MADYA POS.COM

Senin, 17 November 2014

MINYAK NAIK-N-3 - Dispendasu M-3-


 Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM

Pemerintah menilai menaikkan harga BBM solusi untuk pembangunan.

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla, Menteri ESDM Sudirman Said dan Mendagri Tjahjo Kumolo mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin malam(17/11).Jakarta (MP.C) - Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi di Istana Negara pada Senin malam, 17 November 2014. 

Harga Premium menjadi Rp8.500/liter, naik Rp2.000. Turut naik juga solar menjadi Rp7.500/liter. Naik 2.000. Kenaikan harga ini berlaku mulai Selasa 18 November 2014, pukul 00.00 WIB.

"Hari ini setelah melalui serangkaian pembahasan di sidang kabinet, di rakor teknis di Menko Perekonomian, dan di rapat terbatas di Istana, Pemerintah memutuskan mengalihkan subsidi BBM dari sektor konsumtif ke sektor-sektor produktif. Saya selaku Presiden Republik Indonesia menetapkan harga BBM baru. Harga premium ditetapkan dari Rp6.500 jadi Rp8.500. Harga solar ditetapkan dari Rp5.500 menjadi Rp7.500," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.(viva news)


Wasekjen Hanura: Harga BBM Naik, Awal Pahit Pemerintahan Jokowi

Kenaikan BBM begitu tinggi di tengah harga minyak di bawah US$80/barel

Jakarta - Sejumlah legislator angkat bicara terkait keputusan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Presiden Jokowi mengumumkan harga premium naik dari Rp6.500 per liter menjadi Rp8.500 per liter. Adapun harga solar naik dari Rp5.500 per liter menjadi Rp7.500 per liter.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional, Teguh Juwarno, mengatakan, baru pertama kali dalam sejarah, harga BBM di Tanah Air dinaikkan justru di tengah harga minyak dunia yang sedang turun.

"Dalam visi misi kampanye pemilihan presiden, Jokowi menyatakan kenaikan harga BBM Rp1.500 per tahun," ujar Teguh, Selasa 18 November 2014.

Teguh menyesalkan sikap pemerintah yang tidak menyiapkan jaring pengaman sosial untuk melindungi rakyat miskin dari tekanan inflasi harga-harga. Padahal, menurut Bank Indonesia, inflasi akan mencapai 2,6 persen.

"Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat yang dijanjikan justru pelaksanaannya karut marut dan belum pernah dibahas bersama parlemen," ujar Teguh.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Hanura Kristiawanto menyatakan kebijakan yang diambil oleh Presiden Jokowi akan berdampak juga pada iklim investasi. Sebab, kenaikan harga BBM ini dilakukan di tengah situasi politik yang masih dinamis.

"Harusnya kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak perlu mendengarkan pandangan wakil rakyat. Kalau perlu, Presiden blusukan, tanya langsung pada rakyat bagaimana suara hati rakyat jika BBM naik," kata dia.

Seharusnya, menurut Kristiawanto, Presiden Jokowi menggunakan strategi blusukan dalam mengambil kebijakan yang dampaknya dirasakan langsung oleh rakyat.

"Ini awal yang pahit, Presiden harusnya kreatif. Kalau hanya menaikkan harga BBM tidak ada beda dengan presiden sebelumnya," tegas dia.

Berpotensi Langgar UU
Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy menilai kenaikan harga BBM yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK berpotensi melanggar undang-undang. Sebab, dalam UU APBN 2014 disebutkan bahwa kenaikan harga BBM bisa dilakukan jika harga minyak dunia melebihi asumsi harga minyak dunia dalam APBN senilai US$105 per barel.

"Dengan harga minyak di bawah US$80 per barel, dugaan saya harga premium seharusnya di bawah Rp8.500," kata Tjatur.

Tjatur menyatakan, kebijakan yang diambil oleh Presiden Jokowi tidak pernah dilakukan pada saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. SBY, lanjut dia, tidak pernah menaikkan harga BBM bila harga minyak dunia di bawah asumsi yang telah ditetapkan dalam APBN.

"Kenaikan yang begitu tinggi, sedangkan minyak dunia turun, tidak pernah ada sebelumnya," ungkap dia.

Atas peristiwa ini, Tjatur mengatakan Koalisi Merah Putih akan segera bersikap. "Masyarakat boleh marah, tapi tidak boleh anarki. Koalisi Merah Putih akan menyampaikan sikap," ujarnya  (viva news)

 Sumut Dukung Program Kelautan Jokowi-JK
Sumut Dukung Program Kelautan Jokowi-JK
Belawan, (MP.C)
Pemerintah Sumatera Utara bersama masyarakat Sumut mendukung program Pemerintah Jokowi-JK menjadikan Indonesia poros maritim dunia untuk kesejahteraan Indonesia. Dukungan tersebut sejalan dengan potensi kemaritiman Sumut yang potensial dimana lebih dari 60% wilayah Sumut adalah laut dengan panjang pantai 1.300 km.

Hal itu menjadi hasil kesimpulan dalam dialog Kebangsaan dengan Tema Memberdayakan potensi Maritim Sumatera Utara dalam rangka Meningkatkan Kesejahteraan di Markas Komando Lantamal di Belawan, Senin (17/11) yang dibuka Gubsu H Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si. Hadir Pangdam I /BB Mayjend TNI Winston Simanjuntak, Kapolda Sumut, Pangkosek Hanudnas III Medan, Kabinda Sumut, Danlantamal I Belawan, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Danlanud Soewondo, Dandim Plt Sekdaprovsu serta Pimpinan SKPD Sumut.

Poin lain yang menjadi catatan penting dialog yang diikuti masyarakat nelayan tersebut adalah walaupun Indonesia sudah 2.500 tahun mengenal dan memanfaatkan laut, namun hingga kini pengelolaan kemaritiman belum optimal dan nelayan masih menjadi kelompok yang paling miskin. Berbagai persoalan yang muncul adalah infrastruktur kemaritiman yang belum memadai, kurangnya lembaga pendidikan kemaritiman, pelanggaran yang masih terjadi serta penegakan hukum yang belum maksimal. Disamping itu, kawasan kemaritiman di wilayah Sumut semakin rentan terhadap berbagai ancaman karena posisinya yang strategis, karenanya butuh keterpaduan dan lintas sektoral untuk mengelolanya.

Sementara itu, dialog yang menghadirkan pembicara tokoh masyarakat yang juga pengusaha maritim Syarifuddin Siba itu juga merekomendasikan beberapa poin yaitu Sumut perlu menambah lembaga pendidikan kemaritiman khususnya perguruan tinggi setingkat universitas atau sekolah tinggi. Pemko/pemkab yang memiliki laut dan pantai diminta mendorong terbentuk entrepreneur kemaritiman dan mengembangkan sekolah kejuruan kemaritiman di daerah masing-masing. Disamping itu, perlu dibuka isolasi pantai timur melalui program Bhakti tni. Forum juga mengusulkan Kementerian luar negeri unntuk menyelesaikan persoalan batas laut di selat Malaka yang hingga kini sering memicu konflik dengan Malaysia.

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dalam kesempatan tersebut secara khusus menghimbau agar Pemerintah Kabupaten/kota yang memiliki wilayah laut dan pantai mengembangkan pendidikan berbasis kelautan di daerah masing-masing. Kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin yang hadir, Gubsu meminta untuk menghadirkan lembaga pendidikan setingkat SMK maupun sekolah tinggi di kawasan yang berbasis sumberdaya pesisir.

Dialog sepanjang tiga jam tersebut dimoderatori oleh Kepala Badan Kesbangpolinmas Drs Eddy Sofian, MAP menghadirkan pembicara KEpala Dinas Kelautan dan Perikanan Zonny Waldi yang memaparkan potensi laut Sumut. Sumut  memiliki luas wilayah 181.680 km2 yang terdiri atas 71.680 km2 wilayah darat dan 110.000 km2 wilayah laut dengan total panjang pantai 1.300 km. Potensi perikanan wilayah laut Sumut baik di pantai barat dan timur cukup besar namun belum sepenuhnya dimanfaatkan. Disebutkannya potensi perikanan Selat Malaka  mencapai 276.000 ton per tahun sementara di  samudera  Hindia mencapai 565.200 ton/tahun,

Pemprovsu, jelas Zonny Waldi, peduli dengan kesejahteraan para nelayan dimana satu-satunya Pemerintah Daerah di indonesia, yang mengasuransikan nelayannya. "Tahun ini sudah 3.400 nelayan yang di asuransikan," ujarnya. Keberpihakan kepada nelayan juga dilakukan melalui berbagai program pemberian bantuan dan pembinaan kepada nelayan dan keluarganya. Sementara itu, tahun 2015 untuk meningkatkan harja jual hasil laut nelayan pihaknya akan mengimplementasikan Perda nomor 6 tahun 2013 Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu Syarifuddin Siba mengungkapkan di Sumut belum dikenal sekolah kemaritiman, karena yang dikembangkan masih kurikulum pelayaran dan perikanan. "Sistem pendidikan kelas kita masih sektoral, tidak terpadu. Masing-masing stakeholder jalan sendiri," katanya.Siba mencontohkan pengalamannya yang sulit untuk memperbaiki kapal karena minimnya tenaga ahli sehinga butuh waktu setahun.  "Di Indonesia, hanya 2.000 orang saja yang melamar ke pelayaran, padahal idealnya 2,4 juta orang. Sementara di Filipina dari 70 juta penduduknya, 500 ribu adalah pelaut," kata Siba (r.kom.nn)

Jiarah Rohani, Gelar Lomba Paduan Suara, Vocal Solo dan Trio Rohani Antar Distrik
Medan (MP.C)
BKAK PTPN III telah melaksanakan program seleksi terhadap sejumlah karyawan untuk diberangkatkan ke tanah suci Jerussalem untuk melaksanakan kegiatan perjalanan rohani. Direncanakan perjalanan tersebut akan berlangsung pada 24 Nopember hingga 4 Desember 2014. Adapun mereka yang terpilih berdasarkan serangkaian tes tersebut diantaranya Togari Siregar, Atton Manik, Betmen Sihombing, Hisar Tambunan, Kornel Sitohang, Bintang L. Tobing dan didampingi oleh Bahagia K Sinulingga dari BKAK. Pelepasan sekaligus penyerahan bingkisan diserahkan oleh Harianto, Direktur SDM PTPN III di Balai Karyawan Sei Karang, Galang, Deli Serdang 14 Nopember 2014.

Bersamaan dengan itu dilaksanakan perlombaan tingkat distrik se PTPN III yakni lomba vocal solo dimana Distrik Serdang I berada pada peringkat pertama, Distrik Labuhanbatu I meraih posisi kedua dan Distrik Simalungun pada urutan ketiga. Untuk kategori trio vocal juara pertama diraih oleh Distrik Serdang I, jura akedua diraih Distrik Labuhabtu III dan juara ketiga diraih oleh Distrik Tapanlui Selatan. Sementara untuk lomba paduan suara peringakt pertama diraih Distrik Labuhanbatu III, peringkat kedua diraih Distrik serdang II dan peringkat ketiga diraih Distrik Labuhanbatu I. Sementara konduktor terbaik dicapai oleh Loriwan Holmes Sirait dari Distrik Labuhanbatu I.

Pendeta Timbul Hutahaean dalam kutbahnya mengingatkan para hadirin agar terus memuji Tuhan dan bergembira ria dalam kebaikan sesuai firman Tuhan dalam Mazmur 103 ayat 1-3 dimana dikatakan Pujilah Tuhan hai jiwaku dan janganlah lupakan segala kebaikannya. Dan dilanjutkan dengan firman Tuhan dalam Amsal 17 ayat 22 menyerukan hati yang gembira adalah obat yang manjur, sementara semangat yang patah mengeringkan tulang.

Di kesempatan itu Harianto mengharapkan agar kegiatan kerohanian ini dipelihara dan dilanjutkan setiap tahun untuk mendorong religiusitas seluruh karyawan dan batihnya dan terhindar dari perilaku buruk. Ia mencontohkan bahwa narkoba telah mengincar siapa saja tanpa pandang bulu. “Kita sebagai bagian dari masyarakat perkebunan agar terus berhati-hati dengan peredaran narkoba itu, mari kita tingkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan dengan meningkatkan ibadah di keyakinan kita masing-masing,” katanya. (r.nn)

 SPBUN Kantor Direksi Gelar Jalan Santai

Medan (MP.C)

Pada Sabtu 15 Nopember 2014 di lapangan bola kaki PTPN III Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan baru saja digelar acara jalan santai bersama SPBUN (Serikat Pekerja Perkebunan) Unit Kantor Direksi yang diikuti 800 orang peserta terdiri dari karyawan dan keluarga. Acara ini dibuka oleh Bagas Angkasa, Direktur Utama PTPN III disaksikan oleh Harianto, Direktur SDM, para kepala bagian, pengurus SPBUN tingkat perusahaan dan para panitia dari SPBUN tingkat basis beserta keluarga karyawan.

Start dimulai pada pukul 07.00 - 09.00 WIB yang melintasi jalan Gatot Subroto kemudian berbelok ke jalan Rajawali dan jalan Kasuari kemudian kembali ke jalan Sei Batanghari. Para peserta di tengah perjalanan diberi kupon untuk snack dan kupon lucky draw dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik diantaranya kulkas satu dan dua pintu, televisi 24 inci dan 32 inci, dispenser, DVD player, handphone, kompor gas, kipas angin, strika uap dan strika biasa, jam dinding, sepeda anak serta sepeda dewasa, handuk dan minyak goreng. Total hadiah yang diperebutkan sebanyak 103 dengan semua kategori tersebut.


Bagas Angkasa sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan serikat pekerja karena turut membudayakan hidup sehat dan menjalin kebersamaan diantara seluruh karyawan dan keluarganya melalui kegiatan jalan santai, “Mari senantiasa kita jaga kesehatan tubuh kita dan menjalin kebersamaan ini,” katanya penuh senyuman seraya memberi aba-aba agar peserta jalan santai bersiap-siap. Diacara selanjutnya Harianto, selaku Direktur yang membidangi SDM dan umum mengapresiasi kegiatan SPBUN Basis kantor Direksi.

Marisi Butar-butar, mewakili Ketua Umum SPBUN Tingkat Perusahaan mengucapkan terima kasih kepada direksi atas dukungannya dalam bentuk ijin prinsip, fasilitas tempat dan dukungan lainnya yang memperlancar kegiatan-kegiatan positif serikat pekerja. Demikian juga Ilmiah, Ketua SPBUN Basis Kantor Direksi sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini karena kerja keras semua panitia yang telah susah payah mengerahkan tenaga dan komitmennya yang tulus untuk memajukan organisasi demi terciptanya ikatan tali silaturahmi dan semangat hidup sehat dengan jalan santai.(r.nn)


KEMENLU Jalin Kerjasma Dengan Pemprosu di Bidang IT


KEMENLU JALIN KERASAMA DENGAN PEMPROVSUDI BIDANG IT
Medan,(MP.C)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum menerima Kunjungan Kerja Kementerian Luar Negeri yang di pimpin Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Luar Negeri  Yonny Tri Prayitno di Ruang Kerja Kadis Kominfo Provsu, Rabu (12/11).

Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antara Kementrian Luar Negeri dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Bidang Sistem Komunikasi dan Informasi Extranet (SKIE).
Yonny Tri Prayitno menyampaikan SKIE merupakan program dari Kemlu yang bertujuan untuk percepatan penyampaian informasi antara Kedubes Luar Negeri dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara sehingga hal ini dapat mengefisienkan waktu yang ada.

Sementara itu, Kadis Kominfo Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum menyambut positif dan sangat setuju dengan kerjasama ini dan berharap agar dapat direalisasikan secara teknis.
Hadir dalam pada kunjungnan tersebut Kabid Aptel Dinas Kominfo Provsu Dra. Eli Suhaeriyah, M.Si, Kasi Pusat Informasi Publik Iwan Sutani Siregar, S.STP, M.Si dan  Kepala Seksi Pemberdayaan Telematika Dedi Irawan, ST, dan Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Tomo Sudrajat. (PIP) (r.kom.nn)


Kadispenda Medan Dilantik

Menjadi Ketua PABBSI Sumut

Medan (  Madya Pos   )
                Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Bina Raga Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB PABBSI), Mayjen Marinir (Purn) Djoko Pramono SIP melantik M Husni SE MSi sebagai Ketua PABBSI Provinsi Sumatera Utara periode 2014-2019 di Grand Aston Hotel Medan, Jumat (14/11).  Dengan pelantikan ini diharapkan pengurus yang baru mampu melahirkan atlet angkat besi, binaraga dan angkat berap berprestasi, sehingga mengharumkan nama Sumatera Utara baik di tingkat nasional maupun internasional.
          
      Selain itu Djoko ingin pengurus yang baru dilantik ini juga dapat menjadikan Sumatera Utara menjadi mercua suar atau kiblat cabang olahraga angkat besi, binaraga dan angkat berat di Indonesia. Sebab, 20 tahun silam Sumut  pernah menjadi kiblat olaharga tersebut. Untuk itulah usai pelantikan, seluruh pengurus yang baru langsung menjalankan program kerjanya.
           
     “Saya berharap 6 bulan ke depan PABBSI Sumut sudah dapat menunjukkan kerjanya. Salah satu diantaranya dengan membina serta menambah klub-klub angkat besi, binaraga maupun angkat berat di seluruh Propinsi Sumatera Utara. Minimal masing-masing daerah/kota bisa menambah tiga  klub sudah sangat baik,” kata Djoko.
           
     Diungkapkan Djoko, membina atlet itu tidak sulit. Semua itu berpulang kepada kemauan para pengurus. Di samping itu para pengurus harus mau belajar dan tidak ragu-ragu dalam memimpin. Diingatkannya, angkat besi merupakan  salah satu cabang olahraga andalan Indonesia selain bulutangkis dan wushu yang kini menjadi perhatian dunia.
            
    “Itu sudah dibuktikan di kejuaraan dunia di Khazaktan, Indonesia berhasil memproleh 2 medali emas. Keberhasilan itu membuat Indonesia mendapat kuota tampil di Olimpiade Brazil 2016. Untuk itulah keberhasilan ini diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh pengurus daerah supaya terus membina dan mengembangkan olahraga ini,” ungkapnya.
           
     Djoko berpesan kepada penguru yang baru dilantik, Pengcab dan Pengprov jangan mengurus masalah atlet. Serahkan  pengurusan atlet sepenuhnya kepada klub yang ada. Jika pengcab dan pengprov yang mengurus masalah atlet, dipastikan atlet yang dibina tidak akan maju dan berkembang. Kondisi seperti inilah yang terjadi selama ini.
          
      “Jadi saya minta kepada pengurus PABBSI Sumut yang baru dilantik, segera bentuk klub-klub dan serahkan pembinaan atlet kepada klub yang bersangkutan. Saya berharap begitu diundang datang ke Sumut kembali, klub-klub ini sudah terbentuk. Selain itu saya berharapagar para pengurus memperhatikan atlet-atlet. Dengan perhatian yang besar, saya yakin atlet yang ada tidak akan pindah ke daerah lain,” pesannya.
             
   Sementara itu Wali Kota Medan diwakili Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis dalam sambutannya,berharap pelantuikan ini menjadi momentum bagi pengutrus PABBSI Sumut yang baru agar membina atlet-atletnya dengan lebih intensif agar meraih prestasi. Sebab, pembinaan atlet secara  lebih professional terletak di tangan para pengurus yang baru dilantik.
            
    “Dengan pelantikan ini, kita semua tentunya berharap akan ada peningkatan prestasi dari atlet-atl;et yang dibinanya. Harus ada tercium nama Kota Medan dan Sumatera Utara di kancah regional, nasional bahkan internasional. Untuk itulah mari kita bahu membahu, bekerjasama dan sama-sama bekerja guna mewujudkan hal tersebut,” ujar Sekda.
             
   Dikatakan Sekda, Pemko Medan juga akan memberikan perhatian lebih, mengingat memang jadi harapan dan tekad bagi masyarakat Kota Medan bahwa kota ini akan menjadi kota atl;et yang memiliki segudang prestasi. “Karena itu kepada pengurus PABBSI Sumut yang baru dilantik ini, lakukan pembinaan yang terbaik dan terus motivasi para atlet dalam meraih prestasi,’ harap Sekda.
             
   Ketua PABBSI Sumut yang baru dilantik M Husni SE MSi mengatakan, jabatan yang diembannya saat ini merupakan amah yang harus dijalankan dan ditanggungjawabi. Apalagi diketahui Sumut selama ini merupakan gudang atlet potensial, terutama untuk cabang olahraga angkat besi, binaraga dan angkat berat. Untuk itulah dia segera melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi atlet PABBSi yang ada saat ini.
             
   “Untuk itu tugas pengurus PABBSI Sumut yang haru dilakukan yakni bagaimana menghidupkan Pengcab-Pengcab yang ada di seluruh kabupaten/kota di Sumut. Selain itu terus berkoordinasi dan konsolidasi dengan KONI Sumut dan stakeholder yang ada. Sebab, tanggung jawab pembinaan atlet bukan hanya tanggung jawab Pengcab melainkan tanggung jawab bersama,” jelas Husni.

Artinya jelas Husni yang sehari-harinya menjabat sebagai Kadispenda Kota Medan ini, tanggung jawab bersama itu harus disatupadukan dalam pembinaan atlet. Dengan begitu baik masyarakat, dunia usaha dan pemerintah bersama-sama memajukan  atlet PABBSI, sehingga nantinya mampu mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional.
               
 Husni kemudian menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti instruksi Wakil Ketua Umum PB PABBSI  dengan berkoordinasi dengan Pengcab-Pengcab yang ada, guna menghidupkan kembali klub-klub untuk cabang angkat besi, binaraga dan angkat berat.

 “Jadi tata aturan, tata kerja dan tata organisasi harus kita dudukkan. Dengan begitu masing-masing mengetahui perannya. Itu sebabnya beberapa hari lalu kita gelar rapat kerja daerah. Dalam rapat ini kita hasilkan keputusan-keputusan sebagai langkah yang akan dilakukan PABBSI Sumut,” paparnya.
Adapun kepengurusan PABBSI Sumut periode 2014-2019 yang baru dilantik diantaranya M Husni SE MSi sebagai ketua, Safaruddin Lubis (sekretaris) dan Taufil hilmi Lubis (bendahara). Acara pelantikan diisi dengan show sejumlah binaragawan yang mengundang decak kagum seluruh undangan yang hadir. (rina,SH)


Pemerintah Naikkan Harga BBM, BI Langsung Rapat Bahas Suku Bunga


//images.detik.com/content/2014/11/18/5/kantorbi.jpgJakarta -Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan suku bunga acuan atau BI Rate sore ini. BI Rate akan diumumkan setelah Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang dimpimpin oleh Gubernur BI Agus DW Martowardjo.

Peter Jacobs, Direktur Departemen Komunikasi BI, menyebutkan belum diketahui adakah perubahan suku bunga acuan dari posisi sebelumnya yaitu 7,5%.

"Ada press release, pengumuman terkait BI Rate. Belum tahu apakah berubah atau tetap," ungkapnya kepada detikFinance, Selasa (18/11/2014).

Pengumuman BI Rate hari ini cukup mengejutkan, karena penetapan suku bunga acuan baru dilakukan pekan lalu. Menurut Peter, ini tidak lepas dari kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp 2.000/liter yang berlaku 18 November 2014.

"Karena ada kenaikan harga. Jadi akan ada assessment terkini," tukasnya.(dtf)

Minggu Ke 3- November  2014




Dengan Membayar PKB Dan

 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin


 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda 


KESEHATAN

Mau tahu rahasia awet muda? Kurangi konsumsi kalori

Mau tahu rahasia awet muda? Kurangi konsumsi kalori Ilustrasi salad. Shutterstock/Evgeny Karandaev
  - Menjadi tua memang proses alami yang tidak bisa ditolak oleh semua manusia. Begitu pula dengan Anda. Terkadang muncul beberapa ketakutan menjadi tua seperti datangnya berbagai macam penyakit, tidak bisa bergerak lagi secara aktif, hingga perubahan fisik. Hal terakhir inilah yang kemudian membuat banyak orang menolak untuk menjadi tua, apalagi dengan datangnya penuaan dini.

Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan sebuah rahasia agar Anda terhindar dari penuaan dini dan selalu terlihat awet muda. Rahasia tersebut adalah dengan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi.

"Diet rendah kalori mampu memperlambat proses penuaan dini dengan cara mempengaruhi gen tubuh. Kami menemukan bahwa diet kalori bermanfaat untuk mengaktifkan gen tubuh Anda yang berhubungan dengan cara kerja otak dalam melawan penuaan serta memperpanjang usia," ujar Dr Stephen Ginsberg, seorang neuroscientist di New York University Langone Medical Centre yang memimpin penelitian ini. "Penelitian kami menunjukkan bagaimana pembatasan kalori yang dikonsumsi mampu meningkatkan tingkat ekspresi dan keaktifan gen mamalia."

Dr Ginsberg pun menjelaskan bahwa mengurangi konsumsi kalori bukan berarti Anda mengurangi jumlah makanan. Namun Anda selektif dalam memilih makanan. Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang rendah kalori sehingga bisa Anda konsumsi sebanyak mungkin. Hasilnya selain terhindar dari penuaan dini, Anda juga bisa terhindar dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga kanker.(merd.c)

Tidur dalam keadaan lapar bantu turunkan berat badan?

Tidur dalam keadaan lapar bantu turunkan berat badan? 
ilustrasi tidur. Shutterstock/KPG_Payless

 Ada banyak trik yang dilakukan oleh seseorang saat ingin menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan mengurangi makan hingga merasa lapar saat akan tidur. Mitos yang berkembang adalah bahwa tidur dalam keadaan lapar bisa membantu menurunkan berat badan. Ini hanya mitos belaka!

Ahli nutrisi Stephanie Clarke, RD dan Willow Jarosh, RD dari C&J Nutrition menjelaskan bahwa tidur dalam keadaan lapar tak akan membantu menurunkan berat badan. Begitu juga, makan di malam hari tak akan membuat Anda cepat gemuk. Selama Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori selama sehari, Anda tak akan bertambah gemuk dengan makan malam.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa makan banyak sebelum tidur hingga kekenyangan. Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna akan menyebabkan rasa tak nyaman pada perut dan mengganggu tidur. Di pagi hari Anda akan merasa masih kenyang sehingga melewatkan sarapan dan mengganggu metabolisme, seperti dilansir oleh Fit Sugar (14/11).

Hal yang sama juga berlaku dengan rasa lapar. Tidur dalam keadaan kelaparan akan mengganggu tidur atau bahkan membuat Anda tak bisa tidur sama sekali. Kurang tidur bisa memicu obesitas. Begitu juga ketika Anda tidur dalam keadaan lapar. Anda akan merasa sangat lapar di pagi hari dan 'kalap' dengan mengonsumsi banyak kalori.

Lantas harus bagaimana? Sebelum tidur, pastikan Anda tak merasa terlalu kenyang atau kelaparan. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang seimbang antara protein, serat, karbohidrat, lemak, dan sayur-sayuran. Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil sebelum tidur, ini tak masalah. Asal camilan Anda sehat dan Anda tak mengonsumsi kalori berlebihan.(merd.c)

8 Rahasia sehat untuk melawan flu di musim penghujan

8 Rahasia sehat untuk melawan flu di musim penghujan Ilustrasi teh herbal. Shutterstock/Magdanatka

 Musim penghujan datang dan itu berarti bahwa ancaman flu serta penyakit lainnya pun datang. Virus penyakit sendiri dapat berkembang biak di musim ini sebab udara menjadi lembab dan kondisi ini merupakan favorit dari berkembangnya virus.

Tindakan pencegahan tentu saja perlu untuk Anda lakukan demi menangkal datangnya flu. Hal ini disebabkan karena ketika flu menghinggapi tubuh, maka Anda tidak bisa beraktivitas dengan baik. Dilansir dari boldsky.com, inilah rahasia sehat untuk menangkal datangnya flu.

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
Perilaku begadang dengan mengonsumsi minuman beralkohol hanya akan menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk terkena flu. Sebab kebiasaan ini hanya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus dan bakteri mampu memasuki tubuh dengan mudah.

Banyak minum teh dengan lemon dan madu
Teh herbal dengan lemon dan madu adalah minuman yang paling efektif untuk melawan flu. Sebab minuman ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda serta mampu menghangatkan badan.

Konsumsi banyak protein
Makanan dengan tinggi protein bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu perbanyak konsumsi protein dengan rendah lemak di dalamnya.

Maksimalkan penggunaan hand sanitizer
Menjaga kebersihan juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk mencegah masuknya virus dalam tubuh. Sehingga jangan ragu untuk menggunakan hand sanitizer demi membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Tingkatkan konsumsi mineral
Mineral juga merupakan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghangatkan tubuh Anda. Salah satunya adalah seng. Sehingga perbanyak konsumsi makanan yang mengandung seng seperti daging, sayuran hijau, dan biji-bijian.

Minum jus
Selain minum teh, minum jus juga merupakan cara yang aman untuk mencegah flu. Jus membantu untuk membuang racun dari sistem kelenjar getah bening Anda sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin C di dalamnya yang berasal dari buah juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berkeringat
Berkeringat adalah cara yang baik untuk mencegah tubuh Anda dari tertularnya virus flu saat musim hujan. Oleh karena itu jangan malas untuk berolahraga meski di musim hujan.

Tidur cukup
Tidur atau istirahat yang cukup merupakan rahasia penting agar tubuh Anda selalu sehat. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu 8 jam per hari untuk tidur.

Intinya, menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjalankan pola hidup sehat merupakan cara yang paling efektif bagi Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit tidak hanya flu. Sehingga mari jalankan pola hidup sehat mulai dari sekarang!(merd.com)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda