MADYA POS.COM

Senin, 06 Oktober 2014

Gugatan-N4- M-I - KPK PERIKSA BUPATI-



Meski Ada Perpu, MK Tetap Adili Gugatan UU Pilkada Tak Langsung


Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) menerbitkan Perpu Pilkada yang akan membatalkan UU Pilkada No 22/2014. Perpu Pilkada itu akan menghapus sistem pilkada via DPRD. Lalu bagaimana dengan nasib gugatan warga yang melakukan uji materi UU Pilkada via DPRD di Mahkamah Konstitusi (MK)?

Ketua MK Hamdan Zoelva, mengatakan, gugatan itu akan tetap disidangkan. Alasannya karena perkara tersebut sudah diregistrasi.

"Karena sudah diregistrasi kita harus tetap menjalankan sidang seperti biasa. Nanti pada saat itu kita akan periksa,"kata Hamdan di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (6/10/2014)Hamdan juga akan memberitahu bahwa objek gugatan yang dilakukan warga sudah tertuang dalam Perpu yang diterbitkan Presiden SBY. Dia juga akan memberikan opsi kepada penggugat apakah perkara akan dicabut atau tidak.

"Tapi terserah kepada mereka (penggugat), nanti majelis akan memberitahu mekanisme selanjutnya. Itu ada dalam sidang," ujarnya.

"Kalau sudah ada Perpu berarti gugatannya gugur Pak?" tanya wartawan.
"Kita lihat dalam sidang. Apa yang terjadi dalam sidang. Kita akan putuskan sesuai apa yang terjadi dalam sidang. Bisa macam-macam (putusannya)," jawab Hamdan (dtn)
============



Usai Diperiksa KPK, Bupati Tapteng Bonaran Ditahan di Rutan Guntur


Jakarta (MP.C)- Usai menjalani 7 jam pemeriksaan sebagai tersangka kasus suap pengurusan sengketa Pilkada di MK, Bupati Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang langsung ditahan. Bonaran ditahan di Rutan Guntur untuk 20 hari pertama.

"Saya tidak tahu kenapa saya ditahan. Tadi saya hanya ditanya prosedur Pilkada Tapteng. Apa salah saya?" kata Bonaran di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (6/10/2014).

Bonaran keluar gedung KPK pukul 16.35 WIB. Mengenakan rompi tahanan warna oranye, dengan nada tinggi Bonaran mempertanyakan penahanannya.

"Ini kenapa saya ditahan? Tadi saya tanyakan kenapa saya ditahan saja tidak dijawab," ujar Bonaran dengan nada tinggi.

"Perkara ini seperti semut dalam gajah. Saya semut kecil di kekuasaan para gajah," tegasnya.

Seperti diketahui, Bonaran ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah menyuap Akil Mochtar semasa menjabat sebagai hakim MK sebesar Rp 1,8 miliar. Duit itu diberikan untuk memuluskan perkara sengketa Pilkada Tapteng yang tengah bergulir di MK waktu itu (dtn)

WAGUBSU PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI TUGU LETDA SUDJONO


WAGUBSU PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI TUGU LETDA SUDJONO
Simalungun,(MP.C)
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sumut dipusatkan dalam pelaksanaan upacara di Tugu Letda Sudjono, PTPN III Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Rabu (1/10).

Wagubsu dalam kesempatan itu menyampaikan kilas balik peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September. Gerakan yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) ini melakukan berbagai aksi untuk mengkudeta NKRI. Hal itu menyebabkan banyaknya gugur putra terbaik bangsa di antaranya  tujuh jendral, sebagai pahlawan revolusi, termasuk di Sumatera Utara yang dikenal dengan peristiwa Bandar Betsy dengan gugurnya Letda Sudjono.

Untuk itu, lanjutnya, Peringatan kesaktian pancasila ini, diharapan menjadi pelajaran ke depan supaya tidak terjadi hal yang sama.  "Peringatan ini untuk mengenang sejarah kepahlawanan Letda Sudjono yang menjadi sejarah bagi generasi mendatang," ujar Wagubsu disela sela pelaksanan peringatan kesaktian pancasila.

Dia berharap, selain menjadi sejarah untuk generasi akan datang, peristiwa ini juga diharapkan menjadi sebuah pelajaran besar bagi kehidupan maupun dalam berkeluarga, supaya dapat lebih menjalin tali silaturahmi antar sesama. "Ini penting bagi kita, terutama generasi muda, "ujarnya.

Dalam peringatan hari kesaktian pancasila itu, sejumlah karyawan PTPN III Kebun Bandar Betsy berserta ibu-ibu rumah tangga turut serta dalam peragaan peristiwa yang menewaskan Letda Sudjono.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut diikuti oleh barisan dari Pama TNI/Polri, anggota TNI dari berbagai angkatan dan Polri, PNS, Linmas, Satpol PP, OKP, Pramuka dan pelajar SMA sederejat.

Usai pelaksanaan upacara, selanjutnya Wagubsu, Ketua DPRD Sumut Ajib Shah bersama unsur FKPD Sumut lainnya, meletakkan karangan bunga di tugu Letda Sudjono. Selanjutnya, seusai meletakkan karangan bunga, Wagubsu menyerahkan santuan kepada keluarga dari Letda TNI (Purn) Sudjono.

Mengakhiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Prov Sumut tahun 2013, dilaksanakan pragmen peristiwa Bandar Betsy Mei 1965, yang menyebabkan gugurnya Letda Sudjono. Pragmen diperankan oleh masyarakat Bandar Betsy ini mendapat apresiasi dari ribuan massa yang memadati lapangan Tugu Letda (Purn) Sudono, bahkan mereka larut dalam acara itu.(r.dkm)


GUBSU INGATKAN HUMAS JANGAN JADI PENONTON DI ERA ASEAN 2015


GUBSU INGATKAN HUMAS JANGAN JADI PENONTON DI ERA ASEAN 2015
Medan,(MP.C)

Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si mengingatkan jajaran kehumasan dan infokom mempersiapkan diri menghadapi berlakunya komunitas masyarakat ekonomi Asean (MEA) 2015.

"Harus benar-benar survive dan kuat agar pada era Asean nanti jangan hanya jadi penonton saja," tegasnya dalam sambutan yang dibacakan Sekdaprovsu H. Nurdin Lubis, SH, MM di Hotel Dharma Deli Medan, Kamis (2/10).

Berbicara dalam pertemuan infokom/ humas Pemerintah yang tergabung dalam Bakohumas Kabupaten dan Kota se-Sumut dengan Provinsi, Gubsu menyatakan dinamika perubahan menuntut infokom dan humas adaptif atas perkembangan global, regional maupun nasional.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggaran Drs. Jumsadi Damanik SH, MHum yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumut melaporkan kegiatan ini guna mempersiapkan infokom/ humas berwawasan luas menghadapi Era Komunitas Masyarakat Asean 2015.

"Kita berharap, peran infokom/ humas dapat menjadi pengawal ruang publik untuk melaksanakan edukasi publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan MEA 2015," ujarnya pada forum dengan narasumber Staf Ahli Gubsu Ir. H. Riadil A. Lubis dan Ribut Priadi dari LKBN Antara.

Lebih lanjut Gubsu memaparkan kedepan infokom atau humas harus bicara sebagai jembatan kebijakan sehingga perannya penting dan signifikan. Untuk itu perlu dirumuskan strategi dalam menumbuh-kembangkan partisipasi publik melalui dunia usaha, asosiasi profesi, media, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat.

Praktisi infokom/ humas harus dapat membantu dalam melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap publik dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

"Issu mengenai Komunitas Asean mau tak mau akan mengikutsertakan infokom/ humas selaku penyedia informasi bagi masyarakat. Dalam hal ini sejauh mana komunikasi tentang Komunitas Asean bisa sampai ke masyarakat. Dimana ide Komunitas Asean membutuhkan sentuhan komunikasi agar tersosialisasikan dengan baik di semua kalangan," ujarnya.

Dikemukakannya kesiapan dan keberhasilan masyarakat dalam menghadapi persaingan dalam Komunitas Asean ditentukan oleh seberapa paham masyarakat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Asean.

"Disinilah peran infokom/ humas yang tergabung dalam Bakohumas seyogyanya ikut berperan serta menjalankan peran edukasi di ruang publik dalam menjelaskan Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Untuk itu, tumbuhkan rasa optimisme publik dalam menghadapi MEA 2015 dengan mengubah pola pikir (mindset) dari inward looking menjadi outward looking," ujarnya.

Mengubah pola pikir MEA 2015 yang semula merupakan ancaman menjadi peluang yang memberi manfaat (benefit). Karena bagaimanapun tujuan dari MEA 2015 adalah meningkatkan kesejahteraan di kawasan Asean melalui tiga pilar Asean, yaitu politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Karena itulah, peran infokom/ humas sangatlah penting untuk sosialisasi terkait Asean dan Komunitas Asean 2015 agar lebih intensif. Dimana upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Strategi efektif dalam percepatan mencerdaskan masyarakat bisa dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, dan komponen masyarakat lainnya.

Gubsu mengemukakan kesuksesan Komunitas Asean tidak semata terjalinnya komunikasi antar pejabat saja, tapi juga didukung komponen kalangan bisnis, swasta, media massa, lembaga non-pemerintah, rakyat dan tentunya humas pemerintah.  (r.dkm)

PEMPROVSU SALURKAN 98 EKOR SAPI QURBAN


PEMPROVSU SALURKAN 98 EKOR SAPI QURBAN
Medan,(MP.C)

Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si menyaksikan penyembelihan hewan qurban di  halaman belakang Kantor Gubsu, Minggu (5/10).

Seekor sapi kemudian diserahkan secara simbolik oleh Gubsu diikuti oleh Wagubsu dan Sekdaprovsu yang juga menyerahkan secara simbolik kepada pengurus Masjid.

"Bahwa ini qurban untuk kaum duafa semoga bermamfaat bagi masyarakat dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha," ujar Gubsu saat menyerahkan satu ekor lembu kepada perwakilan pengurus salah satu Masjid.

Gubsu yang didampingi Wagubsu dan Sekdaprovsu serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemprovsu menyambut gembira penyembelihan hewan qurban yang dilakukan Panitia Hewan Qurban  1435 H di lingkungan Pemprovsu.

Dia berharap, tahun depan hewan qurban yang dikurbankan dalam momen Idul Adha ini bisa lebih banyak lagi.

Panitia Qurban 1435 H Pemprovsu melalui Biro Bina Kemasyarakatan dan Sosial (Binkessos) Provsu dalam menyambut hari raya Idul Adha 1435 H telah mengumpulkan 98 ekor hewan qurban yang merupakan sumbangan dari Gubsu, Wagubsu, Sekdaprovsu, dan SKPD Pemprovsu serta BUMD. Dari jumlah tersebut sebayak 21 ekor disembelih di Halaman Belakang Kantor Gubsu, dan sembilan ekor diserahkan kepada lembaga masyarakat serta selebihnya disembelih di kantor SKPD dilingkungan Pemprovsu. Dari jumlah itu pula, dua ekor merupakan sumbangan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, satu ekor sumbangan Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, satu ekor sumbangan Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM dan satu lagi merupakan sumbangan Kepala Biro Binkessos Provsu Drs H Muhammad Yusuf MM.

Sekretaris umum panitia qurban 1435 H Provinsi Sumut Drs Sudarto Purba MAP menyampaikan pelaksanaan qurban pada tahun ini lebih sukses dari tahun sebelumnya. Karena, pada tahun ini lebih banyak yang berpartisipasi untuk memberikan hewan qurbannya melalui panitia qurban Pemprovsu.

"Ini semua berkat kordinasi yang baik semua unsur," ujarnya.

Untuk itu pihaknya selaku panitia mengucapkan terimakasih kepada para penyumbang hewan qurban, baik SKPD maupun para pengusaha dan badan usaha milik daerah.(r.dkm)

MINGGU ke-I Oktober 2014
 

Dengan Membayar PKB Dan


 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
 
Bermotor Anda


 ======================================================================================


Keluarga Besar Kanpus PTPN IV Qurbankan 11Ekor Sapi dan 26 Ekor Kambing



Medan (MP.C) 
Keluarga Besar PTPN IV qurbankan 11 ekor sapi dan 26 ekor kambing bertempat di Masjid Al Muhajirin Kantor Pusat PTPN IV Jl Letjend R Suprapto No 2 Medan, pada hari raya Idul Adha 1435H, Minggu (5/10) pagi.

Selain Erwin Nasution (Dirut), juga Ahmad Haslan Saragih (Dirprod) dan Andi Wibisono (Direktur SDM dan Umum) turut memberikan hewan qurban melalui Pengurus Pusat Majelis Taklim dan Syiar Islam (MTSI) PTPN IV, ujar Ketua Panitia Abd. Rahim Purba.
   
Sebagai wujud kepedulian sosial dan komitmen kepada masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan, serta pendistribusian daging hewan qurban supaya lebih efektif dan tepat sasaran, sebagaimana biasa setiap tahun Pengurus Pusat MTSI PTPN IV melaksanakan penyembelihan dan pembagian hewan qurban, yang disalurkan kepada masyarakat sekitar di lingkungan perusahaan, panti asuhan, pesantren, fakir miskin, muallaf, serta tempat lain seperti daerah tanah karo dan Islamic Center.

Untuk tahun ini jumlah hewan qurban 11 ekor sapidan 26 ekor kambing yang terdaftar di Panitia, belum termasuk yang berqurban di luar. Khusus di Kantor Pusat yang disembelih 7 ekor sapi, sedangkan 4 ekor sapi dan 26 ekor kambing lagi penqurban menyerahkan untuk disembelih di Kp. Nelayan Seberang Belawan 2 ekor, Pesantren Hidayahtullah 1 ekor, Kp. Badur 1 ekor dan Ulil Albab 26 ekor serta daerah terpencil lainnya.

Hewan qurban berasal dari 103 orang keluarga besar Kantor Pusat PTPN IV, diantaranya dari Direksi PTPN IV, Kepala Bagian, Kepala Urusan, Asisten, Karyawan beserta keluarga.
Sebelumnya Pengurus dan Anggota MTSI melaksanakan sholat Idul Adha 1435 H bersama masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan, yang dihadiri Direksi PTPN IV, Kepala Bagian,IKBI PTPN IV, Pengurus Pusat MTSI PTPN IV, Kepala Urusan, Asisten, Karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan.




Bertindak sebagai imam Ir. Ahmad Khairi Lubis dan khotib Dr. H. Muzakkir, MA dengan menyongsong Tema khotbah Semangat Hari Raya Idul Adha Dalam Membangun Rasa Kebertuhanan dan Rasa Kemanusiaan”, yang pada intinya Muzakkir mengajak kepada kaum muslimin dan muslimat menjadikan momentum hari raya Idul Adha untuk merenungkan kembali makna kehidupan sebagai umat manusia. Melalui peristiwa haji dan qurban walaupun secara eksoterik keagamaan menjadi ibadah khas umat Islam, tetapi esensinya menyentuh aspek kemanusiaan universal.(r. N4.nn )

=============================================================
Walikota : PAUD Siapkan SDM Masa Depan Berkualitas& Kompetitif Sejak Dini

Medan (MP.C) , Anak adalah  generasi penerus bangsa. Di tangan merekalah kelak estafet pembangunan bangsa ini akan diberikan. Sebagai calon pemimpin di masa depan, tentunya mereka harus dipersiapkan dan diberikan bekal, berupa  pendidikan serta pengetahuan sedini mungkin, terutama pada periode emas yaitu 0-4 tahun.  Sebab, pada periode itulah tingkat  kecerdasan anak berkembang sangat pesat dan disinilah makna strategis keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi saat  memberikan makanan tambahan bagi anak PAUD se-Kecamatan Medan Denai di  Sekolah TK Aisiyah Bustanul Athfal (ABA) Jalan Jermal 3 Medan, Kamis (2/10/2014).

Menurut Wali Kota, keberadaan PAUD untuk menyiapkan sumber daya manusia masa depan yang berkualitas dan lebih kompetitif sejak dini. Karenanya pembangunan pendidikan menjadi salah satu prioritas pokok dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Medan, termasuk PAUD.

“Untuk itu Pemko Medan bersama dengan seluruh pihak dan stakeholders yang ada , tidak terkecuali Tim Penggerak PKK Kota Medan, terus bekerjasama bahu membahu untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah (APS) PAUD.  Alhamdulillah, berkat kerjasama ini, APS PAUD di Kota Medan mengalami perkembangan cukup signifikan yaitu sekitar 45 persen pada tahun 2012 menjadi 69,51 persen pada tahun 2014,” kata Eldin.

Mantan Sekda Kota Medan ini memahami, pendidikan bagi anak usia dini bukan merupakan kewajiban, melainkan pilihan orang tua. Berbagai factor menjadi penyebab kenapa para orang tua adakalanya tidak memasukkan anak-anaknya ke sekolah PAUD yang ada. Atas dasar itulah pemko Medan memberikan dukungan baik sarana maupun prasarana kepada TP PKK Kota Medan, sebagai salah satu  pembina penyelenggaraan PAUD di kecamatan dan kelurahan.

“Dukungan ini diberikan karena kehadiran PAUD di kecamatan maupun kelurahan  bertujuan memberikan pelayanan pendidikan usia dini yang dekat kepada masyarakat  dengan biaya realtif murah. Dengan demikian partisipasi para orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah PAUD dapat lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Wali Kota selanjutnya menambahkan, memberikan pengetahuan  anak sejak dini harus didukung  dengan kondisi kesehatan yang baik, termasuk asupan gizinya. Jadi program perawatan harus terintegrasi dengan program PAUD dan layanan kesehatan, seperti  posyandu atau dengan bina keluarga balita dan sejenisnya. Salah satunya contohnya dengan memberikan makanan tambahan kepada anak-anak PAUD seperti yang diselenggarakan hari ini.

Karena itulah Wali Kota mendukung penuh kegiatan pemberian makanan tambahan ini. Eldin yang hadir didampingi Bunda PAUD Kota Medan dan juga Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, berharap agar kegiatan ini tidak sebatas hanya seremonial melainkan dilaksanakan secara rutin bekerjasama antara penyelenggara pendidikan dengan layanan kesehatan di lingkungannya masing-masing.

Ketua Bunda PAUD Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mengatakan, usia dini merupakan usia emas dalam pertumbuhan kecerdasan dan karakter anak sehingga memerlukan perhatian seksama dari orang tua, masyarakat dan Pemko Medan. Pada usia dini itu perlu diberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani, agar anak memiliki kesiapan pada saat memasuki persiapan sekolah.

“Di samping itu PAUD tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, tetapi  mencakup juga aspek pelayanan gizi,  pelayanan kesehatan, pengasuhan serta perlindungan anak. Jadi saya sangat menyambut baik digelarnya pemberian makanan tambahan yang dilaksanakan Camat Medan denai dan ketua TP PKK Kecamatan Medan Denai selaku Bunda PAUD Kecamatan Medan Denai pagi ini,” kata Hj Rita Maharani.

Sebelumnya Camat Medan Denai Drs Edi Mulia Matondang dalam laporannya menjelaskan, pemberian makanan tambahan ini diikuti 750 anak-anak sekolah PAUD dan Taman Kanak se-Kecamatan Medan Denai. Kegiatan ini merupakan program rutin yang telah dilaksanakan sejak 3 tahun silam. “Untuk tahun ini Kecamatan Medan Denai sudah 11 kali memberikan makanan tambahan kepada anak-anak sekolah PAUD dan TK,” jelas Edi.

Pemberian makanan tambahan ini hasil kerjasama Kecamatan Medan Denai dengan Yayasan Surya Kebenaran International (YSKI) dengan Lions Club. YSKI memberikan vitamin, sedangkan  Lions Club menyediakan peralatan sekolah.  Di kesempatan itu Bunda PAUD kecamatan Medan Denai memberikan cindera mata kepada Bunda PAUD Kota Medan disaksikan Wali Kota (r.pm)
===================
 Walikota Bersama Ribuan Warga 
Khusuk Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka
 Medan (MP.C)
Meski hujan gerimis sempat turun namun pelaksanaan Shalat Idul Adha
1435 H di Lapangan  Merdeka Medan tetap berjalan dengan lancar dan
khsusuk. Ribuan umat Islam dari seluruh penjuru Kota Medan berbaur
bersama-sama melaksanakan shalat sebagai manifestasi perasaan takwa
kepada Allah SWT.

Al Ustadz H Mahmud Saleh Lc MA yang bertindak sebagai khatib, mengajak
seluruh jemaah yang hadir untuk meneladani Nabi Ibrahim AS, sebagai
sosok nabi yang memiliki visi dalam pembangunan umat
Ketua TPQA Kota
Medan sekaligus qori Sumatera Utara, H Tuah Sirait S.Ag menjadi imam pelaksanaan Shalat Idul Adha yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIB.
       
Selain Gubsu H Gatot Pujonugroho ST dan Wagubsu H T Erry Nuradi, Wali
Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara maupun  Pemko Medan juga ikut melaksanakan shalat dengan penuh khusuk bersama masyarakat.
       
Meski sepanjang malam Kota Medan diguyur hujan namun antusiasme
masyarakat melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka cukup
tinggi. Sejak pukul 06.00 WIB, satu persatu warga berdatangan ke lapangan penuh bersejarah tersebut. Menanti pelaksanaan shalat dimulai, tak henti-hentinya mereka menggemakan takbir dan tahmid sebagai pernyataan dan pengakuan atas keagungan Allah SWT.
       
Kepada seluruh jemaah yang hadir, Mahmud Saleh mengungkapkan ada 6
persyaratan yang harus dilakukan untuk menajdikan sebuah negeri yang aman berdasarkan doa dan dialog Nabi Ibrahim dengan Allah SWT. Pertama,  pemimpin dan masyarakatnya harus menjauhkan diri mereka dari mengabdi kepada berhala-berhala, baik berhala dalam bentuk patung yang diukir maupun berhala dalam bentuk manusia, jabatan, harta dan tahta yang lebih dicintai dari Allah.
     
Kedua, pemimpin dan masyarakat gemar beribadah. Ketiga, semangat
kebersamaan yang tinggi dalam kehidupan bernegara dna bermasyarakat. Keempat, pengadaan pangan yang cukup dan mudah didapt. Kelima, semua elemen masyarakat mulai dari pemimpin, penegak hukum dan masyarakat memiliki sikap muroqotabullah (rasa diperhatikan oleh Allah) dan mampu mengendalikan tarikan duniawi. Serta yang terakhir, selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang dinugerahkan-Nya agar terhindar dari kufur nikmat

  “Jika keenam persyaratan ini dapat kita wujudkan seperti yang telah
dilakukan Nabi Ibrahim As, Insya Allah Indonesia, Sumatera Utara dan
teristimewa Kota Medan yang sama-sama kita cintai ini akan menjadi
negeri yang aman dan penuh berkah,” kata Mahmud Saleh.
       
Selanjutnya dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut ini, mengajak semua untuk memahami dan meneladani bahwa nabi Ibrahim sebagai sosok nabi yang visioner dengan memiliki cita-cita dan konsep

pembangunan negeri terintegral (utuh). Di samping itu Nabi Ibrahim merupakan manusia tangguh dan tidak mudah putus asa ketika menghadapi aral melintang sebesar apapun, sehingga kehidupannya menuai kesuksesan.
       
Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap, melalui keteladaan Nabi Ibrahim yang memiliki visi pembangunan dalam mewujudkan negeri yang makmur dan aman diharapkan dapat diterapkan dalam membangun Sumatera Utara dan Kota Medan. Di samping itu masyarakat dapat berinteraksi dan mengembangkan diri dengan senantiasa selalu memperbaiki diri agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. ”Insya Allah kita akan menjalani hidup lebih mantap dan berkualitas dari sebelumnya. Jadi mari kita jadikan Hari Raya Idul Fitri 1435 H ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri, guna mendukungnya negeri yang makmur dan aman seperti yang telah dilaksanakan Nabi Ibrahim di Kota Mekah dulu,” harap Eldin.
Usai melaksanakan Shalat Idul Adha, baik Gubsu, Wagubsu, Wali Kota,
Sekda Kota Medan serta pimpinan SKPD tingkat Provinsi Sumut dan Pemko Medan menggunakan kesempatan itu untuk menyapa sekaligus bersialturahmi dengan masyarakat. Kemudian silaturahmi dilanjutkan di rumah dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman Medan.(r.pm)
===========

Padang Segera Punya Kereta Bandara, Surabaya Masih Terganjal Lahan

//images.detik.com/content/2014/10/06/4/krl.jpgJakarta (MP.C)-Kementerian Perhubungan menyatakan, kota Padang, Sumatera Barat bakal segera memiliki transportasi kereta bandara. Kereta ini akan terhubung dengan Bandara Internasional Minangkabau.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwi Atmoko mengatakan, proses pembangunan proyek kereta bandara sudah mulai dilakukan. Ada jembatan sepanjang 5 km yang dibangun untuk jalur kereta bandara.

"Selesai sebentar lagi. Nanti sampai terminal bandara. Tahun depan selesai," ujar Hermanto di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (6/10/2014).
  Jadi tahun depan setelah selesai, bandara ini akan langsung beroperasi. Hermanto mengatakan, ada sedikit kendala pembebasan tanah, namun tengah diselesaikan
Dana pembangunan kereta bandara ini diambil dari APBN. Untuk urusan pembebasan tanah, Hermanto mengatakan, itu akan dilakukan oleh pemerintah daerah.

Sementara untuk kereta bandara Surabaya, Hermanto mengatakan, beum ada pendanaannya saat ini.

"(Kereta bandara) Surabaya masih desain, belum ada anggaran. Masuk ke bandara itu yang agak masalah, karena tanah AL (Angkutan Laut). Kalau sudah ada itu gampang. Awal tahun depan belum (mulai). Saya ngobrol dulu sama AL," jelas Hermanto (dtf)

Saham Perusahaan Tambang Bakrie Sudah 8 hari Dibekukan

Jakarta (MP.C) -Saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) masih dibekukan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak perdagangan Kamis 25 September 2014. Suspensi saham diberlakukan karena perusahaan belum memberikan penjelasan mengenai salah satu aksi korporasi.

Aksi korporasi tersebut adalah rencana penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue. Waktu itu BEI meminta perusahaan tambang Grup Bakrie untuk memberikan penjelasan mengenai rights issue.

Seperti dikutip dari data perdagangan BEI, Senin (6/10/2014), saham BUMI dihentikan di harga Rp 190 per lembar. Sahamnya hampir dua minggu ini tidak diperdagangkan.

Bursa mengatakan, suspensi ini akan dilakukan sampai dengan ada keputusan lebih lanjut. Otoritas bursa meminta para pemangku kepentingan untuk memperhatikan setiap keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan.(dtf)

Ada Rencana Kenaikan Harga BBM, Anggaran Subsidi KA Ditambah 25%

  Jakarta (MP.C)-Anggaran subsidi atau public service obligation (PSO) Kereta Api (KA) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 ditambah menjadi Rp 1,5 triliun. Anggaran ini bertambah Rp 300 miliar atau 25% dari anggaran tahun ini yang hanya Rp 1,2 triliun.
 Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemehub) Hermanto Dwi Atmoko menuturkan penambahan anggaran tersebut karena rencana pemerintah baru yang akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Adanya kenaikan harga BBM, diperkirakan akan memicu sebagian masyarakat bermigrasi dari kendaraan pribadi ke KA terutama berbasis listrik (KRL).

"PSO diajukan menjadi Rp 1,5 triliun karena ada kenaikan BBM," ujarnya di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (6/10/2014)

Dengan adanya kenaikan harga BBM, menurut Hermanto akan membuat peralihan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum. Salah satunya adalah kereta api untuk jarak dekat.

"Kita khawatir lonjakan masyarakat yang menggunakan KRL," sebutnya.

Dari total anggaran tersebut, sebanyak 50% alokasi PSO untuk subsidi KRL Jabodetabek. Tercatat jumlah pengguna KRL Jakarta-Bogor sudah mencapai 9.000 orang per hari, bahkan diperkirakan bisa mencapai 11.000 orang per hari.

"Untuk Jakarta-Bogor itu sekarang 9.000 orang nantinya diperkirakan 11.000 orang," kata Hermanto.(dtf)
 ===============

HIBURAN

Oki Setiana Dewi kayak nggak hamil






Oki Setiana Dewi kayak nggak hamil
Oki Setiana Dewi
Berita Terkait

Jakarta - Usia kehamilan Oki Setiana Dewi memasuki tujuh bulan, ditandai acara tujuh bulanan yang diisi dengan pengajian. Kendati demikian, dia masih memiliki kegiatan padat, salah satunya terlibat syuting untuk beberapa acara televisi.
Ory Vitrio, suami Oki mengaku kasihan dengan pekerjaan yang masih menjadi beban istrinya. Padahal, dirinya sudah meminta untuk istirahat untuk persiapan persalinan.
"Kasihan dia. Setiap pulang pun kasihan, dia harus kerja juga. Oki-nya sendiri capek, tapi alhamdulillah semuanya sehat lancar," kata Ory Vitrio di rumahnya di Kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (4/10/2014).

"Oki kayak nggak hamil, dia mandiri, dia tahu kewajiban istri . Saya sebagai suami bersyukur dia tidak rewel segala macam," sambungnya.
Sesuai hasil USG, janin yang ada di rahim Oki berjenis kelamin perempuan. Jika tidak ada persoalan, persalinan akan berlangsung pada Desember mendatang.
Tapi, keduanya mengaku belum melakukan persiapan khusus persalinan. Hanya urusan kamar bayi saja yang sudah disediakan, itupun belum ada isinya apa-apa. "Baru bulan depan akan belanja perlengkapan secara pelan-pelan," katanya.

Rio berharap, istrinya akan istirahat total dari pekerjaan di usia kehamilan memasuki 8 bulan. Tapi kalau sekadar acara 2-3 jam di televisi tidak ada masalah, berikut acara-acara dakwah untuk pengajian.
"Bang Rio juga tidak banyak menuntut, di hati kecil saya seperti itu. Dia malah menyuruh saya istirahat terus. Syuting masih alhamdulillah ini pintu rezeki ya," sahut Ok (merd.c)
============


Seperti apa sih surat nikah George Clooney - Amal Alamuddin?

Seperti apa sih surat nikah George Clooney - Amal Alamuddin?
- Memang baru sepekan lalu George Clooney dan Amal Alamuddin meresmikan hubungan sebagai suami-istri. Kalau masih ada yang penasaran apakah mereka benar-benar menikah, coba cek yang satu ini!
Gambar yang dipublikasikan Daily Mail ini pastinya sudah benar-benar membuktikan status mereka saat ini. Sebuah surat nikah dalam bahasa Italia telah diterbitkan dan menjadi pengikat hubungan mereka secara hukum.
Surat itu sendiri dirilis secara resmi oleh pasangan tersebut pada Jumat (3/10) lalu. Walau sederhana, namun banyak informasi yang tercantum di dalamnya.(merd.c)


KESEHATAN


Naik tangga, cara mudah sehatkan jantung dan tangkal obesitas

-Naik tangga, cara mudah sehatkan jantung dan tangkal obesitas! Sedang bingung mencari alat olahraga yang mudah, murah, dan bisa membantu menyehatkan tubuh dan membantu Anda cepat langsung. Jawabannya adalah tangga! Iya, tangga di rumah, di kantor, dan di tempat-tempat umum bisa membantu Anda menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan sistem kardiovaskular tubuh!

Penelitian mengungkap bahwa naik turun tangga membantu orang untuk membakar delapan kalori per menit. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan sistem sirkulasi tubuh dan memberikan olahraga bagi jantung. Naik turun tangga juga diklaim sama dengan olahraga aerobik yang bisa meningkatkan kekuatan kaki Anda dan memberikan stamina untuk berjalan.

Untuk awal-awal, Anda bisa memulai dengan menaiki 25 langkah naik turun tangga dan bertambah secara berkala setiap hari, seperti dilansir oleh Health Me Up (06/10).

Ketika mulai naik turun tangga, ada yang harus diperhatikan. Antara lain adalah jangan naik turun tangga dengan tubuh membungkuk. Tegakkan punggung Anda dan melengkung sedikit ke depan dari pinggul. Cobalah untuk melompati dua anak tangga sekaligus. Ini sangat baik untuk pembentukan bokong. Namun berhati-hatilah jika Anda pernah mengalami masalah dengan lutut.

Tak hanya naik tangga, turun tangga juga bermanfaat sama seperti olahraga. Namun berhati-hati jangan terlalu memberi tekanan pada bagian lutut saat turun tangga. Ini bisa menyebabkan nyeri pada bagian lutut dan kaki. Tunggu apa lagi? Cobalah berolahraga dengan tangga di rumah, kantor, atau tempat lainnya. Rasakan sendiri manfaat kesehatannya untuk kesehatan tubuh dan proses diet Anda (merd.c)
==============



Badan sering limbung dan jatuh? Ini 6 faktor penyebabnya






Badan sering limbung dan jatuh? Ini 6 faktor penyebabnya
Ilustrasi pria terjatuh. Shutterstock/Brian A Jackson
Berita Terkait
  •  

Merdeka.com - Dahulu ketika seseorang beranjak tua, maka mereka akan sangat mudah untuk kehilangan keseimbangan. Tubuh mereka menjadi limbung dan sering jatuh tanpa alasan yang jelas. Saat ini, tanpa menunggu menjadi tua pun Anda sering jatuh tanpa didasari alasan yang jelas.

Walaupun terdengar tidak serius, namun penelitian kesehatan menunjukkan bahwa 65% kasus cedera dan kecelakaan terjadi ketika seseorang kehilangan keseimbangan. Seperti dilansir dari healthmeup.com, ternyata ini penyebab kenapa seseorang mudah kehilangan keseimbangan.

Masalah dengan sistem vestibular
Sistem vestibular merupakan sistem kesehatan yang membantu Anda untuk menentukan posisi dan menjaga keseimbangan tubuh Anda. Sistem yang terletak di telinga ini membantu otak Anda untuk menentukan kapan Anda harus duduk, berdiri, atau berbaring dengan benar. Namun seiring pertambahan usia, sel-sel dama sistem vestibular Anda bisa menurun dan menyebabkan Anda mudah jatuh.

Masalah penglihatan
Masalah penglihatan yang memburuk secara bersamaan mampu mengurangi kemampuan Anda untuk fokus dan menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Sehingga tidak heran ketika mata Anda sudah mulai tidak tajam, maka Anda pun mudah jatuh.

Masalah tekanan darah
Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah Anda, maka Anda pun terkadang akan merasa pusing ketika berdiri. Terutama ketika Anda memiliki tekanan darah rendah yang bisa membuat Anda tiba-tiba jatuh atau pingsan.

Masalah otot
Otot tubuh Anda akan secara alami menurun dan melemah seiring pertambahan usia. Hal ini pula yang akan membuat Anda mudah untuk hilang keseimbangan. Berolahraga secara teratur dan membuat tubuh tetap bugar akan membantu Anda untuk memperbaiki hal ini.

Masalah koordinasi
Seiring bertambahnya usia seseorang, tingkat koordinasi dan refleks mereka pun tidak setajam sebelumnya. Hal ini diperparah juga ketika otak Anda tingkat kewaspadaannya berkurang.

Masalah kesehatan
Masalah kesehatan seperti penyakit jantung, arthritis, multiple sclerosis, dan Parkinson mampu mempengaruhi keseimbangan Anda. Bahkan obat yang digunakan untuk mengobati masalah tersebut juga mampu menyebabkan Anda pusing, menurunkan penglihatan, dan merusak telinga bagian dalam yang juga dapat membuat Anda hilang keseimbangan.

Walaupun belum ada obat yang jelas untuk mengobati gangguan kesehatan ini, namun menjaga kesehatan dari dalam serta selalu menjalankan pola hidup yang sehat mampu membantu Anda untuk terhindar dari gangguan kehilangan keseimbangan (merd.c)




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda