," demikian pernyataan Malaysia Airlines kepada bursa Malaysia, seperti dilansir dari AFP, Selasa (18/2/2014).

Pada 2013 lalu, maskapai ini memperoleh pendapatan 15,1 miliar ringgit, naik 10% dibandingkan 2012. Jumlah penumpang juga naik hampir 30%. Namun pengeluaran biaya maskapai ini naik 10% menjadi 14,9 miliar ringit di tengah tingginya harga bahan bakar.

"Dengan bertumbuhnya pasar, Malaysia Airlines harus meningkatkan kapasitas, agar bisa menjadi pemain utama," kata Chief Executive Officer Ahmad Jauhari Yahya.(dtf)
 

Debit Lahar Dingin Kelud Menurun, Jembatan Damarwulan Kandangan Dibuka

 Kediri (mp.c) - Aliran lahar dingin di sungai yang berhulu di Gunung Kelud terus mengalir. Namun debit dan material yang terbawa lahar tidak sebanyak pertama kali lahar dingin muncul.

Wakapolres Kediri Kompol Alfian Nurrizal mengatakan 3 jam sejak pertama terjadi lahar dingin, debit ketinggian air dan material terus menurun. "Jembatan sudah kita buka dan debit air yang terpantau di Jembatan Damarwulan, Kandangan, Kediri sudah turun dratis," katanya kepada detikcom, Rabu (19/2/2014).

Meski begitu, pihaknya tetap menyiapkan 120 anggotanya di Jembatan Damarwulan yang disiagakan untuk mengevakuasi warga bantaran sungai dan menutup jembatan. "Penutupan jembatan dikarenakan kita memperkirakan sungai mengalami kedangkalan akibat abu vulkanik sehingga saat ada lahar dingin kita takutkan air naik dan meluber hingga ke jalan makanya dilakukan penutupan sementara dan penempatan anggota disana," ujarnya.

Mantan Wakapolres Sampang ini memastikan dalam kejadian lahar dingin tidak ada korban jiwa. Namun untuk jumlah rumah yang terendam diperkirakan lebih dari 3. "Laporan dan pantauan di lapangan 2 rumah dan 1 mushola yang ada di bawah jembatan terendam. Tidak menutup kemungkinan jumlahnya bertambah karena banyak rumah di bantaran sungai yang tidak bisa terjangkau," imbuh Alfian.

Kepala Pos Pantau Gunung Kelud di Dusun Margomulyo, Desa Sugihwaras, Ngancar Kediri, Khoirul Huda mengatakan aktivitas Gunung Kelud terus menurun namun masih berstatus awas.

"Masih mengeluarkan asap putih bertekanan lemah dengan ketinggian 100 meter hingga 350 meter dengan gempa tremor 0,5 mm -2,5 mm," ujarnya.

Khoirul juga mengatakan, ancaman lahar dingin masih mengancam. Ia mengimbau kembali masyarakat di sekitar sungai yang berhulu di Kelud agar tetap waspada. "Lahar dingin bergantung intensitas hujan di puncak. Kalau hujannya deras dan lama pasti akan terjadi lahar dingin," imbuhnya.

Dari pantauan detikcom di Kecamatan Ngancar 20 km dari puncak Gunung Kelud cuacanya medung. Sedangkan Gunung Kelud tidak terlihat tertutup awan mendung.

Sedangkan dari Sungai Dam Mangli di Kecamatan Puncu lahar dingin terus mengalir. Air berwarna cokelat keruh terus mengalir tanpa disertai material batu dan ranting pohon. Sedangkan polisi masih terus menjaga di pintu Sungai Dam Mangli yang menghubungkan Desa Mangli dengan Desa Puncu.(dtn) 

Anggota DPRD: Jokowi dan Ahok Perlu Laporkan Kasus Bus TransJ ke KPK

Jakarta (mp.c) - Wakil Gubernur DKI Basuki Thahaja Purnama (Ahok) mengatakan ada indikasi mark up di balik pengadaan TransJ berkarat. Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Muhammad Sanusi mengatakan pihaknya mendorong Pemprov DKI melaporkan kasus ini ke KPK.

"Perlu didorong, Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur untuk melaporkan ini ke KPK atau kejaksaan," ujar Sanusi saat berbincang dengan detikcom, Rabu (19/2/2014).

Sanusi mengatakan pihaknya juga mendorong inspektorat untuk segera menyelesaikan laporannya. Agar kasus ini dapat segera ditindaklanjuti.

"Kalau indikasinya sudah jelas, seharusnya aparat penegak hukum sudah bisa bergerak kok," kata Sanusi.

"Kita tunggu hasil laporan inspektorat lengkapnya seperti apa," imbuhnya.

Sebelumnya, Ahok mengatakan bahwa secara dokumen, proses tender bus TransJ memang sudah benar. Namun yang menjadi permasalahan ada pada spesifikasi barang yang tak sesuai.

Menurut Ahok, ada indikasi dari Dinas Perhubungan untuk mengarahkan pemenang tender. Panitia lelang menurutnya bermasalah dan harus dievaluasi.(dtn)
 
SELEBERITIS

Disebut Dapat Mobil Wawan, Chyntia Alona Utus Pengacara ke KPK


Jakarta: Model majalah dewasa, Chyntia Alona, mengutus Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Chyntia mencari konfirmasi lantaran disebut menerima mobil dari Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan.

"Jadi kami dimintai oleh klien kami (Chyntia Alona) untuk mengklarifikasi. Klien kami merasa tidak mengenal saudara Wawan," ujar Pengacara HAMI, Sunan Kalijaga, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Sunan datang dengan membawa surat pernyataan yang dibuat langsung oleh model cantik itu. Isi suratnya menanyakan isu soal penyebutan namanya sebagai penerima hadiah dari Wawan.

"Iya kami sampaikan semua kepada KPK agar berita ini diluruskan. Kalau klien kami benar terbukti mendapat aliran dana dari saudara WW (Wawan), kami akan sampaikan kepada klien kami agar kooperatif," ujar Agus Mahak, salah satu pengacara yang datang bersama Sunan Kalijaga.

Sejumlah artis disebut-sebut menerima hadiah mobil dari Wawan. Pemberian mobil itu sendiri diduga terkait tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh adik Gubernur Banten, Ratu Atut Choisiyah itu.

Cyhtiara Alona atau Cyhntia Alona diduga menerima Porsche merah dari Wawan. Sementara itu, pada Rabu (12/2) KPK menyita mobil Toyota Vellfire milik artis Jennifer Dunn.

Sampai hari ini KPK belum secara resmi merilis nama-nama artis yang diduga menerima hadiah dari Wawan. Hanya Jennifer Dunn sudah memenuhi panggilan KPK untuk memberikan keterangan. Artis berdarah indo itu mengaku bahwa Toyota Vellfire tersebut merupakan pemberian suami Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany itu.(metronews.com)

Besok, Saipul Jamiell rencana jenguk Dewi Perssik


- Pedangdut Saipul Jamiell berencana menjenguk mantan istrinya, Dewi Perssik yang saat ini sudah 4 hari mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur.
"Belum nengok. Kasihan lah. Dukung tetap. Kalau ga ada halangan Rabu ini. Rencana hari ini, tapi ada kerjaan. Paling 2 jam nanti. Lihat keadaan dia. Kata maminya sih teman selnya baik-baik. Tapi maminya kadang suka nutupin, biar masyarakat ga ikut khawatir," kata Saipul di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (17/2).
Saipul Jamiell dan stronga  href= Prihatin, itulah yang dirasakan oleh Saipul Jamiell atas apa yang dialami oleh pemilik goyang gergaji itu. Ia juga merasa aneh ketika kasus cakar-cakaran dengan Julia Perez ini tetap dilanjutkan setelah ada hukuman percobaan dari pengadilan.
"Denger pertama kasihan aja. Prihatin. Agak aneh saat tetap dilanjutkan. Kan dia udah kena hukuman percobaan. Saya denger dia juga belum dapat surat pemanggilan, kan lucu," lanjutnya.
Ia pun berharap kepada media untuk tidak mengekspos yang negatif tentang Dewi Perssik. Karena saat ini ia tengah dirundung musibah. Selayaknya sebagai sesama manusia, bisa mendukung terutama morilnya.
"Media jangan bikin berita yang aneh-aneh. Ibarat udah jatuh, ketimpa tangga. Ada berita naik mobil mewah ke rutan, itu kan hak pribadi," tuturnya.
"Kalau ga punya mobil bisa jadi ya, pakai mobil tahanan. Kan ga mungkin naik ojek. Dewi kan bukan tahanan korupsi. Kasus pribadi. Kayak ga ada kasus lain yang perlu diselesaikan," tandasnya.
(kpl/ato/rth) (merdeka.com)
 
 KESEHATAN
 

9 Bahaya Ini Mengintai Jika Anda Terlalu Banyak Tidur


Tubuh mengalami banyak masalah dan penyakit saat kita kurang tidur. Saat jumlah jam tidur terlalu sedikit, mood kita akan naik-turun tak karuan, timbul kantung mata, dll. Lalu, apakah dengan memperbanyak tidur masalah tersebut dapat teratasi? Tidak juga, karena sebenarnya tidur terlalu banyak akan menciptakan masalah lain. Nah, apa saja problem yang terjadi saat kita terlalu banyak tidur?


Sakit kepala

Terlalu banyak tidur akan berpengaruh pada neurotransmitter di otak sehingga timbul rasa sakit di kepala. Rasa nyerinya sama dengan dampak yang timbul setelah mabuk alkohol. Untuk memulihkan rasa sakit kepala ini Anda bisa mengonsumsi kafein, namun jika nyeri semakin parah Anda sebaiknya minum obat.



Diabetes

Penelitian membuktikan tidur terlalu banyak akan menyebabkan diabetes. Pola tidur yang berantakan akan memicu peningkatan kadar gula darah di tubuh. Apalagi jika dalam riwayat keluarga Anda ada yang pernah menderita diabetes. Anda perlu membiasakan pola tidur yang baik agar terhindar dari diabetes.



Konsentrasi menurun

Kurangnya konsentrasi merupakan dampak yang diakibatkan dari kurang tidur maupun kebanyakan tidur. Hal ini terjadi karena sel-sel otak tidak diaktifkan, sehingga Anda sulit fokus pada suatu hal.



Suasana hati memburuk

Kebanyakan tidur akan membuat emosi Anda terganggu. Anda jadi mudah tersinggung karena hal-hal sepele. Anda juga jadi mudah lupa dengan hal-hal penting.



Obesitas

Saat Anda tidur terlalu lama, Anda menumpuk lapisan lemak di tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh tidak banyak bergerak saat tidur, sehingga lemak tidak terbakar dan akhirnya makin menumpuk. Menurut sebuah studi, orang-orang yang tidur berlebihan memiliki resiko obesitas 21 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur secukupnya.



Sakit jantung

Sejumlah penelitian mengungkapkan, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam (9 sampai 12 jam sehari) mengalami peningkatan resiko sakit jantung.



Depresi

Orang yang depresi cenderung ingin tidur lebih lama dan lebih sering. Hal ini justru membuat depresi itu makin menjadi-jadi. Depresi yang tidak teratasi pada akhirnya bisa memicu masalah fisik.



Sakit punggung

Punggung terasa nyeri saat Anda kebanyakan tidur. Hal ini dikarenakan badan tidak banyak beraktivitas.



Kematian

Meskipun belum ada alasan yang pasti, banyak penelitian mengungkap adanya hubungan antara tidur berlebih dengan meningkatnya resiko kematian.



Ternyata segala hal yang "terlalu" memang tidak baik. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur seharusnya dihindari, dan diusahakan untuk tidur secukupnya. Selain mempertimbangkan lamanya jam tidur (normalnya tidur yang baik adalah 8 jam sehari), kita juga perlu memperhatikan kapan kita tiduR (int)


9 Manfaat Kurangi Makan Daging

 
 - Istilah "go green" tidak hanya baik bagi lingkungan, tetapi juga untuk pola makan kita sehari-hari. Menurut Steven Masley, ahli gizi dan penulis buku The 30-Day Heart Tune-Up: A Breakthough Medical Plan to Prevent and Reverse Heart Disease, mengurangi daging memberikan manfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.
"Orang Amerika yang mengganti daging dengan diet vegetarian dapat mengurangi berat badan mereka dan terlihat perbaikan untuk kadar kolesterol dan gula darah mereka," jelasnya.
Lebih lanjut, inilah sembilan manfaat yang Anda bisa dapatkan dari pengurangan makan daging.
1. Berat badan berkurang
Sebuah studi berskala besar selama lima tahun yang dipublikasi dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics di 2013 mengungkap, mereka yang tidak makan daging memiliki rata-rata indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah daripada mereka yang makan daging. Selain itu, studi juga menemukan, orang obesitas yang melakukan diet vegetarian cenderung lebih banyak mengurangi berat badannya daripada mereka yang berdiet namun tetap makan daging.
2. Tekanan darah menurun
Menurut sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Public Health Nutrition, pelaku diet vegetarian dan vegan cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding dengan pemakan daging. Para peneliti mengatakan, ini karena mereka lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
3. Risiko diabetes lebih rendah
Studi yang dilakukan American Diabetes Association menemukan, pelaku diet vegeratian memiliki penurunan risiko sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang berhubungan dengan diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Studi menemukan, orang yang menghindari makan daging merah dan ayam rata-rata tekanan darah, gula darah, dan trigliseridanya lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.
4. Risiko kanker menurun
Para peneliti asal Loma Linda University menemukan adanya hubungan antara diet vegan dengan penurunan risiko semua tipe kanker. Dalam studi yang berperiode 10 tahun tersebut, mereka menganalisa data dari 70.000 orang yang tidak makan daging.
5. Lebih mudah BAB
Makan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan berarti lebih banyak juga serat yang dikonsumsi. Dawn Jackson, pakar diet dan penulis buku The Flextarian Diet mengatakan, konsumsi serat lebih banyak akan menurunkan angka konstipasi dan perbaikan sistem pencernaan secara keseluruhan.
6. Kulit lebih berkilau
Diet vegetarian merupakan diet terbaik bagi kilau kulit. Sebuah studi menemukan, lebih banyak makan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian utuh akan meningkatkan kadar antioksidan di tubuh yang akan menetralisasi radikal bebas sehingga mencegah penuaan.
7. Bau tubuh lebih baik
Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang tidak makan daging cenderung memiliki bau tubuh yang lebih baik dan menarik, terutama bagi lawan jenis. Bahkan wanita yang tidak makan daging dianggap lebih menarik dengan bau badan lebih sedap.
8. Tambah bahagia
Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah salah satu cara untuk memperbaiki mood. Sebuah studi asal University of Warwick dan Dartmouth College pada 80.000 orang menemukan, penambahan porsi makan buah dan sayur harian terbukti dapat memperbaiki mood.
9. Tingkat energi bertambah
Makan bayam, kale, kacang, dan makanan kaya nitrat lainnya akan menambah tingkat energi Anda. Para peneliti menemukan, nitrat dapat memperbaiki kualitas pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan memperbaiki distrubusi oksigen ke seluruh tubuh.(kps.com)

 
 
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda