MADYA POS.COM

Selasa, 30 September 2014

KPK PERIKSA-M.4-N3- PEKERJAAN TOL


PeriksaGubernur Riau 7 Jam, KPK Dalami Keterlibatan Pihak Lain

 Jakarta (mp.c)- KPK menetapkan Gubernur Riau Annas Maamun dan pihak swasta Gulat Manurung sebagai tersangka dugaan suap alih fungsi hutan seluas 140 hektare di Riau. Hingga kini KPK terus mendalami adanya keterlibatan pihak lain.

"Sedang didalami apakah ada pihak-pihak lain yang terlibat," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014).

Sejak operasi tangkap tangan Kamis (25/9) malam, penyidik baru meminta keterangan terhadap beberapa saksi mulai hari ini. Termasuk salah satunya Annas yang menjadi saksi untuk Gulat.

Mengenakan baju tahanan berwarna oranye, Annas diperiksa mulai pukul 10.00 WIB. Pemeriksaan berjalan selama kira-kira 7 jam. Pria 74 tahun keluar gedung KPK pukul 17. 30 WIB.

Sama seperti saat tiba di KPK, saat keluar pun Annas memilih untuk diam. Kini Annas telah dibawa kembali ke Rutan Guntur.

KPK menyita uang Rp 2 miliar dan USD ‎300 ribu saat operasi tangkap tangan. Uang tersebut diberikan tersangka Gulat Manurung kepada Annas untuk pengurusan izin alih fungsi lahan hutan yang akan dijadikan kebun kelapa sawit. Lahan hutan itu berada di daerah Kuangsing, Kabupaten Kuantan Singing, Riau‎.(dtn)

Pekerjaan Tol Medan-Kualanamu -Tebing Tinggi Dimulai

Deli Serdang,(MP.C)
Pekerjaan Tol Medan-Kualanamu -Tebing Tinggi Dimulai Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan peletakan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pekerjaan konstruksi Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi sepanjang 61,80 km di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (23/9).

Tidak hanya itu, Menteri PU Djoko Kirmanto juga meresmikan sejumlah infrastruktur PU di Provinsi Sumut dan Nanggroe Aceh Darussalam.
Djoko menjelaskan, jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan mempunyai peranan penting dalam melayani pergerakan manusia, barang dan jasa dari Bandara Kualanamu, sekaligus sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

“Jalan Tol ini juga merupakan salah satu infrastruktur Pekerjaaan Umum untuk mendukung program MP3EI melalui peningkatan kapasitas jaringan jalan di Pulau Sumatera sebagai bagian dari Koridor Ekonomi Sumatera,” ucap Djoko.
Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi dengan total panjang 61,80 km terbagi dalam 2 (dua) seksi, yaitu: Seksi I (Medan-Perbarakan-Kuala Namu) sepanjang 17,80 km dan Seksi II (Perbarakan-Tebing Tinggi) sepanjang 44 km.
Sedangkan konstruksinya direncanakan 2×2 lajur pada tahap awal dan 2×3 lajur pada tahap akhir dengan kecepatan rencana 100 km/jam.

Menteri PU menambahkan, pembangunan jalan tol ini layak secara ekonomi, namun kurang layak secara finansial, sehingga diperlukan dukungan pemerintah agar layak secara finansial.
Dukungan Pemerintah tersebut diberikan dalam bentuk pengadaan tanah untuk seluruh ruas jalan tol dan konstruksi pada Seksi I (Medan-Perbarakan-Kualanamu).
Menteri melanjutkan, pengusahaan Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi akan dilaksanakan oleh Konsorsium BUMN PT Jasa Marga (persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Hutama Karya (Persero) Tbk sebagai pemenang lelang pada 4 September 2014.

Konsorsium ini akan segera menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan masa konsesi 40 tahun dengan lingkup pekerjaan Pembangunan Jalan Tol Seksi II (Perbarakan-Tebing Tinggi) dan pengoperasian dan pemeliharaan untuk seksi I dan II selama masa konsesi.

“Pembangunan seksi II membutuhkan biaya investasi sebesar Rp5,6 triliun, biaya investasi tersebut akan dipenuhi melalui ekuiti dari Badan Usaha Jalan Tol dan pinjaman dari lembaga keuangan,” tutur Djoko.
Djoko menyebut, sampai saat ini, pengadaan tanah untuk seksi I telah mencapai 81,32 persen dan seksi II 81,40 persen dan diharapkan pengadaan tanah akan dapat diselesaikan keseluruhan pada 2015.

“Sejalan dengan hal tersebut, saat ini pembangunan seksi I telah dilaksanakan oleh pemerintah dengan kemajuan sebesar 13,5 persen dan diharapkan selesai pada 2016. Sedangkan pembangunan seksi II diharapkan akan selesai pada 2017,” tambah Djoko.
Proyek lainnya

Menteri PU juga meresmikan pengoperasian beberapa infrastruktur strategis di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi NAD, yang telah siap untuk dioperasikan.
Infrastruktur tersebut antara lain, “Fly Over” atau jalan layang Kuala Namu (sisi kiri) Jalan Akses Bandara Kuala Namu Tahap II, sepanjang 1.000 meter, dibiayai dengan APBN TA 2011-2012 senilai Rp120,10 miliar.

Kemudian, Jembatan Krueng Merbau, sepanjang 156 meter, dibiayai dengan APBN TA 2012-2014 senilai Rp58,6 Miliar.
SPAM IKK Syiah Kuala, kapasitas 40 liter/detik, di Kota Banda Aceh, dibiayai dari APBN dan APBD TA 2012-2013 senilai Rp11,44 miliar, SPAM IKK Simeulue Timur (Kolok), kapasitas 10 liter/detik, di Kabupaten Simeulue, dibiayai dari APBN dan APBD TA 2012 senilai Rp6,28 miliar.

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Blang Bintang, kapasitas 250 ton/hari di Kabupaten Aceh Besar, dibiayai dari hibah UNDP 2011-2012 senilai Rp53,65 Miliar.
TPA Cot Padang Lila, kapasitas 94 m3/hari, di Kab. Pidie, dibiayai dari hibah UNDP 2012 senilai Rp8,94 miliar, TPA Cot Buket, kapasitas 120 m3/hari, di Kabupaten Bireun, dibiayai dari Hibah UNDP 2012 senilai Rp10,72 miliar.

SPAM IKK Rantau Selatan, kapasitas 40 liter/detik, di Kabupaten Labuhan Batu, dibiayai dari APBN TA 2012-2013 senilai Rp9,22 miliar dan pengembangan SPAM IKK Pantai Labu, kapasitas 20 liter/detik, di Kabupaten Deli Serdang, dibiayai dari APBN dan APBD TA 2012 senilai Rp6,67 miliar.(r.dnf)

WAGUBSU HARAPKAN LULUSAN PERGURUAN TINGGI SIAP HADAPI MEA

Medan,(MP.C)
WAGUBSU HARAPKAN LULUSAN PERGURUAN TINGGI SIAP HADAPI MEAPerjuangan yang sesungguhnya sedang ada di hadapan wisudawan/ti dan kepada anda semua dituntut untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Dharma Pendidikan dan Penelitian serta Pengabdian kepada masyarakat yang berarti harus terlibat aktif dalam pembangunan masyarakat dan bangsa serta Negara, terutama dalam memajukan peradaban masyarakat di Indonesia.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si pada Acara Wisuda Sarjana Universitas Amir Hamzah Tahun 2014 di Deli Room Hotel Danau Toba Internasional Medan pada Hari Sabtu (27/9).

Wagubsu yang orang tuanya juga pendiri Universitas Amir Hamzah pada tanggal 19 September 1981 yang lalu telah banyak kaum intelektual yang dihasilkan dari Universitas Amir Hamzah yang menegaskan komitmen kuat Yayasan Tengku Amir Hamzah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumatera Utara.

Wagubsu mengatakan terima kasih kepada Universitas Amir Hamzah yang telah berumur kurang lebih 23 tahun berperan penting dalam hal menyiapkan SDM Sumatera Utara yang berkualitas, sebab hanya dengan manusia yang berkualitaslah kita mampu berbicara dalam persaingan di Era Global dan Program-program pembangunan Sumatera Utara dapat terwujud.

Menurutnya momentum wisuda adalah awal kelulusan sarjana dalam menapaki kehidupan dan memasuki dunia kerja, oleh karena itu lulusan Universitas Amir Hamzah kiranya orang-orang yang mampu bersaing bukan hanya di tingkat regional tetapi juga nasional bahkan internasional. Terlebih, lanjutnya, dalam memasuki masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 sebagai sebuah konsep integrasi dimana ASEAN akan menjadi satu pasar besar sekaligus satu basis produksi. "Di era MEA 2015 nanti pertukaran tenaga kerja dan modal serta perdagangan berlangsung terbuka antar Negara ASEAN, dengan karakter seperti itu persaingan tidak lagi semata-mata dalam konteks antar Negara tetapi juga antar daerah dan bahkan antar individu, sehingga dibutuhkan tenaga kerja yang mempunyai keterampilan yang tinggi yang mampu terjun ke dalam bursa tenaga kerja dan bersaing dalam dunia bisnis modern," jelasnya.

Selain itu Wagubsu mengatakan dengan sistim otonomi dan desentralisasi, setiap daerah memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara lebih kompetitif pasca penerapan MEA 2015 karena setiap daerah telah diberikan ruang dan peluang untuk berkembang sesuai dengan keunikan dan keunggulan komparatif yang dimilikinya. “Kesuksesan ditentukan oleh Semangat, Optimisme, Kerja Keras, Kejujuran dan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar, oleh karena itu, tanamkan prinsip dalam diri bahwa Ilmu yang di timba harus memberikan manfaat bagi diri sendiri, Masyarakat, Bangsa dan Negara,” imbuh Erry Nuradi.

Sebelumnya Rektor Universitas Amir Hamzah DR Tarmizi, SH, M.HUM mengatakan bahwa kepedulian Yayasan Universitas Amir Hamzah dalam pengembangan tentunya sangat didukung penuh oleh seluruh sivitas akademika Universitas Amir Hamzah. Kedepan Yayasan bersama dengan Universitas berencana akan menyiapkan pembangunan sarana dan prasarana  untuk berbisnis yang modern sehingga mahasiswa diharapkan akan langsung dilatih secara praktis menjadi wirausahaan sebagai antisipasi kehadiran globalisasi Masyarakat Ekonomi Asean.

Menurut Rektor, pada Wisuda periode Tahun 2014 ini berjumlah 280 orang dengan rincian Fakultas Hukum berjumlah 140 orang, Fakultas Ekonomi berjumlah 88 orang, Fakultas Pertanian berjumlah 29 orang dan Fakultas Teknik berjumlah 23 orang.
Pada Acara Wisuda tersebut juga dihadiri Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I Sumatera Utara, NAD, Ketua Umum Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah, Rektor serta Civitas Akademika Universitas Amir Hamzah, Wisudawan/I dan para orang tua wisudawan/I serta para undangan lainnya.(r.dinf)

MINGGU ke 4 September 2014
Dengan Membayar PKB Dan


 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda


SBY Buat Perpu RUU Pilkada: Mohon Doa Restu dari Rakyat


Jakarta (MP.C) - Presiden SBY akan membuat Perpu RUU Pilkada. SBY juga menegaskan bahwa posisi Partai Demokrat sama persis dengan pemerintah, yakni Pilkada langsung dengan 10 perbaikan.

"Kalau DPR sungguh-sungguh mendengarkan aspirasi mestinya sistem Pilkada langsung dengan banyak perbaikan yang akan kita anut. Mohon doa restu dari rakyat," jelas SBY usai memberi pembekalan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/9/2014).

SBY menyampaikan, dirinya mengambil kebijakan Perpu setelah mempertimbangkan berbagai hal. SBY menegaskan komitmennya mendukung Pilkada langsung.

"Ini politik, saya ambil risiko dan saya akan ajukan Perpu, tapi objektifitas itu tetap ada pada DPR," tuturnya.(dtn)



 Periode III Tahun 2014 5 Milyar Untuk 146 UKM di Sumut 
 Medan (MP.C)
Memberikan dukungan dalam bentuk pemberian dana pinjaman untuk kemajuan usaha para pengusaha kecil menengah memang salah satu yang diamanahkan Kementerian BUMN melalui peraturan No. Per-05/MBU/2007 tentang program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil menengah dan program bina lingkungan. Sejumlah dana dalam setiap periode akan disalurkan kepada para pengusaha kecil untuk mendorong pertumbuhan usaha mereka di lingkup Sumatera Utara khususnya di sekitar unit usaha PTPN III.

Pada tanggal 22 September 2014 di Aula Pamitran Sei Karang, sebanyak 146 mitra binaan yang dilibatkan perusahaan untuk mendapatkan kucuran pinjaman berbunga sangat lunak ini mendapatkan bimbingan pelatihan dari para nara sumber yang menguasai bidangnya seperti bagaimana mengelola permodalan, pemasaran hasil produksi, manajemen keuangan, kualitas produksi, penguasaan terhadap teknologi dan lain sebagainya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan pengusaha UKM.

Dalam kesempatan itu Direktur SDM & Umum, Harianto dalam sambutannya mengharapkan setiap mitra binaan agar memanfaatkan pelatihan selama dua hari yang dibuat secara gratis oleh PTPN III dan secara sadar dengan upaya yang maksimal dapat mengembalikan cicilan pinjaman tepat waktu.

Lebih lanjut Irwadi Lubis, Kabag KBL mengatakan bahwa para UKM yang berjumlah 146 tersebut merupakan mitra binaan lanjutan dan yang baru yang berdomisisli di kabupaten/kota Medan, Sergei, Tebing Tinggi, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu Utara dan Selatan, Tapsel dan Tapanuli Utara.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Distrik Manajer Deli Serdang II, Jefri Wilson, Irwadi Lubis, Kabag KBL, Notaris Elza Mawarni, Perwakilan PT Asuransi Jasa Tania, bapak Hendrawan Siregar, para nara sumber dan para mitra binaan periode III tahun 2014.

Muslim, S.Pdi, salah satu penerima pinjaman bergulir mengucapkan terima kasih kepada PTPN III. Ia mengaku baru pertama kali mendapatkan pinjaman dari dana Kemitraan dan berharap dapat mengembalikan cicilan tepat waktu.(r.nn)


Ada Ancaman Bom, 44 Ribu Siswa SD di Jepang Dipulangkan Lebih Cepat


  Ilustrasi Tokyo, (mp.c)- Ancaman bom membuat geger satu kota di Jepang. Lebih dari 100 sekolah dasar (SD) terpaksa ditutup dikarenakan ancaman bom. Puluhan ribu siswa pun dipulangkan lebih cepat ke rumah mereka.

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (30/9/2014), sekitar 44 ribu anak SD dipulangkan lebih cepat hari ini. Langkah ini dilakukan ketika 101 SD di kota Hamamatsu ditutup dikarenakan ancaman bom.

Tindakan ini diambil otoritas kota Hamamatsu setelah menerima telepon dari seorang pria tak dikenal. Pria tersebut mengklaim telah meletakkan bahan peledak di sebuah SD di kota tersebut.

Setelah menerima telepon tersebut, murid-murid SD pun langsung dipulangkan. Aparat polisi kemudian dikerahkan ke setiap sekolah untuk melakukan pemeriksaan.

Sejauh ini belum ada pernyataan lebih detail dari kepolisian mengenai hal tersebut. Belum diketahui apakah polisi menemukan bahan peledak di salah satu SD.(dtn)

 KESEHATAN

7 Fakta menarik tentang 'hormon cinta' oxytocin!


 7 Fakta menarik tentang 'hormon cinta' oxytocin! - Otak kita memproduksi zat kimia yang disebut dengan oxytocin atau hormon cinta. Hormon ini dikeluarkan oleh kelenjar pituitary yang salah satu fungsinya adalah memperkuat hubungan romantis. Meski begitu, faktanya hormon cinta tak hanya berpengaruh terhadap hubungan romantis saja, namun juga mempengaruhi keadaan fisik dan psikologis seseorang.

Hormon oxytocin yang disebut juga dengan 'hormon kepercayaan' ini telah diketahui memiliki potensi untuk mengatasi masalah fisik atau mental. Berikut adalah beberapa fakta menarik terkait dengan hormon cinta oxytocin, seperti dilansir oleh Health Me Up (30/09).

1. Siap digunakan
Oxytocin adalah hormon yang selalu tersedia dan siap digunakan kapan saja. Pelukan, ciuman, atau kontak fisik sederhana yang berkaitan dengan cinta akan membuat otak mengeluarkan oxytocin. Efeknya dalam jangka panjang dari hormon ini adalah kepercayaan yang semakin meningkat.

2. Menguatkan ikatan antar pasangan
Oxytocin berperan penting dalam pembentukan ikatan pada pasangan. Hormon ini membantu pasangan menguatkan keintiman dan kepercayaan, serta membuat hubungan antar manusia menjadi semakin kuat. Selain itu, hormon oxytocin juga meningkatkan gairah seks dan ketertarikan yang semakin kuat pada pasangan.

3. Ikatan ibu dan anak
Oxytocin tak hanya berkaitan dengan asmara, tetapi juga cinta dan ikatan antara ibu dan anak. Hormon ini penting dalam penguatan ikatan antara ibu dan anak saat melahirkan. Oxytocin juga membantu membuat proses melahirkan menjadi lebih mudah dan mempercepat kontraksi. Karena itu, terkadang hormon oxytocin juga disuntikkan dalam bentuk sintetis untuk membantu wanita melahirkan. Hanya dengan menyentuh dan menggendong bayinya setelah lahir, ibu telah membentuk keintiman dan kepercayaan, serta ikatan dengan bayinya. Ini juga dipengaruhi oleh hormon oxytocin. Selain itu, oxytocin juga dibagi oleh ibu pada bayi melalui ASI saat menyusui.

4. Mengatasi rasa takut
Hormon oxytocin tak melulu bermanfaat untuk cinta. Hormon ini juga bisa membantu melepaskan rasa takut dan kecemasan. Oxytocin diketahui bisa meningkatkan perasaan optimis, percaya diri, dan kepercayaan. Hormon ini juga membantu orang lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain dan menjadi lebih terbuka.

5. Meredakan rasa sakit
Oxytocin memiliki zat anti peradangan yang bisa membantu meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa oxytocin bisa meredakan kram, sakit otot, sakit kepala, dan migrain.

6. Mencegah depresi
Tingkat oxytocin yang rendah telah lama dikaitkan dengan munculnya depresi dan kecemasan. Kekurangan hormon ini bisa memicu depresi pada remaja dan orang dewasa, karena itu produksi hormon oxytocin yang tinggi baik untuk mencegah depresi dan kecemasan.

7. Meredakan stres dan meningkatkan pencernaan
Tak mengejutkan jika hormon cinta bisa meredakan stres. Namun tak hanya itu, oxytocin ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan proses pencernaan. Dalam sistem pencernaan kita terdapat reseptor hormon oxytocin, karena itu hormon ini juga bisa mengontrol pergerakan usus, meningkatkan kemampuan pencernaan, dan menurunkan peradangan pada usus.

Itulah beberapa fakta menarik tentang hormon cinta oxytocin yang tentunya jarang Anda ketahui. Sekarang Anda sudah mengetahui betapa menakjubkannya hormon oxytocin yang diproduksi oleh otak dan tubuh kita.(mc)
 

Makan satu apel sehari ampuh tangkal obesitas

Makan satu apel sehari ampuh tangkal obesitas  - Satu apel sehari akan membuat dokter pergi jauh. Itu adalah pepatah lama yang diklaim benar secara ilmiah. Apel mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Tetapi apel ternyata tak hanya membuat tubuh sehat, melainkan juga bisa menangkal obesitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Washington State University menemukan bahwa zat dalam apel bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan obesitas. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food Chemistry.

"Kita tahu bahwa apel adalah sumber yang baik untuk berbagai macam nutrisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apel juga bisa membantu melawan obesitas," ungkap ahli makanan Giuliana Noratto, seperti dilansir oleh Science Daily (29/09).

Lebih spesifik, hasil ini didapatkan peneliti dengan mengamati apel jenis Granny Smith. Dalam apel ini terdapat zat yang bisa membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Ini karena apel mengandung serat alami dan polifenol, serta rendah karbohidrat. Selain itu, karena tak mudah terurai, zat ini bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa apel jenis Granny Smith lebih baik dari apel Fuji dan lainnya dalam jumlah zat tersebut. Penemuan ini bisa membantu peneliti untuk mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas seperti peradangan kronis yang bisa berujung pada diabetes. Keseimbangan bakteri dalam usus yang meningkat karena zat dalam apel akan membantu mencegah peradangan serta obesitas.

Jadi, tunggu apa lagi? Biasakan makan apel setiap hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah obesitas. Namun tentu makan apel saja tak cukup, selain itu Anda juga harus rajin berolahraga, menjaga pola makan dan menjalani pola hidup yang sehat.(mc)
 

Minum bir baik untuk kesehatan otak?

Minum bir baik untuk kesehatan otak? - Baru-baru ini peneliti menemukan beberapa penemuan di bidang medis. Salah satunya adalah penemuan yang cukup mengejutkan terkait bir. Peneliti menemukan bahwa bir ternyata memiliki efek baik untuk otak.

Tentu saja ini termasuk penemuan yang kontroversi karena bir selama ini dilihat sebagai minuman yang bisa memicu berbagai jenis penyakit. Namun hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap tikus menunjukkan bahwa bir bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan otak.

Hal ini disebabkan oleh flavonoid bernama xanthohumol yang terdapat dalam bir. Flavonoid tersebut diketahui bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif pada tikus. Hasil ini ditemukan setelah peneliti melakukan serangkaian tes terhadap tikus muda yang di Behavioral Brain Research, minggu ini.

Namun peneliti juga menemukan bahwa xanthohumol tidak memiliki efek apapun terhadap fungsi kognitif pada tikus dewasa. Dosis yang diberikan pada tikus di penelitian tersebut cukup tinggi. Bahkan jika ini disamakan dengan bir untuk manusia, setidaknya jumlahnya adalah 2.000 liter sehari, seperti dilansir oleh CNN (26/09).

Namun hasil ini belum sepenuhnya jelas karena baru dilakukan pada tikus dan belum diuji coba pada manusia. Selain itu, peneliti berpendapat bahwa kinerja flavonoid pada bir masih harus diteliti lebih mendalam. Meski begitu peneliti percaya bahwa flavonoid seperti yang terdapat dalam buah blueberry, cokelat hitam, dan lainnya bisa membantu kesehatan otak.(mc)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda