MADYA POS.COM

Senin, 02 Februari 2015

Partai Jokowi- Sertijab Pangdam - M1/2 n3- Sidang Praperadilan BG

Gubsu : Mayjend Winston Telah Berbuat untuk Sumut

Gubsu : Mayjend Winston Telah Berbuat untuk Sumut

Medan,(MP.C)
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si menghadiri apel gelar pasukan dalam serah terima jabatan (Sertijab) Pangdam I/BB dari Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak SIP MSi kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7.5 Medan, Jumat (30/1). 

Selain Gubsu hadir juga Forum Koordinasi Kepala Daerah (FKPD) Sumut Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Kajati Sumut M Yusni Danlantamal Sumut Laksamana Pertama Pulung Prambudi dan mewakili Ketua DPRD Sumut, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Ribuan prajurit terlihat mengikuti Upacara Penyerahan Naskah Memorandum Sertijab Pangdam I/BB dari  Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak SIP MSi kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi.

Pejabat yang lama Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak SIP MSi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi atas jabatan baruya sebagai Pangdam I/BB."Saya yakin Pangdam baru akan lebih memajukan Kodam I/BB. Saya pribadi mohon diri karena saya telah menyelasaikan tugas sebagai Pangdam dan hari ini saya menyerahkan komando ini," ujarnya.

Hal terakhir, lanjutnya mengucapkan rasa hormat dan terimakasih kepada FKPD Sumut beserta jajarannya atas dukungan dan bantuan kerjasamanya selama ini. "Hal ini agar dapat diteruskan kepada Pangdam baru," harapnya.

Sementara itu Mayjen Edy Rahmayadi dalam kesempatan yang sama menerima komando dan wewenang Pangdam dan berjanji akan melaksanakanya dengan penuh tanggungjawab."Saya akan melaksanakan tugas dan tangung jawab selaku pejabat baru membina kesatuan wilayah kodam dan mohon kerjasama yang terbina bisa diteruskan kepada saya," harapnya.

Dia melanjutkan, sesuai arahan Kasad bahwa pergantian tampuk pimpinan di lingkungan TNI Angkatan Darat merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas organisasi serta pengembangan karir bagi perwira yang bersangkutan, dan merupakan penyegaran sehingga jabatan yang telah dipercayakan oleh pimpinan hendaknya dapat dipertanggungjawabkan kepada Bangsa dan Negara serta kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dalam kesempatan itu menyampaikan atas nama Pemprovsu dan masyarakat Sumur, ucapan terima kasih kepada Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak SIP MSi yang selama beliau menjabat telah banyak berbuat untuk seluruh wilayah yang berada di teritorial Pangdam I/BB dan Provinsi Sumut khususnya.

Gubsu juga mengucapkan selamat bertugas kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi selaku Pangdam BB/I yang baru, dan mendokan dapat sukses dalam menjalankan tugas dengan baik. Usai apel gelar pasukan dalam serah terima jabatan (Sertijab) Pangdam I/BB dilakukan penampilan parade defile sebagai tradisi dalam upacara serah terima jabatan Pangdam I/BB.

Dalam parade tersebut, ditampilan arak-arakan oleh satuan-satuan yang tergabung dalam Kodam I/BB  seperti satuan tamtama, batalyon infanteri dan bataylon kavaleri.Selain itu, ditampilkan pula parade kendaraan patroli, kendaraan operasional dan alutsista yang menunjang operasional prajurit angkatan darat di Kodam I/BB.

Diakhir kegiatan, Para prajurit Kodam/ IBB mengangkat Pangdam baru dan pangdam lama serta Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si Kapolda Sumut, Kajati dan Walikota Medan sambil meneriakkan yel-yel sebagai kehormatan. Sambil mengacungkan tangan mereka serentak meneriakkan lagu-lagu perjuangan dengan penuh semangat.(dks,nn)

SKP Membuat Target Kerja PNS Dapat Terukur

SKP Membuat Target Kerja PNS Dapat Terukur
Medan,(MP.C)
Kepala Seksi Bimtek Badan Kepegawaian Negara Regional VI Medan, Suparlan, SH, M.Si menegaskan agar  setiap Pegawai  Negeri  Sipil (PNS) membuat  Sasaran Kerja  Pegawai  (SKP) sesuai  PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS. Hal itu disampaikan dalam workshop penyusunan SKP yang dibuka langsung  oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs.

Jumsadi Damanik, SH, Hum  di Aula Transparansi Diskominfo Provsu, Jumat (30/01).
“SKP memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur.  PNS yang tidak menyusun SKP akan dijatuhi hukuman disiplin sesuai ketentuan perundang-undangan yang mengatur disiplin PNS”, kata  Suparlan.

Dalam sambutannya Kadis Kominfo Provsu mengajak seluruh PNS di Lingkungan Diskominfo Provsu  menyusun SKP sesuai tugas jabatan dan rencana kerja tahunan di masing-masing bidang. “Langkah ini akan memberikan nilai tambah dalam upaya menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karir yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja menjelang pemberlakuan PP No. 46 Tahun 2011”,  lanjutnya.

Kadis berpesan agar  Penerapan SKP ini lebih objektif dan lebih fair. Setiap PNS harus mampu menyusun sendiri target kerjanya dan pimpinan akan lebih mudah memberikan penilaian atas kinerja setiap pegawai serta mengetahui sejauh mana pencapaian sasaran kerja setiap staf,"  ungkap kadis.(dks,nn)

KPK Tak Hadir, Sidang Praperadilan BG 
Ditunda Senin 9 Februari
KPK Tak Hadir, Sidang Praperadilan BG Ditunda Senin 9 Februari
Foto: Sidang Praperadilan Komjen Budi Gunawan (Rini/detikcom)
  Jakarta (MP.C)- Sidang perdana praperadilan Komjen Budi Gunawan alias BG yang menyedot perhatian hingga Jl Ampera Raya ditutup, akhirnya ditunda. Sidang yang semula dijadwalkan pukul 09.00 WIB ditunda hingga Senin 9 Februari mendatang. Hal ini dikarenakan pihak Termohon (KPK) tidak hadir sampai batas waktu yang ditentukan.

"Karena pihak Termohon tidak hadir dalam sidang hari ini, oleh karena itu pengadilan menunda sidang ini untuk memanggil kembali Termohon KPK. Karena pemanggilan ini ditentukan oleh waktu sah atau tidaknya, maka sidang ini ditunda seminggu ke depan dan akan dilanjutkan kembali tanggal 9 Februari 2015," ujar hakim tunggal Sarpi Rizaldi di Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (2/2/2015) pukul 13.00 WIB.

Sidang sempat ngaret selama 3,5 jam. Tak ada perwakilan dari pihak KPK dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut.

Selanjutnya Sarpin pun lantas mengecek mengenai perwakilan dari pihak Pemohon, Komjen Budi Gunawan, yang diwakili oleh 7 kuasa hukum. Komjen BG sendiri juga tidak hadir dalam sidang Praperadilannya.

"Sebelum saya kemukakan sikap karena yang hadir dari pemohon merupakan kuasa, saya ingin cek kebenaran dari kuasa yang hadir. Berdasarkan surat kuasa, tertanggal 27 Januari 2015 Drs Budi Gunawan, Komjen, memberi kuasa kepada beberapa orang kuasa hukum," jelas Sarpin.(dtn)

Ada 7 pengacara yang mewakili mantan ajudan Megawati Soekarnoputri tersebut dalam sidang kali ini.


Wagubsu Harapkan IPK Dukung Pembangunan Sumut

 Wagubsu Harapkan IPK Dukung Pembangunan Sumut

Medan,(MP.C)
Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si mengharapkan IPK sebagai salah satu organisasi kepemudaan yg ada di Sumut dapat melakukan lebih banyak hal positif untuk pembangunan Sumut khususnya mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dikatakannya dalam  audiensi Panitia Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya Provinsi Sumatera Utara periode 2015 -2020 diruang kerjanya Kantor Gubsu, Rabu, (28/1).

Wagubsu mengatakan Pemprovsu sangat berharap organisasi kepemudaan khususnya IPK dapat bersinergi dengan pemerintah. Sebab pemerintah dan organisasi kepemudaan mempunyai tujuan yang sama yaitu membuat masyarakat menjadi lebih sejahtera.Wagubsu juga mengajak DPD IPK Sumut untuk membuat kegiatan bersama yang bertujuan meningkatkan daya saing setiap masyarakat guna menghadapi di mulainya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015

Dalam audiensi tersebut, wagubsu secara khusus meminta agar IPK ikut membantu menjaga situasi di Sumut agar tetap kondusif. IPK juga diharapkan tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan sehingga bisa menjadi organisasi yang lebih baik lagi di masa depan. "Biasanya organisasi kepemudaan mempunyai tensi yang tinggi, jadi saya berharap setiap anggota bisa mengendalikan diri" ujar wagubsu.

Dalam audensi tersebut Ketua Panitia Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah IPK Provinsi Sumut Ir.Andi Atmoko Panggabean di dampingi sekertaris Devri Noval Pasaribu ST , wakil ketua DPD IPK Gerald Siahaan, sekertaris DPD IPK Franky  Simatupang, ST dan sejumlah pengurus daerah lainnya mengatakan sangat berharap Wagubsu dapat hadir dalam acara pelantikan  pengurus dewan pimpinan daerah ikatan pemuda karya provinsi sumatera utara yang akan dilaksanakan  Kamis, 29 Januari 2015 di Tiara Convention Hall.

Andi atmoko panggabean mengatakan kehadiran Wagubsu dengan memberikan arahan dalam acara pelantikan tersebut adalah dukungan yang bernilai bagi pengembangan organisasi IPK yang sudah mempunyai ribuan kader di seluruh Indonesia(dks,nn)

Wagubsu Harapkan RKIH Perjuangkan Sumut di Pusat


Wagubsu Harapkan RKIH Perjuangkan Sumut di Pusat
Medan,(MP.C)
Wagubsu Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si berharap Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH), salah satu lembaga yang menaungi seluruh elemen dan organisasi pendukung Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla, berperan aktif dalam memperjuangankan pembangunan Sumut di tingkat pusat ditengah keterbatasan kemampuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam pembiayaan guna mendorong laju pembangunan. 

Harapan tersebut dikemukan Wagubsu dalam acara pengukuhan pengurus RKIH Sumut yang berlangsung di Hotel Danau Toba International, Jl Imam Bonjol Medan, Kamis Rabu (28/1/2015).
Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Pusat RKIH Kris Budiharjo, Sekjen KRIH Edi Wahyudi, Deputi Staff Kepresiden Binny Bintarti Buchori, tokoh masyrakat Prof DR Zulkifli Nasution dan Prof DR Riza Buana, Ketua RKIH Sumut Renta Elisabeth Sianipar dan ratusan undangan.

Dalam kesempatan itu, Wagubsu menyatakan, Sumut merupakan etalase Indonesia bagian barat yang membutuhkan perhatian serius dari pemerintah pusat. Tanpa perhatian pemerintah pusat secara khusus, Sumut dikhawatirkan akan terkendala dalam mendorong laju roda pembangunan.
Dengan keterbatasan tersebut, Sumut nyaris tidak dapat melakukan pergerakan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, RKIH diharapkan berperan memberikan gambaran jelas terhadap kondisi Sumut kepada pemerintah pusat.

“Ini kondisi real saat ini. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap pemerintah pusat memberikan perhatian serius demi mendokrak pertumbuhan ekonomi di Sumut,” harap Wagubsu.
Wagubsu optimis, dalam kondisi keuangan yang lemah, Sumut akan bangkit jika semua pihak saling bantu dalam kebersamaan, tidak hanya pemerintah daerah, namun juga melibatkan para akademisi, dunia usaha, legislatif dan seluruh unsur serta elemen masyarakat.

“Kunci kesuksesan Sumut adalah kebersamaan. Meski terdengar sederhana, kebersamaan akan menciptakan kekuatan yang luar biasa. Apalagi sejumlah sarana pendukung seperti Bandara Kualanamu, pelebaran Pelabuhan Belawan, pembangunan jalan tol Medan menuju Tebing, jalan tol Medan menuju Binjai dan pengembangan KEK Sei Mangke berjalan lancer, tentu pertumbuhan ekonomi di Sumut akan bangkit,” ujar Wagubsu.

Seiring dengan itu, Wagubsu juga menyatakan kecemasannya terkait pasokan listrik yang terbatas di Sumut. Pertumbuhan kebutuhan listrik masyarakat dan dunia usaha, tidak diiringi hadirnya pembangkit baru. Akibatnya, Sumut terus mengalami krisis listrik berkepanjangan.
“Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi berfikir keras dalam menyiapkan daya listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia usaha yang terus berkembang. Kebutuhan listrik di Sumut diatas kebutuhan rata-rata listrik nasional,” sebut Wagubsu.

Dalam kesempatan yang sama, Wagubsu juga mengatakan, pemerintah pusat bersama Pemprov Sumut berharap dapat memaksimalkan 4 bidang yakni kemaritiman, pembangunan infrastruktur pelabuhan dan sarana pendukungnya, transportasi laut dan pengembangan sektor wisata kelautan.

Khusus sektor pariwisata kelautan Sumut, sebut Wagubsu, memiliki potensi yang sangat luar biasa. Namun sektor terbut belum mendapat sentuhan konprehensif hingga belum memberikan manfaat maksimal.
“Kondisi ini tidak boleh terjadi lagi. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan melakukan berbagai terobosan guna mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan yang menggunakan paspor,” tegas Wagubsu.

Selain itu, Wagubsu juga menyingggung kesiapan Sumut dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan akhir 2015 mendatang. Salah satu upaya yang harus disiapkankan adalah membekali semua pihak dengan berbagai keahlian agar dapat bersaing dengan Sumber Daya Manusia (SDM) negara ASEAN.

Kebijakan pemerintah untuk membatasi ekspor bahan baku ke laur negeri merupakan langkah cerdas dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Selama ini, bahan baku dalam negeri dikirim keluar kemudian produk jadi dikembalikan ke Indonesia.

“Akibatnya, kita menjadi konsumtif, tidak produktif. Misalnya, sawit yang memiliki lebih dari 50 turunan, termasuk bahan kosmetik, sabun dan bahan bakar non fosil. Jika CPO diekspor, manfaat terbesar tidak akan kita rasakan. Justeru negara luar akan mendapat kuntungan jauh lebih besar dibanding Indonesia,” terang Wagubsu.

Kendati demikian, Wagubsu berharap Sumut dapat mengembangkan perekonomian tanpa melanggar 3 hal penting yang terus menjadi isu dunia yakni masalah energy, pangan dan lingkungan.
“Dalam mengembangkan bisnis, dunia usaha harus menyesuaikan tanpa melanggar 3 isu dunia tersebut. Jika tidak, dunia internasional akan bereaksi dan menolak hasil produksi dalam negeri yang tidak sesuai pengembangan ekonomi berwawasan lingkungan,” ujar Wagubsu.

Sementara Ketua Umum Pusat RKIH Kris Budiharjo mengatakan, salah satu program RKIH adalah menggerakkan puluhah kelompok dan elemen di bawah naungan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yakni melakukan kegiatan ekonomi kerakyatan.

“Prinsipnya; dari kita, oleh kita dan untuk kita. Kegiatan politik telah berlalu. Saat ini kita harus mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan dengan membangun industri kecil yang tersebar di berbagai daerah,” sebut Kris.
Kris mencontohnya, saat ini sedang santer dan trend perhiasan batu. Masyarakat dapat mengembangkan bisnis batu yang dapat menembus pasar internasional. Tetapi tetap memegang teguh prinsif bisnis kerakyatan.
“Pelaku usahanya tentu masyarakat, bukan pebisnis besar. Tujuannnya agar masyarakat mendapatkan

manfaatnya. RKIH siap menjadi fasilitas untuk menembus pasar dunia,” tambah Kris.
Selain itu, RKIH juga berharap ibu rumahtangga juga dapat mengembangkan keahlian dalam berbagai bidang, terutama bidang ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, produksi makanan ringan dan pakaian.
“Tujuannya guna mendukung ekonomi keluarga. Tiap rumahtangga kita dorong untuk berproduksi. Tidak hanya berharap dengan kemampuan suami. Dengan begitu, tingkat kesejahteraan rakyat akan merata,” harap Kris.

Pengukuhan pengurus RKIS Sumut juga disemarakkan dengan seminar bertajuk “Grand Breafing” yakni Seminar Pelaksanaan Ekonomi Hijau, Pembagungan Berkelanjutan dan Perlindungan Sumber Daya Alam di Sumut. Seminar ini muatan materi mengulas seputar ekonomi yang berwawasan lingkungan.(dks,nn)



Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 
Serahkan Bantuan Kepada Para Janda
Medan (MPC)
Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1436 Hijriah di tahun 2015 ini, PTPN III yang konsern melakukan pembinaan mental spiritual religius kepada karyawannya di saat yang sama memberikan bantuan kepada 24 orang para janda di lingkungan sekitar kantor direksi pada hari Kamis 29 januari 2015 pada pukul 16.00 WIB sampai selesai. Selain bantuan dari perusahaan, bingkisan berupa sembako dan uang kepada masing-masing janda sebesar Rp 500.000,- itu juga didapat dari sumbangan para karyawan yang tergabung dalam yayasan Yapentiga.

Harianto, SH, Direktur SDM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Yapentiga yang begitu peduli kepada lingkungan sekitar dengan mendirikan yayasan yang dananya diperoleh dari sumbangan para karyawan. “Saya berharap agar panggilan suci ini bisa mengetuk hati karyawan yang lain sehingga jumlah pemberi bantuan semakin bertambah. Saat ini jumlahnya masih sekitar 416 orang,” katanya sambil mengharapkan doa bersama untuk kemajuan perusahaan.

Penceramah agama Drs. H. Abdurahman Syamsuddin dalam siraman rohaninya mengingatkan kepada para jamaah agar tetap menjadikan junjungan besar Rasullulloh Muhammad SAW menjadi suri tauladan sepanjang jaman. Karena ahklah, perilaku dan segala yang diperbuat rasul adalah tuntunan untuk kehidupan yang bias disesuaikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat ditilik dalam setiap firman Allah di dalam Alqur’an dan hadist.

Apa yang dikatakan oleh ustad Abdurrahman sangatlah sesuai dengan tema yang diambil panitia yaitu mencontoh Rasulloh untuk menjadi benar. Dengan demikian maka pentinglah bagi umat Islam dimana saja agar benar-benar menjadikan Rasul sebagai tauladan kehidupan agar bisa menjadi orang yang benar. Kegiatan keagamaan ini dihadiri oleh Direktur SDM, para kepala bagian, kepala urusan, karyawan dan para janda yang mendapat bantuan semoga bermaanfaat  (r,n3,nn)
Dinas Bina Marga Sedot  Drainase
Di persimpangan Jalan Katamso/Suprapto
 
Medan ( MP.C)
Dinas Bina Marga Kota Medan  melakukan penyedotan drainase di persimpangan Jalan Brigjen Katamso/Jalan Letjen Suprapto, persisnya depan Kantor Harian Waspada, Kamis malam (29/1).  Penyedotan ini dilakukan  dalam rangka untuk mengatasi  genangan air yang selama ini terjadi pada saat hujan deras turun.
Kadis Bina Marga Kota Medan Khairul Syahnan memimpin langsung penyedotan drainase tersebut. Untuk mendukung kelancaran penyediotan, Syahnan menurunkan 1 unit mobil penyedot lumpur  dan 2 unit truk untuk mengangkut lumpur hasil sedotan, serta didukung belasan petugas Unit Pelayanan Teknis (UPT).
Menurut Syahnan, penyedotan drainase ini rutin dilakukan agar titik genangan air  yang ada di Kota Medan berkurang. Selama ini yang menjadi salah satu pemicu terjadinya genangan air akibat drainase yang ada mengalami sendimentasi ditambah lagi dengan  sampah maupun material batu.
 “Penyedotan ini rutin kita laksanakan. Dari penyedotan yang dilakukan diketahui bahwa beberapa drainase yang ada terdapat lumpur dan sampah sehingga aliran air menjadi terhambat. Oleh sebab itu dengan dilakukan penyedotan ini diharapkan saluran drainase dapat lancar  dan menampung debit air, terutama pada saat hujan deras turun,” kata Syahnan.
Sebelum penyedotan drainase dilakukan, Syahnan lebih dulu memerintahkan anggotanya untuk membuka penutup lubang drainase yang terbuat dari coran beton. Setelah itu seorang petugas masuk dalam drainase untuk melakukan pengorekan lumpur  dan material batu. Setelah itu barulah dimasukkan selang untuk menyedot lumpur dari drainase.
Hasil sedotan selanjutnya dibuang dalam truk. Selain lumpur, material batu-batuan juga ikut tersedot. Tak lama berselang air dalam drainase pun perlahan-lahan tampak mengalir. Ada 2 titik  lubang penutup drainase yang ada dibuka untuk mempermudah penyedotan lumpur. Selanjutnya lumpur maupun material batu-batuan diangkut truk untuk dibuang ke tempat pembuangan agar tidak menganggu kelancaran arus lalu lintas. Rina)
 
Program Petisah Peduli Lingkungan Di Launching
 
Medan  ( MP.C)          )
            Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH melaunching Program Petisah Peduli Lingkungan, acara launching ini digelar bersamaan dengan program PKK Kota Medan yakni Gotong Royong Jumat Barokah (GRJB), Jumat (30/1), yang dilaksanakan dengan bersepeda santai menuju sejumlah taman yang ada di wilayah kecamatan Medan Petisah dan melakukan gotong royong membersihkan taman tersebut.
            Route sepeda santai yang dipimpin ketua TP PKK Kota Medan bersama Camat Medan Petisah Rahmad Adisyahputra Harahap SSTP, anggota dan pengurus PKK Kota Medan dan kecamatan Medan Petisah, sejumla pimpinan SKPD jajaran Pemko Medan serta masyarakat, star dari Gedung Dharma Wanita,Jalan Nibung, Jalan Gajah Mada, Jalan S Parman, Jalan Gatoto Subroto membersihkan Taman Tug SIB, menanam bunga ditaman depan Plaza Medan Fair, dan menana bungan di jalan Iskandar Muda Baru, sderta penghijauan di lokasi pelaksanaan MTQ.
            Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH mengatakan, GRJB ini merupakan program PKK Kota Medan, dimana seminggu sekali setiap hari jumat dilakukan gotong royong, dan setiap dua kali seminggu dilakukan pengajian, hari ini GRJB dirangkai dengan melaunching Petisah Peduli Lingkungan, dimana Medan petisah telah melakukan gerakan bersepeda, dalam hal ini GRB melakukan gotong royong membersihkan taman dengan melakukan dengan bersepeda.
            Menurutnya, program GRJB memang difokuskan di Medan Utara, karena wilayah Medan Utara merupakan wilayah yang jumlah penduduknya cukup banyak dan terdiri dari masyarakat yang penghidupannya menengah kebawah, program Petisah peduli lingkungan ini mendukung program GRJB, untuk itulah diberikan apresiaisi kepada Camat medfan Petrisah.
            “ Saya membwerikan apresiasi kepada camat Medan Petisah dan berharap kegiatan ini dapat ditiru oleh kecamatan lainnya sehiongga nantinya kota Medan menjadi Indah, bersih sejuk dan hijau, “ harap Rita.
            Camat Medan Petisah Rahmad Adisyahputra Harahap SSTP mengatakan, program Petisah Peduli Lingkungan ini memang sudah ada diawali dengan gerakan bersepeda, namun terus dikembangkan denmgan bersepeda melakukan gotong royong yang berbaur dengan masyarakat melakukan perbesihan taman, menanam bunga, sehingga manfaatnya badan sehat lingkunganpun bersih dan hijau. (Rina)
 
Walikota Medan Hadiri Peringatan Maulid Nabi
Yang Digelar  Pengajian Kaum Ibu Menteng VII
 
Medan ( MP.C)
            Peringatan Maulid nabi Besar Muhammad SAW dinilai sebagai wujud kecintaan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan pencerahan kepada semua hingga saat ini umat didunia menikmati peradaban yang tinggi, selain itu peringatan maulid yang digelar ini merupakan silaturahmi dan meningkatkan ukhuwah Islamia, karwena dengan silaturahmi ini dapat memanjangkan umur.
            Hal ini dikatakan oleh Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin pada acara pweringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar olah penmgajian akbar kaum ibu mdenteng VII Kelurahan Medan Tenggara Kecamatan Medan Denai, Jumat (30/1) di Jalan Menteng VII nomor 61, hadfir tokoh masyarakat Drs Afiofuddin Lubis, Camat Medan Denai, dan peringatan Maulid Nabi ini diisi dengan Tausiyah yang dibawakan oleh Al Ustadz Drs H Amhar Nasution.
Dikatakannya, dengan peringatan Maulid nabai ini nantinya dapat memperbaiki diri mulai dari pemikiran dan tindakan sesuai dengan jaran Islam yang disampaikan Rasulullah. Daimana Kota Medan saat ini sedang giatnya melaklukan pembenahan dan penataan kota, baik itu jalan, drainase, kesehatan, pendidikan pelayanan publik serta lainnya dan dimaklumi pemerintah kota belum semua bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat mengingat dana yang terbatas.
“ Apa yang dilakukan oleh pengajian kaum ibu akan mengambil hikmah apa yang telah kita teladani dari Rasulullah tentunya untuk kebaikan semua umat, dengan itu kita bisa memaknainya untuk bisa berbuat yang bermanfaat bagi masyarakat, sekecil apapun perbuatan itu dapat bermanfaat untuk masyarakat, “ harap Eldin.
Ahli bait Drs H Ihwan Ritonga yang juga wakil ketua DPRD Medan mengatakan, hari ini digelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang mambawa suri tauladan bagi umat, acara peringatan Maulid Nabi ini digelar oleh pengajian akbar para kaum ibu yang ada diwilayah kecamatan Medan Denai, yang mana kaum ibu ini mendukung pada pelaksanaan pemilihan Legislatif.
“ Pengajian kaum ibu inilah yang mendukung saya sehingga mengantarkan saya duduk di kursi DPRD Medan, 90 persen mereka mendukung saya, untuk itulah saya mohon doanya, serta tegur saya bila saya salah dalam menjalankan amanah, ujar Ihwan Ritong. (Rina)
 
WALIKOTA MEDAN RESMIKAN PEMAKAIAN
 MENARA MASJID AL-HIDAYAH
 
Medan,  ( MP.C)
            Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S,M.Si meresmikan Menara Masjid Al-Hidayah. Walikota Medan pada Peresmian Menara ini didampingi Asisten kemasyrakatan dan Kesejahteraan Ir Erwin  Erwin Lubis, Ketua MUI Kecamatan Medan Denai Drs H Syampurna  Silalahi, Al-Ustadz Drs Effendi Rambe, Pimpinan SKPD Pemko Medan, Camat Medan Denai Drs Hendra Asmilan,  Ketua Kordinator Wartawan Pemko Medan Lilik Harian Dalimunte, Ketua BKM Masjid Al-Hidayah Syam Siregar, para Lurah serta Jamah Pengajian Masjid Al-Hidayah, Jumat ( 30/1) di Jalan Bromo Gang Masjid Al-Hidayah. Walikota Medan dalam arahannya, mengatakan dengan diresmikannya pemakaian Menara ini diharapkan siar islam  semakin berkembang, yang dulunya suara ajan tidak terdengar, kini sudah terjangkau dan sudah terdengar suara azan oleh masyarakat sekitar. Selain itu Masjid ini hendaknya tidak hanya tempat ibadah saja, akan tetapi dapat dimanfaatkan sebagai pusat pendidikan agama terutama para genarasi muda atau remaja masjid.                                                                                                                                          Masjid ini dapat dijadikan tempat pengembangan ilmu agama seperti mengaji magrib bagi anak-anak kita sebagai genaresi penerus. Dengan kesibuakan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat positif merupakan salah satu kegiatan untuk menghidari mereka dari ancaman bahaya narkoba.                                                                                             Keberadaan Narkoba saat ini sudah sangat meresahkan para orang tua, untuk itu mari kita saling memberikan perhatian kepada anak-anak, dan jangan bosan-bosannya melakukan pengawasan dan pengertian betapa besarnya pengaruh bahaya narkoba kepda diri sendiri, keluarga dan masyarakat.” Ungkap Eldin. Eldin, berharap agar Masjid ini dapat dimakmurkan setiap saat, Masjid ini kelak menjadi Masjid yang selalu dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan yang bertemakan Keislaman.” Ucapnya.H Syam Siregar, selaku ketua badan Kenajiran Masjid Al-Hidayah mengucapkan terimakasihnya atas kehadiran Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S,M.Si yang telah menyempatkan waktunya untuk dapat meresmikan Menara Masjid Al-Hidayah ini. Dijelaksanya, Awal Pembangunan Masjid ini dimulai pada tahun 1995, saat itu Walikota Medan Drs H Abdillah AK,MBA telah melakukan peletakan batu pertama. Dan hari ini dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin ,meresmikan Menara Masjid Al-Hidayah dengan penandatanganan Parasasti dan pemukulan Kentongan oleh Eldin.  Setelah selesai acara peresmian pemakaian Menara Masjid Al-Hidayah, Walikota Medan bersama rombongan, serta masyarakat sekitar melakukan sholat Jum’at bersama yang dipimpin Al-Ustadz Drs H Effendi Rambe.  ( Rina ) 
          
Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di SMP Negeri 38 Medan
Jadikan Sosok Rasullah
Panutan Hidup
 
Medan ( ( MP.C)
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan  (Balitbang) Setda Kota Medan, Drs Hasan Basri menghadiri Tabligh Akbar sekaligus peringatan  Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di SMP Negeri 38 Medan Jalan Marelan VII, kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kamis (29/1).Melalui maulid ini diharapkan semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Di samping itu sosok Rasulullah harus menjadi panutan dalam kehidupan sehari-hari.
Dihadapan Kabag Agama dan Pendidikan Ilyas, Camat Medan Marelan P Parlindungan, Kepsek SMP Negeri 38 Medan Hj Rohanim Spd, seluruh guru dan siswa SMP Negeri 38 Medan, Hasan  mengatakan kelahiran Nabi  Muhammad  SAW untuk mengajar kepada umat tentang keimanan dan ketakwaan yang mendalam kepada  Allah SWT. Kemudian perjuangan, kesetiaan serta pemikiran beliau memberikan contoh kepada umatnya untuk selalu menebarkan kebaikan dan kedamaian sesuai dengan ajaran Islam. Kemudian selalu mengajak umat manusia untuk selalu menghargai ciptaan Allah SWT apapun itu.
Untuk itulah mantan Kadis Pendidikan Kota Medan ini snagat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini. “Peringatan maulid seperti ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Selain itu semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta sebagai sarana pembinaan mental masyarakat agar lebih religius. Aapabila masyarakat memiliki mental yang religius sudah barang tentu akan mmembuat suasana Kota Medan yang kita cintai ini semakin aman dan kondusif,” kata Hasan.
Diungkapkan Hasan lagi, kereligiusan masyarakat, khususnya para generasi muda  akan berdampak pada sikap sikap saling menghargai antar sesama, berkeadilan sosial, berperikemanusiaan serta selalu mengedepankan musyawarah mencapai mufakat dan bersatu padu membangun kota.
Selain itu menurut Hasan Basri, ajaran Islam juga mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan baik tempat tinggal maupun di lingkungan tempat menuntut ilmu seperti  sekolah-sekolah. Dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah, para siswa tentunya akan semakin sehat sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar.
"Melalui peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad  SAW ini, mari kita bersama membina  anak - anak didik kita agar semakin dekat dengan ajaran agama Islam. Untuk itulah saya ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas  terlaksananya acara maulid ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua", ungkapnya.
Sementara itu Kepsek SMP Negeri 38 Medan, Hj Rohanim Spd mengatakan, peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1436 H  bertujuan  mengajak dan memotivasi para  guru serta seluruh siswa untuk meneladani sikap Rasullullah. Melalui maulid ini, dia berharap menjadi inspirasi bagi para guru dalam mendidik dan membimbing para siswanya  untuk selalu meneladani sikap Rasullullah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu akan terbentuk cikal bakal generasi penerus bangsa yang gemilang.
                “Selain melaksanakan maulid, upaya yang kita lakukan dalam membimbing para siswa supaya selalu meneladani sikap Rasulullah yakni dengan membuat kegiatan ekstakulikuler seperti belajar Al Quran dan tajwid. Disamping  itu terdapat juga program untuk kelas IX para siswa juga harus khatam Alquran", jelas Rohanim.
Di samping itu tambah Rohanim lagi, dalam rangka membina dan menjadikan karakter para siswa - siswi seperti salah satu karakter  Nabi Muhammad SAW yaitu sifat jujur, SMP Negeri 38 juga mendirikan kantin jujur, sehingga para siswa akan terlatih untuk bersifat jujur sejak dini. “ Kantin ini juga sebagai laboraturium moral bagi para siswa - siswi di SMP Negeri 38,” paparnya.
Sedangkan Al Ustad Syafi Umar Lubis dalam tausiah singkatnya mengatakan, Nabi Besar Muhammad SAW diutus Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak  manusia, bukan menciptakan ahlak baru. Jadi akhlak manusia ini ada yang kurang yakni akhlak beragama. Selanjutnya  kepada para siswa , Al Ustad berharap melalui peringatan maulid  ini terbuka wawasan agar para siswa dapat menjadikan Nabi Muhammad sebagai the best men atau contoh yang dapat bisa dicontoh. Sebab, saat ini banyak  orang yang tidak dapat dicontoh baik itu akhlaknya maupun karakternya.(Rina)
 
DPRK Pidie Jaya Belajar
Pengeloaan Asset & Retribusi Izin Tower
 
Medan ( MP.C)
                Komisi C dan D DPR Kabupaten (DPRK)  Pidie Jaya di Balai Kota Medan, Kamis (20/1). Selain silaturahmi dan saling bertukar informasi, kunker ini juga dilakukan dalam rangka mempelajari tata cara pengelolaan asset,  percepatan perubahan tipe status rumah sakit serta retrisbusi izin mendirikan bangunan tower.
                Rombongan kunker yang berjumlah 21 orang ini dipimpin langsung Ketua DPRK Pidie Jaya, Armia Harun dan diterima Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Ristanto SH. Sebagai kabupaten yang masih berusia muda dan memiliki 8 kecamatan ini, Armia mengaku tertarik melakukan kunker lantaran tertarik dengan pesat dan majunya pembangunan di Kota Medan.  
Untuk itulah Armia berharap mereka bisa mendapatkan banyak masukan dan saran dari Pemko Medan guna diterapkan di Kabupaten Pidie Jaya. “Yang menjadi prioritas utama dalam kunker ini, kami ingin mempelajari masalah pengelolaan asset daerah yang telah diterapkan Pemko Medan selama ini. Kami melihat Pemko Medan sangat baik dalam masalah pengelolaan asset daerah,” kata Armia.
Selain pengelolaan asset, Armia mengaku pihaknya juga uingin mendapat masukan terkait bagaimana percepatan perubahan status tipe rumah sakit. Masukan itu nantinya akan mereka adopsi dan pelajari untuk selanjutnya diterapkan di Kabupaten Pidie Jaya. Sedangkan yang terakhir ingin belajar tentang pengelolaan izin retribusi pemasangan tower. “Kami berharap semua masukan ini dapat membantu dalam memajukan Kabupaten Pidie Jaya,” ungkapnya.
Staf ahli Bidang Pemerintahan, Ristanto SH mengatakan siap memberikan masukan dan saran yang diinginkan DPRK Pidie Jaya. Karenanya dalam pertemuan itu, pihaknya telah mendatangkan sejumlah intansi terkait untuk memberikan masukan maupun informasi  sesuai yang dibutuhkan sehingga tepat sasaran.
Dipaparkan Ristanto, sebagai kota terbesar nomor tiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, pembangunan Kota Medan saat ini diarahkan menjadi kota jasa, industri, perdagangan dan pendidikan. Saat ini tercatat ada 4 perguruan tinggi negeri dan 47 perguruan tinggi swasta. Kemudian memiliki 43 hotel berbintang, 26 pusat perbelanjaan modern, 17 restoran besar, 67 rumah sakit swasta, 8 bank pemerintah dan 55 bank swasta.
Kemudian Ristanto menambahkan, ada 6 fokus pembangunan yang ditempuh Pemko Medan yaitu pembenahan masalah pendidikan bertahap dan berkelanjutan, perbaikan infrastruktur  seperti jalan dan drainase serta penataan pasar tradisional secara simultan. Lalu pembenahan pelayanan kesehatan, peningkatan pelayanan administrasi public, peningkatan disiplin PNS untuk peningkatan kapasitas sesuai tupoksi dan pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran.
“Mudah-mudahan lewat pertemuan ini dapat meningkatkan tali silaturahmi, sekaligus menjadi momentum bagi kita bertukar informasi dan pengalaman untuk dapat dimanfaatkan dalam rangka mengembangkan upaya penyempurnaan penyelenggaraan pelayanan public, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” kata Ristanto. (Rina)
 
Wali Kota Resmikan
Fasilitas Pengelolaan Air Minum
 
Medan   ( MP.C)
                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan fasilitas  pengelolaan air minum dan kesehatan masyarakat di Jalan Pasar III Lingkungan IV, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (28/1). Kehadiran fasiltas pengelolaan air minum ini dinilai cukup strategis dan bermanfaat bagi Pemko Medan, guna  melakukan percepatan dan perluasan pelayanan air bersih dan sanitasi di Kota Medan.
                Fasilitas pengelolaan air minum ini dibangun oleh Waha Mitra Indonesia (WMI) bekerjasama dengan Grundfos. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti  oleh Wali Kota bersama Direktur WMI Asia Pasifik DR Ir Jan Daniel MA. Setelah itu Wali Kota bersama Direktur WMI beserta Head Of Donation from Denmark, Pia Yasuko Rask dan VP of Operations Water Mission International from America, Seth Womble PE langsung meminum air dari fasilitas pengelolaan air minum tersebut.
                Setelah meminum air tersebut, mantan Sekda Kota Medan ini mengatakan air yang dihasilkan fasilitas pengelolaan air minum ini layak konsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Karena itulah Wali Kota berharap agar kehadiran fasilitas pengelolaan air minum ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Peresmian fasilitas pengelolaan air minum ini juga dirangkaikan dengan pemberian makanan sehat kepada anak-anak balita.
Dijelaskan Wali Kota, Pemko Medan telah memprioritaskan pembangunan bidang air bersih dan sanitasi dalam periode Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berjalan. Sebab, pembangunan  air bersih dan sanitasi akan mampu meningkatkan  produktifitas individu dan derajat kesehatan masyarakat.
                Dukungan  dari berbagai pihak kata Wali Kota, sangat  membantu  program ini dapat berjalan  secara optimal sekaligus  diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah dan lapisan masyarakat. Atas dasar itulah Wali Kota sangat berterima kasih dan mengapresiasi pembangunan fasilitas pengelolaan air minum dan kesehatan yang dilakukan WMI.
                “Saya berharap pihak WMI terus membantu mendorong percepatan dan perluasan pembangunan air bersih dan sanitasi di Kota Medan. Di samping itu terus berkomitmen dan konsisten membantu Pemko Medan untuk mewujudkan Kota Medan sebagai kota metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera dengan dukungan prasarana maupun sarana perkotaan yang semakin memadai, terutama air minum,” kata Wali Kota.
                Usai memeninjau fasilitas pengelolaan air minum yang baru dibangun, mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya mengajak seluruh masyarakat sekitar untuk menjaga dan memelihara fasilitas pengelolaan air minum tersebut. Sebab, tujuan kehadiran fasilitas pengelolaan air minum ini untuk kebersamaan semua.
“Meskipun pihak WMI akan terus melakukan pendampingan selama dua tahun untuk perawatan fasilitas air minum ini, namun saya berharap agar masyarakat sekitar ikut menjaga dan merawatnya sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu cukup panjang. Insya Allah kita akan mengupayakan agar fasilitas pengelolaan air minum seperti ini dibangun di seluruh kecamatan,”  harapnya.
Sementara itu Direktur WMI Asia Pasifik, DR Ir Jan Daniel MA mengungkapkan, pembangunan fasilitas pengelolaan air minum ini dilakukan untuk membantu masyarakat setempat dalam mendapatkan air yang benar-benar layak konsumsi. Untuk itulah dia berharap agar kehadiran fasilitas pengelolaan air minum ini dapat memberikan manfaat bagi warga setempat.
Sedangkan Head of Donation fom Denmark, Pia Yasuko Rask dan VP. Of Operations Water Mission Internatioonal from America, Seth Womble PE juga menyampaikan hal senada, mereka ingin kehadiran fasilitas air minum ini membantu masyarakat, terutama anak-anak untuk  mendapatkan air bersih dan layak konsumsi.
Menurut keduanya, fasilitas pengelolaan air minum ini dapat dibangun berkat adanya kerjasama yang erat pihak WMI , Pemko Medan dan masyarakat. Kerjasama ini diharapkan terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi guna membangun fasilitas lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
Terakhir, mereka juga ingin masyarakat merawat fasilitas  pengelolaan air minum ini sehingga apabila kembali mengunjungi Kota Medan, mereka masih bisa melihat fasilitas air minum dalam kondisi tetap baik dan terus melayani masyarakat untuk mendapatkan air bersih. (Rina)
 
Jumlah PNS Pemko Medan 
  Lebih Banyak Perempuan
 
Medan ( MP.C)
            Ternyata jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Medan lebih banyak kaun hawa dari pada kaum pria, dari jumlah selurunya PNS Pemko Medan sebesar 18.505 orang, sebanyak 12.059 adalah kaum perempuan sedangkan 6.444 orang adalah laki-laki, jumlah perempuan yang melebihi setengah dari kaum pria ini  sangat fantastis dan mengundang pertanyaan sejumlah anggota DPRD Kota Balikpapan (Kalimanatan Timur).
            Hal ini dipertanyakan saat sejumlah anggota DPRD Pansus I Kota Balikpapan Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerjanya ke Kota Medan, Rabu (28/1) diterima Asisten Admininistrasi Umum Ikhwan Habibi Daulay SH di dampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan Lahum SH.
            Pimpinan rombongan DPRD Balikpapan drg Syukri Wahid mempertanyakan apakah tidak ada masalah di pengadilan agama dan berapa berkas permasalahan gugatan perceraian pegawai dalam berumah tangga yang masuk di pengadilan agama, dan berapa banyak konflik rumah tangga pegawai yang terjadi.
            Menurutnya, di Pemko Balikpapan jumlah PNS perempuannya lebih sedikit, namun sering terjadi konflik di rumah tangganya, banyak  faktor yang terjadi, seperti kecemburuan, rumah tangga tak terurus dan lainnya, karena  perempuan adalah seorang ibu rumah tangga yang tugasnya adalah mengurus rumah, mengasuh anak-anak dan lainnya.
            “ Di Pemko Balikpapan PNS perempaun sering terjadi konflik rumah tangga dengan suaminya bahkan sampai terjadi perceraain, hal ini mungkin tingkat kecemburuan kaum pria Balikpapan terhadap istrinya yang bekerja masih tinggi selain itu juga di Balikpapan jumlah pria lebih banyak dari perempuan  “ ujar Syuikri.
            Sukri menjelaskan, kunjungan ini adalah dalam rangka pembentukan Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang masih berada di Bagian Aset, hal ini untuk menyikapi peraturan pemerintah (PP) nomor 44, selain itu juga minimnya struktur organisasi di Pamko Balaikpapan dimana masih ada sejumlah  dinas masih gabung menjadi satu dinas, dan pengembangan struktur organisasi ini adalah dalam rangka mempersiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN)
            “ Kami ingin belajar dari Pemko Medan tentang struktur organisasi yang sudah lengkap, karena kami sudah menyusun drafnya dan akan dibahas tetapi sebelum pembahasan kami belajar dulu, “ ujarnya.
            Walikota Medan diwakili Asisten Admimistrasi Umum Ikhwan Habibi SH mengatakan, jumlah PNS Pemko Medan lebih banyak perempuan adalah merupakan guru, perawat di Rumah Sakit dan perawat di Puskesmas, walaupun ada pereceraian  satu-satu tetapi dikarenakan faktor lain namun sampai saat ini belum ada konflik rumah tangga dikerenakan istrinya pegawai.
            “ Pemko Medan sama dengan Pemko Balikpapan tentang masalah UPL, saat ini UPL masih berada di Bagain Aset dan dibawah UPL ada beberap pokja, “ ujar Ikhwan. (Rina)
           
Wali Kota Tinjau Lokasi MTQ
Medan ( MP.C)
                Dengan luas sekitar 77.028 m2, tanah kosong bekas Taman Ria Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sekip, Kecamatan Medan Petisah dinilai sudah tepat untuk dijadikan lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN)  ke-48 Tingkat Kota Medan Tahun 2015 yang akan digelar pada 8 Maret mendatang.
                Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Asisten pemerintahan Drs Musadat Nasution beserta sejumlah pimpinan SKPD melakukan peninjauan, Senin (26/1). Untuk pelaksanaan MTQN Tingkat Kota Medan tahun ini, Kecamatan Medan petisah bertindak sebagai tuan rumah.
                Menurut Wali Kota, lahan  yang berada persis disamping Medan Fair Plaza ini sangat representatif sebagai lokasi MTQ. Selain  lahannya cukup luas, kondisi tanah juga rata setelah Dinas Bina Marga melakukan pemerataan dengan menggunakan sejumlah alat beratnya. Untuk itulah semua kegiatan akan dipusatkan di lahan tersebut.
                Wali Kota minta persiapan dilakukan secara matang sehingga pelaksanaan MTQ tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mantan sekda Kota Medan itu selanjutnya minta mimbar, panggung utama dan dewan juri maupun stand-stand lainnya harus sesuai dengan denah layout. Untuk mendukung pekerjaan pada malam hari, Wali Kota minta kepada Dinas Pertamanan segera memasang lampu di lokasi.
                “Hari ini kita melihat lokasi MTQN Tingkat Kota Medan yang akan dipergunakan nantinya. Saya juga ingin penataan mimbar, tenda maupun stand harus sesuai dengan denah layout yang sudah ada,” kata Wali Kota.
                Dengan lokasi yang cukup luas dan berada di inti kota, Wali Kota berharap pelaksanaan MTQ nantinya dapat berjalan dengan baik seperti yang diharapkan. Dengan demikian masyarakat yang menyaksikan selama pelaksanaan MTQ berlangsung bisa merasa aman dan nyaman. Karena itulah dia berharap agar instansi terkait  dengan pelaksanaan MTQ saling bersinergi sehingga hasilnya lebih maksimal.
                Untuk pelaksanaan MTQ tahun ini kata Wali Kota, tidak akan dibangun mushala di lokasi sebagai tempat para peserta maupun masyarakat pengunjung menunaikan ibadah shalat. Sebab, di sebelah lokasi telah berdiri masjid yang cukup besar dan pihak kenazirannya pun dengan senang hati mempersilahkan masjid dipergunakan sebagai tempat shalat pengunjung maupun peserta.
                “Kita sudah membicarakan dengan pihak kenaziran, mereka pun sangat setuju masjid tersebut digunakan sebagai tempat beribadah para pengunjung maupun peserta selama pelaksanaan MTQ berlangsung,” jelasnya.
                Meski pelaksanaan MTQ masih menyisakan waktu sebulan lebih namun Wali Kota ingin persiapan yang dilakukan benar-benar matang. Untuk itulah kepada instansi terkait diminta segera melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing dan selalu berkoordinasi dengan event organizer (EO). (Rina)
 -------------------------------------------------------------------------------------------------


Minggu Pertama Februari  2015

 
Dengan Membayar PKB Dan


 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda----------
 ---------------------------------------------------------------------------------------------

Lahirnya Partai 'Pro Jokowi' Tinggal Tunggu Peluit

Lahirnya Partai Jakarta (MP.C)- Benih-benih partai baru 'Pro Jokowi' muncul di tengah tekanan partai pendukung untuk melantik Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri. Partai baru ini bisa dengan cepat terbentuk, tinggal tunggu perintah Jokowi.

"Tinggal semprit kumpul semua, bisa langsung jadi," kata Ketua DPC Ormas Projo Solo Sugeng Setyadi saat berbincang, Senin (2/2) kemarin.

Sugeng mengatakan memang banyak masukan yang diterima Projo meminta ormas baru itu berubah bentuk menjadi parpol. Sebab, saat ini banyak yang melihat Jokowi sendirian. Soal permintaan ini, Sugeng tak mau menanggapinya secara terburu-buru. Dia menunggu perintah DPP Ormas Projo dan restu Jokowi.

Sugeng menuturkan perubahan Projo dari komunitas relawan menjadi ormas tak lepas dari permintaan Jokowi. Jadi jika memang ada permintaan dari Jokowi yang kini jadi Dewan Pembina Projo, bukan mustahil ormas berlambang siluet Jokowi itu berubah menjadi parpol.

"Projo kan tadinya relawan Pak Jokowi. Nah, waktu 24 Agustus 2014 Projo mau membubarkan diri, karena Pak Jokowi sudah terpilih jadi presiden. Tapi kata Pak Jokowi jangan bubar kalian, kawal aku. Lalu DPP Projo waktu itu bilang boleh saja Projo jadi ormas, tapi Pak Jokowi mau nggak jadi pembinanya, jadilah pembinanya Pak Jokowi," tutur Sugeng.

Soal kesiapan, Sugeng menuturkan infrastruktur Ormas Projo kini sudah siap untuk berubah bentuk. Ormas Projo kini sudah memiliki struktur yang lengkap dari DPP, DPW, DPC, sampai PAC. Di seluruh wilayah Indonesia, Ormas Projo sudah memiliki 22 DPW dan jumlah itu masih akan terus berkembang.

"Di Jawa Tengah saja ada 27 DPC. Dan di DPC Solo sudah ada 5 PAC," ujarnya.

Sugeng juga yakin komunitas-komunitas relawan lain kemungkinan besar juga akan merapat jika memang akan berdiri parpol pendukung Jokowi. "Ya seperti saya bilang tadi, tinggal semprit, kumpul semua," ujarnya.(dtn)

Kepala Staf Kepresidenan 

Tepis Tudingan Ingin 

Jauhkan Jokowi dari PDIP

Kepala Staf Kepresidenan Tepis Tudingan Ingin Jauhkan Jokowi dari PDIPJakarta - Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan menepis tudingan lingkaran Istana ingin menjauhkan Jokowi dengan PDIP. Luhut menegaskan tak ada menjauh-jauhkan Jokowi dengan PDIP.

"Nggak ada itu," jelas Luhut, Selasa (3/2/2015).

Tudingan soal ada yang ingin menjauhkan Jokowi dari PDIP datang dari anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu. Politisi PDIP itu menuding lingkaran di Istana sengaja melakukan itu. Masinton tak merinci siapa saja lingkaran Istana itu.

Soal bantahan tudingan Masinton juga sudah disampaikan Mensesneg Pratikno. Dia menepis apa yang disampaikan Masinton.

"Tugas kami kan seperti itu, kami tidak bisa 'Pak Presiden, jangan terima ini jangan terima itu ya', nggak dong, kita kan mengadministrasi. Kalau Pak Presiden jadwalkan, ya dijadwalkan," sanggah Pratikno yang ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/1).(dtn) 



 KESEHATAN

Jangan tirukan anak kecil saat bicara!

 Jangan tirukan anak kecil saat bicara!Ilustrasi ibu dan bayi. Shutterstock/Christophe Testi-
 Sebagai orang tua, melihat tumbuh kembang buah hati merupakan saat yang paling membahagiakan. Tidaklah heran jika Anda pasti ingin mencurahkan semua usaha serta apapun yang Anda miliki untuk buah hati.

Setelah fase belajar untuk berjalan, maka biasanya akan diikuti dengan fase belajar untuk berbicara. Untuk memulai fase ini, biasanya hal yang Anda lakukan adalah mengucapkan beberapa kata untuk ditirukan buah hati atau Anda juga mengajaknya untuk berkomunikasi. Sebab diyakini saat berkomunikasi, Anda melatih kemampuan berkomunikasi mereka.

Dilansir dari dailymail.co.uk, ada 1 hal yang harus Anda perhatikan saat berbicara dengan buah hati yaitu jangan pernah menirukan atau berbicara layaknya saat buah hati berbicara. Anda harus berbicara dengan intonasi serta artikulasi yang jelas.

"Berbicara layaknya anak kecil saat berkomunikasi dengan buah hati sebaiknya tidak Anda lakukan. Sebab hal ini akan membuat buah hati berpikir bahwa memang seperti itulah kata yang benar untuk diucapkan. Tentu saja artikulasi tersebut salah," ujar Andrew Martin, peneliti dari Laboratory for Language Development di RIKEN Brain Science Institute, Tokyo.

"Berbicara dengan gaya seperti itu hanya akan membuat Anda menciptakan dunia yang sempit untuk anak Anda. Padahal Anda tahu bahwa di luar sana banyak cara untuk berkomunikasi dan ditambah lagi dengan banyaknya bahasa asing yang ada," lanjutnya. "Singkatnya, berbicara dengan menirukan buah hati tidak akan membuat mereka semakin pintar dalam hal berkomunikasi dan malah menjerumuskan mereka.(mc)

Ini obat sehat paling mujarab 

untuk manula

Ini obat sehat paling mujarab untuk manula Ilustrasi manula. ©Shuttersstock.com/racorn
- Sudah bukan rahasia lagi bahwa saat Anda bertambah tua atau berusia lanjut, maka kesehatan tubuh Anda akan menurun. Ada banyak hal yang sebenarnya melatar belakangi hal ini. Seperti penumpukan kebiasaan tidak sehat saat masih muda, sistem metabolisme tubuh yang tidak lagi baik saat Anda berusia lanjut, hingga penyakit keturunan yang datang saat Anda sudah tua. Sehingga tidaklah mengherankan jika Anda banyak menemui orang tua yang sakit-sakitan.

Sebenarnya, penyakit yang datang bisa dicegah sejak dini lewat penerapan pola hidup yang sehat. Selain itu, seperti yang dilansir dari healthmeup.com, tertawa bisa menjadi obat paling mujarab untuk peningkatan kesehatan tubuh para manula.

"Tak hanya pengaruh eksternal tubuh saja yang bisa menurunkan kesehatan tubuh. Namun penumpukan stres bisa memicu terjadinya sejumlah masalah kesehatan. Efek stres berlebihan yang terjadi saat Anda berusia tua mampu menyebabkan masalah seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, hingga diabetes," tulis penelitian ini. "Sebaliknya, saat Anda sedang tertawa maka terjadi pengurangan hormon kortisol yang merusak neuron otak dan berujung dengan menjadi pikun. Selain itu tertawa sendiri juga dapat menurunkan tekanan darah Anda, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, serta memperbaiki suasana hati."

Penelitian yang dilakukan di Loma Linda University ini pun menambahkan ketika tingkat stres dalam tubuh menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan membaik. Hasilnya tubuh pun akan lebih kebal terhadap serangan penyakit serta terjadi perubahan alami dalam otot yang membuat Anda rileks dan menjadi awet muda (mc)

Benarkah air lemon ampuh

 turunkan berat badan?

Benarkah air lemon ampuh turunkan berat badan?Ilustrasi air lemon. Shutterstock/iravgustin
  - Air lemon memang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan selebritis seperti Gwyneth Paltrow dan Dina Manzo mengaku menggunakan air lemon untuk menjaga kebugaran dan penampilan mereka. Namun benarkah keajaiban air lemon termasuk bisa menurunkan berat badan?

"Air hangat dan lemon memang menyehatkan, namun tak benar-benar bisa mempercepat penurunan berat badan," ungkap Alissa Rumsey, R.D, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (29/01).

Meski begitu, jika air lemon digunakan untuk menggantikan minuman yang kaya kalori seperti kopi manis atau jus, maka kemungkinan besar minuman ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, air lemon baik dingin atau hangat bisa membantu menjaga kelancaran metabolisme.

"Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan meningkatkan metabolisme. Jika Anda bosan dengan air putih biasa, menambahkan lemon adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan rasa tanpa menambah kalori," tambah Rumsey.

Minum air lemon juga bisa mencegah dan mengatasi rasa kembung. Air lemon bekerja sebagai diuretik alami. Namun jangan terlalu banyak minum air lemon jika Anda sering mengalami peningkatan asam lambung dan mulas. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda bisa mencoba minum air lemon. Tetapi jangan lupakan juga kegiatan lain seperti menjaga pola diet dan berolahraga.(mc)
 

Kebanyakan nonton TV

 adalah pertanda depresi?

 - Menonton film serial di televisi atau maraton film adalah salah satu kegemaran yang saat ini mulai dilakukan banyak orang. Terutama jika sedang tak banyak kerjaan atau merasa penasaran dengan serial televisi yang diikuti. Namun tahukah Anda bahwa terlalu banyak menonton TV ternyata juga berbahaya untuk kesehatan? Sebuah penelitian bahkan mengungkap bahwa kebanyakan nonton TV adalah sebuah tanda dari orang yang depresi dan kesepian.

Penelitian yang dilakukan di University of Texas ini mengungkap bahwa menonton televisi dalam waktu yang lama adalah salah satu bentuk kecanduan yang tidak sehat. Mereka menemukan bahwa orang yang mengalami depresi dan merasa kesepian lebih berkemungkinan menghabiskan banyak waktu mereka di depan televisi.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 316 orang berusia 18 sampai 29 tahun. Peneliti menanyakan seberapa sering mereka menonton televisi dan seberapa sering mereka mengalami emosi negatif seperti kesepian dan depresi. Penelitian menunjukkan adanya kaitan langsung antara keduanya, seperti dilansir oleh Daily Mail (29/01).

Semakin merasa depresi seseorang, semakin mudah juga mereka menghabiskan banyak waktu di depan TV untuk mengatasi mood buruk mereka. Yoon Hi Sung, ketua penelitian, menjelaskan bahwa hasil penelitian ini harus menjadi peringatan bagi banyak orang yang suka menghabiskan terlalu banyak waktu di depan TV.

"Meski beberapa orang berpendapat bahwa terlalu lama nonton TV tidak berbahaya, namun penelitian kami menunjukkan bahwa menonton TV lama merupakan kecanduan yang berbahaya. Ini bisa memicu masalah fisik seperti kelelahan, obesitas, dan lainnya, serta mempengaruhi kesehatan mental," ungkap Yoon Hi Sung.

Ketika kecanduan ini semakin parah, orang bisa mengabaikan pekerjaan, hubungan mereka dengan orang sekitar, serta kesehatan mereka sendiri. Apakah Anda salah satu orang yang suka melakukan nonton maraton film serial televisi? Sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini sekarang juga (mc)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda