MADYA POS.COM

Selasa, 29 Desember 2015

Idaham Timbas Menang-KPK Terima Laporan-D-3-4- PTPN4

27 Desember 2015


Pilkada Kota Binjai, Dimenangkan Pasangan Idaham-Timbas, Tanpa Gugatan

*Kapolres Binjai, Terima Kasih Kepada Warga Binjai, Ini Adalah Kemenangan Warga

Hasil gambar untuk idaham -timbas pilkada binjaiBinjai, ( Mpc  )
Idaham – Timbas Tarigan, bertekad memperioritaskan kedepan pembangunan ketersediaan air bersih .” Air bersih merupakan skala perioritas dan ini harus dikejar untuk kebutuhan Kota Binjai,”Ujar Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Binjai terpilih. Pasangan ini dipastikan dan  diyakini,  kembali memimpin Kota Binjai lima tahun ke depan (2015-2020),kemengan ini tanpa gugatan, Demikian informasi yang diperoleh Media online Madya Pos.Com Selasa (22/12)

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Binjai Herry Dhani mengungkapkan, bahwa Pasangan terpilih Idaham-Timbas Tarigan  dengan penetapan Surat Nomor 58/Kpts/KPU/kota-002.434908, dengan demikian Pasangan ini akan memimpin Kota  Binjai dari hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Pilkada Kota Binjai tanpa ada gugatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK), karena jadwal penggugatan terakhir sampai  hari Selasa , 22 Desember 2015.makanya pihak KPUD Kota Binjai mengeluarkan Surat ketetapan Tentang Penetapan Pasangan terpilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai.

Dengan penetapan ini Idaham-Timbas bersyukur kepada Allah SWT,” kami berterima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Insya Allah kami akan melanjutkan pembangunan  kedepan, “ujar Idaham-Timbas.

Kapolres Binjai mengucapkan terimakasihnya kepada  warga Binjai, yang telah ikut memelihara kondusifnya Kota Binjai,dalam pelaksanaan Pilkada Kota Binjai, karena menurutnya kemenangan Pasangan Idaham-Timbas Tarigan juga adalah kemenangan masyarakat Binjai, Kapolres mengajak seluruh warga binjai agar tetap memelihara dan ikut  menjaga ketertiban.(t.01)

KPK Terima Laporan PPATK Soal Aliran Dana Mencurigakan di Pilkada Serentak

KPK Terima Laporan PPATK Soal Aliran Dana Mencurigakan di Pilkada Serentak Ketua KPK Agus Rahardjo 
Jakarta (MPC)- KPK mendapatkan laporan dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) terkait adanya aliran dana mencurigakan selama pelaksanaan Pilkada serentak. KPK pun akan segera mendalami laporan itu.

"Untuk beberapa laporan PPATK kita sudah bertemu dengan PPATK mudah-mudahan dalam waktu dengan ada langkah-langkah konkrit mengenai yang sudah diidentifikasi oleh PPATK. Jadi kita tidak hanya mengandalkan dumas (pengaduan masyarakat) tapi laporan dari PPATK," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (29/12/2015).

Agus belum mengetahui secara jelas bagaimana pola aliran dana mencurigakan selama pilkada serentak. Dia mengaku masih harus melihat secara menyeluruh laporan yang disampaikan PPATK.

"Belum tahu, belum tahu. Kita masih pelajari. Yang penting materi bukan hanya dumas tapi laporan dari PPATK," jelas Agus.

Jauh sebelum Pilkada serentak, pimpinan KPK jilid 3 sudah memperingatkan adanya potensi perputaran uang dalam jumlah besar dan cenderung mencurigakan. KPK menduga, banyak calon yang mengeluarkan banyak uang saat proses pilkada (dtn)
 

Mulai dibangun Januari, jalur layang KA di Medan habiskan Rp 2,8 T



Jalur Kereta Api.
Medan (MPC)- Pembangunan jalur layang kereta api (KA) di Medan dibangun pada 5 Januari tahun depan. Dana untuk proyek itu senilai Rp 2,8 triliun sudah ditampung di APBN 2015.

"Jalur layang yang akan dibangun dengan dana itu panjangnya 8 Km," kata Plt Gubernur Sumut T Erry Nuradi saat melakukan sidak arus mudik di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Selasa (29/12).

Proyek pembangunan jalur layang KA di Medan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan PT KAI. Pelaksanaan pekerjaannya diperkirakan akan berlangsung kurang lebih 2 tahun.

Erry mengimbau masyarakat yang tinggal di pinggir rel dapat mendukung proyek ini. Semua harus mendukung dan tidak menghalangi penertiban lahan yang akan dilakukan.

Pemprov Sumut sangat mengapresiasi pembangunan jalur kereta api layang ini. Keberadaan infrastruktur ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Kota Medan. Sebanyak 12 perlintasan kereta api sebidang yang ada di Kota Medan otomatis akan hilang.

Pembangunan jalur layang ini merupakan bagian dari proyek jalur ganda kereta api Bandara Kualanamu-Medan. Pembangunan jalur ganda dengan panjang sekitar 26 km ini ditandai dengan ceremony ground breaking di Stasiun Kereta Api Aras Kabu, Deli Serdang, 22 Mei lalu.

Jalur ganda yang akan dibangun ditargetkan dapat mempersingkat waktu tempuh rute Medan-Bandara Kualanamu. Kereta tidak perlu berhenti di perjalanan, seperti yang terjadi saat ini. Selain itu, pergerakan kereta api dari dan ke arah Tebing Tinggi juga akan lebih lancar.

Saat ini waktu tempuh Medan-Kualanamu kurang lebih 30 menit. Setelah jalur ganda selesai perjalanan diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Sementara itu, terkait mudik menjelang libur Tahun Baru kali ini, Erry mengapresiasi pelayanan di Stasiun Besar Kereta Api Medan.

"Tidak terlihat penumpukan penumpang. Jadwal keberangkatan dan kedatangan umumnya sesuai dengan waktu yang ditetapkan," kata Erry.(mcb)

Temui Wagub Djarot, Mendagri: 31 Desember APBD DKI Harus Selesai


Temui Wagub Djarot, Mendagri: 31 Desember APBD DKI Harus Selesai Wagub Djarot dan Mendagri Tjahjo 
Jakarta (MPC- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendatangi ruang kerja Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat siang ini. Tjahjo menyebut mereka hanya makan siang sambil membahas APBD DKI Jakarta 2016.

"Bahas APBD. Ada kemajuan dibanding tahun lalu," ujar Tjahjo kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2015).

Politisi PDI Perjuangan itu mengharuskan evaluasi APBD DKI 2016 harus selesai pada 31 Januari mendatang. Tujuannya agar tidak ada anggaran daerah yang tersandera.

"Kami minta Pak Wagub, 31 Desember harus sudah bisa selesai. Pak Ahok sudah oke, enggak ada masalah. Saya minta Pak Djarot bahas lebih detail sama DPRD," sambungnya.

Meski secara umum Tjahjo menilai APBD DKI 2016 sudah jauh lebih baik ketimbang sebelumnya, namun pihaknya masih menyoroti besaran SiLPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran). Tjahjo pun memberikan apresiasi terhadap susunan skala prioritas yang diajukan Pemprov DKI untuk sektor pendidikan, mengatasi kemacetan, banjir, pembangunan rusun dan perbaikan infrastruktur di daerah pinggiran.

"Pak Ahok sudah menekankan pada banjir, pendidikan dan membangun sarana prasarana. Beliau sangat concern sekali. Masih ada (anak) didik DKI yang belum menikmati sekolah dengan baik," kata Tjahjo.

Dalam kesempatan yang sama, Djarot juga mengungkapkan APBD DKI 2016 memang lebih baik ketimbang sebelum-sebelumnya. Djarot optimistis evaluasi APBD 2016 bisa selesai di penghujung tahun, sehingga awal 2016 bisa langsung digunakan.

"Evaluasi di Kemendagri tanggal 31 sudah selesai. Habis itu ada rekomendasi dan penyesuaian anggaran. Tidak perlu ada rapat paripurna sehingga aggaran bisa selesai Januari awal," sebut Djarot.

"Persoalannya kemarin agak telat tapi masih lebih bagus dibanding tahun-tahun lalu. Kementerian punya waktu 15 hari dengan melototin sekian ribu anggaran dan halaman. Tinggal SiLPA untuk PMP (penyertaan modal pemerintah) ada beberapa evaluasi, termasuk tentang bagaimana business plan, analisa investasi dan sebagainya. Tapi yang lain-lain sudah ok," lanjutnya.

Djarot mengungkapkan PMP untuk proyek LRT (light rail transit) tetap berjalan karena itu menjadi program wajib Pemprov DKI. Kemudian prioritas pemberian PMP lainnya difokuskan untuk sejumlah BUMD, seperti PT Jakarta Propertindo (Jakpro), PD Dharma Jaya dan Tjipinang Station.  (dtn)



Kunjungan kerja staf Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang Pemerintah Kota Tanggerang


Kunjungan  kerja staf Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang Pemerintah Kota Tanggerang
Medan,(Mpc)
Sekretaris Dinas Kominfo Provsu H.M. Ayub, SE didampingi Kabid Aptel Drs. Eli Suhaeriyah M.Si, Kabid Postel Gelora Viva Sinulingga SE, MM, Kasi PIP Iwan Sutani Siregar, S.STP, M.Si, Kasi Penyiaran Drs. Ahmad Basri terima kunjungan  kerja staf Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang Pemerintah Kota Tanggerang Diana Anggraini, STP, MT dan H. A Basit dalam rangka sharing dalam pembentukan dan pengelolaan SOP (Standard Operasional Prosedur) yang ada di Dinas Kominfo Provsu.  (PIP) (dks,01)

  
 Minggu ketiga  Desember 2015
.



Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin 
Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda
 -------------------------------------------------------------------------------


Taiwan Desak Jepang Minta Maaf dan Beri Kompensasi ke Budak Seks PD II

Taiwan Desak Jepang Minta Maaf dan Beri Kompensasi ke Budak Seks PD II Foto: Internet
Taipei,(Mpc) - Pemerintah Taiwan mendesak Jepang untuk meminta maaf dan memberikan ganti rugi kepada para budak seks era Perang Dunia (PD) II. Hal ini disampaikan Taiwan setelah pemerintah Jepang dan Korea Selatan (Korsel) mencapai kesepakatan mengenai isu tersebut.

Tokyo menyampaikan permintaan maaf dan memberikan kompensasi senilai 1 miliar yen kepada warga Korsel, yang dipaksa bekerja di rumah-rumah bordil militer Jepang semasa Perang Dunia II. Kesepakatan yang diumumkan pada Senin (28/12) tersebut dipuji Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebagai era baru bagi hubungan kedua negara, yang sempat tegang dikarenakan masalah ini.

Atas hal itu, Presiden Taiwan Ma Ying-jeou menyerukan Jepang untuk mengambil langkah yang sama terkait kaum wanita Taiwan yang dipaksa menjadi "wanita penghibur" tentara Jepang. Jepang menguasai Taiwan sejak tahun 1895 hingga 1945.

"Sikap pemerintah adalah menuntut pemerintah Jepang meminta maaf kepada para wanita penghibur dari negara kami semasa Perang Dunia II, memberikan kompensasi kepada mereka, dan mengembalikan keadilan dan martabat mereka," ujar Ma kepada para wartawan hari ini seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (29/12/2015).

"Kami harap pemerintah Jepang bisa melakukan lebih baik dan lebih memperhatikan kesejahteraan dan kehormatan para wanita penghibur. Sikap kami tidak berubah," tandas Ma.

Menteri Luar Negeri Taiwan David Lin menyatakan, pemerintahnya telah meminta negosiasi lebih lanjut dengan Tokyo mengenai masalah ini.

"Kami mengharapkan kemajuan konkret untuk masalah ini di masa mendatang... Jepang memahami tuntutan kami dan bersedia mempertimbangkan," tutur Lin. (dtn)



Taufik Kurniawan: Liburan Jadi Kebutuhan Masyarakat, Dongkrak Ekonomi 2016

Taufik Kurniawan: Liburan Jadi Kebutuhan Masyarakat, Dongkrak Ekonomi 2016 
Jakarta (MPC) - Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Taufik Kurniawan melihat tren liburan sudah jadi semacam kebutuhan pokok masyarakat. Hal ini juga diprediksi bakal mendongkrak perekonomian nasional pada tahun 2016.

"Kalau dilihat dari prospek ekonomi di tahun 2016 dari kajian enam bulan terakhir kita melihat ada optimisme yang positif. Karena ada beberapa indikator kajian bersama teman-teman peneliti dari ITB, UNDIP, dan lainnya, di beberapa peak season akumulasi hari-hari libur ini ada kecenderungan pergerakan ekonomi kita naik signifikan. Tak bisa dipungkiri bahwa ada semacam kemapanan dalam taraf kenaikan ekonomi masyarakat," kata Taufik dalam siaran pers, Selasa (29/12/2015).

Menurut Taufik yang juga aktif dalam diskusi-diskusi soal ekonomi kerakyatan ini, saat ini kebutuhan pokok masyarakat mulai bergeser. Tak hanya sandang, pangan, dan papan, namun sudah mulai ada tambahan lain, yakni vacation atau liburan.

"Vacation ini sudah menjadi tren ekonomi yang baru. Karena kemarin saya keliling ke Jawa Timur, pada saat peak season ini saya melihat langsung lonjakan wisatawan domestik itu luar biasa," kata Doktor Ekonomi dari Undip ini.

"Dulu kan kita hanya mengenal arus mudik lebaran yang terjadi pergerakan ekonomi sampai triliunan rupiah, tapi sekarang sudah melebar tidak hanya sebatas pada Idul Fitri, tapi juga hari di mana ada hari libur, libur sekolah, akhir tahun, hari libur keagamaan, termasuk tahun baru. Sudah menjadi kebutuhan baru masyarakat untuk memenuhi aspek family gathering," kata Taufik menggarisbawahi tren ini juga terjadi di negara-negara besar seperti Jepang, Amerika, China, dan beberapa negara di Eropa.

Tren baru ini bagi Taufik menggembirakan. Namun di sisi lain pemerintah juga harus mengantisipasi dengan membuat kebijakan-kebijakan untuk mengantisipasi kekacuan selama peak season.

"Frekuensi pergerakan ekonominya hampir seimbang dengan arus mudik lebaran, ini yang harus disikapi dengan kebijakan terintegrasi. Dapat kita lihat bandara penuh, arus lalu lintas mudik macet, ini perlu disikapi  aparat terkait. Jadi jangan terpaku kepada arus mudik lebaran saja," pungkasnya.
(dtn)



PTPN IV SUMBANG SEPEDA MOTOR UNTUK POLRESTA MEDAN

foto 260
foto 240



Medan (MPC) 
PT. Perkebunan Nusantara IV menyumbangkan 5 unit sepeda motor kepada polresta medan untuk membantu kelancaran pihak kepolisian dalam menjaga keamanan masyarakat di kota medan. “Dana pembelian 5 unit sepeda motor itu merupakan sebagian dari dana PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) PTPN IV tahun 2015,”ujar Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution di medan, selasa 22/12/2015.

Ia mengatakan itu usai menyerahkan bantuan 5 unit sepeda motor kepada polresta medan yang langsung diterima Kepala Polresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto. Dengan bantuan sepeda motor itu diharapkan tugas polresta medan dalam meningkatkan keamanan masyarakat kota medan semakin lancar. “Manajemen peduli dengan lingkungan sehingga dana PKBL yang merupakan satu persen dari keuntungan disalurkan untuk berbagai program kemitraan dan bina lingkungan,”katanya.

Bantuan sepeda motor itu sendiri juga memenuhi permohonan bantuan polresta medan yang dievaluasi tim manajemen PTPN IV. Ia menjelaskan, lingkungan yang mendapat bantuan mulai dari lingkup sekitar kantor dan kebun. Kabag PKBL PTPN IV Ali Musri menjelaskan, pada tahun 2015 dana PKBL ada sebanyak Rp.7 Miliar lebih. Dari jumlah itu, sekitar 90 persen sudah disalurkan dengan pengucuran melalui seleksi ketat agar bantuan itu benar-benar tepat sasaran.

Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengakui, bantuan sepeda motor itu akan sangat membantu operasional kepolisian dalam menjaga keamanan di tengah masyarakat. “Polresta Medan menyadari dana APBN tiddak mencukupi untuk memenuhi sarana dan prasarana aparat dalam menjalankan tugas. Jadi, memang diperlukan bantuan perusahaan,”katanya.
Sarana itu semakin dirasakan minim, karena tingkat kecanggihan kriminal semakin tinggi, sebaliknya jumlah orang yang rentan menjadi korban juga cukup besar.

Polresta Medan menangani keamanan di 24 kecamatan, 17 kecamatan di wilayah kota Medan dan 7 kecamatan lain di kabupaten Deliserdang. “Jumlah 2.400 personel polresta medan itu sulit melayani 3,8 juta jiwa penduduk medan, belum di tambah dengan warga lainnya yang berada di medan. Jadi memang perlu dukungan kuat dari semua masyarakat, “ujar Kapolresta.(23/12 h)
Tanjung Morawa (MPC)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong terciptanya tata kelola perusahaan yang baik dan transparan (Good Corporate Governance/GCG) di lingkungan perusahaan milik Negara.

Hal itu ditandai dengan diselenggarakannya Sosialisasi Pencegahan Korupsi dan Gratifikasi, yang merupakan kerjasama PTPN II dan KPK, di Puri Triadiguna PTPN II Tanjung Morawa Medan, Kamis (17/12).

Direktur Utama PTPN II Bhatara Moeda Nasution mengatakan, sosialisasi ini sangat bermanfaat menambah wawasan pegawai. Staf dan karyawan terhadap bentuk-bentuk korupsi dan gratifikasi sehingga dapat menghindarkan diri dari perbuatan melawan hukum tersebut.
Hadir pada acara itu Komisaris PTPN II Djafar Badjeber, Andi Irianto, Prof Bismar Nasution,  Prof Albinus Silalahi,  Direktur  Pendidikan  dan    Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK Guntur Kusmeiyano dan staf KPK lainnya, Anisa N.
Selain itu, juga hadir jajaran Direksi PTPN II, antara lain Direktur SDM/Umum Komaruzzaman, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Hakim Bako, beserta Pengurus Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTPN II Ny Nina Bhatara Moeda, Ny Ana Hakim Bako, Ketua SP BUN Idris Nasution dan Ketua SP Merdeka Josem Ginting.
Bhatara mengatakan, program sosialisasi ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar pemberantasan korupsi dan gratifikasi tidak terjadi di BUMN ini.

Bhatara menambahkan, peran istri jelas sangat penting, tentunya dalam mendorong suami tidak berbuat korupsi. Untuk itu kedepan, Dirut berharap agar setiap momentum seperti seminar maupun pelatihan dapat melibatkan para istri.
“Jangan sampai suami membawa uang banyak, istri malah tidak respon dari mana asal uang tersebut. Sebab, kalau nanti suami terlibat korupsi, istri adalah orang yang paling pertama merasakan dampak akibat suaminya tertangkap karena kasus korupsi,” sebut Bhatara.
Sementara itu,  Guntur Kusmeiyano menyampaikan paparan mengenai program KPK dalam rangkaian mensosialisasikan anti korupsi dan gratifikasi. Menurutnya, sosialisasi ini dimaksudkan untuk menciptakan pemimpin yang jujur, peduli, mandiri, disiplin, bertanggungjawab, sederhana dan adil.

Penanganan kasus korupsi sejak ditangani KPK memang membuat kepercayaan masyarakat kembali menguat kepada penegakan hukum, apalagi semua kasus yang ditangani KPK selalu tuntas dan menghasilkan keputusan yang tegas.
KPK harus diberi penguatan sebagaimana negara lain yang juga mengandalkan aparat anti korupsi. Jadi, di Indonesia sendiri, ini bukan barang baru, ya tidak tahulah kedepan ini, apakah karena begitu gencarnya KPK membidik pelaku korupsi, maka fungsi KPK ada upaya untuk dilemahkan.

Begitupun, kami sampaikan terima kasih dan berharap komitmen anti korupsi menjadi pijakan dalam membangun Sistem Integritas Nasional (SIN), yaitu Pengendalian Gratifikasi, dan pembangunan sistem terkait penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di lingkungan PTPN,” katanya.
Baik korupsi maupun gratifikasi, keduanya merugikan masyarakat. Sebab itu, sosialiasi ini penting dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan pemberantasan korupsi. Demikian juga menangani persoalan gratifikasi yang sangat pariatif, karena ada gratifikasi yang harus dilaporkan ke KPK terkait dan berhubungan dengan jabatan tertentu, ada pula yang tidak membutuhkan pelaporan. Jadi, semuanya harus dapat dikuasai aparat pemerintah agar tidak terjebak dalam lingkaran pelanggaran hukum,” tegasnya.(17/12 h)





Bawa kabur mobil rental, PNS Pemprov Jatim dicokok polisi

Bawa kabur mobil rental, PNS Pemprov Jatim dicokok polisi
PNS di Surabaya ditangkap polisi.


Surabaya (MPC)- Seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Pemprov Jawa Timur, Wiji (43) harus mendekam di balik jeruji besi. Warga Permata Sekar Gading, Sekardana, Sidoarjo ditangkap karena menggelapkan mobil rental.

Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Lily Djafar menjelaskan peristiwa berawal saat pelaku menyewa mobil Daihatsu Xenia, L 1774 XN di rental milik Anwar (33), warga Pakis Tirtosari, Surabaya. Tersangka menyewa mobil selama enam bulan sejak April 2015 lalu, untuk bisnis pribadi.

Selama enam bulan menyewa mobil warna silver metalik kepada Anwar itu, tersangka diwajibkan membayar uang Rp 35 juta. Tapi hanya dibayar Rp 15 juta, sehingga uang sewa kurang Rp 20 juta.

"Tapi setelah jatuh tempo, uang sewa mobil hanya dibayar separuhnya saja. Sedangkan mobil belum dikembalikan, dan dipindahtangankan ke orang lain dengan tujuan untuk disewakan kembali," terang Lily di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (29/12).

Lily melanjutkan, "Karena mobil belum dikembalikan padahal sudah jatuh tempo, terlebih lagi tersangka hanya membayar separuh, si pemilik rental akhirnya melaporkannya ke polisi," tuturnya.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/K/1162/VIII/2015/Jatim/Restabes Sby, Satreskrim Polrestabes Surabaya-pun langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka.

"Sementara mobilnya, karena GPS-nya masih menyala, korban bisa mendeteksi keberadaan mobilnya dan mengambil paksa dari si penyewa lain," sambung Lily.

Sementara tersangka mengaku belum bisa mengembalikan mobil, karena uang sewa-nya tidak cukup. Sehingga terpaksa menyewakannya ke penyewa lain. "Mobilnya untuk keperluan pribadi. Untuk operasional. Saya bayar sewanya baru Rp 15 juta, kurang Rp 20 juta, jadi belum bisa saya kembalikan," dalih PNS golongan C III ini.

Di hadapan penyidik, tersangka juga membenarkan kalau dirinya memang PNS di lingkungan Pemprov Jawa Timur. "Saya di bagian devisi Korpri. Setiap bulan gaji saya Rp 3,6 juta. Kebetulan dapat job luar, saya sewa mobil untuk keperluan pribadi, buat tambahan penghasilan," tandasnya.
(mcb)

 KESEHATAN

 

Mengalami krisis air susu saat menyusui? Bisa jadi ini penyebabnya!

Mengalami krisis air susu saat menyusui? Bisa jadi ini penyebabnya!
ilustrasi ibu menyusui. ©www.pregnancyandbaby.com

 - Apakah kamu seorang ibu baru yang sedang mengalami masalah menyusui? Mungkin kadar seng dalam tubuh kamu yang menjadi penyebabnya. Sebuah penelitian terbaru yang datang dari Penn State University melakukan penelitian dengan mengukur kadar seng dalam ASI untuk membentu mengidentifikasikan penyebab wanita mengalami kesulitan dalam menyusui bayinya. Melansir dari medicaldaily.com, hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Mammary Gland Biology and Neoplasia ini menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat seng yang rendah dalam ASI menjadi penyebab dirinya kekurangan air susu selama menyusui.

Sebelumnya, penelitian serupa pernah dilakukan oleh tim peneliti yang sama menemukan bahwa protein Znt2 sangat penting untuk mengatur seng dalam ASI. Wanita yang memiliki mutasi pada gen yang berfungsi untuk memproduksi protein ini cenderung memiliki tingkat signifikasi seng yang lebih rendah dalam ASI mereka. Kondisi ini menyebabkan kekurangan seng yang parah pada bayi melalui ASI yang dikonsumsinya. Penelitian ini juga menemukan bahwa variasi genetik sering terjadi pada wanita dan bahkan dapat dikaitkan dengan indikator kurangnya fungsi payudara.

Seng merupakan mineral penting untuk pertumbuhan kelenjar susu,perkembangan selama kehamilan, serta pertumbuhan anak-anak dan remaja. Jika wanita dengan variasi genetik protein Znt2 dapat menyusui, air susu mereka kemungkinan hanya mengandung seng dalam jumlah yang rendah.
Sehingga dalam penlitian baru yang mereka lakukan, para peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari 54 wanita menyusui dengan 36% diantaranya memiliki setidaknya satu perubahan gen pada protein Znt2. Para peneliti juga menemukan 12 varian genetik yang sebelumnya tidak diketahui dari Znt2 dalam tubuh peserta. Lima diantaranya secara statistik berhubungan dengan tingkat abnormal seng dalam ASI.
Dalam penelitian tersebut, para peserta dibagi dalam empat kelompok sesuai dengan tingkat seng dalam ASI mulai dari rendah ke tinggi. Peneliti mengidentifikasi varian Znt2 pada 79% wanita dalam kelompok wanita dengan tingkat seng terendah. Sementara Znt2 hanya terdapat pada 29% wanita dengan tingkat seng tertinggi. Wanita menyusui setidaknya memiliki satu varian genetik Znt2 baik dengan tingkat seng rendah atau tinggi dalam air susu mereka. Namun, yang terpenting adalah kadar Znt2 tidak terdeteksi pada wanita dengan kadar seng normal.

Selain itu, setelah melihat rasio natrium hingga kalium (Na/K) dalam susu para peserta yang merupakan indikator adanya disfungsi payudara, termasuk infeksi dan radang payudara. Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan varian genetik T2885 memiliki kadar Natrium yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki varian ZnT2.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana perubahan genetika memengaruhi tingkat seng dalam ASI dan juga fungsi payudara. Temuan ini merupakan langkah penting untuk mengidentifikasi ASI bayi yang berisiko kekurangan seng.(mcs)


3 Alasan sehat untuk menarik napas lebih dalam

3 Alasan sehat untuk menarik napas lebih dalam
Ilustrasi bernapas.
   
 Bernapas menjadi sebuah kegiatan sehari-hari yang wajib untuk dilakukan. Tentu saja, saat Anda tidak bernapas maka tubuh tidak mendapatkan oksigen dan malah bisa membahayakan nyawa Anda.

Karena terasa sederhana, seringkali Anda mengabaikan saat bernapas. Padahal jika dilakukan secara panjang dan perlahan, bernapas bisa meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Dilansir dari indiatimes.com, berikut adalah buktinya.

Mengurangi stres
Saat Anda menarik napas panjang dan dalam, maka tingkat stres Anda akan berkurang. Selain itu rasa panik dan takut juga akan menurun sehingga bisa membuat Anda berpikir jernih. Sebab menarik napas dalam bisa merangsang sistem saraf parasimpatis yang akan memperlambat denyut jantung sehingga Anda jadi merasa lebih tenang.

Mendetoksifikasi tubuh
Menarik napas panjang mampu membantu mendetoks tubuh Anda. Sebab aliran darah jadi lancar sehingga bisa membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh Anda.

Menguatkan otot paru-paru
Karena udara yang kotor, terkadang Anda tidak bebas untuk menarik napas. Hal ini membuat otot paru-paru Anda jadi lemah. Sebaliknya, saat Anda menarik napas dengan begitu panjang dan dalam, maka paru-paru Anda terbuka dan otot-ototnya menjadi kuat.

Lantas, bagaimana cara yang paling efektif untuk menarik napas dengan panjang dan dalam? Duduklah setenang mungkin. Kemudian tarik napas perlahan hingga perut Anda menggembung dan buang napas juga secara perlahan (mcs)


Gatal karena udara dingin? Ini sebabnya

Gatal karena udara dingin? Ini sebabnya
Ilustrasi gatal.

Pertanyaan
Perkenalkan saya Dwi. Setiap kali musim hujan seperti ini dan suhu udara jadi dingin, tubuh saya jadi gatal. Kira-kira kenapa ya dok? Apakah benar hal ini terjadi karena saya alergi dingin? Apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya? Terima kasih.

Jawaban
Alergi udara dingin tingkat akut biasanya disertai gejala gatal-gatal atau lebih dikenal dengan biduran. Alergi dingin banyak dialami oleh orang-orang yang biasanya tinggal di lingkungan beriklim tropis, karena tubuhnya terbiasa dengan suhu hangat. Alergi dingin juga dapat dialami oleh orang yang memiliki kulit sangat sensitif. Gatal-gatal akibat alergi tadi muncul sebab mekanisme pertahanan tubuh yang bereaksi secara berlebihan mengeluarkan histamin. Keluarnya senyawa kimia histamin membuat kulit terasa gatal, bentol, seakan terbakar bahkan hingga sesak napas. Bagi anda yang mengalami alergi dingin, musim dingin tak jadi harus dianggap sebagai momok. Beberapa tindakan preventif bisa Anda lakukan, antara lain:
  • Mengoleskan bedak dingin pada kulit atau cairan pelembab yang mengandung calamine dan anti histamine
  • Meminum pil antihistamin dan steroid
  • Agar tidak mudah kambuh, kenakan pakaian yang lebih tebal
  • Batasi kebiasaan mandi menggunakan air panas, karena air hangat justru memicu kulit menjadi kering.
Dengan meminimalisir terpaan udara dingin secara langsung pada kulit, diharapkan dapat mengurangi gangguan alergi dingin. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan langkah mengonsumsi vitamin C juga sangat disarankan.(mcs)


Minggu keempat  Desember 2015
.



Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin 
Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda  -----------------------------------------------------------------------------


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda