MADYA POS.COM

Senin, 09 Maret 2015

RAPBD- Jangan Tolak Pasien M-2- Bahas Eksekusi mati- Listrik Tidak Naik



Soal RAPBD 2015, Djarot: 

Kami Tunggu Evaluasi Kemendagri, 

Batasnya 13 Maret

Jakarta (MP.C)- Pemprov DKI Jakarta masih menunggu hasil evaluasi dan klarifikasi dari Kemendagri tentang RAPBD 2015. Dokumen itu paling lambat dikembalikan Kemendgari pada 13 Maret mendatang.

"‎Kami menunggu hasil evaluasi dan klarifikasi. Batasnya tanggal 13 Maret," kata Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Senin (9/3/2015).

Berdasarkan aturan, jika dokumen RAPBD DKI Jakarta 2015 ada evaluasi maka Pemprov DKI Jakarta akan membahasnya dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta.

Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta akan mengirimkan lagi hasil revisi tersebut ke Kemendagri dalam waktu 7 hari. Namun jika eksekutif dan legislatif tidak mencapai kesepakatan, maka Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) sehingga akan menggunakan anggaran tahun lalu atas persetujuan Kemendagri.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Heru Budi Hartono memberi pernyataan tentang RAPBD 2015. Apa yang dilakukan bila APBD 2014 yang diterima oleh Kemendagri?

Menurut Heru, Pemprov DKI Jakarta dapat menggunakan Pagu Anggaran APBDP 2014 dengan beberapa catatan dari Kemendagri. "Berarti kan kita dapat catatan khusus dari Depdagri dan tidak semua anggaran Pergub dibelanjakan," kata Heru.

Sementara itu, Sekda DKI Saefullah memperkirakan dokumen RAPBD 2015‎ akan dikembalikan oleh Kemendagri pada Rabu 11 Maret. "Mudah-mudahan itu Rabu kali ya, kalau kita lihat jadwalnya Rabu," ujar Saefullah.
(dtn)

Pelajar Bisa Akses informasi 53 Kampus Sekaligus 

Plh Sekda Provsu Buka Pekan Pendidikan Tinggi ke-2


Medan,(MP.C)
Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Ir. R. Sabrina, M.Si  membuka secara resmi Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera Ke-2 Tahun 2015 di Grand Palladium Medan, Selasa (3/3). Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong yang didampingi Ketua Panitia Afria Al Zaini dan unsur Koordinator kopertis wilayah I Sumatera. Lewat pameran ini, plh Sekdaprovsu menyampaikan para siswa-siswi SMU sederajat yang ada di Sumut bisa mendapatkan informasikan secara luas tentang kampus-kampus terkemuka, baik yang ada di Indonesia yang akan menjadi tujuan para pelajar setelah menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMU maupun SMK.

Plh. Sekdaprovsu menyampaikan Pemprovsu sangat mendukung dan mengapresiasi panitia pelaksana yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut." Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini," ujarnya.
Menurut Sekdaprovsu, dengan pelaksanaan kegiatan ini, bukan hanya akan memperkenalkan universitas swasta yang ada  di Sumut, namun ini adalah bagian dari pada meningkatkan kualitas SDM sesuai dengan program pemprovsu.

"Ini sesuai dengan visi Pemprovsu yakni bagaimana untuk menjadikan Sumut yang berdaya saing dan daya saing pertama itu adalah SDM," katanya.
Bahkan, lanjutnya, hal ini sangat sesuai dan juga bagi para pelajar mereka juga akan  memperoleh informasi tentang universitas yang legal atau tidak.

"kalau bagi Pemprovsu, maka makin banyak orang terlibat masuk di universitas atau perguruan tinggi maka semakin baik kualitas masyarakat Sumut karena pendidikannya tinggi," tutupnya.
Ketua Panitia Pelaksana Afria Al Zaini menambahkan bahwa tujuan pameran ini memberikan informasi yang benar tetang sebuah perguruan tinggi."siswa-siswi kita inikan sudah kelas tiga dan bisa mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi yang mereka inginkan tanpa harus datang ke lokasi," ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam pameran tersebut ada sekitar 53 perguruan tinggi negeri dan swasta membuka stand-nya termasuk perguruan tinggi di jawa. "Tiga hari ini kita berharap adek-adek kita ini mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi yang ingin mereka masuki kedepannya karena kalau salah mereka melangka diawal, salah mereka menentukan pilihan nanti mereka yang rugi sendiri," katanya.
Para pelajar, lanjutnya juga bisa mengetahui tentang perguruan tinggi yang legal baik legal akreditasinya, izinnya  juga mereka bisa mengetahu dosen-dosenya secara langsung.

Selama tiga hari, mulai 3-5 Maret 2015 bertembat di Grand Palladium Medan, para pelajar yang saat ini akan menamatkan studinya bisa mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi baik perguaruan tinggi yang ada di Sumut maupun perguruan tinggi lain di Indonesia. sebanyak 53 kampus-kampus favorit membuka standnya di Grand Palladium Medan guna memberikan informasi yang ingin diketahui para siswa/siswi.

Usai dibuka secara resmi oleh plh sekdaprovsu, terlihat para siswa-siswi mengunjungi seluruh stand yang ada. Sekdaprovsu juga berkesempatan meninjau langsung stand-stand yang ada. Hampir seluruh stand dikunjungi Plh Sekdaprovsu guna mengetahui secara langsung kampus-kampus terkemuka khususnya kampus-kampus yang ada di provinsi Sumatera Utara.(dks.nn)
-------------------------------------------------------------------------
  Minggu ke Dua  Maret     2015

 
Dengan Membayar PKB Dan



 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda---- ---------------------------------------------------------------------------------

Dinas Kominfo Provsu Buka Pendaftaran 

Perlombaan PETRA Kab/Kota 2015

Medan,(MP.C)
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menggelar technical meeting terkait akan dibuka  lomba pementasan media tradisional (PETRA) dan Lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)Tingkat Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara Tahun 2015. Bertempat Aula trnasparansi Diskominfo Provsu. Senin (9/3).

Kadis Kominfo Provsu Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum mengatakan pelaksanaan petra ini dilaksanakan rangkaian hut provinsi Sumatera Utara ke 67 yang mengusung tema semangat hari Ulang Tahun ke-67 Sumatera Utara kita tingkatkan daya saing dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tahun 2015’’. Kadis berharap pelaksanaan petra ini memberikan pesan –pesan yang lebih membangun dan kreatif kepada masyarakat khussunya sumatera utara sehingga mendukung mewujudkan sumut menjadi provinsi yang berdaya saing menuju Sumut sejahtera

Pada perlombaan tersebut menghadirkan tiga dewan juri yang professional dibidang pementasaan dan memenuhi kreteria oleh panitia, diantaranya Dr. Hidayati, yang pada kesempatan itu memaparkan beberapa peraturan untuk para peserta lomba yakni pemahaman akan ilmu panggung dan pemahaman alur cerita. Beliau juga menambahkan selaian penilaian tema yang diangkat saat perlombaan baik olah vocal, interprestasi dan  turut juga menjadi nilai tambah bagi peserta apabila mengenakan pakaian tradisional daerah masing-masing selaian pakaian nasional (bebas)

Lomba pementasan media tradisional (PETRA) dan Lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diikuti oleh 16 Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara. PETRA akan digelar 10 Maret 2015 sedangkan pelaksanaan perlombaan KIM 17 Maret  2015 di Aula RRI Sumatera Utara Jl. Gatot Subroto KM. 5,5 No. 214 Medan. (PIP)(dks.nn)

Pasukan Kurdi Gempur ISIS di Kirkuk Irak

 Pasukan Kurdi Gempur ISIS di Kirkuk Irakmilitan ISIS (AFP) Baghdad,(MP.C) - Pasukan Kurdi menyerang basis-basis kelompok ISIS di kota Kirkuk, Irak utara hari ini. Serangan ini didukung oleh gempuran udara yang dilakukan Amerika Serikat dan koalisi.

Gubernur Kirkuk Najmaldin Karim mengatakan seperti dikutip kantor berita Reuters, Senin (9/3/2015), tujuan serangan ini adalah untuk mengusir para militan ISIS dari kota kaya minyak tersebut.

Dalam operasi yang dilancarkan Senin dini hari waktu setempat itu, pasukan Kurdi menggempur posisi-posisi ISIS dan bergerak maju menguasai desa-desa di wilayah Mala Abdullah dan Tel Ward. Juga terjadi pertempuran ganas antara pejuang Kurdi dan militan ISIS di Kharabarut, barat laut Kirkuk.

Belum ada laporan mengenai korban dalam serangan ini.

Pasukan Kurdi sebenarnya telah merebut kembali kota Kirkuk pada Agustus 2014 lalu dari tangan kelompok ISIS. Namun sebagian militan ISIS masih bertahan di kota tersebut. Pada akhir Januari lalu, ISIS bahkan sempat menyerang basis-basis Kurdi di Kirkuk.

Sementara itu, pasukan Irak saat ini juga tengah bertempur untuk merebut kembali kota Tikrit dari kelompok militan ISIS. Operasi pasukan Irak ini didukung oleh para pejuang Kurdi dan kelompok-kelompok milisi lainnya.(dtn)

Dolar AS Tembus Rp 13.000, 

Pedagang Toko Elektronik:

 Pembeli Sepi

Dolar AS Tembus Rp 13.000, Pedagang Toko Elektronik: Pembeli SepiJakarta (MP.C) -Gerak rupiah terhadap dolar AS yang semakin melemah membuat mata uang Paman Sam tembus Rp 13.000. Tingginya dolar AS 'menghantam' bisnis pedagang elektronik.

Saat dolar AS terus menguat, harga barang-barang elektronik yang sebagian besar diimpor juga ikut melambung. Akibatnya, permintaan pun berkurang.

Demikian diakui Andreas (62), seorang pedagang elektronik yang ditemui detikFinance saat bertransaksi valuta asing (valas) di Money Changer Valuta Inti Prima (VIP), Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2015).

Dia mengungkapkan, posisi dolar AS yang terus menguat membuat harga jual barang-barang elektronik miliknya naik tinggi sehingga menyebabkan penjualan menurun.

"Pengaruhnya ke harga barang elektronik, naik bisa 10-50% karena kan banyak impor komponen. Harga jual naik, pembeli sepi," akunya.

Menurut dia, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tak lain karena gonjang-ganjing politik di dalam negeri. Ditambah, kata Andreas, perbaikan ekonomi di AS membuat rupiah tertekan.

"Susah ya soalnya mungkin situasi politik, gonjang-ganjing terlalu keras di dalam negeri, kalau dari luar pengaruh peluang AS kuat, ekonomi membaik, jadi kita tertekan," ungkap dia.

Andreas menambahkan, idealnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak melebihi level Rp 12.000.

"Rp 13.000 sudah terlalu tinggi, di bawah Rp 12.000 idealnya," ucap Andreas.
(dtf)

Jokowi: Saya Tegaskan Tarif Listrik Industri Tidak Naik!

 Lhokseumawe (MP.C)-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, tarif listrik untuk industri di dalam negeri tidak akan dinaikkan. Penegasan ini dilakukan karena banyak investor yang ketakutan untuk berinvestasi akibat isu rencana kenaikan tarif listrik.

"Saya tegaskan berulang-ulang kali, tidak ada kenaikan tarif listrik untuk industri. Saya minta ini tidak ditulis lagi, bahwa pemerintah akan menaikkan tarif listrik industri. Yang mutusin saja mikir mau naikkan atau tidak," jelas Jokowi saat mengunjungi Terminal Regasifikasi Arun di Lhokseumawe, Aceh Utara, Senin (9/3/2015).

Menurut Jokowi, saat ini makin banyak efisiensi yang terjadi di pembangkit listrik Indonesia, karena bisa menggunakan bahan bakar gas yang lebih murah ketimbang bahan bakar minyak (BBM).

"Jadi banyak penghematan. Dari laporan yang saya terima sampai hari ini, kita banyak menghemat triliunan, besar, triliunan lho. Maka dengan penghematan itu, dimungkinkan tarif listrik turun untuk industri," tegas Jokowi.

Meskipun saat ini dolar naik hingga Rp 13.000, Jokowi tetap menegaskan tidak akan ada kenaikan tarif listrik untuk industri.

"Hal ini membuat ketakutan para investor. Isu-isu tarif listrik industri naik bikin takut investor, jadi investor sudah takut, belum apa-apa mau naik," kata Jokowi.(dtf)

Seram! Wajah 2000 Wanita Korban

 Pembunuhan dalam Lukisan 

http://images.detik.com/content/2015/03/09/1059/sarahhonan_dlm1.jpgDok.Daily Mai
Jakarta (MP.C) Sebanyak 2000 wanita korban pembunuhan di Amerika Serikat tidak diketahui identitasnya. Melalui situs www.JaneDoe.ie, seniman Saran Honan melukis wajah-wajah mereka. Seram?

"Saya memutuskan untuk melakukan proyek Blink setelah melukisan satu wanita yang menjadi korban pembunuhan," ungkapnya dilansir Daily Mail, Senin (9/3/2015).

Ternyata setelah disadarinya terdapat ribuan korban wanita yang lainnya yang tidak teridentifikasi. "Ketika orang meninggal dunia mereka akan meninggalkan tanda di bumi, entah itu nisan atau kenangan buat keluarganya. Tapi sayangnya tidak buat mereka," tuturnya.(dth)
 -------------------------------------------------------------------------------------

Jessica Iskandar: Saya Kemakan Cinta

http://images.detik.com/content/2015/03/09/230/jesdaelm.jpgJakarta - Jessica Iskandar buka-bukaan kepada media via siaran langsung bertema 'Jessica Speak' di Antv, Senin (9/3/2015). Tampil dengan baju serba hitam serta didampingi pengacara, Jessica tampak terharu bicara soal cinta.

Kata-kata pertama dari Jessica masih sedikit sulit dicerna. Sebab, hampir tidak berbeda penampilannya saat itu dengan aktingnya di acara Pesbuker.

Tapi, ketika beberapa kalimat terucap, ada rasa haru yang diperlihatkan ibu satu anak itu. Matanya pun mulai memerah.

"Sepengetahuan saya, cinta itu indah. Dia selalu perhatiin saya, itu yang membuat saya sedih. Saya sekarang kemakan cinta, cinta menyengsarakan saya," tuturnya lirih.

Dalam kesempatan itu juga Jessica mengutarakan kesengsaraan hidupnya. Apalagi ketika ia harus menjalani hidup seorang diri dengan anak di dalam kandungannya.

"Saya mohon dia datang temui anaknya, karena anaknya butuh kepastian siapa bapaknya. Saya nggak masalah melewati sendiri, saya sudah berkorban hidup dan mati hanya untuk merawat Baby El, sampai kapan pun saya akan berusaha mendidik dan melindungi," ujarnya.(dth)
-------------------------------------------------------------------------------------------

Menkum HAM bahas eksekusi mati

 dengan Panglima TNI dan Wakapolri

Menkum HAM bahas eksekusi mati dengan Panglima TNI dan WakapolriMoeldoko. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman 
Jakarta (MP.C)  - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly bertemu dengan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti untuk membahas soal hukuman mati terpidana narkoba. Hadir juga Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Rapat berlangsung tertutup di di Kemenkum HAM. Pertemuan itu membahas soal pengamanan jelang eksekusi mati.

Moeldoko mengaku hanya membahas dua hal dalam pertemuan tersebut. "Pembahasannya tadi penataan Nusakambangan juga pembahasan tentang bagaimana penyelesaian Poso," kata Moeldoko di Kemenkum HAM, Jakarta, Kamis (5/3).

Namun saat disinggung soal bagaimana terpidana mati, Moeldoko enggan berkomentar lebih jauh. "Enggak apa-apa (enggak gimana-gimana)," singkat Moeldoko sembari tersenyum ke media.

Lebih jauh, dia mengatakan tidak ada pengamanan khusus dari pihak TNI. "Biasa saja, untuk latihan saja kok enggak usah serius," ucap jenderal bintang empat ini.(mc)

 

Benzema: Saya tak perlu banyak pujian di Madrid

Benzema: Saya tak perlu banyak pujian di Madrid- Karim Benzema mengaku tak membutuhkan pujian sebagai bukti kapasitasnya sebagai pemain bintang di Real Madrid.

Pemain Prancis itu menyebut bahwa kepercayaan klub pada dirinya selama enam musim sudah lebih dari cukup sebagai bukti, bahwa ia memang dianggap kompeten bermain di klub sebesar Madrid.

"Saya tidak perlu mendengar pujian sebagai pemain terbaik di tempat lain. Saya tahu kerja keras yang sudah saya lakukan dan seperti apa nilai saya. Ini merupakan musim keenam saya di Madrid," tutur Benzema pada beIN Sports.

Madrid tengah bersiap menghadapi Schalke di Liga Champions tengah pekan ini. (bein/rer)(mc)
 
 

Benzema ungkap pengorbanan dan jerih payahnya di Madrid

 -Benzema ungkap pengorbanan dan jerih payahnya di Madrid Karim Benzema belum lama ini mengungkap bahwa ia melakukan banyak pengorbanan dan kerja keras untuk mempertahankan posisinya di skuat inti Real Madrid.

Benzema menjelaskan bahwa semua itu juga ia lakukan untuk menambah kekuatan fisiknya ketika bermain di atas lapangan hijau.

"Anda harus tinggal di sini selama satu pekan untuk tahu apa yang saya lakukan. Saya adalah yang pertama datang latihan dan jadi yang terakhir pergi. Saya juga terus berlatih di rumah, dengan mesin khusus, untuk melatih otot dan kekuatan fisik," tutur Benzema pada beIN Sports.

"Saya tidak hanya melakukan itu untuk mencetak lebih banyak gol, namun itu juga penting untuk kekuatan fisik saya," pungkasnya. (mc)

Huistra ingin hadirkan prestasi di sepakbola putri Indonesia


Huistra ingin hadirkan prestasi di sepakbola putri Indonesia Antusias masyarakat Indonesia terhadap sepakbola putri yang tidak kalah dengan putra dirasakan Direktur Teknik PSSI, Pieter Huistra. Karena itu, Huistra berharap sepakbola putri bisa memiliki ruang dan tempat seperti putra.

"Sekarang, pekerjaan rumah kami banyak sekali. Saat ini kami sedang menggelar banyak kompetisi dan banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pelatih, tempat, dan bagaimana mengubah potensi yang ada menjadi sesuatu yang bisa menjadi prestasi nantinya," ujar Huistra.

Selain itu, dikatakan Huistra, sepakbola nantinya bisa menjadi salah satu budaya yang bisa memperkuat Indonesia. Lebih lanjut, sepakbola putri dapat menjadi bagian sehingga keberadaannya diakui.

"Yang paling penting adalah kita menciptakan lingkungan sepakbola yang matang di Indonesia dan bagaimana sepak bola nanti bisa menjadi salah satu budaya yang memperkuat kita," pungkasnya. (esa/pra)(mc)
 
KESEHATAN 

Ini 6 keuntungan makan dengan piring daun pisang

 Ini 6 keuntungan makan dengan piring daun pisang-Ilustrasi makanan di atas daun pisang. thingstodo.viator.com Di beberapa negara Asia termasuk di Indonesia, makan dengan menjadikan daun pisang sebagai piring merupakan hal yang normal. Bahkan beberapa orang menyebutkan bahwa makan berpiringkan daun pisang bisa memberikan kenikmatan rasa yang begitu lezat.

Nyatanya tak hanya lezat, makan menggunakan daun pisang sebagai piring bisa memberikan banyak manfaat sehat. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat sehatnya.

Lebih sehat
Daun pisang yang dikemas dengan senyawa nabati disebut polifenol epigallocatechin gallate atau EGCG yang juga ditemukan dalam teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit. Sementara daun pisang tidak mudah dicerna jika dimakan langsung maka makanan menyerap polifenol dari daun, sehingga Anda mendapatkan manfaat nutrisi tersebut.

Selain itu, daun pisang juga memiliki sifat anti-bakteri yang membunuh semua kuman dalam makanan dan mengurangi kemungkinan Anda untuk jatuh sakit.

Membuat makanan terasa lebih enak
Daun pisang memiliki lapisan lilin aman yang memiliki rasa halus namun berbeda. Ketika makanan panas ditempatkan pada daun, lilin mencair dan membuat rasa makanan menjadi lebih enak.

Ramah lingkungan
Makan dengan piring daun pisang sudah dipastikan lebih ramah lingkungan daripada makan menggunakan piring plastik. Sebab daun pisang sendiri membutuhkan waktu sebentar untuk terurai.

Higienis
Saat Anda menggunakan piring daun pisang, maka Anda tidak perlu membilasnya secara khusus. Anda hanya perlu mengelapnya dengan air sedikit.

Bebas bahan kimia
Karena piring dicuci dengan sabun yang mengandung bahan kimia, tentu meninggalkan residu yang membahayakan. Sementara jika Anda menggunakan alas daun pisang, Anda bebas dari bahan kimia tersebut.

Praktis
Saat Anda menggunakan daun pisang, Anda tidak perlu repot untuk mencucinya. Tentu saja hal tersebut lebih praktis. Daun pisang sendiri juga tahan air berkat lapisan lilin di atasnya.

Itulah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan makan menggunakan alas daun pisang. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya!(mc)
 

Mengejutkan, bawang putih ampuh bunuh kanker tanpa efek samping!


Mengejutkan, bawang putih ampuh bunuh kanker tanpa efek samping! - Selama berabad-abad bawang putih telah dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki banyak efek pengobatan. Dalam bawang putih terkandung banyak nutrisi dan zat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari demam hingga menurunkan tekanan darah.

Namun baru-baru ini peneliti dibuat terkejut dengan manfaat luar biasa yang disembunyikan oleh bawang putih. Bawang putih ternyata bisa membunuh sel kanker dengan sangat efektif. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association ini juga mengungkap bahwa bawang putih tak memberikan efek samping saat membunuh sel kanker.

"Zat dalam bawang putih yang bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) memberikan perlindungan terhadap karsinogen," ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Daily Health Post (05/03).

Meski begitu, penelitian ini hanya dilakukan di laboratorium dan belum diaplikasikan langsung pada pasien. Namun peneliti optimis bahwa hasilnya akan baik dan sama dengan yang terjadi di laboratorium. Sebuah penelitian pada tahun 2001 sebelumnya juga menjelaskan bahwa zat sulfur dalam bawang putih baik untuk mencegah pertumbuhan kanker.

Bawang putih harus dikonsumsi secara mentah untuk mendapatkan manfaat maksimal di dalamnya. Meski bawang putih juga enak setelah dimasak, namun proses memasak akan menghancurkan enzim yang ada dalam bawang putih. Padahal enzim tersebut yang bekerja mencegah pertumbuhan sel kanker.(mc)


 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Wali Kota Juara 4 Lomba Menembak
 
Medan (  MP.C  )
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berhasil keluar sebagai  juara keempat  lomba menembak pistol eksekutif Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Tembak Kodam I/BB, Jumat (6/3). Atas keberhasilan tersebut, Wali Kota pun mendapatkan piala yang diserahkan langsung Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmaya
Juara pertama diraih Gubsu H Gatot  Pujonugroho ST, sedangkan Kajatisu  M Yusni SH MH keluar sebagai juara kedua. Untuk juara ketiga direbut Wagubsu Ir H T Erry Nuradi. Lomba menemabak ini diselenggarakan dalam rangka olahraga bersama Pangdam I/BB dengan unsur FKPD Sumut  dan Kota Medan.
Sebelum mengikuti lomba menembak, baik Wali Kota maupun unsur FKPD di luar militer dan kepolisian diajarkan bagaimana menggunakan pistol, termasuk mengisi peluru dan  posisi maupun cara menembak yang baik oleh istruktur. Setelah menguasai penggunaan pistol, barulah lomba menembak dimulai.
Usai mengikuti lomba menembak, Wali Kota bersama seluruh unsur FKPD Sumut dan Kota Medan selanjutnya bermain bola voli bersama. Selasai bermain voli, mantan sekda Kota Medan ini menyaksikan pertandingan sepakbola antara wartawan versus mantan pemain PSMS. Gubsu dan Pangdam ikut bermain memperkuat mantan pemain PSMS.
Selain olahraga bersama, sebelumnyn di tempat yang sama juga digelar Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2014. Di kesempatan itu Wali Kota beserta unsur FKPD  Sumut dan Kota Medan menyerahkan SPT  Tahunannya masing-masing.
      Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi dalam sambutan singkatnya, mengajak semua yang hadir untuk taat membayar pajak. Sebab, pajak yang dibayarkan oleh masyarakat  selama ini digunakan sebagai modal pembangunan seperti yang  diterapkan di luar negeri. “Jadi marilah kita membayar pajak,” kata pangdam I/BB.
      Sementara itu Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, SPT Tahunan yang diserahkannya ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Tidak hanya SPT Tahunan, pajak-pajak lainnya juga harus dibayarkan guna  mendukung kelancaran pembangunan. Karena itulah Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat untuk membayar pajak.
“Seluruh pajak yang dibayarkan oleh masyarakat  tentunya dikembalikan  lagi kepada masyarakat  dalam bentuk pembangunan. Semakin banyak masyarakat membayar pajak, semakin banyak pembangunan yang bisa dilakukan sehingga masyarakat dapat menikmatinya,” ungkap Wali Kota. (Rina)
 
Walikota Medan Resmikan Masjid Ubudiyah
 
Medan ( MP.C )
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin berharap agar Masjid Ubudiyah yang baru saja diresmikan ini tidak saja menjadi tempat ibadah sholat lima waktu tetapi juga menjadi sarana kegiatan ibadah dan sosial lainnya, seperti melaksanakan Maghrib mengaji kepada anak-anak, menjadi wadah tempat pengajian bagi warga lingkungan sekitar Masjid, selain itu juga menjadi wadah tempat pembinaan para remaja generasi muda.
       Hal ini dikatakannya saat meresmikan Masjid Ubudiyah Jalan Pasar III Gang Melati Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Medan Perjuangan, Jumat (6/3) peresmian Masjid yang dilanjutkan sholat Jumat bersama dan dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi ini, bertindak sebaga
) i penceramah H Raden Muhammad Syafi’i SH, hadir Camat Medan Perjuangan Dedy Jaminsyahputra Harahap SSTP, BKM Masjid Ubudiyah H Oloan Situmorang.
       Ketua panitia pembangunan Masjid Ubudiyah Drs H Zakaria melaporkan, awalnya Masjid ini adalah sebuah Mushollah, pada 2012 dilakukan musyawarah untuk merenovasi Mushollah ini, dan pada Desember 2012 dilakukan peletakan batu pertama oleh Camat Medan Perjuangan pada masa itu, pada Agustus 2013 Masjid ini mulai pembangunannya.
       Dikatakannya, dana yang dikumpulkan dari infaq dan sedekah sebanyak Rp 682,78 juta lebih, ditambah bantuan dari donatur berupa matrial seperti semen, pasir, batu bata dan besi senilai Rp 200 juta, saldo tersisa di kasir sebesar Rp 38 juta lebih. (Rina)
 
 
WALIKOTA MEDAN BUKA CHAMPIONSHIP RAZ
 
Medan, (MP.C)
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S,Msi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar membuka acara Championship Raz ke-7 di Lapangan YPSA, Jum’at ( 6/3) di Jalan Setia Budi Medan.            
     Walikota Medan sangat aprsiasi atas terselenggaranya kegiatan Raz Championship ke-VII , kiranya dengan digelarnya kegiatan yang sangat positif ini anak-anak kita terus memiliki wadah yang berkesenambungan dalam menggali minat dan bakatnya serta mengembangkannya.
      Generasi muda adalah generasi penerus bangsa, tentunya harus benar-benar dipersiapkan dengan serius , agar memiliki karakteristik dan kecerdasan positif yang terarah, hingga mampu diberi tanggung jawab untuk memimpin bangsa ke depan.
      Pembinaan dan pengembangan bakat generasi muda atau pelajar haruslah dipersiapkan dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan otak, mental dan jasmaniah.”kata Eldin.
      Menurut Eldin, melalui kegiatan olahraga seperti ini , para peserta dapat menempa mental yang kuat dan sportifitas yang tinggi, dapat menimbulkan kepaercayaan terhadap diri sendiri, menimbulkan kejujuran serta memberikan sikap siap kalah
 Disamping itu juga, kata Eldin, tidak bosan-bosannya saya menyampaikan kepada seluruh generasi muda untuk menjauhi narkoba, dan dan diharapkan para anak didik dapat menjadi duta-duta anti narkoba yang siap mengingatkan kawan-kawan sebayanya untuk melakukan hal yang sama yakni KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA.(Rina)         
                 
 Medan Tuan Rumah Pengajian Sumut Bangkit
Pemimpin  Teladan Adalah Yang Rajin  Ke Masjid
 
Medan (MP.C  )
Acara pengajian Sumatera Utara bangkit yang digelar usai sholat Shubuh berjamaah adalah merupakan nikmat besar dari Allah SWT dan wajib disyukuri, dijaga sampai dipangghil Allah SWT, karena ini merupakan program hidup bersama yang memiliki nilai-nilai kebaikan. Kalau pemimpin di mulai dari Masjid merupakan awal kebaikan, Masjid dengan Pemimpin adalah sebuah koleralasi yang di ridhoi, pemimpin yang bisa diteladani adalah orang-orang yang rajin ke Masjid.
Hal ini dikatakan Al Ustadz Prof DR H Ahzami Asmuni Zazuli, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, saat memberikan Tausiyahnya pada acara pengajian Sumut bangkit, Jumat (6/3) di Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Luibis Medan. Hadir Gubsu H Gatot Pujonugroho MSi, Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin, Plt Sekda Provsu, Ketua Pengajian Sumut Bangket H Asren Nasution, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri, Ketua MUI Medan Prof DR M Hatta, Ketua Yayasan Masjid Al Jihad Ir M As’ad, para ulama, tokoh masyarakat pimpinan SKPD Provsu dan Medan, Lurah dan Camat se Kota Medan.
     “ Pengajian Sumut bangkit bukan untuk kebaikan  seorang tetapi untuk kebaikan semua umat, acara ini perlu disyukuri, wajib dijaga sampai kita-kita ini dipanggil oleh Allah SWT, “ ujarnya.
      Guberbur Sumatera Utara H Gatot Pujonugroho Msi mengatakan, kebangkitan itu tidak bisa hanya sekali atau dua kali saja, kebangkitan itu diawali dari sebuah proses pembangunan yang dilanjutkan dengan proses internalisasi, dan implementasi dari sebuah konsep dan gagasan. Kota Medan ingin menjadi kota yang berdaya saing di Metropolitan, Sumut menjadi center pertumbuhan ekonomi bagian Barat Indenesia yang akan mepersiapkan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Internasional, ini tidak bisa dilakukan satu atau dua kali saja.
       “ Alhamdulillah Kota Medan yang kedua kali menjadi tuan rumah pengajian Sumut bangkit, pengajian Sumut bangkit menjadi sebuah gerakan masih dikalangan masyarakat umat Islam khususnya dan Alhamdulillah pengajian Sumut bangkit yang akan datang hostnya adalah BPJS ketangakerjaan di Masjid Ubudiyah  PTPN-II Tanjung Morawa  menghadirkan para pekerja di Sumut, “ ujar Gatot.
       Sementara itu Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin  selaku tuan rumah mengatakan, pembangunan Kota Medan membutuhkan partisipasi dari semua pihak baik dari pemerintah pusat, provinsi, stakeholder dan yang paling utama adalah partisipasi masyarakat, karena masyarakat merupakan kekuatan modal sosial yang paling besar dalam mendorong akselerasi pembangunan, oleh karena itu Pemko Medan terus berupaya untuk meningkatkan komunikasi dengan semua stakeholder pembangunan salah satunya melalui sholat subuh berjamaah. (Rina)
            
PKL Gatot Subroto Ditertibkan

Medan ( MP.C)
Pemko Medan melalui Satpol PP bersama tim gabungan yang terdiri dari aparatur kecamatan, Dishub, TNI, Polisi Militer, Polsek dan Polresta melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di kawasan Jalan Gatot Subroto, Kamis (5/3).
     Melihat hal ini, tim yang mulai bergerak langsung mengambil kulkas minuman miliknya, si pedagang pun meronta. “Saya tidak mau punya saya diambil, anak saya mau saya kasih makan apa,” teriaknya histeris sambil mempertahankan kulkas minumannya.
      Namun, tim terus saja menyeret kulkas minuman dan menaikkannya ke dalam truk. Pedagang tersebut pun tidak bisa berbuat banyak, dia hanya meronta kemudian dibawa dan diamankan naik mobil satpol PP ke kantor Satpol PP.
      “Penertiban ini memang sudah kita lakukan berulang kali dan ini sudah yang kelima kalinya. Tentunya kita berharap agar pedagang juga mau direlokasi sesuai dengan arahan Wali Kota, namun kalau mereka tidak berkenan dan tidak ikuti yang kita sudah programkan, kita tentunya akan melakukan tindakan tegas,” kata Sofyan.
       Di kawasan tersebut, dikatakan Sofyan terdapat sekitar 90-an pedagang kaki lima. Keberadaan mereka melanggar aturan karena di kawasan itu tidak boleh berjualan dan harus difungsikan sebagai tempat parkir.
       “Dalam beberapa waktu ke depan ini kita akan membuat posko di sini, kita lakukan monitoring dan pengawasan. Kalau ada PKL yang tetap bersikukuh dan melawan aturan maka akan kita amankan dan kita ambil barang bukti jualannya kita bawa ke markas Satpol PP,” terang Sofyan.
       Di tempat yang sama, Camat Medan Petisah, Rakhmat Harahap mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah berupaya untuk berkoordinasi dengan PD Pasar agar pedagnag kaki lima tersebut dapat diberikan lapak jualan yang legas.
      “Kita sudah mengimbau kepada pedagang agar mereka bersedia direlokasi, hingga saat ini ada sekitar 90 hingga 100 an pedagang di kawasna ini, bahkan mungkin bisa lebih jika digelar kegiatan MTQ, kita sudah imbau mereka mau dipindah ke Jalan Kota Baru III di dekat pasar petisah. Mereka bisa membuka lapak mulai pukul 17.00 hingga pukul 24.00 WIB,” terang Rakhmat.
       Jika pedagang bersedia direlokasi ke Jalan Kota Baru III, maka pedagang bisa menjadi pedagang yang legal bahkan arahan Wali Kota Medan dalam rapat sebelumnya, pedagang yang bersedia direlokasi akan diberikan berjualan secara gratis. “Kalau sesuai arahan pak Wali maunya mereka bisa berjualan secara gratis di sana, tapi semua itu kan tergantung kepada regulasi dari PD Pasar sebagai pihak pengelolanya,” terang Rakhmat.(Rina)
 
Eldin Saksikan Penandatanganan MUO
antara Apindo Dengan HKDTC
 
Medan ( MP.C)
Penandatanganan kesepahaman (MOU) antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Medan dengan  Hongkong Trade Development Council (HKDTC) yakni kerja sama dibidang pengembangan bisnis adalah merupakan sebagai jembatan yang nantinya akan berlanjut ke China, dengan adanya kerja sama ini nantinya akan terbukalah peluang-peluang bisnis dengan China baik itu eksport maupun import, selain itu juga kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Medan akan lebih banyak lagi.
Menurutnya, jalur  penerbangan Medan-Hongkong dahulu sudah ada tetapi hanya di tahun 2011 terhenti, untuk itulah dengan adanya kerja sama antara Apindo dengan pengusaha Hongkong ini diharapkan jalur penerbangan ini dapat terbuka kembali, seiring dengan berkembangnya Bandara udara di Kualanamu yang lebih besar tentu ini akan lebih mempermudah akses.
Hal ini dikatakan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin saat membuka seminar yang bertajuk  “ Kunci Solusi Anda Menuju China Dan Pasar Internasional “ yang digelar di Hotel JW Mariot, Rabu (4/3), hadir Konjen kehormatan Polandia Jonner Napitupulu, Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH, Direktur Hongkong Trade Development Council (HKDTC) Mr Leung Kwan Ho, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Medan  Rusmin Lawin SH, Direktur Eksekutif Asosiasi Bersaudara Provinsi Sumut Dr Indra Wahidin, Ketua Perhimpunan INTI Sumut Anwar Susanto, dan para pelaku usaha lainnya.
Dikatakannya, Kota Medan sejak lama sudah dikenal sebagai salah satu kota perdagangan di Indonesia, cerminan sebagai kota jasa dan perdagangan dapat dilihat dari kontribusi yang konsisten sektor perdagangan didalam pertumbuhan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), disamping itu letak Kota Medan yang strategis secara geografis  sebagai pintu gerbang bagian Barat Indonesia juga menempatkan Medan sebagai salah satu destinasi perdagangan strategis baik secara nasional maupun internasional.
       Komite II DPD-RI Parlindungan Purba SH mengatakan Kota Medan memiliki potensial untuk berkembang lebih maju lagi, hal ini didukung dengan adanya Bandara udara Kualanamu yang cukup besar sebagai pintu masuk ke Kota Medan, dan seminar ini dinilai untuk majukan Kota Medan dan berharap dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Medan sekaligus menarik  para investor untuk menamkan modalnya karena Kota Medan paling maju dibidang perizinan.
       Ketua Apindo Kota Medan Rusmin Lawin SH mengatakan, Hongkong dengan China merupakan bisnis besar di dunia, dimana Hongkong adalah pintu masuk ke China, saat ini kunjungan wisatawan dari China ke Honggkong mencapai 100 juta jiwa setiap tahunnya, selain itu juga China merupakan salah satu negara Maritim besar di dunia, potensi inilah yang perlu disikapi agar daqpat bermanfaat untuk Kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya.
           Menurutnya, dengan MOU dan seminar  ini nantinya akan membina para pengusaha Kota Medan dan mendorong pengusaha Medan dan Hongkong bisa intensif, selama ini terlupakan bahwa Hongkong  adalah bagian dari China, tidak hanya perdagangan, ekspor dan import, kunjungan wisata juga penting, bila Indonesia bisa bidik 10 persen saja dari kunjungan China ke Hongkong atau 1 persen ke Sumut, ini merupakan jumlah yang bagus, inilah gunanya MOU untuk mendorong percepatan prekonomian Kota Medan melalaui dunia usaha.(Rina)
 
   Wali Kota: Jangan Ada Lagi
 Rumah Sakit Tolak Pasien
Medan ( MP.C)
       Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi minta kepada Dinas Kesehatan Kota Medan dan BPJS Cabang Utama Medan untuk mengumpulkan seluruh owner maupun manajemen rumah sakit yang selama ini menjadi provider BPJS Kesehatan.  Seluruh rumah sakit diinstruksikan untuk meningkatkan pelayanannya kepada seluruh  masyarakat yang telah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Artinya, mereka harus tanggap atas semua keluhan masyarakat dan wajib melayani dengan sebaik-baiknya.
       “Seluruh rumah sakit yang telah menjadi provider BPJS Kesehatan tidak boleh menolak siapapun pasien yang datang hendak berobat. Mereka harus menerimanya tanpa mengutamakan pembayaran terlebih dahulu maupun persyaratan lainnya. Layani lebih dahulu, termasuk memberikan penanganan medis darurat yang benar-benar dibutuhkan pasien saat itu,” kata Wali Kota ketika menghadiri sosialisasi Universal Healt Coverage program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)  di Grand Liberty Restoran Jalan Putri Hijau medan, Rabu (4/3).
        “Siapa saja pasien yang datang berobat ke rumah sakit harus dilayani dengan sebaik-baiknya tanpa membedakan latar belakang ekonominya. Saya berharap  setelah seluruh owner maupun manajemen rumah sakit ini dikumpulkan, tidak ada lagi saya dengan ada pihak rumah sakit yang menolak melayani pasiennnya, termasuk rumah sakit pemerintah sekalipun. Jika ini ditemukan lagi, kita langsung memberikan sanksi tegas,” tegasnya.
        Wali Kota selanjutnya menginstruskikan kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk memantau seluruh wilayahnya masing-masing bersama kepala puskesmas agar tidak ditemukan lagi ada warga yang sakit namun tidak dapat berobat akibat ketidakadaan biaya. Sebab, sudah ada beberapa kejadian dimana akibat ketidakpedulian camat, lurah dan kepling warga bersangkutan menjadi korban.
                “Saya ingatkan jangan sampai kejadian seperti itu terulang kembali. Kita harus m,erasa berdosa akibat ketidakpedulian kita, masyarakat kurang mampu harus menjadi korbannya. Jadi camat, lurah dan kepling saya minta mulai saat ini terus melakukan pengawasan terhadap warganya yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.
       Di kesempatan itu mantan Sekda Kota Medan ini mengungkapkan, pelaksanaan JKN tentunya tidak terlepas dari data base yang akurat. Beberapa waktu lalu pemko Medan bersama BPJS telah melakukan validasi data, terutama data peserta Jamkesmas dan JPKMS, serta data warga Kota Medan yang belum tercover sama sekali baik di Jamkesmas, JPKMS maupun jaminas kesehatan lainnya. “Alhamdulillah kita sudah mendapatkan data yang semakin valid yaitu 253.735 jiwa yang telah terdaftar di BPJS,” paparnya. (Rina)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda