MADYA POS.COM

Sabtu, 11 Juli 2015

Binas Marga Diduga Korupsi- Kapolri Titik Rawan- N3- D.MI-listrik padam

11 Juli 2015


Bina Marga Provsu Diduga Melakukan Korupsi, Akibat Proyek Jalan Tak Sesuai Kontrak
BPK-RI Merekomendasikan Menyetorkan Uang Sebesar Rp. 2,963 Miliar ke Kas Daerah

Hasil gambar untuk hasban ritongaMedan (MPC)
Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP-LKPD) Sumatera Utara 2014 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesa  (BPK)RI merekomendasikan Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara menyetorkan uang sebesar Rp.2,963 miliar ke kas Daerah. Demikian dikutip dari Medan Bisnis, (Kamis 2/7)

Disebutkan, dari hasil pemeriksaan uji petik 18 paket pekerjaan jalan hotmix senilai Rp. 233.207.477.592 terdapat kekurangan volume sebesar Rp. 2.204.361.946. Dasar pembuktian kekurangan volume tersebut dari hasil tim BPK bersama PPK , PPATK , rekanan pelaksana dan pengawas lapangan

Bukan itu saja, namun BPK juga menemukan adanya kekurangan penerimaan atas denda keterlambatan pada tiga paket pekerjaan  sebesar Rp. 759.487.044, dengan demikian dari hasil temuan BPK RI , sehinggga uang Negara dirugikan.

Praktisi Hukum, Leonardo S, SE,SH,Mkn menilai, dari hasil temuan pihak BPK RI maka diyakini bahwa Dinas Bina Marga provinsi Sumatera Utara diduga  telah melakukan korupsi. “ BPK RI adalah lembaga pemerintah yang fungsi dan tugasnya merupakan bagian mengaudit penggunaan uang Negara baik dana bersumber  dari APBN maupun APBD,” ujarnya, (Selasa7/7)

Dari hasil temuan BPK RI , juga diyakini hasil dari pekerjaan yang diberikan Din as Bina Marga Provsu kepada pihak rekanan yang mengerjakannya tentu hasilnya pun tidak maksimal,sehingga arus transport pengguna jalan pun ikut dirugikan. Karena itu pihak penyidik, dapat segera menindaklanjuti dari hasil teuan BPK RI” tegas Leo

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) Hasban Ritonga,SH (fhoto)  terkait temuan BPK-RI pada pekerjaan Dinas Bina Marga Provsu, mengatakan, akan melakukan perhitungan atas rekomendasi BPK-RI . Diakui  Sekda Provsu, jika memang Dinas Bina Marga Provsu melakukan pekerjaan terbukti dari hasil paket  pekerjaan tersebut  merugikan Negara maka mereka wajib mengembalikan dan mempertanggungjawabannya “katanya (01.nn) 



Kapolri: Titik Rawan Tol Cipali di KM 113, CCTV Sudah Dipasang


 Kapolri: Titik Rawan Tol Cipali di KM 113, CCTV Sudah DipasangJakarta (MPC) - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengungkapkan titik rawan kecelakaan di Tol Cipali terletak di Km 113. Peningkatan arus lalu lintas juga telah terjadi, kamera CCTV juga telah dipasang untuk memantau pengguna tol.

"Tol Cipali tadi malam sudah ada peningkatan arus lalu lintas, sudah dipasang CCTV untuk memantau pengguna jalan yang ada Cipali," kata Kapolri Jenderal Badrodin kepada wartawan usai acara pelepasan peserta mudik gratis Jasa Raharja di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Badrodin menjelaskan, dengan adanya CCTV maka perkembangan arus lalu lintas bisa termonitor. Kendaraan patroli di sepanjang Tol Cipali juga telah diturunkan untuk turut memantau perkembangan lalin di jalan tol tersebut.

"Sehingga kalau ada kendaraan yang melebihi kecepatan bisa diperingatkan supaya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

"Ada personel yang disiagakan tapi tidak di jalan tol, di tempat tertentu yang rawan karena di situ juga ada komplain-komplain masyarakat yang menganggap bahwa pembebasan lahan belum clear. Sehingga jangan sampai ada gangguan-gangguan seperti itu," sambungnya.

Sementara itu, Badrodin juga menyarankan kepada para pemudik dan pengguna jalan tol untuk memfungsikan keberadaan rest area supaya tidak terlalu lelah saat mengendarai. Sebab sebagian besar kecelakaan terjadi akibat human error seperti lelah dan mengantuk.

"Kebanyakan dari beberapa kecelakaan yang terjadi lebih banyak pada jalur yang ke barat, artinya dari arah Pejagan sampai Cikopo. Kemungkinan itu karena jalan cukup bagus, lurus, sopir lelah sehingga faktor manusia begitu menentukan, rest area harus difungsikan," pungkasnya.(dtn)
 

Listrik Masih Padam, Wagubsu Panggil PLN

Listrik Masih Padam, Wagubsu Panggil PLN
Medan,(MPC)
Dengan masih adanya pemadaman listrik yang dikeluhkan masyarakat Sumatera Utara, Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si memanggil PT PLN yang dihadiri salah satu Direktur PLN yaitu Nasri Sebayang, Rabu (8/7).

Dalam Pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Wagubsu Direktur Pengembangan PLN Nasri Sebayang didampingi 5 GM PLN yang ada di Sumut yaitu  GM Wilayah Sumatera Utara, Dian Anto, GM Pembangkitan Sumbagut  Sugianto,  GM Proyek Pembangkit Sumbagut M Rafiq, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan III Robert Purba , GM Pusat Pengandalian dan Penyaluran Beban Eko. Sedangkan Wagubsu didampingi Assisten Ekbang Provsu Hj. Sabrina, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi .

Usai pertemuan selama satu jam, kemudian digelar Konprensi Pers. Menjawab tentang pemadaman listrik yang masihterjadi, Nasri Sebayang mengungkapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan masyarakat akibat pemadaman tersebut. Dia menjelaskan pemmadaman terjadi akibat tinginya beban puncak yang saat ini mencapai 1850 MW.  “Beban puncak tahun ini sudah mencapai 1850 MW , meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Nasri. Menurutnya kapasitas pasokan listrik Sumut hanya  memiliki cadangan 100 MW Cadangan, yang pada dasarnya belum mencukupi. Dijelaskannya defisit listrik Sumut saat ini salah satunya disebabkan 1 unit PLTU Nagan Raya yang sekarang dalam tahap first year inspection  atau pemeriksaan tahun pertama setelah beroperasi yangtepat jatuh pada bulan Ramadhan. “Sudah menjadi ketentuan pembangkit, harus dihentikan operasionalnya untuk diperiksa dan  dibongkar,” ujarnya.

Dia menyebutkan idealnya cadangan listrik 30% dari beban puncak yaitu minimal 550 MW.  Semetara rata-rata pertumbuhan ketenagalistrikan di Sumut per tahun 6-7% , lebih rendah dari rata-rata pertumbuhan beban puncak. “Beban puncak tumbuh 12 %,  sementara pertumbuhan energy hanya 6-7%, makanya kita tetap perlu membangun pembangkit,” ujar Nasri.

PLTA Asahan III
Sementara itu Wagubsu menyampaikan PLTA Asahan III yang selama ini lebih dari 10 tahun mengalami kendala dalam pembangunananya, memasuki progress yang menggembirakan.  Izin pinjam pakai lahan dari Kementerian Kehutanan sudah terbit pada 25 Juni 2015, sehinga kendala utama dalam proses pembangunannya dengan ini sudah menampakkan titik terang.
“Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan sudah keluar, sehingga Pemerintah Provinsi beserta Pemkab Tobasa dan

Asahan akan segera membentuk Tim Inventarissasi Pengusaan Pemilikan Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah dalam Hutan (IP4T) yang nantinya di ketuai oleh BPN,” jelas Wagubsu.
Dijelaskannya, dalam kawasan hutan  yang akan dibangun PLTA Asahan III tersebut, ternyata ada 87 persil areal yang dikeluarkan sertifikatnya oleh BPN. “Perlu diinventarisir apakah sertifikat tersebut keluar sebelum SK 44 tahun 2005. Apabila sebelum SK tersebut, maka Menhut akan merevisi izin pinjam pakai kawasan yang dikeluarkan, jika ini selesai, PLN akan segera melaksanaan pembangunan pembangkit Asahan III,” jelas Wagubsu.

Dalam kesempatan itu Nasri menjelaskan bahwa krisis listrik Sumut baru benar-benar tuntas pada tahun 2019. Sebagaimana program pemerintah selama  2015-2019 akan membangun pembangkit 35 ribu MW. Dari program dimaksud Sumbagut akan masuk tambahan 2.300 MW yang saat ini sebagian sudah masuk proses konstruksi dan sebagian pelelangan . “Ditargetkan pada tahun  2019, cadangan listrik Sumut minimum 30% dari Beban Puncak akan tercapai sehingga kendala pemadaman listrik ke depannya tidak lagi terjadi,” katanya.

Dijelaskanya, PLTU Pangkalan Susu sebesar 2 x 200 MW saat ini dalam tahap penyelesaian. Menurutnya PLTU Pangkalan Susu menjadi tulang pungung mendukung system tenaga listrikan mulai Aceh, Sumut hingga perbatasan Riau.  Sekarang PLTU Pangkalan Susu sedang pengujian akhir, dalam bulan depan dioperasikan secara komersial. Walaupun belum beroperasi secara komersil, tapi daya pembangkit masuk ke dalam sistem, dimana sehari beroperasi masuk total 320 MW untuk 2 unit, dan Desember diperkirakan mencapai 400 MW.

Sementara itu PLTG Arun dengan kapasitas 180 MW, pada September sudah masuk dalam system  dimana blok pertama masuk sebesar 43 MW dan total 180 MW masuk pada Desember.
PLN juga melakukan ekspansi tahun ini mulai pembangunan PLTU Pangkalan Susu  tahap III dan IV  sebesar 2x220 MW diharapkan selesai 2018.  “Mudah-mudahan tidak ada kendala –kendala masalah lahan dan jaringan transmisi yang menghambat,” katanya. Sedangkan PLTP Sarula sebesar 330 MW direncanakan beroperasi pada tahun 2017-2018.(r.dks.01)

Gubsu Bersama Himbara Serahkan Santunan 1.200 Anak Yatim Piatu

Gubsu Bersama Himbara Serahkan Santunan 1.200 Anak Yatim Piatu
Medan,(mpc)
Himpunan Bank-bank milik Negara (Himbara) menggelar buka puasa bersama serta memberikan santunan kepada 1.200 anak yatim piatu, Rabu (8/7) di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program BUMN Peduli tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Utama H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si, Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara Diffi A Johansyah, Direktur Technology & Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono, Direktur IT & Distribution Channel BRI Zulhelfi Abidin, Direktur Consumer BNI Anggoro Eko Cahyono dan Kepala Kantor Wilayah III BTN Joni Prasetyanto.

Gubsu dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiataan Berbagi kebahagiaan di Bulan Ramadhan yang merupakan bagian dari program BUMN Peduli tersebut diharapkan dapat diteteruskan kedepannya. Ramadhan, lanjut Gubsu, merupakan momentum yang tepat untuk saling berbagi dan membantu anak-anak, terutama yang belum beruntung secara ekonomi untuk menikmati kebahagiaan.

Sementara Direktur teknology & operations Bank Mandiri Ogi prastomiyono menyampaikan Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial Himbara kepada generasi masa depan Bangsa.

"Kegiatan ini sekaligus apresiasi kami yang dalam kepada masyarakat Sumatera Utara yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada bank-bank BUMN. Semoga aktivitas sosial ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Medan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Himbara yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN) akan memberikan santunan sebesar Rp350.000 kepada masing-masing anak, dalam bentuk peralatan sekolah dan ibadah.

"Seluruh anak yatim piatu berasal dari 27 pondok pesantren di wilayah Medan dan sekitarnya. Rata-rata mereka berusia 7-14 tahun dan merupakan murid SD dan SMP atau yang sederajat," jelas Anggoro Eko Cahyono.

Sementara Zulhelfi Abidin menjelaskan, pada akhir pekan lalu, Himbara juga telah memberikan santunan kepada sekitar 3.500 anak yatim piatu di Jakarta. Dalam event yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo tersebut,  anak-anak yatim piatu mendapat kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan Presiden mengenai Ibadah dalam agama Islam.

Setelah Medan dan Jakarta, rangkaian buka puasa bersama Himbara dan anak yatim piatu akan berlanjut ke Makassar, Sumaters Selatan. "Sebagai salah satu kota utama di Indonesia, kami merasa perlu untuk melakukan kegiatan sosial yang semakin mendekatkan Himbara kepada masyarakat sehingga meningkatkan tingkat kepercayaan kepada bank-bank BUMN," kata  Joni Prastyanto.(r dks.nn)



 Pasar Murah BUMN 2015 Siapkan 750 Paket Sembako

Medan (MPC)
Pada tanggal 3 dan berakhir pada 4 Juli 2015 PTPN III menggelar Pasar Murah BUMN 2015. Kegiatan ini dilaksanakan terkait surat dari Kementerian BUMN dengan nomor surat S-368/MBU/06/2015 tentang penyelengaraan Pasar Murah BUMN 2015 kepada 106 BUMN yang tersebar di 150 titik lokasi Indonesia dimana biaya tersebut dibebankan kepada masing-masing perusahaan.

PTPN III sendiri telah menyiapkan 750 paket berisi masing-masing 3 kg tepung terigu, 3 kg gula pasir dan 1 kg minyak goring. Lokasi yang telah dipilih yaitu berada di jalan Setia Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal. Masing-masing paket dijual dengan harga Rp 35.000,- (tiga puluh lima ribu rupiah).

Dalam kesempatan tersebut Bagas Angkasa, Dirut PTPN III mengharapkan agar masyarakat yang mengalami kesulitan dapat terbantu membeli kebutuhan pokok yang akan digunakan dalam rangka menghadapi lebaran tahun 2015.

Dalam kegiatan tersebut, Agus Sidauruk, Kepala Urusan Perencanaan dan Pembinaan yang mewakili Kabag KBL PTPN III mengatakan bahwa harga pokok menghadapi lebaran ini cukup tinggi, sehingga masyarakat kelas bawah merasa kesulitan memenuhinya, untuk itu perusahaan membantu dengan membeli harga di pasar dan menjualnya kembali dengan harga yang sangat murah sehingga kebutuhan sembako dapat terpenuhi.
(06/07/2015, r. 01)
 
Donor Darah SPBUN Basis Kantor Direksi Harianto :
 Dengan Donor Darah Kesehatan Akan Mudah Dijaga 

Meda (MPC)
Serikat Pekerja Perkebunan PTPN III Basis Kantor Direksi pada tanggal 11 Juni 2015 di jalan Sei Batanghari No 2 menyelenggarakan kegiatan bakti sosial donor darah yang diikuti oleh 215 orang calon donor yang terdiri dari karyawan, rekanan dan istri para karyawan PTPN III bekerjasama dengan PMI Kota Medan.

Harianto dalam sambutannya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang telah terpelihara dalam bentuk program bakti sosial donor darah dari SPBUN Basis Kandir. “Namun saya berharap agar program serupa dapat dilaksanakan di tiap basis di unit/kebun PTPN III, karena produktifitas meningkat dan kesehatan pun dapat dipelihara,” katanya.

Ibrahim Putra Lubis, Sekretaris Umum SPBUN yang mewakili SPBUN Tingkat Perusahaan sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan secara rutin oleh SPBUN Basis Kandir. Secara resmi ia membuka kegiatan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada para pengurus di tingkat Basis Kantor Direksi yang telah menunjukkan semangat juangnya untuk berbagi dalam kegiatan donor darah.

Ilmiah, S.Psi, Ketua Basis SPBUN Kandir mengharapkan agar kegiatan yang dilakukan enam bulan sekali ini akan dapat mendorong kesadaran para anggota khususnya karyawan di lingkungan kantor direksi untuk memelihara dan mengetahui manfaat yang baik berdonor darah.

Ketua Panitia Pelaksanaan Donor Darah, Samsul Bahri di kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada perusahaan yang telah memberikan dukungan kongkrit berupa fasilitas tempat, snack, bantuan team medis internal demi terselenggaranya acara ini. Semoga acara donor yang keempat kalinya ini akan member arti bagi para pendonor,” katanya dengan senyuman.
(11/06/2015r.01)



Tanjung Morawa (MPC)
Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Kementerian BUMN RI melalui PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) menghimbau kepada PT Perkebunan Nusantara II untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Murah BUMN Tahun 2015 secara serentak pada tanggal 03 Juli 2015 di sekitar wilayah kerja masing-masing.

PT Perkebunan Nusantara II melalui dana CSR Tahun 2015 akan melaksankan kegiatan Pasar Murah BUMN Tahun 2015 dengan menjual 500 (lima ratus) paket sembako kepada masyarakat yang berdomisili disekitar lingkungan perusahaan. Masing-masing paket berisi bahan pangan berupa Tepung Terigu sebanyak 3 Kg, Gula Pasir 3 Kg dan Minyak Goreng sebanyak 1 liter dengan harga per paket Rp. 35.000.

Pelaksanaan kegiatan Pasar Murah BUMN Tahun 2015 dilaksanakan PT Perkebunan Nusantara II di Kantor Kepala Desa Limau Manis dan di Kantor Desa Buntu Badimbar pada tanggal 08 Juli 2015. Pelaksanaan kegiatan Pasar Murah BUMN tahun 2015 di hadiri oleh Kepala Bagian Umum H. Bambang Suprapto, beserta Kepala Urusan dan Asisten Admi PKBL sebagai pengelola kegiatan Program Bina Lingkungan PT Perkebunan Nusantara II dan dalam sambutannya, Kabag. Umum PT Perkebunan Nusantara II menyatakan bahwa 

pelaksanaan kegiatan Pasar Murah BUMN Tahun 2015 ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan PT Perkebunan Nusantara II kepada masyarakat kurang mampu disekitar perusahaan untuk dapat meringankan beban hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok bahan pangan, mengingat pada setiap menyambut Hari Raya Idul Fitri terjadi kenaikan harga-harga barang, terutama harga bahan makanan pokok. Selain itu, Kabag. Umum PT Perkebunan Nusantara II juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang berdomisili disekitar lingkungan PT Perkebunan Nusantara II agar dapat turut serta membantu menjaga lingkungan PT Perkebunan Nusantara II dan turut mendoakan agar perusahaan ini dapat keluar dari permasalahan yang ada sekarang ini sehingga dapat kembali menjadi perusahaan yang sehat dan sejahtera. Sebagai bentuk rasa syukur, perwakilan dari masyarakat kurang mampu menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan pasar murah dari PT Perkebunan Nusantara II dan berjanji akan turut berpartisipasi menjaga aset perusahaan serta mendoakan agar kondisi PT Perkebunan Nusantara II dapat lebih baik dikemudian hari.


 
Minggu Ketiga Juni  2015





Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Survei SMRC

Apakah Rakyat Menyesal Memilih Jokowi?

 Apakah Rakyat Menyesal Memilih Jokowi?
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta (MPC)  - Sudah setahun sejak Jokowi terpilih sebagai Presiden RI. Apakah rakyat menyesal memilih eks Gubernur DKI itu?

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei bertema "Kinerja Presiden Jokowi: Evaluasi Publik Nasional Setahun Terpilih Menjadi Presiden". Survei ini merekam pendapat 1.220 responden soal tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi.

Survei digelar pada 25 Mei - 2 Juni 2015. Populasi survei adalah seluruh warga Negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Jumlah responden sebanyak 1.220 orang, yang dipilih secara random. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang dilatih. Satu pewawancara bertugas untuk satu desa/kelurahan yang terdiri dari 10 responden. Margin of error survei ini 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada bagian lain survei, SMRC menggambarkan tingkat kepuasan rakyat ke kinerja Jokowi tergolong rendah. Dengan kondisi tersebut, apakah para pemilih Jokowi menyesali pilihannya? Berikut hasil surveinya:

87,9% Pemilih Jokowi tidak menyesali pilihannya
11% Pemilih Jokowi menyesali pilihannya
1,1% Pemilih Jokowi tidak tahu
Hasil survei ini dibarengi dengan keyakinan para pemilih Jokowi bahwa Presiden pilihannya masih bisa memperbaiki keadaan. Berikut hasil surveinya:(dtn)

5,6% Sangat yakin Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
49,3% Cukup yakin Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
33,8% Kurang yakin Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
4,1% Tidak yakin sama sekali Jokowi bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik
7,2% Tidak tahu
caption-here..

Kesalahan Fatal, DPR Salah Tulis 'Marsekal Moeldoko'

 Kesalahan Fatal, DPR Salah Tulis Marsekal Moeldoko
 Jenderal MoeldokoFoto: Lamhot Aritonang 

Jakarta - Merupakan kesalahan fatal DPR RI salah menuliskan pangkat Panglima TNI Jenderal Moeldoko menjadi marsekal. Kecerobohan itu tidak bisa dianggap sepele sebab sangat mendasar dan cukup memalukan serta menurunkan kredibilitas DPR RI sebagai lembaga tinggi negara
"Selama DPR RI berdiri, sudah sangat sering pihak Sekretariat DPR RI membuat surat yang terkait dengan pejabat yang berlatar belakang militer. Biasanya di depan namanya ditulis lengkap dengan pangkatnya. Sehingga ironis sekali sampai terjadi kesalahan penulisan pangkat Pak Moeldoko. Itu menunjukkan kerja yang tidak profesional, asal-asalan, dan tidak berkualitas," ujar pakar komunikasi Aqua Dwipayana saat diminta tanggapannya tentang hal ini pada Sabtu (12/6/2015).

Selama ini setiap matra di TNI, penulisan pangkat untuk perwira tinggi (pati)-nya berbeda-beda. Untuk TNI AD ditulis Jenderal, TNI AL disebut Laksamana, sedangkan TNI AU adalah Marsekal.

Biasanya, lanjut Aqua yang mantan wartawan harian Bisnis Indonesia dan Jawa Pos, para pati tersebut sangat keberatan jika ditulis atau disebut dengan panggilan yang berbeda dengan latar belakang matranya. Misalnya dari TNI AD ditulis atau dipanggil dengan Marsekal seperti yang dialami Moeldoko.

"Kalau hal itu ditanyakan ke Pak Moeldoko, saya yakin beliau pasti keberatan sekali. Sebab sekitar 34 tahun bertugas di TNI, beliau sekalipun tidak pernah menyandang pangkat Marsekal," tambah Aqua.

Seperti diberitakan DPR RI salah menuliskan pangkat Panglima TNI Jenderal Moeldoko menjadi marsekal. Mabes TNI pun menyatakan pangkat menunjukkan kesatuan sehingga jika terjadi kesalahan akan memiliki makna yang berbeda.

"Pangkat itu kan menunjukkan kesatuan. Marsekal untuk AU, laksamana untuk AL, jenderal untuk AD," ungkap Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya saat dikonfirmasi, Sabtu (11/7/2015).

Kesalahan penulisan tersebut tercantum di surat Keputusan DPR tentang persetujuan DPR terhadap pemberhentian dan pengangkatan panglima TNI yang ditandatangani oleh Ketua DPR Setya Novanto pada 3 Juli 2014 lalu. Surat yang beredar di media sosial itu akhirnya tidak jadi dikirim ke Presiden Joko Widodo dan yang dikirim adalah versi surat yang telah dikoreksi dengan pangkat yang benar.

Menurut Fuad, jika surat tersebut jadi digunakan, maka seharusnya tidak dapat berlaku. Pasalnya keterangan subyek yang dimaksud (Marsekal Moeldoko) tidak ada di TNI.

"Salahlah, karena berbeda. Larinya jadi jauh, kalau kayak gitu berarti (suratnya) nggak berlaku. Mana ada Marsekal Moeldoko," tutur Fuad.

Meski demikian, TNI disebut Fuad tak ingin meributkan mengenai kekeliruan tersebut. Apalagi surat yang dipermasalahkan pun tidak jadi digunakan atau menjadi acuan resmi.

"Kami nggak mempersoalkannya, toh nggak jadi dipakai juga kan," kata jenderal bintang 2 itu.

Kesalahan penulisan pangkat Jenderal Moeldoko itu diakui oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Namun dia memastikan tulisan 'marsekal' di surat keputusan tersebut sudah dikoreksi.

"Itu memang ada kesalahan, tapi udah dikoreksi. Yang dikirim ke presiden yang benar. Surat yang ke presiden sudah benar. Dia (sekjen) sudah cek, memang ada salah, tapi tidak sempat dikirim ke presiden," terang Fadli saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (10/7).

Adapun petikan surat yang mencantumkan kesalahan penulisan pangkat Jenderal Moeldoko berbunyi:

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia memberikan persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia Sebagai berikut:

1. Menyetujui Pemberhentian Marsekal TNI Moeldoko, S IP dari jabatan sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia.
2. Menyetujui Pengangkatan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Seperti diketahui, Moeldoko adalah jenderal bintang 4 lulusan terbaik Akabri angkatan 1981 yang sebentar lagi memasuki masa pensiun. Ia digantikan oleh Jenderal Gatot Nurmantyo yang baru saja dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada Rabu (8/7) lalu. Namun karena serah terima jabatan belum dilakukan, untuk saat ini komando TNI masih berada di tangan Moeldoko.

Aqua menambahkan pernah memiliki pengalaman dengan Laksamana Ade Supandi yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. Waktu itu Ade masih menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut di Surabaya, Jawa Timur dengan pangkat Laksamana Muda.

"Ketika kami ngobrol santai lewat telp, saya beberapa kali menjawab ucapan Pak Ade dengan mengatakan "Siap jenderal". Mendengar itu, beliau dengan nada agar serius langsung mengoreksi dengan mengatakan di TNI AL tidak ada jenderal. Adanya Laksamana," ujar Aqua mengenang komunikasinya dengan Ade.

Menurut Aqua, meskipun kesalahan fatal tersebut sudah dikoreksi, harus jadi pelajaran berharga di lingkungan Sekretariat DPR RI, terutama oleh yang mengetik surat dan yang mengoreksinya serta yang menandatanganinya. Jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali.

"Semua kalimat yang ada di setiap surat menunjukkan secara langsung kualitas orang yang menandatangani surat dan lembaganya. Jika terjadi kesalahan fatal seperti yang ada di surat DPR RI yang rencananya ditujukan ke Presiden Joko Widodo, menggambarkan seperti itulah kualitas lembaga tinggi negara tersebut. Ironis sekali," ungkap anggota Tim Pakar Seleksi Menteri detikcom ini.

Belajar dari pengalaman itu, Aqua menyarankan agar semua pihak yang terlibat dalam penulisan seluruh surat di DPR RI, bekerja lebih profesional, cermat, fokus, dan teliti. Jika ragu-ragu terhadap pangkat dan jabatan seseorang yang namanya ditulis dalam surat tersebut, agar menanyakannya langsung ke orang yang bersangkutan atau ke stafnya yang mengetahui hal tersebut.

"Dalam tata krama dan etika surat menyurat, nama seseorang, gelar, dan pangkat merupakan hal yang sangat penting dan vital. Sehingga jangan sampai terjadi kesalahan penulisannya meskipun hanya satu huruf saja. Dampaknya sangat fatal dan menurunkan kredibilitas orang atau lembaga yang mengirimkan surat tersebut. Kesalahan itu menimbulkan kesan tidak peduli dan asal-asalan," pungkas Aqua yang selama ini sangat sensitif pada setiap kesalahan penulisan nama, jabatan, dan pangkat.(dtn) 

Komisi II DPR: Calon Kepala Daerah di 61 Pilkada Miliki Hubungan Keluarga

Jakarta (MPC) - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria menyebut sedikitnya ada 61 daerah di mana calon kepada daerahnya memiliki hubungan keluarga. Data tersebut berdasarkan laporan selama 10 tahun terakhir.

"Berdasarkan data di kami, ada 61 daerah yang (calon kepala daerahnya) ada hubungan keluarga. Tidak hanya di Banten. Ada di Jawa, Sulawesi, Sumatera, di mana-mana. Itu pun mungkin sebenarnya lebih banyak angkanya," kata Riza dalam diskusi 'Petahana Petaka Demokrasi' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/7/2015).

"Dia (incumbent) mencari boneka. Incumbent sulit dilawan. Dia punya uang, dia bisa beli suara partai politik, yang ada hubungan keluarga (dengan incumbent) nunggu lah 5 tahun, kan tidak salah," lanjutnya.

Riza meminta aparat penegak hukum bekerja lebih cepat jika melihat adanya indikasi-indikasi korupsi terkait pilkada serentak yang akan digelar Desember 2015.

"Kami meminta kepada aparat penegak hukum, Polri, Jaksa, dan KPK untuk mengambil terobosan-terobosan terkait Pilkada serentak ini, untuk mengambil langkah cepat jika ada indikasi korupsi," jelas Riza. (dtn)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Minggu Kesatu  Juli  2015


 




 
Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda -------------------------------

  KESEHATAN

 

7 Makanan ini ternyata bisa meningkatkan kesuburan

 7 Makanan ini ternyata bisa meningkatkan kesuburan

 iIlustrasi bayi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

 Apakah Anda dan pasangan mulai berpikir untuk memiliki bayi? Pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang Anda untuk memiliki anak. Dan meskipun makan banyak buah-buahan dan sayuran adalah kunci untuk meningkatkan kesuburan, para ahli mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang ternyata juga bisa meningkatkan kualitas sel telur dan juga membantu mengoptimalkan fungsi hormon. Nah, berikut adalah tujuh makanan yang ternyata bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita, seperti dilansir Fox News.

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang merupakan sumber yang sangat baik dari mineral dan salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan usus dan mempromosikan pencernaan.

"Ketika sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik, metabolisme Anda akan bekerja dengan benar dan seluruh tubuh Anda dapat berfungsi lebih optimal, termasuk hormon Anda," kata Emily Bartlett, seorang ahli akupunktur yang mengkhususkan diri dalam kesuburan di Los Angeles, California.

2. Telur

Telur mengandung vitamin dan mineral, antioksidan, lemak jenuh, kolesterol, asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang penting bagi kesuburan. Terlebih lagi, kolin yang terkandung dalam telur sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf dan membantu perkembangan otak bayi selama kehamilan.

"Ketika Anda makan telur, Anda benar-benar mendapatkan nutrisi dari seluruh hewan," jelas Bartlett. Namun, pastikan bahwa Anda memilih telur ayam kampung atau organik karena itu tidak mengandung bahan kimia.

3. Minyak kelapa

Jika Anda vegetarian, minyak kelapa adalah salah satu sumber nabati terbaik dari lemak jenuh. Asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa juga cepat diserap ke dalam tubuh, sehingga Anda bisa mendapatkan energi dengan cepat.

4. Tiram

Tiram kaya akan seng, selenium, dan vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A dan D) yang merupakan kunci untuk kesuburan.

5. Butter

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa butter bagus untuk kesuburan. Namun pilihlah butter yang memiliki kualitas baik. Butter dengan kualitas baik mengandung banyak vitamin yang larut dalam lemak A, E, D, K dan vitamin K2. Vitamin K2 tidak hanya membantu tubuh untuk menggunakan kalsium, tetapi juga penting untuk metabolisme, yang terkait dengan konsepsi, perkembangan bayi dan kesehatan wanita selama dan setelah kehamilan.

6. Hati

Makan hati dapat membantu kesuburan karena Anda akan mendapatkan banyak vitamin A. "Hati adalah sumber vitamin A tertinggi yang ditemukan pada hewan," kata Bartlett. diproses.

7. Kacang-kacangan

Asam folat sudah terbukti dapat mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida dan juga dapat membantu kesuburan. Anda juga bisa makan kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, asparagus, alpukat, dan jeruk untuk mendapatkan folat.

Inilah tujuh makanan yang ternyata bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Bagi Anda yang sedang memprogram kehamilan, Anda bisa mengonsumsi makanan di atas untuk mempromosikan kesuburan Anda dan pasangan.(mc)

Ini alasan kenapa sebaiknya makan kurma saat hamil

 Ini alasan kenapa sebaiknya makan kurma saat hamil

ilusstrasi kurma. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/al1962

Merdeka.com - Kurma adalah buah lezat yang kaya nutrisi dan juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Bagi Anda yang sedang hamil, berikut adalah alasan kenapa Anda perlu makan kurma saat hamil, seperti dilansir Livestrong.

1. Tinggi kalori kaya nutrisi

Ibu hamil perlu makan sekitar 300 kalori per hari untuk mendukung kehamilan mereka. Alih-alih memilih makanan berkalori tinggi namun rendah nutrisi, ibu hamil harus memilih makanan padat nutrisi seperti kurma, yang juga menyediakan banyak vitamin dan mineral bersama dengan kalori yang mereka butuhkan selama kehamilan.

2. Kalium

Kurma juga mengandung banyak kalium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh karena volume darah akan meningkat selama kehamilan.

3. Kalsium

Kurma juga mengandung banyak kalsium yang bisa mendukung pertumbuhan tulang janin.

4. Zat besi

Kandungan zat besi yang ditemukan pada kurma juga dapat mencegah anemia, serta mencegah ibu hamil menjadi terlalu lelah.

5. Mineral penting

Kurma juga kaya akan niacin, folat, B-6, vitamin asam pantotenat, seng, mangan dan magnesium.

6. Kaya serat

Asupan serat yang cukup dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan seperti sembelit dan wasir. Mengonsumsi makanan tinggi serat pada awal kehamilan dapat mengurangi risiko preeklampsia menjelang akhir kehamilan, menurut sebuah studi yang dilakukan pada bulan Agustus 2008 - yang telah diterbitkan dalam American Journal of Hypertension.

Inilah beberapa manfaat makan kurma saat hamil. So, tunggu apalagi ladies? Anda bisa menyajikan kurma sebagai camilan sehat saat bersantai.(mc)





































0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda