MADYA POS.COM

Minggu, 10 Mei 2015

DR,Ir.Siti Nurbaya- Pangdam I/BB- Revisi UU Pilkadi M-ll



Pemerintah Serahkan 103 Unit Rumah Pengungsi Sinabung

                                                                                    Karo,(MPC)
Pemerintah Serahkan 103 Unit Rumah Pengungsi Sinabung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan DR. Ir. Siti Nurbaya menyerahkan secara simbolis 103 unit rumah bagi para pengungsi erupsi gunung SInabug kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang diterima Plt Bupatati Karo Terkelin Brahmana di lokasi perumahan Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (5/5). Penyerahan disaksikan oleh Kepala Badan Nasional

Penanggulangan Bencana (BNPB)Syamsul Maarif dan Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si dan warga pengungsi.
Sebanyak 103 rumah tersebut dibangun oleh tim gabungan TNI AD, masyarakat pengungsi dan masyarakat umum di kawasan hutan produksi di Kecamatan Merek. Pembangunan rumah tersebut diperuntukkan bagi warga Desa Bekerah dan merupakan tahap awal dari pembangunan site plan relokasi yang direncanakan sebanyak 267 rumah. Sejak akhir Oktober tim telah dan sedang mengerjakan pembangunan jalan sepanjang 9,2 km, pembersihan lahan serta pembangunan rumah 103 unit rumah yang telah menghabiskan anggaran Rp 16.332.800.000.

Gubernur SUmatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si meminta langsung kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. siti Nur dan Kepala BNPB Pusat Syamsul Maarif untuk membantu secepatnya penyediaan fasilitas umum di kawasan perumahan tersebut. "Tadi kepada saya sudah dikatakan oleh Pak Gubernur dan Pak Syamsul Maarif,  tolong disampaikan kepada bapak presiden, setelah ini kita siapkan apa lagi?" ujar SIti Nurbaya dalam sambutannya.

Diakuinya masih perlu penyediaan prasarana dan fasilitas umum diantaranya jalan lingkungan, fasilitas kesehatan, pendidikan, lahan pertanian  dan usaha peternakan.  Siti Nurbaya mengatakan pembangunanya memang belum sempurna karena jalan lingkungan belum siap sempurna. "Izinnya sudah lama. Kita sesuaikan secara kelembagaan. Harus ada multiplier efek setelah ini pindah. Sarana-saran yang lain seperti kehidupn bertani, peternakan, sekolah, puskesmas harus sudah terbangun. Maka kementerian lain juga terlibat semua, pendidikan, kesehatan," katanya.

Dia mengatakan semua itu harus menjado langkah kita bersama, karena tidak mungkin pemerintah bekerja sendiri. "Dan tidak mungkin kami biarkan masyarakat sendiri," ujar SIti NUrbaya. Kemudian dia berpesan agar warga masyarakat yang akan menghuni lokasi baru tersebut dapat hidup harmonis dan tidak mengganggu kawasan hutan.

usulan kelengkapan Fasilitas Umum relokasi pengungsi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Samsul Maarif meminta kepada Bupati agar menginventarisir apa saja kekurangana. Meskipun bantuan ini dari pemerintah pusat, katanya, tetap Gubernur dan Bupati yang memegang kendali dan kebutuhan tetap dipenuhi pusat. "Jadi biarpun statusnya tidak bencana nasional, tetap saja kebutuhanya kita penuhi," ujarnya.

Seperti diketahui pada Rapat Pembahasan Dampak Erupsi SInabung antara Pemprovsu, Pemkab Karo dan Wakil Ketua DPR RI di Kantor Gubsu, Senin (4/5) disepakati untuk mengusulkan bencana erupsi Sinabung menjadi bencana nasional atau membentuk badan rekonstruksi dan rehabilitasi.  Menanggapi hal itu, Samsul Maarif mengatakan pihaknya akan melihat dulu efektifitas dari usulan tersebut. "Saya belum tau, kita lihat dulu efektifitasnya. Apabila lebih baik maka kita lakukan, kalau tidak ya tidak usah," ujar Syamsul.(dks.nn)

Pangdam Bekali Humas Se- Sumut Waspadai Proxy War

 Pangdam Bekali  Humas Se- Sumut Waspadai Proxy WarMedan,(MPC)
Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjend Edy Rahmayadi memberikan pembekalan  kepada puluhan pejabat Humas Pemprov Sumut, Pemerintah Daerah kabupaten/kota se Sumatera Utara, BUMN dan BUMD yang tergabung dalam  Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) yang berlangsung di Aula Bukit Barisan, Jumat (8/5).

Selama lebih dari tiga jam, Pangdam membawakan tema Proxy War yang kini dihadapi Indonesia dan menjadi ancaman sistem pertahanan dan bela Negara. Hadir dalam kesempatan itu Ketua Bakohumas Provsu yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumut Drs. Jumsadi Damanik, SH, M. Hum dan Kepala Kesbangpolinmas Provsu Drs. Eddy Syofian, MAP yang membawakan makalah Peran Elemen Masyarakat Dalam Mendukung Kondusifitas Sumatera Utara.

Dalam paparannya, Pangdam menjelaskan bahwa sifat dan karakteristik perang telah bergeser seiring dengan perkembangan teknologi. Kemungkinan terjadinya perang konvensional antara dua Negara dewasa ini semakin kecil. “Namun, adanya tuntutan kepentingan kelompok telah menciptakan perang-perang jenis baru, diantaranya perang proxy,” katanya.

Proxy War merupakan kepanjangan tangan dari suatu Negara yang berupaya mendapatkan kepentingan strategisnya namun menghindari keterlibatan langsung suatu perang yang mahal dan berdarah.  Biasanya pihak ketiga yang bertindak sebagai pemain pengganti adalah Negara kecil, namun kadang juga bisa non state actors yang dapat berupa LSM, Ormas, kelompok masyarakat atau perorangan. 

Melalui perang proxy ini tidak dapat dikenali dengan jelas kawan dan siapa lawan karena musuh mengendalikan non state actors dari jauh. Negara musuh akan membiayai kebutuhan yang diperlukan oleh non state actors dengan imbalan mereka mau melakukan segala sesuatu yang diinginkan penyandang dana untuk memecah belah kekuatan musuh.

“Bagaimana di Indonesia? Proxy War telah  berlangsung di Indonesia dalam bermacam bentuk, seperti gerakan separatis, demonstrasi massa, system regulasi yang merugikan, perdaran narkoba, bentrok antar kelompok,   dan lain-lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Untuk itu, Pangdam mengajak para humas pemerintah se Sumut dapat lebih aware  dan mempu mengidentifikasi dan kenali masalah. Menurut Edi yang terbaik adalah kembali mencintai dan peduli dan mendahulukan kepentingan  Negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. “Kita harus sadar dan bangga bahwa Indonesia merupakan negeri patriot. Sebuah Negara dengan sumberdaya alam melimpah, memiliki ekonomi yang kuat, mempnyai tenaga kerja yang besar dan keanekaragaman masyarakat,” katanya. Kondisi ini menurutnya menyebabkan Negara lain cemburu dan tidak ingin Indonesia menjadi Negara maju dan kuat.

“Mari kita mempersiapkan diri dan bahu membahu antar komponen bangsa untuk melaksanakan dan menyelesaikan semua tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan Negara dengan niat tulus ikhlas hanya untuk memberikan pengabdian terbaik Indonesia yang sangat kita cintai bersama,” tutupnya.
Ketua Bakohumas Provsu Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan temu konsultasi Bakohumas merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan bergantian dimana untuk kali ini Kodam I BB sebagai tuan rumah. Tema yang diambil adalah Dengan Temu Konsultasi Bakohumas Se Sumatera Utara kita tingkatkan sinergitas dan soliditas dalam upaya menciptakan kondisi kondusif di Sumatera Utara.

“Sumut dengan jumlah penduduk lebih kurang 15 juta bukan sekadar provinsi yang kaya sumberdaya alam. Sumut merupakan potret kecil miniature masyarakat Indonesia yang multicultural,” kata Jumsadi.  Dijelaskannya bentuk-bentuk pemecah belah seperti Proxy War harus dapat kita identifikasi. Oleh karena tu, katanya, Bakohumas Provinsi Sumatera Utara siap berelaborasi dalam memantapkan program territorial Kodam I/BB di tengah(dks.nn)

Kadis Kominfo Sumut Ajak Wartawan Ikuti Lomba Penulisan dan Foto Iptek Nasional

Medan,(MPC)
Kepala Dinas Kominfo Sumut Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum mengajak wartawan dan masyarakat Sumut mengikuti Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2015 tingkat Nasional.

Imbauan itu dikemukakannya kepada wartawan di Medan, Rabu (6/5) menyusul seruan Kementerian Riset dan Teknologi RI melalui Badan Litbang Sumut tentang perlombaan dimaksud.

 Lomba atas kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi RI dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini digelar dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-20 Tahun 2015.

Temanya yaitu Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa dan Sub-Tema Pangan, Energi dan Maritim. Sasaran kegiatan wartawan media cetak dan online, penulis umum di media cetak dan onlinem pewarta foto media cetak dan online serta masyarakat umum di seluruh wilayah Indonesia

Dijelaskannya tujuan lomba antara lain meningkatkan penyebaran informasi iptek kepada masyarakat, mensosialisasikan iptek dalam berbagai bidang kehidupan manusia serta merangsang minat generasi muda untuk melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah serta mengabadikan aktifitas dan produk IPTEK dalam bentuk foto yang muaranya menumbuhkan budaya IPTEK di masyarakat.

Batas akhir penerimaan tulisan dan foto pada 3 Juli 2015 kemudian menghubungi pemenang 28 Juli 2015 dan Penyerahan hadiah oleh Menristek 10 Agustus 2015.

Panitia berhak menggunakan karya tersebut untuk keperluan publikasi dan promosi pihak penyelenggara. Naskah dan foto IPTEK dikirim ke PANITIA LOMBA PENULISAN DAN FOTO IPTEK-HAKTEKNAS 2015  SEKRETARIAT MAPIPTEK Jl Cikoko Timur Raya No 12 Pancoran-Jakarta Selatan 12770 Email : mapiptek@cbn.net.idmapiptek@yahoo.com

Lomba penulisan terbuka untuk wartawan dan penulis umum. Naskah sudah harus dimuat di media massa cetak atau online mulai 1 Agustus 2014 – 30 Juni 2015 dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lainnya. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah disertai bukti pemuatan tulisan dan fotokopi artikel rangkap tiga beserta fotokopi identitias (KTP/Kartu Pers).

Persyaratan Khusus Lomba Foto IPTEK antara lain Lomba penulisan terbuka untuk pewarta foto dan masyarakat umum di seluruh Indonesia. Foto sudah harus dimuat di media massa cetak atau online mulai 1 Agustus 2014 – 30 Juni 2015. Foto merupakan karya orisinil, dari kamera digital apa saja dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenisnya.

Foto yang diikutsertakan tidak diperkenankan menggunakan digital imaging. Editing hanya diperbolehkan sebatas cropping, brightness contrast. Foto yang diikutsertakan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Foto dicetak warna (colour) ukuran 10 R dan dikirim beserta softcopy dalam CD/Flashdisk. Di belakang foto ditulis identitas pengirim beserta judul foto. Peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 foto IPTEK disertai bukti pemuatan foto tersebut di media massa beserta fotokopi identitas (Kartu Pers/KTP).

Hadiah untuk para pemenang lomba penulisan wartawan Juara I Uang Rp. 8.000.000 + Plakat + Piagam + Piala Bergilir Menristekdikti, Juara II Uang Rp. 6.000.000 + Plakat + Piagam dan Juara III Uang Rp. 4.000.000 + Plakat + Piagam

Penulis Umum Juara I Uang Rp 6.000.000 + Plakat + Piagam + Piala Bergilir Menristekdikti,  Juara II Uang Rp. 4.000.000 + Plakat + Piagam dan Juara III Uang Rp. 3.000.000 + Plakat + Piagam

Pewarta Foto Juara I Uang Rp. 6.000.000 + Plakat + Piagam, Juara II Uang Rp. 4.000.000 + Plakat + Piagam dan Juara III  Uang Rp. 3.000.000 + Plakat + Piagam

Masyarakat Umum Juara I Uang Rp. 4.000.000 + Plakat + Piagam,  Juara II Uang Rp. 3.000.000 + Plakat + Piagam dan Juara III Uang Rp. 2.000.000 + Plakat + Piagam(dks.nn)

Jelang Pilkada Serentak

Pimpinan DPR dan Mendagri Rapat Soal Revisi UU Pilkada Siang Ini


Pimpinan DPR dan Mendagri Rapat Soal Revisi UU Pilkada Siang Ini Jakarta (MPC)- DPR berkeras melakukan revisi terhadap UU Pilkada, sementara pemerintah menolak. Oleh karena itu pimpinan DPR dan Mendagri Tjahjo Kumolo akan melakukan pertemuan pada siang hari ini untuk menyamakan pendapat.

"Ini kan karena perlu ada kejelasan tentang pembakuan peraturan di dalam pilkada, karena pilkada tahap satu ini akan berlangsung di 200-an daerah, kota, kabupaten dan provinsi. Itu bisa berbahaya kalau dari awal tidak ada aturan bersama kalau tidak ada yang disepakati," tutur Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/5/2015). Pertemuan akan digelar pukul 14.00 WIB di ruang pimpinan DPR.

Pertemuan ini dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya konflik kepentingan saat pelaksanaan pilkada. Terutama akibat perbedaan persepsi terhadap aturan yang diberlakukan.

"Karena itulah kita duduk bersama terus menerus, sebelum masuk ke masa sidang hari Senin depan, kira-kira jalur yang mau di tempuh ini jalur apa? Apakah jalur revisi UU? Apakah jalur pengadilan? Artinya itu ada ketidakpastian dan ketidakjelasan," tutur Fahri.

Pimpinan DPR khawatir nantinya UU Pilkada menjadi bom waktu bila terjadi sengketa. Apalagi pelaksanaan pilkada dilakukan serentak, sehingga potensi sengketa dapat lebih banyak dalam satu periode pilkada.

Mengenai UU Pilkada, pemerintah sejalan dengan KPU yang tetap memilih regulasi yang sebelumnya, yaitu peserta adalah kepengurusan parpol yang memegang SK Menkum HAM atau putusan inkrah pengadilan. Ada anggapan bahwa revisi UU Pilkada bermaksud untuk mengakomodasi Golkar dan PPP yang tengah bersengketa internal.

Pada peraturan yang lama, partai peserta Pilkada adalah yang mengantongi SK Menkum HAM. Sehingga jika mengikuti aturan ini, maka yang kemungkinan ikut pilkada adalah Golkar yang dipimpin Agung Laksono dan PPP pimpinan Romahurmuziy.

Komisi II DPR yang dipimpin Rambe Kamarulzaman pun mengeluarkan rekomendasi untuk PKPU, sehingga peserta pilkada untuk partai yang bersengketa mengikuti hasil sidang terakhir. Namun KPU tak mengacuhkan rekomendasi ini.(dtn)

'Side Job' Terselubung Artis

Soal Prostitusi Artis, Anggita Sari Malah Sindir Artis yang Pamer Harta


 http://images.detik.com/content/2015/05/11/230/094812_anggita1d.jpgJakarta -(MPC)
Prostitusi artis dan selebriti pamer harta belakangan menjadi dua topik yang begitu hangat dibicarakan. Apalagi dalam penangkapan mucikari RA juga terdapat artis AA yang diketahui 'menyambi' sebagai wanita penghibur.

Model Anggita Sari pun menegaskan RA memang dikenal di kalangan model dan artis. Soal prostitusi artis, Anggita malah menyindir selebriti yang kerap pamer harta di televisi.

"Bisa dibilang gitu. Yang sekarang udah pada sering pamer harta di televisi juga pasti awalnya dari beginilah, kita-kita sih cuma diem aja dan lihatin. Yang pada suka naik mobil sport," kata Anggita nyinyir saat berbincang dengan detikHOT, Senin (11/5/2015).

Dua minggu belakangan ini, artis yang pamer gaya hidup glamor memang kerap jadi komoditi di televisi. Namun Anggita tak mau menyebut nama.

Yakin Mata Anda Sehat? Siapa Lebih Seksi? Luna Maya Vs Aura Kasih

Soal kasus RA, Anggita sendiri mengaku memang kenal. Ia juga tahu RA nyambi sebagai mucikari wanita penghibur yang di antaranya terdapat nama artis.

"Mucikari itu ya sebenarnya justru merangkap, suka memanageri artis dan model," terang Anggita.

RA ditangkap bersama AA yang merupakan artis seksi pada Jumat (8/5) malam. Dari penelusuran polisi, RA mempekerjakan 200 nama perempuan tapi tak seluruhnya artis.

(kmb/nu2)(dtn)

Mensos: Prostitusi di Level Darurat, Tak Lagi Soal Ekonomi Tapi Gaya Hidup

Manokwari (mpc)- Bukan hanya narkoba, masalah prostitusi di Indonesia juga sudah masuk pada level darurat. Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat dimintai tanggapan soal maraknya prakti prostitusi, terakhir adalah prostitusi kelas atas dengan tarif fantastis.

"‎Pebruari sudah darurat pornografi, prostitusi salah satunya," kata Khofifah usai menghadiri acara peresmian Sulawesi-Maluku-Papua Cable System di Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/5/2015) malam.

Menurutnya ‎di dalam prostitusi terdapat masalah perbudakan, kriminalitas, eksploitasi dan perdagangan manusia. Bahkan ada juga yang sampai pada perilaku pedofilia.

Selain itu menurutnya prostitusi terjadi bukan karena masalah ekonomi semata. Gaya hidup juga menjadi faktor utama munculnya prostitusi seperti yang baru-baru ini terjadi yakni dalam kasus artis AA.

"Shortime kalau sampai Rp 80 juta itu pasti bukan ekonomi lagi, itu udah persoalan gaya hidup‎," ucap Khofifah.

Pada Jumat (8/5/2015) malam penyidik dari Polres Jakarta Selatan mengungkap praktik prostitusi yang melibatkan artis seksi AA. Artis yang juga penjaja seks ini dalam sekali kencan memasang tarif dari Rp 80 hingga Rp 200 juta.(dtn)



 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Minggu Kedua  Mei  2015





Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kongres PD

Megawati Isyaratkan Tak Hadir, Akankah Jokowi Penuhi Undangan SBY?

Jakarta(MPC) - Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut Presiden Jokowi sudah berjanji untuk datang di pembukaan Kongres PD pada 12 Mei besok malam. Ditanya soal kepastian hadir, Jokowi menyatakan masih perlu mengecek jadwal.

"Belum tahu ke Papua Nugini-nya sampai jam berapa. Kita atur, kalau memungkinkan kita hadir," kata Jokowi kepada wartawan di Landasan Udara Biak, Papua Barat, Senin (11/5/2015).

Jokowi tak bisa memastikan kehadirannya karena akan melakukan kunjungan kerja ke Papua Nugini. Rencananya Jokowi akan pulang dari kunjungan itu pada Selasa 12 Mei.

"Saya belum bisa sampaikan," ujar Jokowi ketika kembali ditanya soal kepastian ke Kongres PD.

Kongres PD akan dibuka di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5) besok malam. SBY sudah mengumumkan undangan dan kepastian hadirnya Presiden Jokowi di acara tersebut.

"Atas permohonan saya, Presiden Jokowi berkenan dan berjanji untuk hadir dalam Pembukaan Kongres, bersama pejabat negara dan pemerintahan," kata SBY dalam akun Twitternya @SBYudhoyono yang dikutip detikcom, Jumat (8/5).

Selain mengundang Jokowi, SBY juga mengundang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengisyaratkan Megawati tak akan hadir karena jadwal yang padat.

"Saat ini DPP PDI Perjuangan dihadapkan pada agenda-agenda konsolidasi yang sangat padat. Sehingga keputusan untuk hadir (di Kongres Partai Demokrat) nanti kami sampaikan lebih lanjut," ujar Hasto di kantor DPD PDIP Jatim, Sabtu (9/5) lalu.(dtn)

Jelang Kongres PD

H-1, Persiapan di Arena Kongres PD Hampir Rampung

Jakarta (mpc) - Berbagai persiapan dilakukan jelang pembukaan Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya. Kongres akan secara resmi dibuka pada Selasa (12/5) esok hari.

Pantauan detikcom, Senin (11/5/2015), semarak kongres sudah mewarnai berbagai sudut kota Surabaya. Spanduk, bendera dan baliho terpasang di berbagai lokasi. Menjelang arena kongres, yaitu di Hotel Shangri-La, Jl Mayjen Sungkono, Surabaya, kemeriahan makin terasa.

Sidang-sidang nantinya akan berlangsung di Ballroom Hotel Shangri-La. Panggung megah tengah dibangun di dalam ballroom dengan kain-kain dekorasi bernuansa biru, merah, dan putih.

Tenda besar berwarna putih juga didirikan di halaman hotel. Nantinya, ribuan kader juga dapat menyaksikan jalannya sidang dari layar yang disiapkan di tenda. Saat ini, petugas sibuk menata dekorasi di dalam tenda agar tampak megah.

"Persiapan kita kejar untuk selesai hari ini," kata Ketua DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan saat ditemui di arena kongres.

Ribuan peserta kongres akan berdatangan dan melakukan registrasi hari ini. Steering committee direncanakan akan mengadakan konferensi pers siang ini.

"Pembukaan direncanakan pada Selasa (12/5) mulai pukul 12.00 WIB," ujar Hinca.(dtn)

Penembakan Brutal di Swiss, 5 Orang Tewas

 Penembakan Brutal di Swiss, 5 Orang TewasFoto: Ilustrasi/dok detikcom 
 Zurich - Penembakan brutal terjadi di kota Swiss Wuerenlingen, dekat kota Zurich. Lima orang tewas akibat tindakan keji di kota tersebut.

Kepala Polisi setempat, Michael Leutpold, mengatakan dari lima orang yang tewas tersebut diperkirakan salah satunya adalah penembak.

"Mungkin termasuk penembak," kata Leutpold, dilansir AFP, Minggu (10/5/2015).

Polisi masih menyelidiki aksi brutal tersebut. Dugaan sementara peristiwa tersebut terjadi karena konflik pribadi.

Penembakan terjadi di sebuah bangunan perumahan. Para korban tewas tergeletak di dalam dan luar bangunan. Belum diketahui identitas para korban maupun penembak.(dtn)

KESEHATAN

Telinga terasa sangat gatal? Ini 5 penyebabnya!

Telinga terasa sangat gatal? Ini 5 penyebabnya!Ilustrasi telinga. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/ Ninell

- Kita sering kali dibuat tidak nyaman dengan rasa gatal di telinga. Karena telinga penuh dengan serat saraf sensitif, Anda mungkin merasakan gatal yang tidak tertahankan pada bagian dalam telinga.

Namun, gatal pada telinga juga bisa menunjukkan kondisi medis tertentu. Dengan memahami beberapa penyebab gatal pada telinga, Anda dapat menentukan apa solusi yang tepat untuk menyembuhkannya. Berikut adalah beberapa penyebab gatal di telinga, seperti dilansir healthline.com.

1. Kulit kering
Jika telinga Anda hanya menghasilkan sedikit kotoran, kulit telinga bisa menjadi kering dan gatal.

2. Dermatitis kanal telinga
Hal ini terjadi ketika kulit dalam dan di sekitar liang telinga meradang. Kondisi ini bisa menjadi akibat dari reaksi alergi misalnya, reaksi terhadap produk kecantikan atau logam yang terkandung pada anting-anting.

3. Otitis Media (Infeksi Telinga)
Otitis media atau infeksi telinga, bisa menyebabkan nyeri telinga, serta menimbulkan rasa gatal. Infeksi ini juga dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada telinga.

4. Penggunaan alat bantu dengar
Alat bantu dengar dapat menyebabkan air terperangkap di telinga atau Anda ternyata alergi terhadap alat bantu dengar itu sendiri. Pemakaian alat bantu dengar juga dapat menempatkan tekanan pada daerah-daerah tertentu dari telinga, yang kemudian dapat menyebabkan gatal-gatal.

5. Psoriasis
Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan seseorang mengembangkan ruam merah pada kulit. Psoriasis dapat terjadi pada bagian tubuh yang lebih terlihat, seperti lengan, serta di dalam telinga.

Inilah lima penyebab gatal di telinga. Semoga informasi ini bermanfaat!(mc)


5 Faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita

Seiring dengan bertambahnya usia, kesuburan wanita akan terus menurun. Namun, gaya hidup dan faktor eksternal lainnya juga dapat mempengaruhi peluang wanita untuk memiliki bayi yang sehat.

"Wanita yang ingin meningkatkan peluang mereka untuk hamil sering tidak tahu hal terbaik yang harus dilakukan atau apa yang harus diwaspadai," kata Francisco Arredondo, MD, seorang ahli endokrinologi dan spesialis kesuburan di San Antonio, Texas.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita, seperti dilansir Health.com.

1. Obesitas

Kenaikan berat badan dapat mempengaruhi produksi hormon dan membuat wanita sulit hamil. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility pada 2009 lalu, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengalami obesitas pada usia 18 tahun lebih mungkin mengembangkan sindrom ovarium polikistik dan memiliki masalah dengan infertilitas.

2. Terlalu kurus

Sama seperti kelebihan berat badan, terlalu kurus juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Wnita yang memiliki indeks massa tubuh yang sangat rendah kekurangan leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Kadar leptin yang rendah dapat mengganggu periode menstruasi, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2009.

3. Bahan kimia dari produk rumah tangga

Paparan polutan, pestisida, dan senyawa industri dapat menurunkan kemampuan pasangan untuk memiliki anak hingga 29 persen, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives pada tahun 2013 lalu.

4. Merokok

Merokok dapat merugikan janin yang sedang berkembang, paparan asapnya juga dapat mempengaruhi peluang wanita untuk hamil. Tiga belas persen dari kasus infertilitas disebabkan oleh paparan asap rokok, menurut American Society for Reproductive Medicine. Asap rokok dapat mengganggu hormon dan menyebabkan kerusakan DNA pada pria dan wanita.

5. Alkohol

Tidak ada bukti bahwa minum beberapa gelas alkohol dalam seminggu dapat mempengaruhi kesuburan wanita, tetapi dokter memperingatkan bahwa minum lebih dari satu gelas alkohol sehari telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi. Plus, sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada tahun 2004 pada lebih dari 7.000 wanita selama 18 tahun, menemukan bahwa pecandu alkohol lebih sering bermasalah dengan infertilitas.

Inilah lima faktor yang mampu mempengaruhi kesuburan wanita. Jika Anda ingin memiliki anak, hindari lima faktor di atas.!(mc) 

Stop 6 kebiasaan buruk yang melemahkan tulang!

 Tulang adalah sistem pendukung tubuh. Tanpa tulang yang sehat, Anda mungkin bisa lumpuh. Gerakan Anda akan terbatas dan Anda tidak dapat menikmati hidup Anda dengan baik. Berikut adalah enam kebiasaan buruk yang dapat melemahkan tulang.

1. Posisi duduk
Duduk di lantai untuk waktu yang lama bisa berdampak buruk pada sendi kaki karena tulang kaki sering kali menjadi aus.

2. Kurang kalsium
Orang yang tidak mengonsumsi kalsium seperti susu, yogurt, ikan (salmon), dll, berisiko lebih tinggi kehilangan kepadatan tulang dan memiliki tulang yang lemah. Mereka juga lebih mudah terkena patah tulang.

3. Kurang olahraga
Jalan kaki 15 menit sudah cukup untuk menyehatkan tulang. Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang akan membuat sendi tulang Anda yang kaku menjadi lebih fleksibel dan bebas.

4. Tidak kena sinar matahari
Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan tubuh dan tulang Anda. Jadi, pergilah keluar dan duduklah selama beberapa saat di luar rumah untuk mendapatkan Vitamin D.

5. Kelebihan garam
Garam mengeluarkan kalsium dari tubuh melalui urine. Jadi, batasi konsumsi garam dan makanan tinggi garam, seperti junk food dan makanan kalengan lainnya.

6. Obesitas
Obesitas memiliki banyak bahaya bagi kesehatan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kerusakan sendi dan juga melemahkan tulang. Maka, cobalah untuk mengontrol berat badan Anda.

Inilah enam kebiasaan buruk yang dapat melemahkan tulang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.(mc) 


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------
Minggu  Mei  2015





Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda
-----------------------

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda