MADYA POS.COM

Minggu, 11 Januari 2015

Surplus Padi - M-2- N3- Perppu Pilkada -Jaksa Agung


Sumut targetkan Sumbang Padi Nasional 1.642.300 Ton

Sumut targetkan Sumbang Padi Nasional 1.642.300 TonMedan,(MP,C)
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kodam I Bukit Barisan menargetkan pada tahun ketiga atau 2017, surplus padi di Sumut sudah mencapai 1.642.300 ton sehingga dipastikan membantu program swasembada pangan nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga tahun ke depan.

“Pemprov Sumut dan Kodam I BB sudah siap untuk menjalankan peningkatan produksi padi dan lainnya dalam kaitan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan Presiden Jokowi,” ujar Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston Pardamean Simanjuntak bersama Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugoho, ST, M.Si di Medan, Rabu (7/1).

Pangdam mengatakan hal tersebut usai rapat membahas program swasembada pangan di Sumut terkait Program Swasembada Pangan Presiden Jokowi dalam waktu tiga tahun ke depan di Kantor Gubernur Sumut bersama jajaran SKPD terkait. Hadir dalam rapat Assisten Ekbang Hj Sabrina, Kepala Dinas Pertanian HM Roem, Kepala Pelaksana Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Bonar Sirait, Kepala Dinas Pengelola SUmber Daya Air Dinsyah Sitompul, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Zoni Waldi, Kepala Badan Ketahanan Pangan, BPS, unsur Bulog, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera, dan lainnya.

Pangdam menegaskan, Rapat Kodam I dengan Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sumut, adalah untuk semakin memantapkan program swasembada pangan itu. ”Saya harus melaporkan kesiapan Sumut dalam program itu kepada Kasdam dan menteri terkait di Jakarta dalam waktu dekat,”ujarPangdam.
Menurut Pangdam yang didampingi Gubernur Sumut H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si menyebutkan bahwa secara teknis program swasembada pangan di Sumut sudah rampung dibicarakan dan disepakati di Sumut. Namun tentunya perlu dukungan Pemerintah Pusat khususnya untuk menjaga pemasaran, kestabilan harga jual padi/beras, bantuan pupuk hingga pembangunan irigasi untuk keperluan penanaman padi itu.
“Program swasembada pangan bukan hal yang sulit untuk dipenuhi di Sumut karena sebelumnya juga sudah swasembada.Yang terpenting Pemerintah harus mampu menjaga agar harga- harga komoditas pangan bisa stabil di pasar untuk merangsang petani bertanam.”katanya.

Pangdam menyebutkan, pembangunan dan perbaikan irigasi untuk kepentingan program swasembada pangan hingga tiga tahun ke depan itu untuk luasan lahan 180ribuan hektare hingga 200ribuan hektare. Sementara lahan irigasi yang sudah disetujui oleh Kementan diperbaiki di tahun 2015 seluas 18.450 hektare antara lain di Kabupaten Deliserdang 1.200 hektare,Serdang Bedagai 2.300 hektare, Simalungun 2.000 hektare dan ada di Asahan, Batubara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara.
“Itu yang akan dilaporkan ke Pusat.Tetapi tidak tahu apakah nanti dananya Pusat semua atau bagaimana,”katanya.

Selain itu, kata dia, perlunya bantuan pupuk karena pupuk masih sangat terbatas. Adapun peran TNI dalam program itu adalah membantu dalam segala hal termasuk mengawal bahkan “mempelotin” semua sisi mulai mengawal pembangunan irigasi, pendistribusian benih, pupuk hingga penanaman dan panen.
“Tujuan semuanya untuk tercapainya penambahan produksi dalam rangka program swasembada pangan Indonesia yang direncanakan Presiden Jokowi hingga tuga tahun ke depan,”katanya.

Keikutsertaan Kodam I BB membantu rakyat dan Pemerintah itu sendiri, ujar Pangdam adalah salah satu tugas pokok TNI. Pangdam menjelaskan, setelah rapat koordinasi pertama 18 Desember 2014, maka pelatihan terkait program itu akan dimulai 12-16 Januari untuk tingkat Kodam dan 26-30 Januari tingkat Kodim. Pelatihan meliputi peningkatan produksi pertanian, perikanan dan peternakan.
Gubernur Sumut H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si mengatakan, dewasa ini dengan kondisi irigasi yang belum memadai, Sumut sudah swasembada pangan. “Jadi kalau ada penambahan irigasi, lahan baru dan produktivitas yang dinaikkan dan lain-lainnya tentunya tambahan produksi beras tidak perlu diragukan,”katanya.

Menurut Gubernur, pada tahun 2014, produksi pada di Sumut sudah 3.604.602 ton dan pada 2015 naik menjadi 4.155.590 ton. Adapun pada 2016 dan 2017 , produksi menjadi 4.711.056 ton dan 5.161.603 ton. “Jadi hingga tahun ke tiga kenaikan produksi padi Sumut sudah mencapai 1.334.270 ton,”katanya.
Menurut Gubernur, peningkatan produksi padi di Sumut bisa dilakukan di semua daerah penghasil. Dia juga menegaskan, untuk peningkatan produksi bukan saja memerlukan penambahan luas areal tetapi juga produktivitas dan itu sudah dilakukan Pemprov Sumut (dk,nn)

Pemprov Sumut Perpanjang PEMUTIHAN 

Pajak Kendaraan Bermotor

0
Pemprov Sumut Perpanjang PEMUTIHAN Pajak Kendaraan Bermotor
Medan,(MP.C)
Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si memperpanjang program “pemutihan” pajak kendaraan bermotor yang tertunggak dan bea balik nama kendaraan bermotor atau ganti nama kepemilikan secara gratis dari 31 Desember 2014 menjadi 14 Februari 2015.

“Instruksi untuk memperpanjang program itu setelah Dispenda (Dinas Pendapatan) Sumut melaporkan perkembangan program yang dimulai 17 Desember hingga 31 Desember 2014 itu diminati masyarakat wajib pajak hingga batas akhir pada 31 Desember 2014 diperpanjang,” katanya di Medan, Rabu.
Perpanjangan “pemutihan” pajak kendaraan bermotor atau PKB (berikut denda) termasuk kendaraan alat berat yang tertunggak di bawah tahun 2013 dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) itu diperpanjang hingga 14 Februari 2015.

“Dengan keputusan itu diharapkan wajib pajak memanfaatkannya sebaik-baiknya,”katanya.
Kepala Dinas Pendapatan Sumut, Rajali, mengakui, tingginya minat wajib pajak memanfaatkan program itu. Minat tinggi tersebut tercermin dari terus ramainya wajib pajak mengurus PKB dan BBN-KB setiap hari.
Dia menjelaskan, oleh karena tanggal 1 Januari 2015 libur, maka layanan perpanjangan itu akan dimulai 2 Januari.

Bahkan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, Dispenda memberikan kemudahan lainnya yakni bagi wajib pajak yang telah melakukan pendaftaran menjelang batas akhir 14 Februari 2015, masih diberi kelonggaran melakukan pembayaran hinggaa 25 Februari 2015.
"Hanya saja dalam masa perpanjangan itu, waktu pelayanan kembali sebagaimana biasanya yakni pada hari kerja mulai pukul 08.30 WIB sampai 15.00 WIB," katanya.

Rajali mengaku, usai mendapat instruksi Gubernur Sumut soal perpanjangan program tersebut, dia langsung mengumumkannya kepada wajib pajak yang sedang ramai di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Medan Utara Jalan Putri Hijau, Medan.

Pengumuman Rajali yang disampaikan bersama Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Refdi Andri, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut Markus Horo disambut gembira para wajib pajak yang masih antrean.
Rajali menegaskan, kebijakan pemberian keringanan pajak itu berlaku di seluruh UPT se-Sumut termasuk Samsat Corner, Drive Thru dan lainnya.

"Dengan program itu, selain membantu meringankan beban masyarakat, juga dilakukan agar tunggakan yang menjadi piutang Pemprov Sumut terhapus dan sekaligus bisa mendapat data akurat wajib pajak," katanya.
Program pemutihan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Gubernur Sumut Nomor 45 Tahun 2014 setelah mendapat pendapat hukum (legal opinion) dari Kepala Kejaksaan Tinggi Nomor B-6549/N.2/Gp.1/10/2014 tanggal 24 Oktober 2014 dan Surat Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Nomor 973/1324/KEUDA tanggal 12 Desember 2014.

Dalam Pergub tersebut ditegaskan pemberian keringanan PKB dimaksud merupakan pokok pajak PKB yang tidak atau belum dibayar sampai 2012 (di bawah tahun 2013) dengan pengurangan sebesar 100 persen.
Sedangkan pengenaan PKB di atas tahun 2013 sesuai ketentuan yang berlaku, dimana pemilik kendaraan yang tertunggak sampai berapa tahun-pun dapat menghidupkan atau mengaktifkan kembali STNK-nya dengan hanya membayar PKB tahun 2013 dan 2014 tanpa denda.
Menurut data BPK, diperkirakan terdapat 1.319.747 kendaraan yang tidak membayar pajak sejak tahun 2009 atau dalam lima tahun terakhir dengan nilai nominal sekira Rp 908,9 miliar.(dk,nn)


Pemilu Sukses, KPU Beri Gubernur Sumut Penghargaan


Pemilu Sukses, KPU Beri Gubernur Sumut Penghargaan
Medan, (MPC)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melalui KPUD Sumut memerikan piagam penghargaan kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H, Gatot Pojo Nugroho, ST, M.Si sebagai pendukung Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 Mulai dari Pemilu DPR, DPD, dan DPRD hingga pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI.

Penyerahan Piagam Pengharaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPUD Sumut Mulia Banurea di Rumah Dinas Gubernur Sumut  Jalan Sudirman No. 41 Medan, Kamis (8/1). Hadir mendampingi Ketua KPUD Sumut,  Evi Novida Ginting, Nazir Salim Manik, Benget dan Yulhasni juga hadir sekretaris KPU Sumut Abdul Rajab Pasaribu, Kabag SDM Irwan Zuhdi sementara turut juga mendampingi Gubsu, Plt Sekdaprovsu Hasiholan Silaen, kepala Badan Kesbangpol Eddy Sofyan, Kepala Biro Otda Jimmy Pasaribu dan Kadis Kominfo Sumut Jumsadi Damanik.

Piagam Penghargaan yang diberikan KPU dengan No: 01/Piagam/KPU/X/2014 yang ditandatanagni langsung oleh ketua KPU Husni Kamil Manik bersama anggota, Ida Budhiati, Sigit Pamungkas Arief Budiman Ferry Kunia dan Rizkyansyah. Disamping itu KPUD Sumut juga menyerahkan laporan tahapan penyelanggaraan pemilu 2014.

Pelaksanaan pemilu tahun 2014, baik pemilu anggota DPR, DPD Dan DPRD serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 yang berjalan lancar, aman dan sukses di Provinsi Sumatera Utara melatar belakangi penyerahan penghargaan tersebut. Sukses pelaksanaan pemilu 2014 di Provinsi Sumut ini  tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak dan elemen yang ada di Sumut yang memberikan kontribusi yang luar biasa, Khususnya Pemerintah Provinsi Sumut.

Gubsu dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan kehormatan bagi masyarakat Sumut yang bersama-sama menjaga daerah tetap aman dan mengikuti tahapan pemilu  membuatnya lancar.

Pernghargan tersebut, lanjut Gubsu hanya bukan untuk dirinya, tapi seluruh masyarakat di Provinsi Sumut

"Alhamdulillah penyelenggaraan pemolu di Sumut aman, lancar sehigga tidak ada konflik, walaupun ada sedikit terjadi di Nias Selatan. Tapi akhirnya berakhir dengan damai ini merupakan prestasi," ujarnya.

Terkait Soal pilkada, Gubsu juga menanyakan banyak hal terkait pilkada di 14 kab/kota di Sumut  kemudian dia juga menjamin memberikan dukungan penuh terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) demi sukses penyelenggaraan pilkada serentak tersebut walau dari Dirjen Otda belum memastikan penyelenggaraan pilkada seretak tersebut di Tahun 2015.

Untuk itu, Gubsu juga berharap, KPU selaku penyelenggaran tetap dapat terus berkoordinasi dengan pihak Pemprovsu. "Sesuai dengan perintah Gubsu untuk menindaklanjuti pilkada serentak, saya telah menanyakan langsung ke Dirjen Otda untuk meminta masukan masukan, dan PLT dirjen Otda menginformasikan bahwa belum ada kepastian di 2015," ujar Hasiholan melaporkan.

Walau belum ada kepastian, Gubsu menyampaikan bahwa Pemprovsu berperan memberikan bimbinga teknis dan supervisi. "Sebagaimana pelaksaan pilkada yang lalu, kita akan suport," tegas Gubsu.

Ketua KPUD Sumut  Mulia Banurea pemverian pengargaan adlah ucapan terimakasih KPU kepada Gubsu selaku kepala daerah atas bantuan penyelenggaraan pemilu di Sumut. Sekaligus, lanjutnya, kedatangan rombongan KPU Sumut ini, selain untuk bersilaturahim juga menyerahkan laporan pelaksanaan pemilu 2014 yang lalu.

"Mohon dukungan pemprovsu  kedepan dalam pelaksaan demokrasi di Provinsi Sumut. Mudah-mudahan kami doakan pak Gubernur sehat melaksanakan tugas," ujarnya.

Yulhasi, menambahkan bahwa KPU Sumut telah mengumpulkan 14 KPU yg akan menggelar pilkada serentak dan meminta mereka mempesiapkan segala hal terkait penyelenggraannya.(dk,nn)

Perppu Pilkada Jadi Fokus DPR

 Jakarta (MPC)- DPR telah memasuki periode masa sidang kedua tahun 2014-2015. Perppu Pilkada jadi salah satu prioritas DPR di masa sidang kedua ini.

Ketua DPR Setya Novanto menjabarkan waktu DPR tak banyak di masa sidang II ini. DPR hanya punya 28 hari, mulai hari ini hingga 18 Februari 2015, kemudian reses lagi.

Padahal, selain Perppu Pilkada, DPR punya sejumlah agenda pentinga lain untuk diselesaikan, yaitu pembahasan RUU KUHP, RUU KUHAP, dan Penetapan APBN-P tahun anggaran 2015.

Dalam pidato pembukaan masa sidang paripurna, Novanto menjelaskan pembahasan Perppu Pilkada menjadi prioritas karena di tahun ini ada penyelenggaraan pilkada serentak.

"Kita harus mempersiapkan penyelenggaraan Pilkada dengan baik melalui aturan hukum yang pasti," kata Novanto dalam pidatonya di ruang paripurna, Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2015).

Soal APBN-P 2015, menurutnya ini tidak dapat dilepaskan dari keberadaan APBN 2015 yang disusun pada masa peralihan dari pemerintahan sebelumnya ke pemerintahan yang baru.

Menyangkut hal ini, dia menghimbau agar komisi-komisi terkait bisa memberikan masukan dan kritikan untuk RAPBN-P terutama soal penerimaan pajak, belanja modal untuk infrastruktur, dan pengurangan defisit anggaran
 Pimpinan DPR berharap Badan Anggaran dan Komisi-Komisi terkait segera melakukan pembahasan paling lama satu bulan dalam masa sidang sesuai dengan ketentuan Pasal 160 ayat (1) Tata Tertib DPR," katanya.

Selain itu, Novanto menambahkan, terkait perubahan Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) juga bakal dibahas dan diselesaikan dalam awal masa sidang II ini. Perubahan MD3 ini harus diikuti pula dengan perubahan terhadap Peraturan DPR Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib.

"Amanat perubahan MD3 juga menuntut DPR segera melakukan penambahan satu orang pimpinan di masing-masing alat kelengkapan dewan. Hal ini akan segera diselesaikan di awal masi sidang II," tuturnya.

"Dimulai sejak hari ini akan berlangsung sampai 18 Februari 2015. Atas nama pimpinan DPR, kami menyampaikan selamat bekerja, semoga Allah Subhanahu Wata'ala senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk pada kita sekalian," imbuh Setya (dtn)

Jaksa Agung Bertemu Kepolisian Macau

 Bahas Perlindungan TKI

Jakarta (MPC)- Jaksa Agung HM Prasetyo menerima perwakilan dari kepolisian internasional Macau, Hong Kong. Mereka membicarakan masalah diplomasi serta perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Macau.

"Kita mewakili kepolisian internasional Macau bertemu dengan Jaksa Agung dan membicarakan bagaimana meningkatkan hubungan diplomasi antara kedua pemerintahan," ucap Wilson Wong dalam Bahasa Inggris usai bertemu Jaksa Agung di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin no 1, Jakarta Selatan, Senin (12/1/2015).

Wilson yang merupakan Honorary Liaison Secretary of International Police Association Macau‎ ‎bersama dengan beberapa orang lainnya bertemu Prasetyo sekitar 1 jam lamanya. Dalam pertemuan itu juga dibicarakan mengenai peningkatan perlindungan TKI. Setelah ini mereka akan beranjak menuju ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

‎"Dan bagaimana memberikan peningkatan perlindungan TKI yang ada di sana," ucap Wilson.

Selain itu, Wilson juga menegaskan pemerintahan Macau juga berbicara dengan Jaksa Agung dalam‎ hal pencarian buronan korupsi. Seperti diketahui salah satu buronan bertahun-tahun kejaksaan yaitu Eddy Tansil dalam kasus kredit Bank Bapindo yang disinyalir ada di Tiongkok.

"Kita akan memberikan bantuan, tapi kita belum tahu nanti akan kita selidiki lebih lanjut," kata Wilson.(dtn)

Awal Tahun 2015 PTPN III Resmikan 
PT Sri Pamela Medika Nusantara 
Sebagai Anak Perusahaan

  Medan (MPC)
Pada Sabtu 10 Januari 2015, PT Perkebunan Nusantara III telah meresmikan PT Sri Pamela Medika Nusantara sebagai anak perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Peresmian ini merujuk Surat Menteri BUMN No. S-607/MBU/10/2014 sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan ketentuan yang diatur dalam UU RI No 44/2013 tentang Rumah Sakit dimana dipersyaratkan bahwa rumah sakit yang didirikan swasta harus berbentuk badan hukum yang kegiatan usahanya hanya bergerak di bidang perumahsakitan.

Tujuannya agar rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, teknologi, sosial dan ekonomi akan tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat sehingga derajat kesehatan terpenuhi.

Dalam peresmian spin off RS Sri Pamela ini juga dilaunching kepesertaan PTPN III dalam program JKN BPJS Kesehatan sebagai wujud pelaksanaan peraturan Presiden RI No 111 Tahun 2013 tentang jaminan kesehatan. Dengan demikian maka seluruh karyawan PTPN III beserta batihnya serta para pensiunan telah didaftarkan dalam program JKN BPJS Kesehatan dengan kategori peserta mandiri dan iuran dibayarkan atau ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan.

Erwan Pelawi, Direktur Keuangan PTPN III dalam sambutannya mengucapkan selamat dengan terbentuknya spin off PT RS Sri Pamela Medika Nusantara, semoga bisa menjadi rumah sakit yang mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan, harapnya.

Demikian pula Sri Endang Tidarwati, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan mengatakan bahwa dengan bertambahnya jumlah peserta BPJS Kesehatan dari PTPN III sebanyak 79.165 jiwa karyawan diharapkan dapat memotivasi perusahaan-perusahaan lain untuk segera mendaftarkan karyawannya agar bisa menggunakan haknya dalam memperoleh jaminan kesehatan,” katanya dengan penuh senyuman.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya dari PTPN III diantaranya Erwan Pelawi, Direktur Keuangan, Alexander Maha, Direktur Perencanaan dan Pengembangan, Harianto, Direktur SDM. Kemudian Sri Endang Tidarwati, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Nina Zuliani, Direktur PT RS Sri Pamela Medika Nusantara, Jaya Bakti, Kepala Bagian Umum serta unsur Muspida dan Muspika di Tebing Tinggi. Sebelum acara usai diserahkan santunan kepada 20 orang anak yatim sebagai tanda ungkapan syukur dan kepedulian perusahaan.(r.n3) 



Dorong Hidup Sehat, Lomba Senam Jantung Sehat
Medan (MPC)
Salah satu misi perusahaa adalah mendorong karyawan agar berpartisipasi aktif dalam pengembangan komunitas. Hal ini dimaksudkan untuk bisa hidup integral bersama masyarakat baik di dalam maupun di luar perusahaan dengan baik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melaksanakan perlombaan senam jantung sehat yang telah dilakukan pada sesi perdana di Distrik Deli Serdang II di Sei Karang, Galang pada tanggal 12 Desember 2014 lalu. Kegiatan lomba senam jantung sehat ini terus berlanjut ke distrik-distrik wilayah PTPN III diantaranya distrik Deli Serdang I, Distrik Simalungun, Distrik Asahan, Distrik Labuhanbatu I, II, III dan Distrik Tapanuli Selatan.

Senam jantung sehat merupakan olahraga yang menggerakkan anggota tubuh secara teratur dengan instruksi yang jelas dari instruktur senam. Dari anak-anak hingga manula dapat mengikuti gerakannya yang pelan dan sangat baik untuk menghasilkan keringat dan olah pernafasan yang berfungsi untuk kebugaran jasmani dan rohani. Kegiatan lomba ini diikuti oleh seluruh karyawan dan ibu-ibu yang tergabung dalam IKBI (Ikatan Keluarga Besar Istri).

Harianto, SH, Direktur SDM PTPN III mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh distrik untuk mendorong semangat hidup sehat melalui senam jantung sehat setiap minggu yang diadakan di setiap unit/kebun atau distrik. “Harapannya dengan senam jantung sehat ini karyawan sehat dan jalinan silaturahmi antar karyawan dapat terus terjalin dengan baik,” katanya.

Selain para juara mendapatkan hadiah, karyawan lain yang ikut dalam kegiatan senam massal jantung sehat dan senam aerobik mendapat kesempatan lucky draw dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik diantaranya hadiah puncak sepeda motor Honda Revo, sepeda elektrik, sepeda sport, kulkas, televisi LED 32 inci, kompos gas, dispenser, rice cooker, setrika dan aneka hadiah lain yang sangat menarik dan dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Juara satu dari grup karyawan di Distrik Serdang I diraih Kebun Kebun Gunung Pamela sedangkan untuk IKBI diraih Kebun Silau Dunia. Juara satu untuk grup karyawan dan IKBI di Distrik Serdang II diraih kebun Sungai Putih. Untuk Distrik Simalungun juara dari grup karyawan diraih kebun Bandar Betsy sedangkan dari IKBI diraih Kebun Bangun. Untuk kalangan karyawan dan IKBI di Distrik Asahan diraih keduanya oleh kebun Sei Dadap. Untuk Distrik Labuhanbatu III juara senam untuk kategori karyawan diraih PKS Sisumut sedangkan untuk grup IKBI diraih Kebun Rantau Parapat.

Sementara itu disetiap distrik seorang karyawan akan mendapatkan hadiah-hadiah lucky draw. Juminem, karyawan dari kebun Aek Nabara Utara, salah satu pemenang undian lucky draw senam jantung sehat sangat bergembira seraya mengucapkan “Saya tidak menyangka nama saya disebut panitia, jantungan rasanya, saya sangat senang sekali, alhamdulillah,” katanya dengan wajah berbinar penuh rasa haru dan suka cita menerima hadiah sepeda motor honda revo. Selamat ya.
(r.n3) 
--------------------------------------------------------------------------------------------
Minggu KEDUA Januari  2015

 
Dengan Membayar PKB Dan


 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda----------------------------------------------------------------------------------------------


Malam Pergantian Tahun di Kota Medan
Sederhana Tanpa  Kembang  Api


Medan (   MPC    )
                Pesta rakyat  yang digelar Pemko Medan di Lapangan Merdeka Medan dalam rangka menyambut malam pergantian tahun berlangsung  sangat sederhana tanpa diwarnai pesta kembang api  seperti biasanya.  Padahal pesta kembang api  selama 20 menit telah dipersiapkan untuk memeriahkan pesta tahun baru tersebut. Namun  musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 menyebabkan pesta kembang api dibatalkan sebagai bentuk empati atas duka dan bela sungkawa yang mendalam Pemko Medan dan seluruh warga Kota Medan.
                Meski demikian ribuan warga Kota Medan tetap ‘tumpah’ di Lapangan Merdeka untuk menyaksikan hiburan. Mulai  pukul 20.00 WIB warga telah berdatangan dari seluruh penjuru Kota Medan untuk menyaksikan hiburan yang disajikan. Apalagi pedangdut papan atas asal ibukota, Erie Suzan telah dipersiapkan panitia untuk menghibur warga Kota Medan.  Kondisi itu menyebabkan  arus lalu lintas tersendat di seputaran Lapangan Merdeka.
                Petugas Satlantas Polresta Medan dan Dinas Perhubungan Kota Medan tampak bekerja keras untuk mengurai kemacetan yang terjadi.  Semakin mendekati pukul 00.00 WIB, jumlah kenderaan yang mendekati Lapangan Merdeka semakin bertambah sehingga memperparah kemacetan yang terjadi. Sedangkan di Lapangan Merdeka, ribuan warga yang berdesak-desakan sudah tak sabar ingin menyaksikan penampilan Erie Suzan.
                Meski hujan berulangkali mengguyur namun warga tetap bertahan di lapangan meski pakaian yang dikenakan basah kuyub. ‘Pengorbanan’ warga ini akhirnya terobati setelah pembawa acara memanggil nama Erie Suzan.  Selanjutnya warga pun  hanyut ikut berjoget dan beryanyi bersama penyanyi yang terkenal dengan lagu Mabuk Duit tersebut. Selain lagu dangdut, penyanyi kelahiran Lamongan, Jawa Timur itu membawakan sejumlah lagu  pop yang kini sedang hits untuk menghibur ribuan warga.
                Aksi panggung Erie Suzan  dihentikan sejenak jelang datangnya Tahun Baru 2015. Kepala Kementrian Agama Kota Medan, Iwan Zulhami didampingi sejumlah pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota memanjatkan doa agar Kota Medan beserta seluruh warganya selalu dilindungi Allah SWT.
 Setelah itu dilanjutkan dengan pemukulan Gordang Sembilan yang dilaksanakan Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) daintaranya Dandim 0201/BS Letkol Kav Setiawan Aris Munandar dan  Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli tepat jarum jam menunjukkan pukul 00.00 WIB.
                Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  yang turut menghadiri pesta rakyat ini mengatakan, pesta rakyat yang dilaksanakan untuk menyambut malam pergantian tahun ini dilaksanakan dengan sederhana sebagai ungkapan rasa duka cita dan belasungkawa atas jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501.
                “Untuk pesta kembang api ditiadakan sebagai bentuk  belasungkawa kita atas musibah yang menimpa pesawat Air Asia. Sedangkan artis Erie Suzan tetap menghibur warga, sebab sudah diundang,” kata Wali Kota.
                Selain meniadakan pesta kembang api, mantan Sekda Kota Medan ini juga mengungkapkan, segala bentuk acara yang telah dipersiapkan dengan matang  dilakukan penyederhanaan, termasuk soundsystem sehingga tidak hingar- binger seperti penyambutan malam pergantian tahun-tahun sebelumnya.
                “Kita tidak ingin mengecewakan masyarakat, sebab mereka selama ini sudah terbiasa menjadikan Lapangan Merdeka sebagai tempat berkumpul untuk merayakan malam pergantian tahun. Jadi  kita tetap melaksanakan pesta rakyat dengan cara sangat sederhana,” jelasnya.
                Di sela-sela pesta rakyat yang digelar, Wali Kota dan Kapoldasu Irjen Eko Hadi  Sutedjo  sempat live dengan salah satu televisi swasta langung dari Lapangan Merdeka Medan terkait dengan pelaksanakan pesta rakyat yang dilaksanakan serta pengamanan  yang dilakukan dalam menyambut malam pergantian tahun. (Rina)

Wali kota Apresiasi 12 Sekolah Penerima Adiwiyata


Medan (   MPC    )
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi  sejumlah kepala sekolah yang baru menerima Penghargaan Adiwiyata Nasional; Tahun 2014 dari Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Anis Baswedan serta Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya di rumah Dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman Medan, Rabu (31/12).

Untuk tahun ini ada 12 sekolah di Kota Medan yang berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata. Di tingkat Sekolah Dasar (SD) yaitu SD Percobaan dan SD Antonius. Untuk tingkat SLTP, SMP Negeri 5, SMP  Negeri 6, SMP Negeri 23, SMP Negeri 42, SMP Negeri 43 dan Madrasah Tsanawiyah 1. Sedangkan tingkat SLTA, SMA Negeri 4, SMA Negeri 12, SMAQ Nwegeri 15 dan SMA Negeri 20.
Mantan Sekda Kota Medan ini sangat mengapresiasi atas keberhasilan 12 sekolah yang berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata tersebut. Diharapkan  keberhasilan yang sangat membanggakan ini  dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Dengan demikian tahun depan, penghargaan paling bergengsi bagi sekolah yang peduli lingkungan dapat diraih kembali.
“Saya berharap Penghargaan Adiwiyata ini bisa memotivasi sekolah-sekolah lainnya untuk peduli dengan lingkungan. Dengan demikian tahun depan lebih banyak lagi sekolah di Kota Medan yang mendapatkan Penghargaan Adiwiyata. Sedangkan bagi sekolah yang telah mendapatkan Adiwiyata, terus tingkatkan komitmen peduli lingkungan sehingga meraih Adiwiyata mandiri,” kata Wali Kota.
Sementara itu Kepala SMA Negeri 15 Medan, Darwin Siregar mewakili kepala sekolah lainnya mengatakan, kedatangan mereka untuk melaporkan kepada Wali Kota terkait keberhasilan sejumlah sekolah di Kota Medan meraih Penghargaan Adiwiyata. Keberhasilan itu diraih berkat kepedulian terhadap lingkungan selama ini, terutama di sekolah.
Selain melaporkan, mereka juga berharap agar seluruh sekolah yang ada berbenah diri tanpa terkecuali untuk peduli terhadap lingkungan. Apalagi lingkungan hidup saat ini menjadi isu dunia internasional. “Hendaknya setiap warga memperhatikan masalah lingkungan hidup ini karena lingkungan yang bersih asri dan indah akan menginpirasi siapapun untuk bertindak berpikir yang positif,” ungkap Darwin.(Rina)

Eldin Berharap  2015 PNS Pemko Medan
Bekerja Lebih Baik Lagi


Medan ( MadyaPos )       Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin berharap aparatur pemerintahan Kota Medan agar bekerja lebih baik lagi didalam menjalankan program-program  kerja 2015 yang sudang dicanangkan yang telah disepakati oleh Pemerintah Kota Medan dengan DPRD Medan untuk segera ditindak lanjuti, juga diminta peran pimpinan  Satuan Kerja Perangkat  Daerah (SKPD) beserta staf untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan benmar sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
            Hal ini disampaikannya saat memimpin apel Apel memasuki tahun baru 2015, Jumat (2/1) di halaman Kantor Walikota Medan, dihadiri  Seklda Medan Para Asisten, para pimpinan SKPD, dan para staf di jajaran Sekretariat Pemerintahan Kota Medan.
            Eldin juga dimintakan kepada para kepala SKPD agar memprogramkan pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan tersebut agar nantinya tidak tertunda lagi pelaksanaanya, karena pelaksanaan pembangungan semakin mendesak untuk segera dilaksanakan, semua infrastruktur yang ada dan program-program kerja seperti Pendidikan, Kesehatan untuk terus ditingkatkan, juga pelayanan publik seperti pelayanan adminitrasi kependudukan harus bisa melaksanakan  dengan baik.
            “ Inilah yang kita harapkan terhadap program-program kerja yang telah dicanangkan, dan tentunya pelayanan yang sudah dicanangkan tahun 2014 yang merupakan tahun pelayanan, kita harus tingkatkan tahun pelayanan di 2015 ini,  dan saya mengucapakan terima kasih kepada aparatur  apa yang telah dikerjakan di tahun 2014 dan  kekurangan yang ada segera diperbaiki dan berharap kinerja terus ditingkan di 2015 ini,“ harap Eldin.
            Eldin juga meminta kepada para aparattur Pemko Medan untuk membangun kebersamaan didalam pelaksanaan kerja, serumit apapu tugas bila dikerjakan secara bersama kerjakan itu akan selesian, dan kedepan tantangan dan program kerja semakin kompleks, untuk itulah perlu dibangun kerja sama ini, bila dilakaukn dengan ikhlas penuh rasa tanggung jawab diyakini pelayayan terhadap punlik akan menjadi baik dan masyarakat dapat merasakannya.
            Bertindak sebagai komandan apel pagi adalah Asisten Pemerintahan umum Drs Musadad yang melaporkan jumlah pegawai sekretarian sebanyak 714 orang, yang hadir dalam apel pagi sebanyak 613 orang, cuti 20 orang, tugas luar 67 orang, iizin 2 orang, tugas belajar 3 orang dan absen tidak ahdir apel pagi sebanyak 9 orang. (Rina).

Wali Kota Beri Penghargaan
6 Kecamatan Terbaik  Penyaluran Raskin

Medan (   MPC    )
                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyerahkan piagam penghargaan dan hadiah  bagi  kecamatan terbaik atas penyaluran beras untuk orang miskin (raskin) tahun 2013 di Kota Medan.  Pemberian reward  kepada kecamatan  terbaik ini dilaksanakan di pendopo rumah dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman Medan, Rabu (31/12).  Kecamatan Medan Belawan ditetapkan sebagai juara pertama dalam penyaluran raskin.
                Untuk  posisi juara kedua diraih Kecamatan Medan Selayang dan Kecamatan Medan Perjuangan menempati juara ketiga.  Kemudian diikuti Kecamatan Medan Amplas sebagai juara harapan pertama , Kecamatan Medan Maimun  sebagai juara harapan kedua dan juara harapan ketiga ditempati Kecamatan Medan Area.
                Menurut Wali Kota, pemberian piagam penghargaan dan hadiah ini dilakukan untuk memotivasi para camat beserta seluruh jajarannya supaya bekerja lebih baik lagi dalam penyaluran raskin kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing. Sebab, penyaluran raskin berperan besar menekan kenaikan harga beras di pasaran, khususnya menjelang hari besar keagamaan dan dapat menekan kenaikan inflasi Kota Medan.
                “Camat sebagai  penanggung jawab penyaluran raskin di wilayahnya bersama lurah, saya minta agar benar-benar turun ke bawah mengawasi dalam setiap penyalurannya. Yang paling penting lagi untuk diingat dan tidak dilanggar, apratur tidak dibenarkan menaikkan harga beras dengan alasa apapun!” kata Wali Kota.
                Mantan  Sekda Kota Medan ini selanjutnya mengingatkan kepada para camat untuk selalu menjaga serta meningkatkan kinerjanya, sehingga Kota Medan selalu berada dalam posisi sepuluh kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam penyaluran raskin.  Untuk itulah kepada kecamatan terbaik dalam penyaluran raskin, Wali Kota mengucapkan terima aksihnya.
                “Semoga penghargaan dapat memotivasi saudara untuk berbuat lebih baik lagi, terutama bagi kecamatan yang masih ada catatan-catatan  kekurangannya, saya harapkan agar dapat memaksimalkan kinerjanya,” ungkapnya.
                Kemudian Wali Kota mengajak  semua untuk mengambil spirit besar dari pemberian penghargaan ini. Artinya, semua harus senantiasa bersungguh-sungguh menjalankan program penanggulan kemiskinan secara terintegrasi dan berkelanjutan. Ambil spirit besar dari pemberian penghargaan ini. Artinya, jalankan program penanggulan kemiskinan ini secara terintegrasi dan berkelanjutan.
                Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota mengungkapkan Pemko Medan tahun 2014 tetap melaksanakan penyaluran raskin kepada amsyarakat kurang mampu dengan jumlah sasaran sama dengan tahun lalu, yaitu sebanyak 73.110 rumah tangga sasaran. Demikian juga untuk tahun mendatang, program ini tetap dijalankan kepada keluarga kurang mampu.
                Sementara itu Kabag Administrasi dan Perekonomian Kota Medan, Dahnar Siregar  dalam laporannya mengatakan, Pemko Medan bekerja sama dengan Bulog Wilayah I Medan telah melaksanakan penyaluran raskin keopada 73.110 rumah tangga sederhana (RTS). Masing-masing RTS memperoleh 15kg/KK/bulan dengan harga Rp.1.600 /kg.
                Raskin itu jelas Dahnar, disalurkan  di 21 kecamatan dan 148 kantor lurah sebagai distribusi  kepada RTS dengan waktu penyaluran selama 12 bulan raskin regular dan 3 bulan raskin tambahan. “Untuk tahun 2015 sesuai pagu yang ditetapkan Gubsu, Pemko Medan mendapat alokasi 73.110 RTS,” paparnya.
Terkait dengan pemberian reward kepada kecamatan terbaik penyaluran raskin, penilainnya dilakukan oleh tim raskin yang mengacu 4 kategori yaitu penyaluran lancar, pembayaran lancar, administrasi lancar dan koordinasi lancar. Tujuan pemberian reward   guna memberikan motivasi kepada kecamatan dalam rangka tercapainya  Indikator 6  Tepat  yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tetap jumlah, tepat harga, tepat administrasi dan tepat kualitas. (Rina)

Sambut Pergantian Tahun
Pemko Medan Gelar Dzikir Dan Doa

Medan (   MPC    )
            Menyambut pergantian tahun  pemerintah Kota Medan menggelar acara dzikir dan doa serta diisi dengan tausiyah oleh Ustadz dari Jakarta yakni Ustadz Cepot (H Ahmad Ihksan).Acara ini merupakan rangkain dari pesta rakyat menyambut pergantian tahun baru 2014-2015, yang  dirangkai dengan pemberian santunan kepada 1000 orang anak yatim dan pemberian sembako, peralatan mandi/cuci serta makanan kering kepada 10 panti asuhan di Kota Medan, Rabu (31/12) di Lapangan Merdeka Medan.
            Sebagai pemandu dzikir adalah Buya KH Amiruddin MS sedangkan Doa dipimpim oleh Tuan Guru Babusalam Syekh H Hasyim Al Syarwani, acara ini dihadiri unsur FKPD Kota Medan, Ketua MUI Medan Prof DR M Hatta, Kepala Kementerian Agama Kota Medan H Iwan Zulhami SH, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri, ulama, tokoh masyarakat, pengurus TP PKK Kota Medan serta para pimpinan SKPD jajaran pemko Medan.
            Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin  mengatakan, sebagai mana tahun sebelumnya detik-detik pergantian tahun juga dimaknai dengan mengisisi hati, qalbu dan jiwa, dengan renungan yang khusuk dan khidmat dalam rangka bermuhasabah sebagai sarana refleksi diri dari berbagai hal yang telah dilakukan selama satu tahun, dengan demikian sebagai insan semua siap dan optimis menghadapi masa depan, sebagi insan dengan kpribadian tangguh, semakinj dewasa dan semakin bersyukur atas segasla rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
            “ Dalam dzikir ini kita berdoa dan merefleksi semua yang kita lakukan selama setahun ini semoga mendapat berkah dari Allah SWT, dan berharap Kota Medan ini semakin baik lagi, masyarakat bisa makmur, sejahterah lahir dan bhatin, “ harap Eldin
Dikatakannya, dzikir merupakan pokok dari rasa syukur, dengan berdzikir insya Allah hati akan tenang, dzikir yang dirangkai dengan doa menjadi media yang akan selalu mendekatkan diri kepada sang khalik dalam menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari, selain itu juga dapat membantu memaknai berbagai hal mulai dari yang kecil dampai yang besar, membuat semua menjadi individu yang benar-benar mampu berfikir dengan akal yang jernih, memaknai nilai-nilai moral dengan hati yang tulus serta berbagai aktifitas kehidupan yang dilandasi dengan keikhlasan sedrta keinginan berbuat baik.
            “ Melalui dzikir dan doa ini mari kita juga mendoakan saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami musibah ditempat lain, seperti longsor, erupsi Gunung berapi, banjir, kebakaran dan  musibah pesawat Air Asia, semoga seluruh cobaan tersebut cepat berlalu dan hari-hari yang baik dan menenangkan segera hadir kemabli bagi mereka yang tertimpa musibah serta bagi kita semua, “ harap Eldin.
            Menurutnya, dzikir dan doa juga merupakan sarana rohaniah  untuk lebih peduli terhadap lingkungan sosial disekitar sehingga tidak saling melupakan satu sama lainnya, dzikir dan doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas berbagai keberhasilan pembangunan yang telah di raih, mudah-mudahan kemajuan-kemajaun kedepannya dapat diraih lebih baik lagi.
            Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Drs Busral Manan melaporkan, acara dzikir dan doa serta tausiyah merupakan rangkain acara pesta rakyat menyambut pergantian tahun 2014-2015, acar ini dimaksud adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmatnya sehingga Kota Medan dalam kondisi aman  dan kondusif terhindar dari marah bahaya.
            Acara dzikir dan doa ini juga ditandai dengan pemberian santunan kepada 1000 oarng anak yatim, dengan rincian 500 Islam, 100 Kristen Protestan, 100 Budha,100 Kristen Khatolik, 100 Hindu dan 100 Khonghucu, selain itu juga pemberian paket sembako, peralatan mandi/cuci dan makanan ringan kepada 10 panti asuhan yakni 5 panti asuhan Islam, dan Kristen Protestan, Budha, Kristen Kahtolik, Hindu seta Khonghucu masing-masing satu Panti Asuhan. (Rina)

Wali Kota Beri Penghargaan
6 Kecamatan Terbaik  Penyaluran Raskin

Medan (   MPC    )
                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyerahkan piagam penghargaan dan hadiah  bagi  kecamatan terbaik atas penyaluran beras untuk orang miskin (raskin) tahun 2013 di Kota Medan.  Pemberian reward  kepada kecamatan  terbaik ini dilaksanakan di pendopo rumah dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman Medan, Rabu (31/12).  Kecamatan Medan Belawan ditetapkan sebagai juara pertama dalam penyaluran raskin.
                Untuk  posisi juara kedua diraih Kecamatan Medan Selayang dan Kecamatan Medan Perjuangan menempati juara ketiga.  Kemudian diikuti Kecamatan Medan Amplas sebagai juara harapan pertama , Kecamatan Medan Maimun  sebagai juara harapan kedua dan juara harapan ketiga ditempati Kecamatan Medan Area.
                Menurut Wali Kota, pemberian piagam penghargaan dan hadiah ini dilakukan untuk memotivasi para camat beserta seluruh jajarannya supaya bekerja lebih baik lagi dalam penyaluran raskin kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing. Sebab, penyaluran raskin berperan besar menekan kenaikan harga beras di pasaran, khususnya menjelang hari besar keagamaan dan dapat menekan kenaikan inflasi Kota Medan.
                “Camat sebagai  penanggung jawab penyaluran raskin di wilayahnya bersama lurah, saya minta agar benar-benar turun ke bawah mengawasi dalam setiap penyalurannya. Yang paling penting lagi untuk diingat dan tidak dilanggar, apratur tidak dibenarkan menaikkan harga beras dengan alasa apapun!” kata Wali Kota.
                Mantan  Sekda Kota Medan ini selanjutnya mengingatkan kepada para camat untuk selalu menjaga serta meningkatkan kinerjanya, sehingga Kota Medan selalu berada dalam posisi sepuluh kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam penyaluran raskin.  Untuk itulah kepada kecamatan terbaik dalam penyaluran raskin, Wali Kota mengucapkan terima aksihnya.
                “Semoga penghargaan dapat memotivasi saudara untuk berbuat lebih baik lagi, terutama bagi kecamatan yang masih ada catatan-catatan  kekurangannya, saya harapkan agar dapat memaksimalkan kinerjanya,” ungkapnya.
                Kemudian Wali Kota mengajak  semua untuk mengambil spirit besar dari pemberian penghargaan ini. Artinya, semua harus senantiasa bersungguh-sungguh menjalankan program penanggulan kemiskinan secara terintegrasi dan berkelanjutan. Ambil spirit besar dari pemberian penghargaan ini. Artinya, jalankan program penanggulan kemiskinan ini secara terintegrasi dan berkelanjutan.
                Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota mengungkapkan Pemko Medan tahun 2014 tetap melaksanakan penyaluran raskin kepada amsyarakat kurang mampu dengan jumlah sasaran sama dengan tahun lalu, yaitu sebanyak 73.110 rumah tangga sasaran. Demikian juga untuk tahun mendatang, program ini tetap dijalankan kepada keluarga kurang mampu.
                Sementara itu Kabag Administrasi dan Perekonomian Kota Medan, Dahnar Siregar  dalam laporannya mengatakan, Pemko Medan bekerja sama dengan Bulog Wilayah I Medan telah melaksanakan penyaluran raskin keopada 73.110 rumah tangga sederhana (RTS). Masing-masing RTS memperoleh 15kg/KK/bulan dengan harga Rp.1.600 /kg.
                Raskin itu jelas Dahnar, disalurkan  di 21 kecamatan dan 148 kantor lurah sebagai distribusi  kepada RTS dengan waktu penyaluran selama 12 bulan raskin regular dan 3 bulan raskin tambahan. “Untuk tahun 2015 sesuai pagu yang ditetapkan Gubsu, Pemko Medan mendapat alokasi 73.110 RTS,” paparnya.
Terkait dengan pemberian reward kepada kecamatan terbaik penyaluran raskin, penilainnya dilakukan oleh tim raskin yang mengacu 4 kategori yaitu penyaluran lancar, pembayaran lancar, administrasi lancar dan koordinasi lancar. Tujuan pemberian reward   guna memberikan motivasi kepada kecamatan dalam rangka tercapainya  Indikator 6  Tepat  yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tetap jumlah, tepat harga, tepat administrasi dan tepat kualitas. (Rina)

Sambut Pergantian Tahun
Pemko Medan Gelar Dzikir Dan Doa

Medan  (   MPC    )
        Menyambut pergantian tahun  pemerintah Kota Medan menggelar acara dzikir dan doa serta diisi dengan tausiyah oleh Ustadz dari Jakarta yakni Ustadz Cepot (H Ahmad Ihksan).Acara ini merupakan rangkain dari pesta rakyat menyambut pergantian tahun baru 2014-2015, yang  dirangkai dengan pemberian santunan kepada 1000 orang anak yatim dan pemberian sembako, peralatan mandi/cuci serta makanan kering kepada 10 panti asuhan di Kota Medan, Rabu (31/12) di Lapangan Merdeka Medan.

            Sebagai pemandu dzikir adalah Buya KH Amiruddin MS sedangkan Doa dipimpim oleh Tuan Guru Babusalam Syekh H Hasyim Al Syarwani, acara ini dihadiri unsur FKPD Kota Medan, Ketua MUI Medan Prof DR M Hatta, Kepala Kementerian Agama Kota Medan H Iwan Zulhami SH, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri, ulama, tokoh masyarakat, pengurus TP PKK Kota Medan serta para pimpinan SKPD jajaran pemko Medan.
            Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin  mengatakan, sebagai mana tahun sebelumnya detik-detik pergantian tahun juga dimaknai dengan mengisisi hati, qalbu dan jiwa, dengan renungan yang khusuk dan khidmat dalam rangka bermuhasabah sebagai sarana refleksi diri dari berbagai hal yang telah dilakukan selama satu tahun, dengan demikian sebagai insan semua siap dan optimis menghadapi masa depan, sebagi insan dengan kpribadian tangguh, semakinj dewasa dan semakin bersyukur atas segasla rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
            “ Dalam dzikir ini kita berdoa dan merefleksi semua yang kita lakukan selama setahun ini semoga mendapat berkah dari Allah SWT, dan berharap Kota Medan ini semakin baik lagi, masyarakat bisa makmur, sejahterah lahir dan bhatin, “ harap Eldin

Dikatakannya, dzikir merupakan pokok dari rasa syukur, dengan berdzikir insya Allah hati akan tenang, dzikir yang dirangkai dengan doa menjadi media yang akan selalu mendekatkan diri kepada sang khalik dalam menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari, selain itu juga dapat membantu memaknai berbagai hal mulai dari yang kecil dampai yang besar, membuat semua menjadi individu yang benar-benar mampu berfikir dengan akal yang jernih, memaknai nilai-nilai moral dengan hati yang tulus serta berbagai aktifitas kehidupan yang dilandasi dengan keikhlasan sedrta keinginan berbuat baik.

            “ Melalui dzikir dan doa ini mari kita juga mendoakan saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami musibah ditempat lain, seperti longsor, erupsi Gunung berapi, banjir, kebakaran dan  musibah pesawat Air Asia, semoga seluruh cobaan tersebut cepat berlalu dan hari-hari yang baik dan menenangkan segera hadir kemabli bagi mereka yang tertimpa musibah serta bagi kita semua, “ harap Eldin.
         

 Menurutnya, dzikir dan doa juga merupakan sarana rohaniah  untuk lebih peduli terhadap lingkungan sosial disekitar sehingga tidak saling melupakan satu sama lainnya, dzikir dan doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas berbagai keberhasilan pembangunan yang telah di raih, mudah-mudahan kemajuan-kemajaun kedepannya dapat diraih lebih baik lagi.

            Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Drs Busral Manan melaporkan, acara dzikir dan doa serta tausiyah merupakan rangkain acara pesta rakyat menyambut pergantian tahun 2014-2015, acar ini dimaksud adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmatnya sehingga Kota Medan dalam kondisi aman  dan kondusif terhindar dari marah bahaya.

            Acara dzikir dan doa ini juga ditandai dengan pemberian santunan kepada 1000 oarng anak yatim, dengan rincian 500 Islam, 100 Kristen Protestan, 100 Budha,100 Kristen Khatolik, 100 Hindu dan 100 Khonghucu, selain itu juga pemberian paket sembako, peralatan mandi/cuci dan makanan ringan kepada 10 panti asuhan yakni 5 panti asuhan Islam, dan Kristen Protestan, Budha, Kristen Kahtolik, Hindu seta Khonghucu masing-masing satu Panti Asuhan. (Rina)

KPK Periksa Bos PD Sumber Daya di Kasus 

Suap Bangkalan

Jakarta (MPC)- Sejumlah saksi masih terus diperiksa penyidik untuk melengkapi berkas kasus suap dalam jual beli gas alam di Bangkalan Jawa Timur.‎ Kali ini yang diperiksa adalah Direktur PD Sumber Daya Moch Soetikno.

‎"Yang bersangkutan kai panggil sebagai saksi untuk tersangka ABD (Antonio Bambang Djatmiko)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Senin (12/1/2015).

PD Sumber Daya merupakan salah satu BUMD yang ada di Kabupaten Bangkalan. Perusahaan itu kerja sama dengan perusahaan swasta, PT Media Karya Sentosa (MKS) dalam pembangunan jalur pipa gas untuk PLTG di Gresik dan Gili Timur, Bangkalan. Salah satu direktur PT Media adalah Antonio.

Selain Soetikno, KPK juga memeriksa Mariatul Kiptiyah (Bendahara PD Sumber Daya), Budi Indianto (swasta), Rudi Satwiko (staf pada SKK Migas), Peni Utami (Direktur Keuangan PT MKS) dan Andi Adhiani Rinsi (karyawan swasta).

Sementara itu, Antonio sendiri juga akan diperiksa sebagai saksi. Namun dia bersaksi untuk mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.(dtn)

KESEHATAN


Sedang hamil? Jangan lupa untuk selalu konsumsi 12 makanan ini

Sedang hamil? Jangan lupa untuk selalu konsumsi 12 makanan ini- Mengonsumsi makanan sehat sangatlah penting untuk kesehatan tubuh Anda terutama bagi wanita hamil. Sebab saat hamil, Anda tidak hanya memberikan makanan untuk diri Anda sendiri namun juga janin yang sedang Anda kandung. Masa kehamilan juga masa penting bagi terbentuknya organ penting janin oleh karena itu mengonsumsi makanan bernutrisi sangatlah penting.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah makanan super sehat untuk ibu hamil.

Telur
Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik dan mengandung asam amino yang penting untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Telur juga dikemas dengan sejumlah vitamin dan mineral, seperti kolin, yang meningkatkan perkembangan otak bayi. Namun pastikan Anda tidak mengonsumsi telur setengah matang saat sedang hamil.

Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung folat dan zat besi dengan jumlah tinggi. Semua nutrisi ini penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Buah beri
Blueberry, stroberi, dan blackberry yang lezat penuh antioksidan. Buah beri juga mengandung vitamin C, potasium, folat, dan serat. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau ditambahkan ke dalam puding atau oatmeal.

Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan mengandung nutrisi penting untuk ibu hamil. Makanan sehat ini penuh akan protein, serat, dan nutrisi penting seperti zat besi, folat, kalsium, dan seng.

Oatmeal
Oat terdiri dari karbohidrat kompleks yang membuat Anda kenyang lebih lama. Oat juga membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah Anda. Hal ini penting untuk mencegah diabetes yang biasanya terjadi pada masa kehamilan.

Yogurt rendah lemak
Minum susu memang menyehatkan kandungan. Namun Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu lainnya yang lebih sehat seperti yogurt. Sebab yogurt mengandung kalsium, protein, serta bakteri baik untuk mencegah sembelit yang biasanya terjadi pada masa kehamilan
Pisang mengandung kalium yang tinggi. Nutrisi ini diperlukan agar Anda lebih merasa berenergi ketika sedang hamil. Makan pisang juga mencegah mual saat sedang hamil.

Brokoli
Kandungan kalsium dan folat di dalam brokoli penting untuk mendukung kesehatan kehamilan. Brokoli juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan janin.

Daging tanpa lemak
Anda membutuhkan asupan zat besi tinggi saat sedang hamil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan. Salah satu jenis makanan tinggi zat besi adalah daging. Namun pilihlah jenis daging rendah lemak agar Anda tidak terkena kolesterol tinggi saat sedang hamil.

Biji-bijian
Saat hamil, hindari mengonsunsi makanan bertepung tinggi. Sebagai gantinya, konsumsi banyak biji-bijian seperti gandum sebab gandum kaya akan folat dan zat besi.

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C, folat, dan serat. Jeruk juga terdiri dari 90% air yang efektif memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Buah kering
Saat sedang hamil, biasanya hasrat Anda untuk nyemil sangatlah tinggi. Salah satu jenis camilan sehat yang bisa Anda konsumsi adalah buah kering sebab buah ini kaya akan serat, zat besi, dan protein.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang wajib untuk Anda konsumsi selama masa kehamilan. Ingat pula bahwa sebaiknya Anda mengonsumsi makanan tersebut dalam bentuk segar sebab kandungan nutrisi di dalamnya masih tinggi.(mck)

Ingin lebih cerdas? Perbanyak makan cokelat

  Ingin lebih cerdas? Perbanyak makan cokelatIlustrasi coklat - Ketika suasana hati Anda sedang tidak menentu, maka Anda disarankan untuk makan cokelat. Sebab cokelat mampu membuat Anda lebih rileks dan meningkatkan produksi hormon oksitosin yang akan membuat Anda bahagia.

Ternyata, tak hanya itu saja manfaat dari cokelat. Dilansir dari healthmeup.com, makan cokelat secara rutin bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat Anda. Hal ini disebabkan karena cokelat kaya akan flavanol. Bioaktif di dalam cokelat ini membantu mencegah penurunan daya ingat yang biasanya terjadi ketika Anda berusia lanjut.

Lebih lanjut, penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa orang rajin makan cokelat memiliki tingkat kognitif dan kardio metabolik yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak makan cokelat. Selain itu flavanol juga mampu mencegah kerusakan sel otak karena radikal bebas.

Sebelumnya penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal AJCN - The American Journal of Clinical Nutrition.(mck)
 

6 Hal ini bikin pria susah capai klimaks

6 Hal ini bikin pria susah capai klimaks Ilustrasi masalah sex 
- Orgasme, atau ejakulasi pada pria adalah salah satu tanda pria mengalami klimaks. Namun ada kalanya meski sudah melakukan foreplay lama dan seks yang panas, pria sulit untuk orgasme atau mencapai klimaks. Jika ini terjadi, seringkali wanita akan merasa mereka tak cukup memuaskan, atau ada yang salah dengan diri mereka.

Namun faktanya, sulitnya mencapai klimaks tidak disebabkan oleh wanita. Ada banyak alasan mengapa pria kesulitan mencapai klimaks dan orgasme. Tak percaya? Ini daftarnya, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (08/01).

1. Stres
Sama halnya dengan wanita yang tak bisa menikmati seks saat stres, pria juga demikian. Kadang ada masalah yang tak bisa mereka singkirkan dari pikiran sehingga mengganggu performa mereka di atas ranjang. Masalah itu bisa apa saja, mulai dari masalah keuangan, keluarga, masalah dengan rekan kerja, dan lainnya. Untuk bisa merasakan orgasme, pria harus tenang. Terlalu cemas dan stres bisa menghalanginya mencapai klimaks.

2. Tak percaya diri
Merasa cemas dan tak percaya diri dengan kemampuan di atas ranjang juga bisa membuat pria kesulitan mencapai klimaks. Untuk bisa mengalami orgasme, tubuh dan pikiran pria harus seirama dan fokus. Terkadang pria merasa tak percaya diri dengan kemampuan mereka memuaskan pasangan sehingga mereka tak bisa menikmati seks dan mengalami orgasme.

3. Trauma
Untuk bisa mencapai orgasme, tingkat kepercayaan pada pasangan juga penting. Jika pria memiliki trauma, terutama yang berkaitan dengan masalah seksual, di masa lalu kemungkinan hal ini juga akan membuatnya ragu dan sulit mencapai klimaks. Hal ini bisa jadi karena pria belum benar-benar terhubung dengan pasangannya dan tak bisa 'melepaskan' dirinya ketika bercinta dengan pasangan.

4. Takut membuat hamil
Pada pasangan yang sudah sepakat untuk tidak memiliki anak, atau membatasi jumlah anak, bisa jadi pria sulit ejakulasi dan orgasme karena mereka khawatir membuat istrinya hamil. Terkadang pria tak terlalu percaya dengan alat kontrasepsi seperti kondom dan lebih memilih untuk tidak ejakulasi di dalam. Namun pemikiran dan rasa was-was untuk mencegah kehamilan terkadang juga bisa membuat pria menjadi sulit mencapai klimaks dan menikmati seks.

5. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu seperti obat anti-depresi juga bisa mempengaruhi performa pria. Obat tersebut bisa mengganggu kemampuan pria mencapai klimaks atau merasakan orgasme.

6. Masalah kesehatan
Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, masalah pada anggota tubuh setelah kecelakaan, dan lainnya, juga bisa membuat pria kesulitan mencapai klimaks. Jika ini yang terjadi, sebaiknya periksakan diri ke dokter dan meminta saran ahli untuk mengatasinya.

Itulah beberapa alasan beberapa pria terkadang sulit untuk mencapai klimaks atau mengalami orgasme. Wanita tak perlu berkecil hati jika ini terjadi, karena kesalahan bisa jadi bukan pada diri mereka. Hal-hal di atas bisa menjadi penyebabnya. Dan dari kebanyakan kasus, hal di atas bisa diselesaikan melalui komunikasi dengan pasangan, saling mengerti, saling mendukung, dan melakukan pemeriksaan medis jika dibutuhkan.(mck)

Mengungkap rahasia di balik air mata

 Mengungkap rahasia di balik air mata


 - Menangis dan mengeluarkan air mata adalah hal yang wajar dan sudah dilakukan semua orang sejak mereka masih bayi. Ada banyak alasan di balik sebuah tangisan, mulai dari tangis bahagia, senang, sedih, marah, dan terkadang justru tanpa alasan apapun. Meski begitu, seringkali manusia tak mengenali alasan di balik tangisan atau air mata yang mereka keluarkan. Banyak orang, barangkali Anda juga, tak tahu bahwa setiap air mata yang dikeluarkan bisa jadi berbeda.

Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata (lacrimal gland) yang terletak di antara kelopak mata dan bola mata. Ketika seseorang menangis, mereka akan sering berkedip untuk membuat air menyebar ke seluruh mata dan tidak menggenangi salah satu bagian saja.

Tak jarang juga orang menjadi ingusan, hidung mereka ikut mengeluarkan air saat menangis. Ini akibat dari air mata yang ikut masuk ke saluran hidung. Fakta menarik lain mengenai air mata adalah bahwa wanita memang diprogram untuk menangis lebih banyak.

Wanita bisa menangis 5,3 kali per bulan sementara pria hanya 1,4 kali. Wanita bisa menangis selama enam menit, sementara pria hanya sekitar dua sampai empat menit, seperti dilansir oleh Health Me Up (08/01).

Faktanya, bahkan tak semua air mata sebenarnya sama. Ada beberapa jenis air mata yang diproduksi karena alasan yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis air mata yang dikeluarkan manusia.

1. Air mata basal
Air mata jenis ini dikeluarkan untuk melindungi kornea agar mata tetap lembap. Air mata ini mengandung protein dan zat lain yang menjaga kesehatan mata dan melawan berbagai infeksi pada mata. Setiap hari manusia memproduksi sekitar lima sampai 10 ons air mata basal untuk meremajakan dan menjaga kelembapan mata.

2. Air mata refleks
Air mata refleks melindungi mata dari zat yang bisa mengiritasi dari luar. Air mata ini akan keluar ketika ada debu, angin, dan asap. Air mata ini dibuat di saraf sensorik pada kornea yang akan bereaksi ketika ada iritasi masuk ke mata. saraf ini juga akan memicu produksi hormon yang bisa meredakan iritasi.

3. Air mata emosi
Air mata emosi muncul karena respon dari emosi dan rasa sakit. Seperti rasa senang, sedih, marah, stres, dan lainnya. Air mata emosi dipicu oleh cerebrum, bagian otak yang mengatur emosi. Sistem endocrine kemudian diaktifkan untuk melepaskan hormon pada bagian ocular yang menyebabkan terbentuknya air mata. Air mata emosi mengandung protein bernama prolactin yang juga mengontrol produksi air susu pada wanita.

Peneliti berpendapat bahwa manusia menangis untuk menunjukkan adanya masalah dan mendapatkan simpati dari sesamanya. Sementara bayi menangis untuk menarik perhatian orang dewasa. Namun air mata ternyata tak sebatas itu saja.

Air mata juga membantu meningkatkan mood ketika seseorang mengalami stres. Air mata juga memicu produksi hormon bahagia, dan membantu tubuh mengeluarkan zat yang bisa mengeluarkan iritan dari tubuh.(mck)


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda