MADYA POS.COM

Sabtu, 19 Maret 2016

REVISI UU PILKADA- SEKDA BUKA WORKSHOP-IM2-N3

19-3-2016
 

Lima tahanan kabur dari Lapas Paledang masih berkeliaran


Medan (mpc)- Lima dari tujuh warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Paledang Kabupaten Bogor masih berkeliaran bebas. Adapun dua lainnya sudah diamankan beberapa hari usai pelarian pada Minggu 13 Maret lalu.

Lima terpidana itu masih terus dalam buruan petugas. Mereka inisial A alias Amir bin Sanusi (36) warga Kampung Munjul RT 01/05 Kelurahan Kayumanis Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

IS alias Alex bin Dadang Supratman (28), warga Kampung Kadaung RT 04/01 Desa Rangas Jajar, Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. AM alias Ade bin Dasim, berdomisili di jalan Pasar Minggu Gang Rajawali RT 03/02 Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

S bin Musa, tinggal di Kampung Nanggung RT 07/03 Desa Tegal wangi Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. C alias Tata bin Dada Supanda, warga Kampung Gunung Menis Desa Pengabon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Sampai saat ini belum ada kabar baru dari kepolisian. Masih dalam pencarian, tetap melibatkan kepolisian setempat," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Jawa Barat Agus Toyib, Sabtu (19/3).

Menurutnya dua tahanan yang kabur yakni Ramli bin Mansur dan Andriansyah bin Saril. Ramli merupakan narapidana kasus 362 KUHP, sedangkan Andri merupakan kasus 351 KUHP.

Untuk diketahui, 7 tahanan Lapas Paledang ini kabur dengan memanfaatkan waktu pos pengawasan yang kosong. Mereka memotong teralis besi sel dan menyiapkan cairan hijau dari cabai untuk keluar. Setelah kabur dari sel mereka menggunakan kain yang dililit seperti tali tambang untuk kabur.(mcp)

Temui Taufik, Yusril terang-terangan ingin jadi cagub Gerindra

Jakarta (mpc)- Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra melanjutkan safari politiknya. Tak cuma menemui 'lawan politiknya' di Pilgub DKI, Ahmad Dhani dan Adhyaksa Dault, Yusril juga menyambangi pengurus Partai Politik. Setelah bertandang ke Partai Keadilan Bangsa (PKB), kini Yusril merapat ke Partai Gerindra.

Yusril menemui Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (19/3).
Dalam pertemuan tersebut, Yusril terang-terangan meminta dukungan untuk maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Jika Gerindra mau mengusungnya, Yusril berjanji patuh pada seluruh mekanisme penjaringan yang dijalankan partai besutan Prabowo Subianto itu.

"Saya akan tunduk mematuhi segala aturan Partai Gerindra. Bila memang ada formulirnya saya akan isi untuk menjadi calon Gubernur dari Gerindra," kata Yusril usai pertemuan dengan DPD Gerindra DKI Jakarta di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (19/3).

Dalam waktu dekat Yusril juga berencana menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Mantan Menteri Kehakiman era SBY ini akan merayu Prabowo agar direstui sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra.

"Hari ini atau besok saya akan bertemu dengan Pak Prabowo, supaya mendapat arahan dari beliau soal Pilkada DKI 2017," ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua DPD Partai Gerindra M Taufik menghormati keinginan Yusril mengikuti penjaringan partainya. Sebab, partainya membuka pintu kepada siapapun. "Yang dilakukan oleh Yusril melakukan komunikasi dengan parpol, langkah tepat," kata Taufik.
Taufik menjelaskan proses penjaringan calon Gubernur DKI Jakarta dari partainya masih panjang. Dimana partainya akan melakukan survei setidaknya dua kali. Sosok yang memiliki elektabilitas tertinggi, dialah yang akan diusung. "Ada survei, dua kali survei bulan Juni," ujarnya.(mcp)

Sekdaprovsu Buka Workshop 3 Renstra PKB Provinsi Sumatera Utara

Medan,(mpc)
Sekdaprovsu H. Hasban Ritonga, SH membuka Workshop 3 Perencanaan Strategis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Provinsi Sumatera Utara, Kamis (10/03/2016) di Hotel Emerald Garden Medan. Acara tersebut dihadiri USAID Prioritas dari Jakarta, Kemendikbud, USAID Prioritas Sumatera Utara, Rektor UNIMED, Rektor UIN SU, Diknas, Bappeda dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya Sekdaprovsu H. Hasban Ritonga, SH mengharapkan agar workshop ini akan mendasain program peningkatan mutu guru-guru kabupaten/kota khususnya provinsi Sumatera Utara. Karena, menurut Hasban seorang guru tidak ada bedanya dengan seorang olahragawan profesional. "Seorang olah ragawan harus senantiasa berlatih agar fiksiknya bugar dan dan keterampilannya terjaga," ujarnya.

Dikatakan tidak ada seorang olahragawan di muka bumi ini yang bisa memenangkan kejuaran tanpa latihan dan persiapan yang serius dan terus menerus. Demikian halnya dengan guru-guru, sebagai tenaga profesional harus senantiasa dilatih dan ditingkatkan keterampilannya untuk menghadapi perubahan zaman yang cepat. "Hanya dengan guru yang luar biasa, akan mampu menghasilkan generasi muda yang hebat dan tangguh. Pelatihan guru akan menjadi gelombang masa depan bagi bangsa Indonesia," ujar Sekdaprovsu.

Tentunya lanjut Sekdaprovsu bahwa peningkatan mutu guru merupakan tugas semua pihak. Pemerintah tidak bisa sendirian melakukan tugas ini. Harus ada kerjasama antar pemangku kepentingan, termasuk dengan lembaga berpengalaman seperti USAID Prioritas. Oleh karenanya pada kesempatan itu Sekdaprovsu mengajak serluruh pihak khususnya pemangku kepentingan memanfaatkan kemitraan untuk memajukan dunia pendidikan di Sumut khususnya melalui peningkatan mutu guru-guru. "Mari kita manfaatkan kemitraan ini dengan sebaik-baiknya demi masa depan anak-anak kita," sebut Sekdaprovsu.

Pada kesempatan itu Sekdaprovsu juga mengatakan agar mampu menghasilkan tenaga kerja yang handal, ada tiga hal yang harus kit benahi di sektor pendidikan yaitu kualitas pendidikan harus ditingkatkan, meningkatkan keterampilan kerja para tamatan sekolah, dan mengurangi ketimpangan kualitas pendidikan antara pedesaan dan perkotaan. "Untuk menjawab tiga tantangan tersebut tidak terlepas dari peran guru-guru yang handal dan terlatih," kata Sekdaprovsu.

Sementara Koordinator USAID Prioritas Agus Marwan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan dan menghasilkan  rencana strategis terkait dengan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan pengembangan guru di kabupaten kota. "Diharapkan perencanaan ini akan sinergi dengan rencana strategis yang dikembangkan di kabupaten/kota," ujar Agus. Dikatakannya bahwa kegiatan yang berlangsung selama 3 hari yaitu mulai tanggal 10 sampai dengan 12 Maret 2016 di Medan.
Tujuan lainnya lanjut Agus Marwan agar program pengembangan kapasitas guru di kabupaten/kota dapat dinerjikan dengan layanan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam hali ini UNIMED an UIN SU.

Dikatakannya kegiatan ini juga mengundang Dinas Pendidikan, Bappeda dan DPRD kabupaten/kota.  Yang merupakan stakeholder kunci untuk pelaksanaan program pengembangan kapasitas guru di kabupaten/kota. "Dengan kerjasama ini kita meyakini kebijakan program pengembangan kapasitas guru ini dapat terlaksana," sebutnya.

Disampaikannya bahwa program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Program ini telah bekerja di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, yaitu: Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai,  Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan. Turut bekerjasama pula dengan dua Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) utama yaitu Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.(dks)

 MINGGU Ke- Ke-dua Maret   2016 




  

Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------

Berkaos Turn Back Crime dan Mengaku Wartawan, Rijal Ditangkap Polisi


Berkaos Turn Back Crime dan Mengaku Wartawan, Rijal Ditangkap Polisi 
Semarang (mpc)- Seorang pria berkaos tulisan "turn back crime" dibekuk anggota resmob Sat Reskrim Polrestabes Semarang yang tergabung dalam Tim Elang, tim yang dibentuk untuk mencegah tindak kejahatan malam. Pria tersebut mengaku sebagai wartawan Trans7 dan bermaksud mengupload fotonya bersama Tim Elang ketika beraksi ke media sosial.

Awalnya, pria tersebut sudah tiga kali mengikuti kegiatan Tim Elang yang berlangsung malam hari. Anggota sebenarnya sudah curiga karena Tim Elang sudah cukup akrab dengan wartawan yang ikut meliput kegiatan mereka.

Hingga pada hari Sabtu (19/3) dini hari tadi ia sengaja dijebak agar mengaku. Pria bernama Rijal Wijaya (23) ditanyai oleh wartawan media cetak, M Radlyz yang sempat dikira Rijal adalah polisi karena perawakannya yang gagah. Rijal kemudian menjawab kalau ia wartawan Trans7 lengkap dengan ID card. Pengakuan itu justru semakin mencurigakan karena polisi tahu siapa wartawan Trans7 di Semarang.

"Kita tentu saja curiga karena kita kenal dekat beberapa wartawan," tandas salah satu pimpinan Tim Elang, Ipda Toni.

Saat ditanya Radlyz, pria itu mengaku tidak mengenal wartawan Trans7 Semarang karena pindahan dari Bandung. Radlyz kemudian berkoordinasi dengan wartawan Trans7, Damar Sinuko untuk mengungkap identitas sebenarnya dari Rijal.

"Dia mengakunya pindahan dari Bandung. Kita koordinasi dan dia ditangkap dini hari jam 01.30," ujar Radlyz.

Ia ditangkap di Jalan Raya Puspanjolo dekat sungai Banjir Kanal Barat Semarang. Saat itu Rijal masih mengenakan jaket merah dan menutupi kaos biru bertuliskan "turn back crime". Damar Sinuko yang dikonfirmasi juga datang dan memang tidak mengenal Rijal. Bahkan ia sempat kelabakan dan menyebutkan beberapa media yang ia akui tempatnya bekerja yaitu National Geographic, bahkan detikcom.

"Terima kasih kepada petugas yang telah bekerjasama mengamankan pelaku. Jika ada masyarakat yang pernah merasa ditipu atau menjadi korban aksi kriminal seseorang yang mengaku wartawan atau media Trans7 dimohon langsung melaporkan diri ke polisi", kata Damar.

Foto: Angling AP

Kepada polisi, Rizal mengaku mendapatkan ID card bertuliskan Trans7 dari orang yang berjualan di depan kantor Trans7 Jakarta. Sedangkan kaos yang dikenakan dibeli di Kauman Kota Semarang tempat penjualan seragam TNI Polri. Di sana Rijal juga membordir tulisan "turn back crime", "Ditreskrimum Polda Jateng", dan tulisan besar "Polisi" di bagian punggung.

"ID card beli tiga bulan lalu di depan kantor Trans7. Kaosnya saya beli sendiri dan bordir di Kauman dekat Johar," aku Rijal ketika ditanya polisi.

Rijal memiliki KTP Jakarta namun berasal dari daerah Siwalan, Gayamsari, Semarang. Pria lulusan SMP ini mengaku bercita-cita ingin menjadi polisi, dan aksi-aksinya bersama Tim Elang memang sengaja akan diupload di media sosial.

Saat didalami maksud tujuannya mengaku sebagai wartawan, ternyata sebenarnya ia ingin gagah-gagahan lewat media sosial agar dikira polisi oleh teman-temannya. Profesi sebenarnya Rijal adalah pekerja service AC.

"Ya biar dikira polisi," ujarnya.

Saat ini Rijal masih didalami keterangannya di Sat Reskrim Polrestabes Semarang. Dikhawatirkan aksinya itu digunakan sebagai salah satu modus kejahatan penipuan atau pidana lainnya.

"Kaos kami sita karena itu atribut polisi karena ada tulisan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng dan tulisan polisinya," jelas Toni. (dtn)

 

DPR yakin revisi UU Pilkada selesai hanya sebulan, Mei sudah berlaku


Jakarta (mpc) - Komisi II DPR menargetkan pembahasan revisi Undang-Undang Pilkada mulai dari tanggal 5 April hingga 30 April 2016. Dengan begitu, diharapkan revisi UU Pilkada ini dapat disahkan menjadi UU dan digunakan sebagai payung hukum baru pada Pilkada serentak 2017.

"Bisa digunakan per satu Mei nanti (targetnya)," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy saat dihubungi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/3).

Lukman mengaku belum mengetahui apakah draf revisi UU tersebut sudah dikirim oleh pemerintah ke DPR untuk dibahas selanjutnya. Kata dia, pada dasarnya ada dua hal pokok yang mendorong revisi UU Pilkada.

"Pertama adalah ratifikasi terhadap keputusan MK. Kedua baru perubahan-perubahan dari evaluasi pilkada serentak tahap pertama," ucapnya.

Sedangkan soal pendanaan Pilkada serentak, Politisi PKB ini menjelaskan, ada beberapa opsi yang mengemuka. Subtansi pertama adalah soal apakah Pilkada serentak akan menggunakan APBN atau APBD.

"Karena KPU mengusulkan di APBN supaya lebih bisa terjamin. Tetapi kami mendengar bahwa pemerintah tidak setuju kalau di APBN karena memberatkan fiskal APBN itu sendiri," terang Lukman.

"Kemudian dengar-dengar dari pemerintah tetap dari APBD tapi didukung dengan APBN. Dukungan dari APBN itu dalam bentuk dukungan pengamanan dan keamanan. Artinya kan komisi II sepakat bahwa pendanaan Pilkada tetap dari APBD dengan dukungan dari APBN," tandasnya.
[mcp)
Tanda Tangan MOU Dengan Kejari di Wilayah Kerja Perusahaan

Medan (mpc)
Kegiatan penandatangan nota kesepahaman antara PTPN III dan para Kejari di wilayah kerja perusahaan merupakan lanjutan dari kerjasama yang telah terjalin dengan Kejatisu di tahun-tahun sebelumnya, namun untuk pertama kalinya dilaksanakan dengan seluruh Kejari di wilayah kerja PTPN III.

Kerjasama ini dalam rangka menyelesaikan permasalahan hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di luar maupun di dalam pengadilan yang dihadapi oleh PTPN III dan jajarannya, meliputi pemberian bantuan hukum dan penyelesaian sengketa hukum, pemberian pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum.

Acara berlangsung di aula Sawit PT Perkebunan Nusantara III pada tanggal 15 Maret 2016 yang dihadiri oleh Bagas Angkasa, Dirut PTPN III Holding beserta seluruh jajaran Direksi dari PTPN III,Dirut PTPN II, Batara Moeda Nasution dan jajaran direksi dari PTPN IV, Kajatisu M. Muhammad Yusni, Wakajatisu Baginda Lumbangaol, para asisten dan para Kajari dari Lubuk Pakam, Sei Rampah, Tebing Tinggi, Lima Puluh, Pematang Siantar, Simalungun, Kisaran, Tanjung Balai, Rantau Prapat dan Padang Sidempuan, para distrik manajer, kepala bagian dan kepala bidang se PTPN III.

Dalam sambutannya Bagas Angkasa menyatakan bahwa PTPN III telah menyatakan manfaat kerjasama penggunaan jaksa sebagai pengacara Negara untuk memperlancar kerja-kerja perusahaan yang berkenaan dengan masalah perdata dan tata usaha negara. Karena sangat disadari bila perubahan dan tantangan yang semakin kompleks di dunia perkebunan saat ini tidak ditangani dengan baik akan berimbas pada kinerja performance perusahaan.

M. Yusni juga menuturkan hal yang sama bahwa kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini akan dapat dipelihara dengan sungguh-sungguh sehingga dapat ditindaklanjuti dengan pemberian surat kuasa khusus ke kejaksaan dalam upaya pemulihan dan penyelamatan keuangan maupun aset negara.(hn315/3)

Walikota Melakukan Peletakan Batu Pertama Mesjid Baitulrahman


Walikota Melakukan Peletakan Batu Pertama Mesjid Baitulrahman
 Tebingtinggi (mpc)
Walikota Melakukan Peletakan Batu Pertama Mesjid Baitulrahman
Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Wakil Walikota H.Oki Doni Siregar melakukan peletakan batu pertama pembangunan mesjid Baitulrahman  di jalan F.Tandean.

Walikota, atas nama Pemerintah Kota Tebing Tinggi mengucapkan terima kasih karena sudah berkenan mengundang untuk acara peletakan batu pertama pembangunan mesjid Baitulrahman sebagai tanda dimulai pekerjaan pembangunan. Kami mengetahui mesjid ini dikelola oleh saudara-saudara kami dari ormas Muhamadiyah, namun demikian sebagai umat muslim sesama saudara mari kita ulurkan tangan untuk pembangunan mesjid ini.

Diharapkannya dalam memberikan bantuan harus ikhlas, jika tangan kanan memberi, kalau dapat tangan kiri tak perlu mengetahui, dan berdosalah kita jika ada rumah Allah lebih jelek dari rumah kita. Dan apabila mesjid nantinya sudah selesai dibangun, kita bukan hanya sekedar mampu membangunnya saja, tetapi juga dapat memakmurkannya.

Sebelumya BKM mesjid Baitulrahman menyampaikan pembangunan mesjid ini untuk menambah kapasitasnya dari mesjid sebelumnya, meskipun dikelola oleh Muhamadiyah namun dapat dimanfaatkan oleh umat muslimin lainnya terutama warga yang berada disekitar mesjid ini.
Peletakan batu pertama pembangunan mesjid ini juga dihadiri Ketua FKUB H.Abu Hasyim dan Anggota DPRD Tebing Tinggi Eddi Syahputra dan pengurus DPC.Muhamadiyah Tebing Tinggi, dan ratusan jemaah.(htt.)


PNS Pemko Tebing Tinggi Jalur K2 Diambil Sumpah Dan Janji


PNS Pemko Tebing Tinggi Jalur K2 Diambil Sumpah Dan Janji
  Tebingtinggi (mpc)
Sebanyak 115 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi diambil sumpah dan janjinya oleh Walikota Tebing Tinggi di gedung Hj.Sawiyah Nasution.

Walikota menyebutkan menjadi seorang PNS adalah merupakan pilihan anda sendiri, dan PNS merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan secara profesional dengan keilmuan yang dimiliki. Sebagai seorang profesional bukan hanya mengharap gaji saja, tanpa melakukan pekerjaan sesuai ketentuan yang berlaku dan beretika, dan banyak PNS yang tidak memahami tentang profesional. Bersyukurlah kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas keberhasilan menjadi seorang PNS, karena kesempatan ini tidak banyak orang berhasil memperolehnya. Untuk itu bekerjalah dengan sungguh-sungguh sebagai abdi negara dan rakyat, dan sebagai PNS harus memiliki karakter tidak bekerja dengan cara menjual pekerjaan dengan orang lain.

Diharapkan Walikota, sebagai seorang staf selalu berkoordinasi dengan pimpinan, bekerjalah dengan hati, dan jadikan pekerjaan itu sebagai ladang ibadah dan jangan pernah bertanya apa untungnya buat saya.
Dan PNS yang masih bertempat tinggal diluar kota Tebing Tinggi, Walikota berharap agar segera berdomisili di Tebing Tinggi untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas-tugasnya, dan PNS adalah bagian kehidupan untuk mengabdi dan jangan pernah mengeluh.
Kepala BKPP Tebing Tinggi Erwin Suheri Damanik, dalam laporannya PNS yang diambil sumpah/janjinya terdiri dari Gol.IIIB 7 orang, III/a 18 orang, II/c 20 orang, II/a 65 orang dan I/c 5 orang.
Formasi guru 42 orang, Kesehatan 17 orang, Teknis 56 orang, berdasarkan pendidikan SMP 5 orang, SMA 65 orang, D.III 20 orang dan S1 sebanyak 25 orang, yang terdiri dari laki-laki 31 dan perempuan 84 orang. (htt)


 KESEHATAN

Benarkah suka senyum bikin keriput? Ini faktanya

Benarkah suka senyum bikin keriput? Ini faktanya
Ilustrasi tersenyum. ©Shutterstock.com/Jason Stitt


 - Wajah merupakan salah satu anggota tubuh yang paling ekspresif. Saat kamu berbicara, tertawa, tersenyum, dan bahkan cemberut, semua gerakannya akan langsung menarik otot-otot di wajah.

Nah, ketika kamu kebanyakan tertawa, banyak yang bilang bahwa hal ini bisa membuat kulit jadi keriput? Sebab saat kamu tertawa maka semua otot termasuk di dahi akan tertarik secara horisontal.

Well, menurut penelitian yang dilansir dari indiatimes.com, saat kamu tersenyum, memang akan tercipta garis yang menonjol terbentuk di wajah kamu yang dikenal dengan lipatan nasolabial. Lipatan ini merupakan dua garis yang mengurung sisi hidung dan mulut kamu. Namun, lipatan ini sama sekali bukan kerutan. Dan kerutan sama sekali tidak terbentuk karena senyuman atau karena kamu keseringan tertawa.

"Keriput tidak disebabkan oleh senyuman. Sehingga kamu tidak perlu berhenti untuk tersenyum," tegas penelitian ini. "Pertambahan usialah yang membuat keriput datang. Sebab saat usia bertambah, kulit akan kehilangan elastisitasannya dan kemampuannya untuk meremajakan kulit itu sendiri."

"Selain karena faktor tersebut, paparan sinar matahari juga bisa membuat kulit jadi cepat keriput. Sebab sinar matahari akan merusak jaringan ikat di bawah kulit sehingga membuatnya mudah untuk kering dan keriput." (mcs)


Mahasiswa sering mengalami gangguan tidur, benarkah?


Mahasiswa sering mengalami gangguan tidur, benarkah?
ilustrasi insomnia. ©www.huffingtonpost.ca

- Banyak mahasiswa mengeluhkan diri mengalami gangguan tidur. Hal ini terbukti melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Cosmos Institute of Mental Health and Behavioural Sciences (CIMBS), Delhi, India. Seperti yang dilansir melalui thehealthsite, sekitar 34 persen wanita dan 15,7 persen mahasiswa mengalami gangguan tidur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami gangguan tidur juga memiliki risiko tinggi mengalami depresi, kecemasan, lebih emosional dan bahkan beberapa gangguan perilaku seperti mengonsumsi alkohol dan penyalahgunaan narkoba.
Kebiasaan seseorang tidur larut malam dan bangun siang sebenarnya memicu Phase Delayed Sleep Disorder. Kepala CIMBS, Sunil Mital mengatakan bahwa sebagian gangguan tidur dapat dicegah atau diobati. Mital menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis yang menangani masalah tidur atau psikiater, buka dengan mengobati diri sendiri.

Berdasarkan ilmu kedokteran, insomnia (ketidakmampuan untuk tidur atau sulit untuk tidur) menyebabkan peningkatan risiko hipertensi, diabetes, sakit kepala, kekurangan imun, kecemasan, depresi, masalah memori, kecelakaan lalu lintas dan bahkan menurunkan performa kerja.

Para peneliti mengatakan bahwa sangat penting untuk melakukan deteksi dini terkait dengan kecemasan sejak masa kanak-kanak. Ini termasuk juga depresi dan masalah emosional lainnya. Dengan begitu, pencegahan terkait dengan gangguan tidur seperti Phase Delayed Sleep Disorder. (mcs)

5 Hal yang terjadi pada tubuhmu saat kebanyakan minum teh

5 Hal yang terjadi pada tubuhmu saat kebanyakan minum teh
ilustrasi minum teh. ©www.theater-phalanx.de

 - Selain kopi, teh menduduki urutan kedua sebagai minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Bahan alaminya yang terbuat dari tanaman diklaim membuat teh menjadi minuman yang sehat. Apalagi jika di dalam teh terdapat beberapa macam tanaman herbal seperti chamomile, lavender, atau bunga rosella, maka nilai sehat dari teh akan semakin naik.

Well, meskipun sehat, ternyata kamu juga tidak boleh terlalu banyak minum lho. Dampaknya bisa menurunkan kesehatan tubuhmu seperti bukti berikut.
  • Secangkir teh mengandung banyak alkali di dalamnya. Alkali atau zat asam ini bisa mengganggu kesehatan lambung terutama jika kamu meminumnya saat perutmu kosong. Hasilnya kamu akan merasa tidak nyaman dan mual.
  • Meskipun dianggap sehat dan baik untuk menurunkan berat badan, minum terlalu banyak teh hitam memiliki efek buruk untuk perut sebab mampu memicu produksi asam secara berlebihan.
  • Menurut penelitian, minum teh terutama teh susu pada perut yang kosong justru bisa membuatmu merasa cepat lelah lho. Dan minum teh susu saat perut kosong bisa menyebabkan gangguan tinnitus.
  • Minum teh yang kuat atau kental bisa memberikan efek buruk yaitu merusak lapisan lambung dan menyebabkan kenaikan asam lambung.
  • Tahukah kamu jika kamu minum teh yang terbuat dari campuran dua jenis teh maka bisa membuatmu jadi mabuk? Oleh karena itu berhati-hatilah dalam membuat racikan teh.
Selain dampak buruk tersebut, penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini juga menyarankan agar kamu tidak minum teh setelah makan di sore hari. Sebab kandungan tanin di dalam teh akan langsung bereaksi dengan zat besi di dalam makanan yang kamu konsumsi sebelumnya dan membuat kesehatan tubuhmu menurun.(mcs)

10 Manfaat tersenyum untuk kesehatan jasmani dan rohani

10 Manfaat tersenyum untuk kesehatan jasmani dan rohani
Ilustrasi tersenyum. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Odua Images

 - Tersenyum sebenarnya merupakan aksi yang paling mudah dilakukan oleh wajah. Namun karena stres serta aktivitas padat yang harus kamu lakukan setiap hari, senyum menjadi sebuah hal yang jarang menghiasi wajahmu. Belum lagi jika kamu galau, maka untuk tersenyum pun akan terasa berat bagimu. Betul atau tidak?

Padahal, ada banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari tersenyum lho. Tak percaya? Berikut adalah buktinya.
  • Kamu merupakan penderita penyakit tekanan darah tinggi? Perbanyaklah tersenyum dalam hidupmu. Sebab senyum akan menenangkan tubuhmu serta menurunkan detak jantung sehingga tekanan darah yang naik akan turun.
  • Senyum membantu melepaskan endorfin dalam tubuh. Penelitian menunjukkan ketika tubuh kamu mengeluarkan hormon ini, maka tingkat stres dan kecemasan dalam tubuh juga akan menurun.
  • Kamu sedang galau? Senyumlah. Sebab saat kamu tersenyum, mood atau suasana hati kamu akan meningkat. Bahkan bila senyum yang kamu keluarkan sebenarnya adalah senyum palsu, kamu akan tetap merasa senang sebab tubuhmu mengeluarkan hormon endorfin.
  • Tersenyum telah terbukti meningkatkan produktivitas tubuh. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa orang yang sering tersenyum dan bahagia akan cenderung lebih sukses dan produktif.
  • Baik senyum maupun tertawa ternyata bisa mengurangi rasa sakit. Lagi-lagi hal ini terjadi karena pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh yang bisa membuat tubuh menghilangkan rasa sakit dari dalam.
  • Senyum merupakan hal yang menular. Sehingga jika kamu tersenyum, maka kamu akan menularkan kebahagiaan dan meningkatkan suasana hati mereka yang ada di sampingmu.
  • Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering tersenyum nampak 3 tahun lebih muda daripada usia yang sebenarnya. Sementara bagi mereka yang jarang berekspresi, raut muka mereka akan terlihat lebih tua.
  • Stres bisa membuat saraf reseptor dalam tubuhmu jadi tumpul. Sementara jika kamu sering tersenyum, maka seluruh saraf tubuhmu jadi lebih aktif.
  • Ingin usia kamu lebih panjang? Cobalah untuk terus tersenyum. Sebab senyum bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, dan sederetan manfaat sehat lainnya yang bisa membuat usiamu jadi lebih panjang.
  • Stres akan menurunkan sistem kekebalan tubuhmu. Sebaliknya, tidak demikian dengan senyum. Oleh karena itu perbanyaklah tersenyum yang akan membuat sistem kekebalan tubuhmu meningkat dan kamu terhindar dari beberapa penyakit berbahaya perusak kesehatan.
Jadi, sudahkah kamu tersenyum hari ini? (mcs)


OLAHRAGA

Ini insiden mobil Rio Haryanto tabrak mobil Romain Grosjean

Akibat insiden ini mobil kedua pembalap mengalami kerusakan dan Rio terkena penalti mundur star 3 posisi.


Kerumunan kru dan awak media saat mobil Rio Haryanto menabrak kendaraan pembalap Prancis Romain Grosjean ketika sesi latihan 3 GP Australia baru dimulai di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Sabtu (19/3). Bagian sayap mobil Rio menabrak samping VF-16 Grosjean ketika baru garasi menuju pit lane.(mcs)
 

Siasati Jadwal, Persipura Bakal Terapkan Rotasi Pemain


Siasati Jadwal, Persipura Bakal Terapkan Rotasi Pemain
Osvaldo Lessa © Antok

  - Osvaldo Lessa mengaku telah menemukan solusi dari padatnya jadwal pertandingan Grup B Piala Bhayangkara 2016. Pelatih Persipura Jayapura ini menyebut akan melakukan rotasi pemain untuk menyiasatinya.

"Kita harus rotasi pemain," ujar Lessa.

"Pemain tidak bisa terus bermain dalam jadwal yang padat ini," sambungnya.

Sebelumnya, Lessa menilai jadwal pertandingan Grup B yang akan dilakoni anak asuhnya padat. Pasalnya, dalam sepekan mereka akan melakoni empat laga.

Persipura sendiri berada di Grup B Piala Bhayangkara. Di Grup yang dihelat di Bali ini, Mutiara Hitam -julukan Persipura- bakal menghadapi Arema Cronus, Persija Jakarta, PS Polri dan tuan rumah, Bali United.

Skuat besutan Lessa ini akan memulai perjuangan mereka di ajang ini kontra Persija Jakarta. Pertandingan ini bakal dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (21/3).

Sementara itu, Lessa menilai skuatnya tak akan menghadapi kesulitan berarti dalam menjalani rotasi. Pasalnya, ia memiliki cukup pemain untuk melakukan rotasi.

"Kita memiliki dan telah mempersiapkan semua pemain untuk turun pada turnamen ini," tandasnya. (bn)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda