MADYA POS.COM

Rabu, 16 Juli 2014

LAPORAN BURUH- DEWAN PERS-BKKBN SUMUT


14.673 Laporan Buruh Soal Pelanggaran Pembayaran THR


Ilustrai
 
Surabaya (MP.C)- Sebanyak 14.673 buruh melaporkan soal tunjungan hari raya (THR) tahun lalu. Mereka tersebar di 78 perusahaan di berbagai daerah Jawa Timur.

Posko Pengaduan THR 2014 lembaga bantuan hukum (LBH) Surabaya-Relawan Buruh Jawa Timur berharap, semua perusahaan membayarkan hak para karyawan dan buruh, termasuk pembantu rumah tangga.

"Pemberian THR pada dasarnya tidak ada hubungan dengan status buruh atau pekerja dalam perusahaan. Apakah buruh atau pekerja itu sebagai pekerja tetap, kontrak, outsourching maupun pekerja harian lepas. Jadi setiap pekerja yang mendapatkan upah dari pemberi kerja (pengusaha/perusahaan) wajib memberikan THR," kata Jamaludin, Koordinator Posko THR Relawan Buruh Jawa Timur di kantor LBH Surabaya, Jalan Kidal, Selasa (15/7/2014).

Pada 2013 lalu hingga H-7 lebaran, posko pengaduan mencatat 14.673 buruh di 78 perusahaan yang tidak mendapatkan hak THR sesuai aturan.

Ia membeberkan modus pengusaha atau perusahaan yang tidak membayar hak pekerja berupa THR. Seperti THR dibayarkan kurang dari ketentuan, dengan dalih perusahaan tidak mampu membayarnya.

Pekerja/buruh kontrak outsourching maupun harian lepas tidak diberi THR akibat status kerjanya yang belum sebagai pekerja tetap. Pekerja yang dalam proses perselesihan PHK sering tidak dibayarkan THR-nya. THR dibayar terlambat. THR dibayarkan dicicil dan ada juga THR dipotong karena tidak masuk kerja.

"Ada juga yang dibayar tapi kurang dari ketentuan. Ada yang dibayar dengan tidak uang tunai, melainkan bentuk barang," tandasnya.

"Kami juga mendesak majikan PRT (pekerja rumah tangga) juga memberikan THR-nya ke PRT-nya sebesar 1 kali gaji, karena PRT juga bagian alam pekerja," terangnya.(dtn)

Dewan Pers: KPI Tak Perlu Larang Penayangan Quick Count

 Jakarta (MPC)- Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak perlu sampai melarang penayangan hasil hitung cepat (quick count) Pilpres di lembaga penyiaran. Menurutnya, KPI hanya perlu mengatur pelaksanaannya.

Menurut Agus, quick count ada untuk mengawasi hasil penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU), bukan sebaliknya. Tak seharusnya publikasi quick count dilarang.

"Jangan sampai yang terjadi nanti, hasil real count untuk memverifikasi quick count. Saya khawatir nantinya malah terbalik. Kalau terjadi, konsekuensinya serius sekali," ujar Agus saat konferensi pers 'Kebebasan Penyiaran Quick Count' di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Jakarta, Rabu (16/7).

Menurut Agus, media juga berperan penting dalam menyampaikan hasil quick count yang kredibel. Agus mengatakan media perlu mengecek metode yang dipakai oleh quick count sebelum menyiarkannya. Transparansi mengenai pemberi dana pun harus diberitahu ke masyarakat.

Anggota Perhimpunan Survei Opini Publik Ade Armando juga mempertanyakan teguran KPI tersebut. "Saat debat capres, anggota KPI duduk di salah satu kubu. Jadi kalau KPI menegur penyiaran hasil quick count itu mengapa?" tanyanya.

Ia juga tidak menerima alasan KPI yang berdasar pada penjagaan stabilitas negara. "Saya rasa istilah tersebut sangat berbau Orde Baru. Saat ini sudah zaman demokrasi," katanya.(dtn)

GUBSU HADIRI GELAR PASUKAN PENGAMAN KUNKER PRESIDEN RI

 GUBSU HADIRI GELAR PASUKAN PENGAMAN KUNKER PRESIDEN RI
Medan, (MP.C)
Guna mengamankan kunjungan kerja Presiden RI di Wilayah provinsi Sumatera Utara hari ini, dilaksanakan Upacara Gelar Pasukan di Lapangan Merdeka, Senin (14/7). Kehadiran presiden di Sumatera Utara dalam rangka menghadiri Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-67.

Upacara gelar pasukan dilaksanakan untuk memberikan keyakinan bahwa setiap individu, satuan tugas dan komando operasi telah bersinergi membentuk kerjasama tim secara profesional sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tugas pengamanan juga sebagai tugas Negara yang mempertaruhkan citra dan kehormatan bangsa, dimana dibutuhkan pengerahan personil, peralatan dan kemampuan yang maksimal.

Upacara Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari S, S.E, MM dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si, Kapolda Sumut Irjen Pol Syarief Gunawan, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan personil TNI dan Personil Polri serta Personel Dishub.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari S, S.E, MM  selaku inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan apel gelar pasukan ini harus menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan mulai H-1 sampai H+3 kunjungan kerja Presiden RI ke wilayah Sumatera Utara  khususnya Kota Medan.  Personil pengamanan yang tergabung dalam satgas PAM ini akan ditempatkan pada beberapa lokasi, antara lain Bandara Polonia, Hotel JW Mariot, Lapangan Benteng dimana acara Harkopnas ini digelar, rute-rute yang akan dilalui rombongan maupun rute-rute cadangan maupun rute pengganti.

“Pada pelaksanaan pengamanan nanti diharapkan koordinasi dan kerjasama terencana, terarah dan terkendalai yang tetap berpedoman kepada keputusan Panglima TNI No kep/376/VI/ 2012 tanggal 12 Juli 2012 dan pengaturan fisik pengamanan VIP lainnya baik secara langsung maupun tak langsung. Tujuannya agar pengamanan dapat dicapai dengan optimal” jelasnya.
  
Pangdam juga menuturkan antisipasi setiap perkembangan di lapangan maupun usaha-usaha dari pihak tertentu yang ingin mengganggu  kelancaran dan ketertiban serta keamanan presiden bersama rombongan di Sumut mulai 15 – 16 Juli 2014. Sehingga keselamatan dan keamanaan pribadi Presiden SBY dan Ibu Ani serta rombongan dapat terjamin.
Menurut dia, peran para dan satgas dalam upaya mewujudkan kesiapan operasional pengamanan ini sangatlah dominan, oleh sebab itu setiap DAN Satgas PAM maupun DAN Sub Satgas PAM  dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal serta mampu hadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi dilapangan.

Untuk itu ia berharap dengan adanya apel pasukan ini, semua personil dapat memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan baik dan sukses.

"Saya selaku Pangkoop Pengamanan VVIP maupun selaku pribadi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan mendukung tugas pengamanan Presiden dan rombongan nantinya," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan tugas pengamanan ini merupakan suatu kehormatan bagi kita semua, oleh karena itu harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan penuh tanggungjawab.

Sebelum mengakhiri amanatnya, ia tetap mengingatkan kepada semua personil agar tetap meningkatkan koordinasi dengan terus menerus agar tugas dapat dilaksnakan dengan baik dan lancar, sehingga setiap tugas pengamanan harus tahu siapa dan berbuat apa sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.(r.01.nn)

Buru Penembak Mobil Sembako di Papua, Polisi Kerahkan 2 Mobil Anti Peluru

Jayapura (MP.C)- Polisi menduga pelaku penembakan iring-iringan mobil sembako di Puncak Jaya, Papua adalah kelompok bersenjata lama. Mereka memburu kelompok tersebut dengan puluhan personel dan mengerahkan mobil anti peluru.

Menurut warga, ada 2 korban tewas dalam peristiwa itu. Tapi menurut polisi, hanya ada satu korban tewas. Satu lainnya kritis dan satu lagi terluka.

"Satu meninggal di tempat, satu kritis, dan satu kena pantat. Sudah dievakuasi," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Sulistiyo Pudjo.

Peristiwa terjadi sekitar terjadi 14.15 WIB, Rabu (16/7/2014) di kampung Danggobak Kalome Distrik Tingginambut, Puncak Jaya. Pelaku menghadang sekitar 10 mobil sembako dari Wamena menuju Puncak Jaya, kemudian membakar 4 di antaranya.

"Indikasinya mereka hendak mengganggu perekonomian di wilayah Puncak Jaya," ujar Pudjo.

Polisi telah menerjunkan 26 personel yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Puncak Jaya, AKP Muh Arief. Tim membawa 2 mobil anti peluru dan 1 ambulans milik Kodim.

Satu korban meninggal adalah Kallo (30), asal Makassar. Dia terkena tembakan di kepala. Sedangkan korban kritis adalah Laksamana (24) dan korban terluka tembak di pantat, Bahar (40).(dtn)

Seorang Advokat di Yogya Dibacok Orang Tak Dikenal

Yogyakarta - Sinto Ariwibowo (46), advokat di Yogyakarta, menjadi korban pembacokan oleh orang tak dikenal di rumahnya. Akibatnya dia mengalami luka dibagian kepala dan tangan dan menjalani perawatan di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Peristiwa penganiayaan itu terjadi di rumah korban di Perumahan Sidoarum Blok 3 Jalan Kutilang P/17, Sidoarum, Godean, Sleman, Rabu (16/7/2014).

Saksi, Harimi yang bekerja sebagai pembantu di rumah korban mengungkapkan sekitar pukul 08.00 WIB saat menjemur pakaian, didatangi seorang laki-laki tak dikenal menanyakan keberadaan majikannya. Laki-laki dengan ciri kulit putih bercelana pendek, membawa tas ransel dan jaket hitam mengendarai motor matic warna biru.

Dia masuk ke dalam rumah untuk menyampaikan kepada Sinto kalau ada tamu yang mencarinya. Saat itu korban berada di ruang tengah menonton televisi.

"Saat tanya kepada saya, helem belum dilepas," katanya.

Setelah itu, korban keluar menemui tamu. Dia pun melanjutkan pekerjaannya. Tak lama kemudian terdengar teriakan korban dari dalam rumah. Dia melihat korban berlumuran darah saat mengajar orang tak dikenal itu keluar rumah. Pelaku kabur dengan sepeda motor matic.

Bersama tetangga, korban dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gamping yang terdekat. Namun dipindah ke RS Panti Rapih Yogyakarta
Saat ini polisi dari Polres Sleman masih melakukan penyelidikan. Belum diketahui apa motif penganiayaan terhadap Sinto Ariwibowo.

"Kami sudah melakukan olah TKP dan menanyakan kepada beberapa orang saksi yang mengetahui kejadian itu," kata Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Alaal Prasetya kepada wartawan di Mapolres Sleman.

Korban saat ini masih di rawat di RS Panti Rapih dengan luka dibagian kepala dan tangan akibat bacokan clurit. Saat pelaku melakukan penganiayaan, korban sempat melawan dengan menangkis hingga tangan terluka.

Dalam kasus seperti ini, korban sebagai advokat sudah dua kali mengalami kekerasan hingga mengakibatkan luka. Pertama kali terjadi saat dia menangani kasus penipuan bisnis pulsa sekitar bulan Juni 2010. Dia juga diculik dan dianiaya oleh orang-orang tak dikenal hingga luka. Peristiwa kedua yang dilami korban yang terjadi hari ini.(dtn)
 

Hewan terlangka di dunia ini bergulat dengan gurita

Hewan terlangka di dunia ini bergulat dengan gurita
Jakarta  (MP.C)- Dalam kisah Yunani kuno Odyssey, Homer bercerita segerombolan anjing laut sering ditemui di sepanjang pantai Yunani kuno. Namun akhir-akhir ini mereka jarang terlihat - total populasi mereka kurang dari 500 sehingga menjadikan binatang itu sebagai anjing laut paling terancam punah di dunia.

Joan Gonzalvo dari Institut Riset Tethys di Milan, Italia, sangat senang menjumpai anjing laut saat sedang mengadakan survei lumba-lumba di pantai barat Yunani minggu lalu.

"Kami tidak percaya ternyata yang ada di hadapan kami adalah seekor anjing laut," kata dia. "Dan kami melihat hewan itu memangsa gurita dengan lahap hanya berjarak beberapa meter dari kapal kami."

Dari perkiraan ukurannya, hewan tersebut memiliki panjang sekitar 130 sentimeter, Gonzalvo menyebutnya anak anjing laut atau remaja anjing laut.

Gonzalvo mengaku takjub saat melihat anjing laut makan dengan lahap di dekat kapalnya, yang bisa saja dengan mudah menjadi sasaran para pemburu.

Gurita juga tidak terlihat mudah untuk diburu. Gonzalvo yang tengah mengerjakan proyek Lumba-lumba Ionian, sebelumnya pernah melihat gurita menempel pada alat kelamin lumba-lumba, demikian New Scientist.(ant.n)



IKLAN DISPENDASU 
MINGGU KE -IV JULI 2014
 



Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB 

Tepat waktu akan menjamin Keabsahan
 Kepemilikan kenderaan bermotor  




Yahdil Anggota DPR RI, Ajak Masyarakat Ikut Program KB
Panyabungan, (MP.C)
 Badan Kepedudukan Keluaraga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara  bersama Komisi IX DPR RI diwakili Yahdil Abdi Harahap bersama melakukan sosialisasi di SMK Williem Iskandar, Jalan Bakti ABRI, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kamis (14/11/2013).

Komisi XI yang membidangi BKKBN, yang diwakili Yahdil mengajak masyarakat dan pelajar untuk menjalankan program KB demi mensejahterakan masyarakat. Dua anak cukup guna meningkatkan kesejahteraan keluarga kecil yang bahagia dan berkualitas. 

Perlu diingat, program ini bukan untuk menghambat mempunyai anak, tetapi program ini, selain dua anak cukup, juga untuk membuat jarak kelahiran anak.

"Kami terus menekan laju pertumbuhan penduduk dengan dua anak cukup untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagian keluarga kecil,” jelasnya,

“Yang kita harapkan anak pertama dengan yang kedua bisa berjarak 6 tahun, dengan tujuan agar bisa anak pertama menjaga adiknya,” terangnya.

Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia saat ini semakin meningkat. Itu makanya Komisi IX melakukan sosialisasi untuk mencegah dengan melakukan progra dua anak cukup. Kalau pertumbuhan penduduk terus meningkat rakyat akan semakin sengsara karena semakin banyak beban negara, paparnya.

Usia minimal untuk pernikahan bagi peremuan yakni umur 21 tahun dan untuk laki-laki manimal berumur 26 tahun, terangnya.

“Itu makanya, mari kita dukung program BKKBN ini untuk kesejahtaran masyarakat. Kepada pelajar kami harapkan nanti supaya jangan menikah di usia dini. Berapa usia dini tersebut 20 tahun ke bawah,” jelasnya.(RN)

Pegawai Honorer BKKBN Sumut Diberhentikan Secara Sepihak

Medan, (MP.C)) – Sebanyak lebih kurang 30 honorer Badan Koordinasi Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara, Jalan Krakatau, Medan, Sumatera Utara, harus kehilangan pekerjaannya. Mereka kena Putusan Hubungan Kerja (PKH) secara sepihak oleh Kepala BKKBN Sumut.

Akibat pemberhentian sepihak tersebut, mereka mengadu ke DPRD Medan dengan harapan agar para wakil rakyat ini dapat membantu menyelesaikannya.

Mereka yang datang mengadu antara lain, Ari Wibowo, Wahyu, Ali Nafiah serta Kusnardi dan diterima Sekretaris Komisi B DPRD Medan Drs Muhammd Yusuf SPdI didampingi Anggota Ir Yahya Payungan Lubis dan Drs Syamsul Bahri, di Kantor DPRD Medan, Jalan Krakatau, Medan, Kamis (10/01/2013).

Kepada wakil rakyat ini yang duduk di Komisi B ini,  keempat honorer BKKBN Sumut tersebut menceritakan kronologis pemecatan yang mereka alami.

"Pemberhentian hanya dilakukan secara lisan, mulai 31 Desember kami sudah tidak boleh bekerja di instansi tersebut,"ujar Ali Nafiah kepada Komisi B DPRD saat meneceritakan kronologis pemberhentian mereka.

Menurut Kepala BKKBN Sumut drg Widwiono MKes, lanjut Ali Nafiah, berdasarkan kebijakan Pusat, tenaga kerja honor sudah tidak dibenarkan di BKKBN Sumut. 

“Atas dasar itu mereka mengeluarkan kami yang jumlahnya lebih kurang 30 orang,"ungkap Ali Nafiah.

Yang disesalkan, ujar Kusnardi menimpali, cara pimpinan BKKBN tersebut kurang simpatik, sebab mereka mem-PHK sebanyak lebih kurang 30 tenaga honorer tanpa selembar kertas pun.

"Jangankan pesangon, selembar kertaspun tidak ada kami terima,"ujarnya.  

Menyikapi ini Sekretaris Komisi B DPRD Medan Drs Muhammad Yusuf SPdI menyesalkan sikap yang ditempuh pimpinan BKKBN tersebut, seharusnya pihak BKKBN dapat menghargai para honorer yang sudah bekerja selama 6 tahun itu.

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan ini, meski hal ini bukan gawenya DPRD Medan, melainkan DPRD Sumut, namun pihaknya tetap akan berupaya  membantu menyelesaikannya.

Untuk itu Yusuf minta kepada para honorer tersebut membuat pengaduan secara tertulis yang disampaikan kepada Ketua DPRD Medan dan Komisi B DPRD Medan.

"Meski BKKBN Sumut bukan merupakan mitra kerja Komisi B DPRD Medan, namun kita berupaya untuk menyelesaikannya, paling tidak koordinasi dengan DPRD Sumut, khususnya komisi yang membidangi BKKBN Sumut,"ungkap Yusuf. (RN)

Satpol PP Tertibkan
Pedagang Kaki Lima Pasar Petisah
Medan (  MP.C) )
Seratusan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan  menertibkan pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan seputaran Pasar Petisah Medan, Jumat (11/7). Penertiban sempat  ricuh, sebab para pedagang melawan petugas.
Selain berusaha mempertahankan tenda yang akan dibongkar, pedagang pun sempat menghujani petugas Satpol PP dengan batu. Meski demikian  petugas Satpol PP pun tidak gentar, penertiban terus dilakukan dipimpin langsung Kasatpol PP M Sofyan.
Satu per satu tenda para pedagang diangkut dengan menggunakan 1 unit truk. Walaupun para pedagang berusaha sekuat tenaga mempertahankan tenda namun tetap saja berhasil diamankan petugas satpol PP.
Sebelum melakukan penertiban, seratusan petugas Satpol PP dibantu beberapa personel Denpom  menggelar apel persiapan di halaman Gedung Dharma Wanita Medan. Dalam arahan singkatnya, Sofyan minta lebih mengutamakan pendekatan persuasif.
Jika upaya itu gagal barulah dilakukan tindakan refrensif. Usai apel persiapan, Sofyan bersama anggotanya langsung bergerak menuju Jalan Nibung Utama.
                Sejumlah pedagang menolak untuk memindahkan tenda dagangannya yang telah memakan badan jalan. Meski telah diberi penjelasan tindakan menyebabkan terjadinya kemacetan tidak ditanggapi, Sofyan pun memerintahkan anggotanya membongkar tenda.
Beberapa pedagang berusaha mempertahankan tenda dengan memeluk besi sekuat tenaga. Berhubung jumlah petugas satpol PP cukup banyak, upaya tersebut sia-sia. Petugas Satpol PP berhasil merebut dan mengamankannya dalam truk. 
Penertiban terus dilanjutkan, tenda pedagang yang beridiri memakan badan jalan langsung dibongkar. Untuk menghadang aksi penertiban, sejumlah pedagang wanita berusaha menghadang.
Selain memprotes keras penertiban yang dilakukan, mereka juga tak henti-hentinya mengumpat para petugas Satpol PP. Aksi itu ternyata tidak mampu menghentikan proses penertiban, petugas satpol PP terus ‘membersihkan’ badan jalan dari tenda milik pedagang.
Malah sejumlah pakaian jualanan pedagang tidak luput diangkut petugas Satpol PP. Tidak terima barang dagangannya diamankan, salah seorang wanita paro baya nekat menaiki truk Satpol PP yang tengah berjalan.
Sambil melontarkan ucapan sumpah serapah, dia pun merebut kembali pakaian jualanannya yang sempat diamankan tadi. “Kalian memang tidak punya peri kemanusian, orang cari makan digusur seperti ini,” teriak wanita itu sambil melemparkan pakaian jualanannya dari atas truk.

Kasatpol PP Kota Medan Sofyan mengatakan awalnya pihaknya sudah memberitahukan baik-baik kepada pedagang untuk mundur. Tapi, saat diminta mundur, mereka malah melawan petugas.
"Mereka sudah kita suruh mundur. Teman-teman media lihat sendiri. Jalan di kawasan ini, macet akibat padat. Padat terjadi akibat beberapa PKL ini yang berjualan hampir ke pinggir jalan. Sekarang, kepentingan jalan lancar untuk seratus orang atau kepentingan beberapa pedagang PKL saja yang kita prioritaskan. Pasti kepentingan orang banyak prioritas kita kan," tegasnya. (RN)

Wali Kota Safari Ramadhan
 di Medan Johor

Medan (   MP.C)   )
            Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi Safari Ramadhan di Masjid Nurul Iman Jalan Stasiun, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Kamis (10/7). Selain bersilaturahmi sekaligus menghapus jarak antara pemerintah dengan masyarakat,  kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka untuk terus membangun ukhuwah Islamiyah, komunikasi pembangunan antar sesama warga serta membangun hubungan erat antara ulama dan umaro (pemerintah).
            Untuk itu dalam Safari Ramadhan ini, Wali Kota  ingin mendiskusikan maupun memusyawarahkan masalah-masalah  apa yang timbul dan kebutuhan pembangunan, khususnya di tingkat kecamatan  maupun kelurahan baik di bidang infrastruktur , pendidikan, kesehatan serta yang lainnya.
Selain itu Wali kota juga menghimbau serta mengajak seluruh masyarakat agar meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan seperti menjaga kebersihan, melestarikan lingkungan, memenuhi kewajiban perpajakan, pembangunan prasarana dan sarana lingkungan secara partisipatif, menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat maupun yang lainnya.
“Harapan saya kita semua bisa melaksanakan program-program sosial berbasis masyarakat, melengkapi program-program yang sudah dilaksanakan Pemko Medan. Jadi saya berharap melalui kebersamaan jelang berbuka puasa ini, berbagai ide dan aspirasi masyarakat dalam pembangunan dapat kita dnegarkan bersama dan diimplementasikan secara bertahap serta berkelanjutan pada masa yang akan datang,” kata Wali kota.
            Selanjutnya dihadapan Dandim 02/01 BS Letkol Kav Setiawan Arismunandar, Kakanmenag Kota Medan H Iwan Zulhami SH, Ketua NU Kota Medan Dr H Wirwan Tobing, Ketua PD Muhammadiyah Drs H Adrika, ,Camat Medan  Johor Khoiruddin Rangkuti, dan Ketua BKM Masjid Nurul Iman Drs H Syamsir Alam Rangkuti serta tokoh masyarakat serta  tokoh agama yang menghadiri acara tersebut, Wali Kota mengajak untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen meningkatkan ketakawaan kepada Allah SWT.
“Banyak makna yang terkandung dalam bulan yang suci Ramadhan ini. Jadi marilah kita jadikan Ramadhan sebagai momen untuk memperkuat komitmen sekaligus meningkatkan partisipasi dalam membangun kota yang kita cintai ini dengan ikut mensuskseskan program-program pembangunan yang sedang dijalankan saat ini, “ ajaknya.
Usai memberikan sambutan, Wali Kota didampingi Camat Medan johor selanjutnya menyerahkan bantuan sebesar Rp.40 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Iman. Selain itu juga mantan Sekda Kota Medan ini memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim.
Sementara itu Al Ustadz KH Zulfikar Hajar Lc dalam tausiah Ramadhannya menjelaskan, puasa dapat membentuk pribadi-pribadi takwa yaitu orang-orang selalu taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Selain itu Zulfikar juga mengajak untuk terus mempelajari isi kandungan Al Quran dan mensyukuri nikmat Allah.
Acara Safari Ramadhan ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan Shalat Maghrib, bertindak sebagai iman KH Zulfikar Hajar. Setelah itu dilanjutkan dengan makan malam bersama disertai dengan silaturahmi dengan tokoh agama dan warga sekitar. (RN)



SELEBRITIS/HIBURAN
 

Lola Amaria harap filmnya jadi inspirasi


Lola Amaria harap filmnya jadi inspirasi


Jakarta  - Aktris Lola Amaria berharap film Negeri Tanpa Telinga yang disutradarainya bisa menginspirasi pemerintahan baru Indonesia nanti terhindar dari korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.
"Mudah-mudahan dengan pemerintahan yang baru nanti, tidak akan terulang lagi kasus-kasus korupsi yang merugikan uang negara," kata Lola di Jakarta, Rabu.
Dia berharap film tersebut akan disaksikan semua kalangan termasuk para pejabat negeri ini. "Filmnya kan tentang politik, kekuasaan, dan seks. Jadi ini seperti kita mereview lagi masalah politik, kekuasaan dan korupsi terutama untuk peristiwa-peristiwa lima tahun belakangan. Inginnya ditonton semua kalangan termasuk para pejabat," katanya.
Lola mengatakan saat ini dirinya kini tengah disibukkan dengan kegiatan pascaproduksi film yang rencananya ditayangkan di bioskop pada 14 Agustus 2014 itu.
Film komedi satir "Negeri Tanpa Telinga" dibintangi Ray Sahetapy, Jenny Chang, Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Tanta Ginting, Kelly Tandiono, Maryam Suprana dan Gary Iskak.
Lola berharap film yang naskahnya ditulis bersama Indra Tranggono itu dapat bersaing dengan banyak film Indonesia lain yang diangkat dari novel populer.(Antn)

Supermodel ceraikan suami yang cium Gwyneth Paltrow


Gwyneth PaltrowJakarta - Supermodel asal Skotlandia Kirsty Hume mengakhiri pernikahan setelah suaminya menjadi terkenal karena tertangkap kamera mencium Gwyneth Paltrow.
Situs TMZ melansir Kirsty baru saja mengajukan gugatan cerai atas aktor Donovan Jerome Leitch setelah lebih dari 13 tahun menikah.

Kirsty menginginkan hak asuh secara fisik maupun legal atas anak perempuan mereka yang berusia 10 tahun.

Kirsty mengatakan mereka sebenarnya sudah berpisah selama 3 tahun terakhir.

Pengakuannya menguatkan cerita Donovan yang mengatakan mereka sudah berpisah saat dia mencium Gwyneth di pertandingan Dodgers September lalu.

Paltrow--yang mengencani Donovan di tahun 90-an--masih menikah dengan Chris Martin saat itu.

Kirsty tidak meminta tunjangan dari Donovan, jadi tampaknya perceraian mereka akan berlangsung lancar.(Antn)


Emma Watson jadi duta Perempuan PBB

Emma Watson jadi duta Perempuan PBB
PBB (ANTARA News) - Lembaga kesetaraan jender Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (8/7) menunjuk aktris Inggris Emma Watson, yang terkenal karena perannya sebagai Hermione dalam film "Harry Potter", menjadi duta untuk mengadvokasi pemberdayaan perempuan muda.

"Diminta untuk menjadi sebagai Duta Perempuan PBB benar-benar suatu kehormatan," kata Watson (24) dalam sebuah pernyataan.

"Hak-hak perempuan adalah sesuatu yang sangat terkait erat dengan siapa saya, jadi sangat pribadi dan mengakar dalam hidup saya, saya tidak bisa membayangkan kesempatan yang lebih menarik," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Film-film Watson telah meraup lebih dari 5,4 miliar dolar AS di seluruh dunia selama 10 tahun terakhir menurut Internet Movie Database.

Watson lulus dari Universitas Brown pada Mei dengan gelar sarjana sastra Inggris.

Duta Perempuan PBB yang lain adalah aktris peraih Oscar Nicole Kidman dan Putri Thailand Bajrakitiyabha Mahidol.(Uu.G003) (Antn)


KESEHATAN

4 Masalah kesehatan akibat sering menggigit kuku tangan!
4 Masalah kesehatan akibat sering menggigit kuku tangan!
- Menggigiti kuku tangan ketika sedang stres atau sambil melakukan hal lain bisa jadi salah satu kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang. Banyak yang berpikir kebiasaan semacam ini buruk
karena dianggap jorok. Namun ternyata kebiasaan menggigiti kuku tangan juga bisa berbahaya dan berakibat fatal, tak sekedar jorok.

Richard M.D, seorang ahli dalam masalah kuku di Weill Cornell Medical College dan anggota dari American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa kebiasaan menggigiti kuku bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti dilansir oleh Men's Health (08/07).

#1
Masalah pertama yang bisa muncul pada orang yang suka menggigit kuku adalah infeksi bakteri. Kuku Anda menjadi tempat berlindung bagi banyak kuman dan bakteri, terutama bakteri salmonella dan E.coli. Bakteri ini biasanya berdiam di antara ujung kuku dan kulit Anda. Ketika menggigit kuku, bakteri akan masuk ke mulut dan saluran pencernaan. Pada akhirnya bakteri bisa menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan yang berujung pada diare atau sakit perut.

#2
Masalah nomor satu belum seberapa dan bisa disembuhkan dengan cepat. Namun jika Anda memiliki kebiasaan menggigiti kuku dalam waktu lama Anda juga bisa terkena infeksi yang disebut paronychia. Infeksi ini terjadi ketika terdapat luka pada ujung tangan ketika Anda menggigit kuku. Luka pada ujung tangan dan jari bagian dalam bisa membuat bakteri atau jamur masuk ke dalam. Hasilnya, jari akan mengalami pembengkakan, menjadi kemerahan, dan penumpukan cairan atau nanah di bawah kuku. Infeksi semacam ini bisa diobati dengan operasi dan dirawat dengan antibiotik serta obat antijamur. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri, kuku juga bisa menjadi rapuh dan terasa sakit.

#3
Masalah kesehatan nomor tiga adalah Anda bisa terkena virus HPV atau virus menular seksual. Infeksi menular seksual ini adalah masalah yang paling mengancam pagi penggigit kuku. seseorang bisa jadi terkena virus ini setelah melakukan hubungan seksual dengan orang lain setelah menyentuh daerah intim. Selain menyebar pada tangan, virus ini juga bisa masuk ke mulut dan bibir sehingga bisa menyebabkan infeksi semakin menyebar ke tubuh Anda.

#4
Selain masalah-masalah di atas, kebiasaan menggigiti kuku juga bisa merusak struktur gigi Anda. Scher menjelaskan bahwa menggigiti kuku bisa mengubah posisi gigi seseorang sehingga bentuknya menjadi aneh. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu penyakit gusi dan infeksi.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan menggigiti kuku. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut segera hentikan sekarang juga. Kebiasaan menggigit kuku biasanya terjadi ketika seseorang cemas, karena itu cobalah untuk meredakan cemas Anda dengan cara lain selain menggigit kuku. Temui psikolog jika perlu untuk membantu Anda mengatasi cemas atau menghentikan kebiasaan menggigit kuku.(mdkc)


5 Kesalahan saat makan siang yang bisa menghancurkan diet

5 Kesalahan saat makan siang yang bisa menghancurkan diet - Banyak orang yang sedang menjalani diet tapa sadar sudah menyabotase diet mereka sendiri. Mulai dari malas berolahraga, mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak, dan lainnya. Jika Anda sedang berdiet, jangan biarkan pola makan menyabotase diet dan menggagalkan usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Salah satu hal yang tak pernah disadari oleh seseorang adalah bahwa apa yang mereka lakukan saat makan bisa mempengaruhi diet yang sedang dijalani. Salah satunya adalah ketika makan siang. Beberapa kesalahan ketika makan siang bisa menghalangi Anda untuk menurunkan berat badan.

Kesalahan apa saja yang paling sering dilakukan saat makan siang dan bisa menghancurkan diet Anda? Berikut daftarnya, seperti dilansir oleh Fit Sugar (10/07).

1. Selalu makan di luar
Tentu saja, Anda bisa memilih untuk makan makanan yang sehat di luar. Ada banyak restoran yang menyediakan makanan sehat untuk Anda yang berdiet. Namun jika Anda benar-benar ingin mengontrol apa yang dikonsumsi selama diet, pilihan terbaik adalah membawa makan siang bikinan sendiri dari rumah. Selain menghemat waktu, Anda juga bisa membuat makanan yang menyehatkan dan sesuai dengan diet Anda sendiri.

2. Minum jus atau soda
Tak ada salahnya minum jus atau soda sesekali, namun jangan biasakan minum jus atau soda setiap kali selesai makan siang. Minum jus atau soda setelah makan siang akan menambahkan kalori pada diet Anda sehari-hari. Sudah banyak penelitian yang mengaitkan minuman berpemanis atau minuman soda, termasuk soda diet dengan meningkatnya berat badan. Lebih baik pilihlah air putih atau teh.

3. Tak memikirkan nutrisi
Ketika memesan makan siang Anda mungkin akan memilih makanan yang paling cepat dan murah yang bisa dikonsumsi hingga tak memperhatikan nutrisi yang Anda dapatkan. Ketika memilih makan siang, jangan hanya memperhatikan kalori yang akan dikonsumsi, namun juga perhatikan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari makan siang tersebut.

4. Makan sedikit
Ketika makan siang, Anda mungkin sudah memilih makanan yang mengandung kalori sedikit, namun perhatikan juga porsi makanan Anda. Jangan sampai makanan yang dipilih terlalu sedikit sehingga Anda masih merasa lapar setelah makan siang. Rasa lapar akan memicu Anda untuk ngemil sepanjang sore, sehingga Anda justru menambah asupan kalori yang tak perlu dan tak sehat.

5. Makan sambil melakukan hal lain
Hal ini banyak dilakukan oleh orang yang sibuk. Anda mungkin tak selamanya bisa peri dari kursi untuk menikmati makan siang, namun makan sambil melakukan hal lain akan membuat Anda sulit kenyang, dan akan lebih cepat lapar setelahnya. Jangan biasakan makan siang di meja kerja atau sambil melakukan hal lainnya. Pergilah ke luar selama 15 menit untuk makan siang dan hanya berfokuslah untuk makan siang, jangan melakukan hal lainnya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat makan siang. Kesalahan tersebut bisa merusak diet Anda jika terus dilakukan. Jadi, jika ingin diet berhasil sebaiknya hindari melakukan kesalahan di atas saat makan siang.(Mdkc)
 

Nyeri punggung? Terapkan 5 tips tidur ini

Nyeri punggung? Terapkan 5 tips tidur ini
 Dengan pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk duduk tegak mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore, tidak jarang Anda bisa
 menderita nyeri punggung. Tak jarang nyeri ini bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Padahal tidur nyenyak sangat dibutuhkan untuk memulihkan energi tubuh Anda yang hilang.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah hal yang harus Anda lakukan saat tidur ketika sedang terkena nyeri punggung.
  • Tidurlah di atas tempat tidur yang nyaman dengan material yang tidak terlalu keras.
  • Jagalah posisi tidur Anda agar tulang belakang Anda tetap lurus.
  • Jangan menggunakan bantal yang keras sebab bantal ini akan menempatkan leher Anda pada posisi yang lebih tinggi dari tubuh yang berarti bahwa tulang belakang Anda tidak lurus. Hal ini mampu memberikan tekanan pada saraf di sekitar leher yang dapat memperparah penyakit Anda.
  • Selain berusaha menjaga agar tulang belakang tetap lurus, pastikan bahwa bahu, kepala. lengan, dan kaki Anda juga harus dalam posisi yang sma.
  • Jangan membaca atau menonton TV dengan posisi tidur. Sebab kebiasaan ini justru akan menambah parah penyakit Anda.
Itulah hal-hal yang harus Anda terapkan saat akan tidur ketika terkena nyeri punggung. Selain tips tersebut, lakukan pengobatan sederhana seperti pijat untuk mengobati penyakit Anda.(Mdkc)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda