MADYA POS.COM

Minggu, 23 Februari 2014

Rp.5,52 Miliar Dugaan Korupsi-Perkara Akta-KrisisListrik

 
Rp.5,52 Miliar  Negara Dirugikan  dari  Praktek Penyalahgunaan  Bahan  Bakar Solar di Dinas Kebersihan Pemko Medan

*Diminta kepada Plt Walikota Medan, Dzulmi Eldin Tidak Tutup Mata
* Kejari Medan, Tetapkan Tiga Orang  Tersangkanya, Menyusul yang Lain

Medan (mp.c)
Kinerja Dinas Kebersihan  Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan)  dinilai sejumlah warga Medan sangat gobrok dan  tak maksimal, terbukti Dinas ini diduga melakukan tindak pidana korupsi, sehingga negara dirugikan  sebesar  kurang lebih, Rp. 5,52 miliar.

Kerugian negara berasal dari adanya praktek penggelapan bahan bakar solar yang diperkirakan  diselewengkan 1 juta liter dengan modus menukarkan Voucher –voucher kepada rekanan SPBU di Kawasan Jalan Kasuari Medan

Yang seyogianya voucher itu ditukarkan kepapa bahan bakar minyak solar untuk transport angkutan sampah sampai ke tujuannya pada saat dan jadwal yang ditentukan pada setiap harinya, namun voucher-voucher itu  ternyata ditukarkan  oleh sejumlah supir truk itu dengan sejumlah uang, seperti harga voucher 1 liter Rp.3.900 per liter(saat harga solar Rp.4.500) dan Rp.4.800 per liter (saat harga solar Rp.5.500 per liter)

Demikian data yang diperoleh, s kasus ini perlu diusut tuntas, jika pelakunya  sudah tersangka ,maka seret ke pengadilan” ujar Hotman , warga Medan  (23/2)  kepada Wartawan   Minggu (23/2)

Dikatakan, praktek dugaan tindak pidana  korupsi itu, diminta Plt. Walikota Medan,  Dzulmi Eldin tidak tutup mata, karena  jangan ada warga Medan, beranggapan, bahwa, Eldin bekerjasama dengan  Oknum Dinas Kebersihan.

Sementara itu Ketua DPP LSM  Opas Indonesia,  Buyung Amin Nasution, menyerukan segera adili dan tangkap pelaku yang merugikan negara dari Dinas Kebersihan Pemko Medan, sebab  Kota Medan tidak diinginkan dijuluki kota sampah dan tidak nyaman karena banyaknya tumpukan-tumpukan sampah, mengakibatkan  udara kurang sehat, sehingga udara menimbulkan virus dan penyakit.

Padahal pos untuk anggaran yang disediakan Pemko Medan  untuk Dinas Kebersihan cukup signifikan, namun sejumlah oknum melakukan tindakan pidana korupsi, seperti jatah  Voucher yang diberikan tetapi disalahgunakan. Dari data dan investigasi yang dilakukan pihak LSM Opas Indonesia, terkait dugaan kasus tindakan pidana ini, maka tidak tertutup kemungkinan  ada kerjasama antara atasan dengan bawahan, terbukti kasus ini mencuat kepermukaan, sehingga kini masyarakat  kaget, rupanya minyak solar pun  juga dimainkan .

Kejaksaan Negeri   (Kejari)  Medan  melalui Kepala Seksi Pidana Khusus  (Pidsus) Jufri Nasution   mengungkapkan, terkait  dugaan korupsi di Dinas Kebersihan Pemko  Medan, sampai ini sudah tiga orang  dijadikan sebagai tersangka, yaitu, AM, AD dan seorang rekanan  Dinas kebersihan  berinisial E, Pemilik SPBU.

Ketiga sudah kita jadikan sebagai tersangka, dengan dasar juga atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan Sumut, faktanya menyebutkan bahwa tidak semua voucher-voucher yang diberikan kepada supir angkut  ditukar dengan minyak solar, namun mereka menukarkan voucher-voucher itu dengan uang.

Padahal kalau mereka tidak menukarkannya dengan uang, maka angkutan dapat berjalan satu hari dua kali pengangkutan, namun  yang diangkut hanya satu kali saja, dengan itu, sampah-sampah tidak terangkut mengakibatkan Medan kurang bersih dan tidak nyaman dari kotoran-kotoran sampah, dan itudapat mengakibatkan penyakit bagi warga Medan.

Dikatakan, sebenarnya anggaran pos untuk bahan bakar minyak solar  Dinas Kebersihan  cukup signifikan, dari anggaran tahun 2013 dana pembelian bahan bakar untuk kenderaan operasional kurang lebih Rp. 9 miliar

Dari anggaran yang ada, pihak Dinas kebersihan  membagikan voucher-voucher kepada supir angkutan truk  sampah lewat Koordinator di kecamatan-/perwakilan, lantas para supir akan menukarkan voucher-voucher itu ke SPBU, namun dari hasil temuan, bahwa voucher-voucher tersebut tidak semua ditukarkan dengan bahan bakar minyak solar, tetapi digantikan dengan uang. “ kasus ini sudah telak “,ujarnya  (01.nn)  
 
 
Dispenda Medan, Bertekad Mengenjot Pajak, Hingga Over Target
Medan (mp.c)
Kepala Dinas Pendapatan Pemerintah Kota Medan (Pemkot) Medan, M. Husni menyatakan, prediksi ,Target pajak tahun 2013 sama dengan Tahun anggaran 2014 yaitu sebesar Rp. 1,2 triliun. Kinerja Dispenda Pemkot medan bertekad  berupaya dalam mengejar target yang diberikan, akan mengenjot PAD  TA 2014  dengan  maksimal,demikian sumber menyebutkan   baru-baru ini.
Namun, dalam upaya mengejar target PAD dalam Tahun 2014, juga diharapkan partisipasi dan kesadaran wajib pajak untuk melunasi dari tunggakan-tunggakan yang ada selama ini.
Dengan pelunasan wajib pajak dari  sisa tunggakan ke Kas Pemerintah Kota Medan, diyakini, bahwa  PAD Tahun 2014 menjadi over target. Dengan demikian dampak pembangunan dari beberapa sektor, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan  sektor lainnya akan memberikan tingkat kesejahteraan bagi warga Medan.
Sementara itu, menurut data dan sumber Madya Pos.com bahwa  ada dari pajak yang sudah memenuhi  over target yakni, dari , Pajak Air Tanah mencapai  106 persen dari target Rp. 7,5 miliar Dan Pajak  Penerangan Lampu Jalan (PPJ)mencapai  ,100,5 persen dari target Rp. 148 miliar, kemudian dari sejumlah Pajak lainnya, akan diupayakan memenuhi target, sesuai harapan Plt Walikota Medan, Drs.H. Zhulmi Eldin,MM (01.nn) 
 

Bisnis Alat Sadap, Produknya Dijual Bebas

http://images.detik.com/content/2014/02/23/4/153713_sadap2320.jpg Jakarta (mp.c)-Temuan alat sadap di kediaman Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) membuat pertanyaan soal peredaran alat ini. Kenyataannya, alat sadap dijual bebas di masyarakat dan menjadi salah satu bisnis.

Sebut saja seorang penjual alat sadap bernama Anto, ia mengungkapkan alat sadap sampai saat ini dijual bebas. Cara membelinya bisa melalui online maupun lewat telepon dan bisa dikirim ke pembeli. Bagi konsumen yang mau tatap muka bisa langsung datang ke tokonya di kawasan Ciledug, Tangerang.

"Alat sadap? ada ini barangnya," ujar Anto kepada detikFinance, Minggu (23/2/2014).

Anto mengungkapkan, alat sadap yang ukurannya setengah dari ukuran ponsel pada umumnya ini mudah didapatkan di toko-toko elektronika.

"Di jual bebas, tidak ada yang dilarang. Mungkin penggunaannya saja untuk apa, karena menyangkut privasi seseorang," ucap Anto.

Anto menambahkan, alat sadap yang di jualnya bebasis GSM. Jadi selama ada sinyal GSM maka alat sadap itu dapat berfungsi mendengar percakapan dalam satu ruangan. Si pihak penyadap bisa memantau percakapan seseorang di lokasi lain atau dari jarak jauh.

"Alat sadapnya berbasis sinyal GSM, jadi ada kartu GSM yang ditanamkan di alat sadap ini. Menggunakan baterai lithium bisa di-charge ulang yang dapat bertahan selama 10 hari," katanya
 Ia mengatakan cara penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Si penyadap bisa melakukan dengan alat bantu telepon seluler (ponsel).

"Alat sadap ini bisa diletakkan di bawah kursi sofa atau di bawah jok mobil, dan sangat mudah menggunakannya. Tinggal telepon saja ke nomor telepon yang ada di alat sadap, alat sadapnya sendiri tidak akan mengeluarkan suara, ketika ditelepon ke nomor yang ada di alat sadap otomatis dari kejauhan kita bisa mendengar setiap percakapan di ruangan yang diletakkan alat sadap ini," katanya.
Harga alat sadap yang ia jual hanya Rp 600.000 per rangkaian. Produk ini diimpor langsung dari Taiwan.

Anto mengungkapkan, alat sadap dengan harga Rp 600.000 tersebut sudah dapat mampu mendengar percakapan orang yang disadap dalam jarak jauh.

"Bahkan kita bisa dengar percakapan orang walau kita ada di luar negeri sekalipun," ucapnya.(dtn)
 
 Perkara Akta Autentik PT RMP Dihentikan
·                   Pengeluaran SP3, Karena Tidak ditemukan Unsur Pidananya
Medan, (mp.c)
Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Dir.Reskrimum) Polisi Sumatera  Utama (Polda Sumut) Kombes Pol Dedy Irianto, menyatakan, Penanganan kasus perkara dugaan pemalsuan akta autentik PT.Rizkina Mandiri Perdana  (RMP)  dihentikan, karena kasus ini diyakini penyidik  bahwa  bukan ranah pidana seperti yang disangkakan

Maka dengan itu,  lanjut  Dedy  pihaknya  mengeluarkan   Surat Perintah Penghentian Penyidikan  (SP3) terhadap perkara ini. “  Jadi  Pengeluaran SP3 ini diminta kepada pihak –pihak  jangan berpikir macam-macam .

Sebab kasus ini sudah dibuktikan  beberapa waktu lalu, bahwa  tidak ditemukan  adanya unsur tindak pidana” jelas Dedy Irianto yang turut didampingi Kabid Humas Kombes Pol Heru Prakoso, kepada wartawan,  Polda sumut menghentikan Penanganan  terkait perkara ini Sabtu (22/2). Demikian sumber menyebutkan.

Dikatakan, dasar Penandatanganan  SP3 ini juga diperkuat dengan  membuktikan bahwa, hasil  audit dari akademisi Dr. Robintan Sulaiman SH  MH MA MM dan patner menyebutkan, bahwa kasus ini tidak ditemukan adanya unsur  tindak pidana

Perlu diketahui pihaknya dalam  menjalankan perkara ini tetap mengacu kepada koredor hukum dan ketentuannya,  dan  tidak ada menerima uang baik dari terlapor Ivan Batubara  maupun pengacaranya .

Kemudian pun dalam menjalankan proses hukum terkait perkara pemalsuan Akta Autentik PT RMP, pihaknya tidak mempunyai niat untuk memperlambat –lambat kasus ini,  semuanya dibuktikan dengan dasar dan hasil audit yang kuat, (r.01.nn)   
 
Ucapan Selamat & Sukses
Atas Pelantikan
 
dr.H. Indra Salahuddin
Sebagai  Sekdakab Langkat
Yang Dilantik Oleh Bupati Langkat,
H. Ngogesa Sitepu,SH
Rabu, 18-2-2014
Semoga Sukses & Jaya dalam Mengemban  Tugas
Dari
Groub Surat kabar  Madya Pos
Pemimpin Umum/Pem.redaksi
Media Online
MADYA POS.COM

Nasran Nasution
 
 MINGGU  KETIGA  PEBRUARI  2014




Dengan Membayar PKB Dan
 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin

 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda   
 
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 

Krisis Listrik Sumatera, Dahlan Minta Petinggi PLN Tinggal di Medan

http://images.detik.com/content/2014/02/23/1034/151532_dahlan3202.jpg Jakarta (mp.c)-Krisis listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) belum berakhir. Hal ini membuat Menteri BUMN Dahlan Iskan geram dan mendesak direksi PLN terjun langsung ke lapangan untuk merasakan dan menyelesaikan masalah pemadaman listrik bergilir di sana.

"Saya, Dahlan Iskan, Menteri BUMN, minta salah satu direktur PLN untuk tinggal di Medan sampai persoalan listrik di Medan teratasi. Kalau semua direksi PLN tinggal di Jakarta tidak akan bisa merasakan apa yang dirasakan masyarakat Medan 10 hari terakhir," katanya kepada detikFinance, Minggu (23/2/2014)

Dahlan mengatakan kekurangan listrik itu terjadi saat tiba-tiba masyarakat sekitar Kualanamu, Sumatera Utara minta pembangkit listrik 30 MW dimatikan alias tidak boleh dijalankan. Kondisi ini diperparah karena satu pembangkit di Belawan juga dalam perawatan yang baru selesai dua minggu lagi.

Namun Dahlan tak menjelasakan kenapa masyarakat meminta mematikan pembangkit listrik di Kualanamu, memang sempat ada kabar, PLN lebih memprioritaskan pasokan listrik ke Bandara Kualanamu. Pihak Humas PLN akan segera memberikan pernyataan resmi soal masalah ini.

"Saya minta direksi PLN menyelesaikan ini dengan masyarakat sekitar," seru Dahlan.(dtf)
 
PTPN III dan SPBUN Tanda Tangani
 Perjanjian Kerja Bersama
Medan (mp.c)
Pada tanggal 12  Pebruari 2014 di AULA Sawit Kantor Direksi PTPN III Jalan Sei. Batanghari Medan, PT.Perkebunan Nusantara III melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja bersamayang dilakukan antara pihak manajemen dan pengurus teras serikat pekerja perusahaan. Penandatanganan ini merupakan hasil kesepakatan perundingan yang dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2014 lalu di Bandung
Penandatanganan PKB selalu diperbaharui dalam dua tahun sekali  untuk memastikan tingkat aspirasi Karyawan dan perubahan-perubahan lain yang  terjadi terkait aturan pemerintah yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan perusahaan
Dalam acara pengesahan penandatanganan PKB tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Sumatera Utara, Bukit Tambunan. Ia mengatakan bahwa penandatanganan PKB adalah keharusan bagi kedua belah pihak yang saling membutuhkan demi tercapainya tujuan bersama antara pemberi kerja dan penerima kerja
Bagas Angkasa Direktur Utama PTPN III kesempatan yang sama berharap agar SPBUN sebagai kesatuan organisasi serikat pekerja yang ada di PTPN III dapat bekerja sama, saling bahu membahu dan mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif  bagi kelangsungan bisnis perusahaan.Ia sangat apresiatif  terhadap upaya-upaya positif yang dilakukan oleh SPBUN selama ini.
Mailanta Bangun, ketua umum SPBUN  PTPN III mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas perhatian dan kerjasama manajemen terhadap aspirasi seluruh karyawan yang dalam perjanjian   PKB tahun ini semakin aspiratif. Ia pun berjanji bersama-sama dengan seluruh pengurus di tingkat perusahaan dan basis-basis yang tersebar di seluruh unit/kebun/distrik PTPN III akan komit dan bekerja keras mendukung target kinerja yang telah ditetapkan perusahaan (rel.01)   
 
 

Duet dengan JK di Pilpres? Ini Jawaban Jokowi

  Jakarta(mp.c) - Hasil survei Pusat Data Bersatu (PDB) mengatakan bahwa Jokowi-JK diperkirakan akan menjadi pasangan capres dan cawapres paling top. Apa kata Jokowi?

"Kamu tanya sama Pak JK," kata Jokowi usai makan siang di Rumah Makan Bebek Ginyo, Tebet, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2014).

Saat ditanyai lebih lanjut, pria Solo ini hanya tertawa. Sekali lagi Jokowi mengaku dirinya saat ini sedang sibuk memperbaiki jalan berlubang akibat banjir di Jakarta.

Lalu apa hubungannya jalan berlubang dengan JK?

"Lho itu urusannya PU," lanjutnya.

Menurut survei ini, lektabilitas pasangan capres dan cawapres pilihan ialah Jokowi-Jusuf Kalla dengan 22,3 persen. Diikuti Prabowo Subianto- Hatta Rajasa 10,2 persen.(dtn)
 

PBB: Mampukah Jokowi Menjawab Persoalan Bangsa?

Jakarta (mp.c)- Gubernur DKI Jakarta Jokowi memuncaki survei capres saat ini. Namun masih ada kalangan yang meragukan kapasitas Jokowi menjawab persoalan bangsa.

Pada 2004, SBY juga telah diisukan media sebagai tokoh potensial sebelum akhirnya menjadi Presiden. Ini karena SBY dipandang sebagai sosok yang memenuhi 'selera Nusantara'. Namun kekecewaan kemudian muncul seiring berjalannya waktu.

Maka, menurut Partai Bulan Bintang, yang terpenting bukanlah tokoh 'selera Nusantara' seperti Jokowi saat ini, melainkan yang terpenting adalah tokoh yang berkompeten menjawab permasalahan bangsa.

"Apakah Jokowi bisa menjawab permasalahan bangsa lima hingga 10 tahun ke depan? Kita menginginkan presiden yang punya kompetensi hingga lima sampai 10 tahun mendatang, bukan hanya presiden selera Nusantara," kata Ketua DPP PBB Sukmo Harsono di Hotel Whizz, Jl Cikini Raya, Jakarta, Minggu (23/2/2014).

Pencapresan Jokowi, menurut Sukmo, juga belum jelas. Pencapresan Jokowi, menurut Sukmo tergantung dua hal penting. "Selain (presiden 2014) tergantung media, juga tergantung Ibu Mega. Kalau Ibu Mega tidak mau Jokowi jadi presiden, belum tentu ada parpol yang bisa mencalonkan dia," ujar Sukmo.(dtn)

 

 Begini Caranya Ajarkan Anak Supaya Mau Menabung

http://images.detik.com/content/2014/02/22/5/141318_uangtumpuk.jpg Jakarta (mp.c)-Kebiasaan menabung adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan kepada anak dengan usia sedini mungkin. Vice President Consumer Business Group Head CIMB Niaga, Sukiwan memberikan tips untuk mengajarkan anak menabung.

Menurut Sukiwan, untuk mengajarkan anak menabung harus ada edukasi terus-menerus. Caranya adalah dengan memberikan penjelasan kepada anak bahwa menabung itu menyenangkan selain itu dengan menabung maka akan mendapat banyak keuntungan.

"Cara yang paling efektif adalah harus dilihat benefit yang dia dapat ketika dia menabung. Contohnya kalau anak itu dibiasakan menabung ke bank atau kemana aja ada saatnya tertentu mereka mendapatkan sesuatu, karena uang itu tidak berharga buat mereka," katanya saat ditemui di acara Festival Fantasi Junior, Ciputra World, Jakarta (22/2/2014).

Dalam mengajarkan anak menabung, menurut Sukiwan, yang paling penting bukan jumlah tabungan yang terkumpul, namun ajarkan bahwa dengan menabung maka kita bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

"Uang itu tidak ada artinya buat mereka saat ini. Yang mereka mengerti saat ini uang ini bisa untuk membeli hadiah yang dia inginkan terlepas cukup atau tidak itu masalah belakang," imbuh sukiwan.

Lebih lanjut, Sukiwan mengatakan bahwa untuk menabung itu bisa diajarkan dari anak dengan usia 3 tahun. Karena pada usia tersebut anak sudah mulai mengerti tentang angka.

"Menabung itu bisa dimulai dari umur 3, di mana di umur 3 itu secara nalar anak-anak sudah mengerti tentang angka, hanya nabungnya itu nggak harus ke bank. Yang penting adalah mengajarkan mereka sesuatu yang disimpan itu akan baik untuk dia," pungkasnya.(dtf)

SELEBRITIS
 

Alyssa Soebandono Resmi Dilamar Dude Herlino

http://images.detik.com/content/2014/02/23/230/aldu3dlm.jpg  Jakarta - Hubungan percintaan antara pasangan selebriti Dude Herlino dan Alyssa Soebandono memasuki tahap baru. Dikabarkan segera menikah, Dude pun sudah resmi melamar Alyssa.

Hal itu disampaikan Alyssa saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (23/2/2014). Dude dan keluarganya mendatangi kediaman pesinetron berusia 22 tahun itu di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.00 WIB.

"Dalam rangka lamaran dan pertemuan keluarga. Sekarang acaranya sudah selesai," ucap Alyssa.

Setelah pertemuan itu, kedua pihak sudah sepakat menentukan tanggal pernikahan. Namun pemain sinetron 'Pengantin Remaja' itu belum bersedia membagi kabar tersebut.

"Untuk sementara saya baru bisa bicara soal lamaran. Kalau masalah tanggal nanti akan kita sampaikan lagi," tambahnya seraya berusaha mengakhiri pembicaraan.

Kabarnya, Dude dan Alyssa akan menikah di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada 22 Maret mendatang. Pasangan yang terpaut usia 11 tahun itu memang cukup tertutup jika menyinggung hal pribadi. Keduanya dikabarkan mulai pacaran sejak 2013.(dth)

Makan Siang Romantis ala Kim Kardashian dan Kanye West

 
http://images.detik.com/content/2014/02/23/230/dalamkimnyc.jpg Jakarta - Pasangan Kim Kardashian dan Kanye West tertangkap kamera tengah menikmati hari bersama di kota New York, Amerika Serikat.

Ini dalam rangka perayaan ulang tahun ayah Kim, Robert Kardashian. Pada akhir pekan yang cerah, dua sejoli ini tampak berjalan santai di Big Apple.

Mereka juga menghabiskan waktu dengan menikmati makan siang bersama. Dalam acara romantis ini, Kim tampak mengenakan cincin pertunangannya yang sangat mencolok.

Ia juga memakai sebuah coat panjang dan dress berwarna krem buatan rumah mode Celine. Sebelum memulai jalan-jalan seru di sini, Kim juga sempat mempos foto di akun Instagram-nya.

Di hari ulang tahun ayahnya, ia juga menampilkan fotonya bersama sang ayah, ketika Kim masih balita. Manis sekali, ini ia lengkapi dengan caption ucapan ulang tahun.

"Selamat ulang tahun ayah! Aku tidak percaya hari ini kamu berusia 70 tahun! Pasti ayah di sana tengah memakan kue buatan Ralph! Aku rindu dan mencintaimu!" Kata Kim dilansir E! News (23/02/2014).(dth)

KESEHATAN

Tips Menjaga Kadar Gula Darah

Tips Menjaga Kadar Gula Darah
-
Memonitor tingkat gula darah umumnya sama seperti mengamati berat badan. Pola makan yang buruk, stress, kurang olahraga dan kelebihan berat badan dapat menjadi faktor utama timbulnya gangguan kadar gula darah. Berikt cara alami menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.
  • Memeriksa kesehatan secara rutin. Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, mengalami kelebihan berat badan atau memiliki kecenderungan glukosa darah yang berfluktuasi, sebaiknya periksa gula darah setiap 6 bulan. Ini akan akan membantu memonitor kadar gula darah Anda dan mengambil langkah-langkah yang tepat, dengan pola makan sehat serta olahraga.
  • Mengelola berat badan. Menjaga berat badan yang optimal, sangat kondusif bagi kesehatan. Jika Anda kelebihan berat badan, hindari makanan berkalori tinggi seperti kue, permen, kripik. Sebaliknya, konsumsi makanan kecil yang sehat di antara waktu makan, seperti wortel, mentimun, yogurt rendah lemak, salad hijau dan buah-buahan. Kuramgi minuman soda ganti dengan air atau teh hijau.
  • Rutin berolahraga. Latihan berperan penting dalam mendukung konversi alami glukosa menjadi energi dalam tubuh sehingga menjadi lebih aktif. Pilih tangga daripada lift atau eskalator, jogging di rumah sambil nonton TV atau jalan cepat 30 menit sedikitnya lima kali seminggu dapat membantu menjaga sirkulasi darah tetap baik.
  • Cukupi asupan nutrisi. Nutrisi berpengaruh besar terhadap kadar gula darah. Pertama, mulailah makan lebih sering 5-6x sehari dengan 3x makan utama diselingi 2-3x snack di antara waktu makan, pola makan ini akan menjaga kestabilan gula darah. Lalu makanlah berbagai makanan berwarna (Hijau, merah, oranye terang dan ungu), setiap warna makanan memiliki gizi yang baik berbeda. Makanlah gandum dan olahannya, seperti beras merah, sereal dan roti gandum yang tinggi serat sehingga menjaga kadar gula tetap sehat.
Dukungan gizi melalui suplemen juga bisa menjadi pilihan. Salah satunya, suplemen Chromium Picolinate yang akan membantu metabolisme karbohidrat dan meningkatkan efektifitas insulin untuk mencerna gula, yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes dan yang menjalani program penurunan berat badan.
(int)
 
 



 
 
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda