MADYA POS.COM

Rabu, 30 September 2015

Dana Desa- Sidang SDA-N3- M4- Tersangka Ditahan

30 September 2015



Pemerintah Gerakan Ekonomi Desa

Sekretaris Parade Nusantara Deli Serdang, Nasran Nasution,SE,SH :

                  Kepala Desa Tak Perlu Takut Menerima Kucuran Dana 

Medan (MPC)
Pencairan dana desa memberikan angin segar baru bagi warga desa yang bertempat tinggal di desa artinya, dengan pencairan dana desa yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berarti pemerintah menggerakan kesejahteraan ekonomi berawal dari desa (rakyat).

Data yang diperoleh, bahwa kucuran dana dalam jumlah besar akan membanjiri desa-desa pada tahun ini nilainya mencapai Rp.56,3 triliun untuk 74.093 desa, dalam APBD Perubahan 2015, alokasinya masing-masing Rp, 20,8 Triliun dan Rp. 33,2 triliun.

Peberian dana desa berbeda karena didasarkan atas sejumlah variable , di antaranya dilihat dari luas wilayah , jumlah penduduk dan kesulitan geografis, kemudian pencairan dana desa akan dicairkan dalam tiga tahap yaitu di bulan April, Agustus dan Oktober artinya, bahwa seiap desa bervariasi jumlahnya misalnya Rp.1,4 miliar, Rp, 1,2 miliar atau dibawah satu miliar.

Sekretaris Persatuan Rakyat Desa(Parade) Nusantara  Deli Serdang, Nasran Nasuton,SE,SH mengatakan,  percepatan pembangunan logika dibangun dimulai dari desa, sehingga masyarakat desa merasakan pembangunan di sejumlah sektor, namun diharapkan para kepala desa untuk segera merespon usulan warga “ Para kepala desa segeralah merespon usulan dari warga beberapa sektor pembangunan yang telah memenuhi persyarat “ ujar Nasran , di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang ProvinsinSumatera Utara, Minggu (27/9)

Dikatakan, pencairan dana yang bersumber dari dana Pemerintah (APBN), para kepala desa juga tidak perlu takut untuk mencairkannya kepada warga yang mengusulkan, namun perlu diawasi masyarakat, bahwa  kepala desa yang tidak fair dalam penyalurannya maka Ia bisa dikenakan keranah hukum Pidana.

Seperti dikatahui, kepala desa akan menerima dana terebut melalui rekening atau transfers Kabupaten/Kota, artinya, mekanisme dana desa ditransfer dari rekening Bendahara Umum Negara ke kas umum daerah maksimal seminggu kemudian , pemerintah tingkat II mentranfernya ke rekening desa, dengan demikian kades sudah bisa mengalokasikan dana guna percepatan pembangunan.”katanya (01.nn)


Sidang SDA, pengacara minta diberi waktu bertemu 3 jam tiap Sabtu

Sidang SDA, pengacara minta diberi waktu bertemu 3 jam tiap Sabtu
Sidang perdana Suryadharma Ali. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko


 Jakarta (MPC) - Sidang kasus dugaan korupsi ibadah haji di Kementerian Agama dengan terdakwa bekas Suryadharma Ali kembali digelar di Pengadilan Negeri Tipikor. Ada lima orang yang dihadirkan sebagai saksi pada persidangan kali ini.

Kelima saksi itu adalah Wardasari Gandhi (Bendahara Pengeluaran Setjen Kemenag), Abdul Wadud (mantan Wakil Sekretaris Menteri Agama), Andrie Alphen (PNS di Biro Umum Kemenag), Hendarsyah (Pelaksana Pengangkutan Dinas) dan Abdul Muis (PNS selaku Kasubag Biro Umum Kemenag).

Di awal sidang, pengacara pria yang akrab disapa SDA itu meminta agar majelis hakim mengizinkan timnya untuk bertemu bekas menteri agama itu setiap hari Sabtu. Pertemuan itu disebutnya untuk koordinasi demi kelancaran sidang.

"Kami minta diizinkan pertemuan hari Sabtu selama 3 jam untuk kepentingan kelancaran persidangan," pinta salah satu kuasa hukum SDA, Humphrey Djemat, Jakarta, Rabu (30/9).

Selain itu, Humphrey juga meminta agar hari pemeriksaan kesehatan SDA diubah. Sebelumnya, pemeriksaan SDA dilakukan pada hari Rabu tetapi bertabrakan dengan jadwal sidang.

"Sebelum ini pemeriksaan kesehatan setiap hari Rabu tapi ini sidangnya hari Rabu. Tapi diganti hari Kamis penetapannya hanya satu kali," terang Humphrey.

"Penetapannya nanti. Kami juga butuh saudara sehat biar lancar persidangannya," jawab hakim ketua Aswijon.

Permintaan serupa sebelumnya pernah diajukan pula oleh terdakwa OC Kaligis dan Rusli Sibua. Namun hanya permintaan dari Kaligis yang dipenuhi majelis hakim di Pengadilan Tipikor. (mc)

MK Permudah Syarat Calon Independen, Parpol Tak Lagi Bisa Jual Mahal


MK Permudah Syarat Calon Independen, Parpol Tak Lagi Bisa Jual Mahal Jakarta (MPC)- Mahkamah Konstitusi mempermudah syarat calon kepala daerah dari jalur independen. Persentase syarat fotokopi dukungan tak lagi berdasarkan jumlah penduduk, melainkan atas dasar jumlah pemilih tetap di Pilkada. (baca juga: Saat Ahok Bicara Syarat Calon Independen yang Ringan dan 'Mahar' Politik).
Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan bahwa keputusan MK yang mempermudah syarat calon independen itu menjadi peringatan bagi partai politik.

Partai politik tak lagi bisa jual mahal dengan calon kepala daerah. "Kadang partai itu jual mahal. Ini (Keputusan MK) semacam peringatan bagi partai politik, kalau nggak lewat partai ini ada jalur lain," kata dia saat berbincang dengan detikcom, Rabu (30/9/2015).

Qodari pun mengapresiasi Keputusan MK terkait persentase syarat dukungan yang didasarkan pada jumlah pemilik suara, bukan jumlah penduduk. Mestinya sejak awal DPR selaku penyusun undang-undang menggunakan persentase sesuai keputusan MK tersebut.

Sayangnya DPR lebih memilih persentase didasarkan pada jumlah penduduk dengan alasan agar calon independen benar-benar berkualitas. Padahal jika tujuannya untuk itu, DPR bisa saja menaikkan batas persentasenya. Misalnya jika sekarang syaratnya adalah 7,5 persen dari jumlah penduduk, maka diubah menjadi 15 persen dari jumlah pemilik suara atau pemilih. "Kalau ingin calon independen bukan sembarangan, persyaratan persentasenya dinaikkan basisnya," kata Qodari.

Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dipastikan maju pilgub DKI 2017 juga menyambut baik putusan tersebut.  Apalagi dia sudah menyatakan akan maju dari jalur independen. 

"Bagi saya terima kasih putusan MK seperti itu. Artinya, di seluruh Indonesia bukan hanya Jakarta akan banyak kesempatan untuk orang menjadi calon independen," kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Menurut Ahok dengan putusan MK itu peluang orang baik dan jujur yang tak memiliki partai namun mendapat dukungan rakyat untuk menjadi kepala daerah makin terbuka. "Kan kasihan orang yang jujur, baik, yang mau dipilih oleh rakyat tapi nggak punya partai," kata dia. (dtn)

Rapat Anggota Luar Biasa Koperasi Karyawan Nusatiga Sulistiawan Terpilih Jadi Ketua

Medan (MPC)
Sumber : Humas PTP Nusantara III (28/09/2015)
Koperasi Karyawan PTPN III yang disingkat Kopkar Nusatiga pada tanggal 21 September 2015 di aula Sawit, Jalan Sei Batanghari No 2 Medan, melaksanakan RAT Luar Biasa dalam rangka memilih pengurus baru untuk periode 2015-2018. Seluruh pengurus dan badan pengawas Kopkar Nusatiga dan Ketua UKK se basis PTPN III hadir dalam cara pemilihan tersebut. Selain Bagas Angkasa, Dirut dan beberapa jajaran direksi, para kepala bagian, pengurus SPBUN tingkat perusahaan dan basis turut menghadiri sebagai undangan.

Bagas Angkasa selaku Pembina Kopkar Nusatiga dalam sambutannya mengharapkan kepada pengurus yang baru agar dapat meningkatkan kinerjanya sehingga seluruh anggota semakin merasa manfaat yang lebih besar lagi terhadap keberadaan koperasi. Ia juga mengatakan tidak ada intervensi direksi dalam hal pemilihan ketua koperasi. “Semuanya berpulang dari pilihan anggota yang ada di rapat ini,” katanya.

Gusmar Harahap, Ketua Koperasi periode yang lama mengatakan pada tahun 2015 sampai pada semester pertama, total aset Kopkar Nusatiga mencapai Rp 192 milyar. Ia mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terbangun selama ini bersama seluruh unsur pengurus. Ia juga mengucapkan yang sama akan dukungan penuh dari pihak badan pembina yang telah memberikan kesempatan dan motivasi mengembangkan koperasi.

RALB Koperasi Karyawan Nusatiga menghasilkan keputusan pemilihan kepengurusan dimana Sulistiawan terpilih menjadi Ketua I, Mailanta Bangun Ketua II dan Fahri Hidayat Ketua III. Untuk Sekretaris I terpilih Christian Orchad dan Ibrahim Putra Lubis sebagai sekretaris II. Sedangkan Bendahara I dipegang oleh Ibnu Faisal dan Bendahara II adalah Nani Irawati Lubis. Selamat kepada pengurus yang baru semoga berkarya lebih baik lagi.(28-9-hn4)




Distrik Labuhanbatu I Latih Limapuluh Ibu dan 

Remaja Putri Buat Kue

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga sehingga kesejahteraan terjaga, maka program yang dilakukan PTPN III melalui pelatihan keterampilan pembuatan kue untuk Distrik Labuhan Batu I tanggal 16-17 September 2015 yang telah dilaksanakan, diharapkan mampu memberi nilai tambah bagi para ibu dan remaja putri yang tergabung dalam 50 orang peserta dari Kabupaten Labuhanbatu kali ini.

Syahrial, Kabag PKBL PTPN III dalam sambutannya mengatakan kalau program dari PKBL ini merupakan program khusus pemberdayaan ekonomi untuk ibu-ibu dan remaja putri warga sekitar unit kerja PTPN III. “Program ini sudah dibuat di beberapa distrik yang ada di sekitar unit kebun.”

Ir. Sigit Sudaryanto, Distrik Manajer Labuhanbatu I mengharapkan agar pelatihan ini dapat menjadi tali silaturahmi antara kebun-kebun yang ada di wilayah Distrik Labuhanbatu I dengan masyarakat sekitar. Kepada para ibu dan remaja putri dapat menambah wawasan dan keterampilan bagaimana meningkatkan pendapatan keluarga dengan membuat aneka kue seperti kue bawang daun katu, kue jagung, donat kentang keju dan brownis kukus yang bisa dipasarkan ke masyarakat nantinya,” harapnya dengan penuh gembira.

Peserta pelatihan berasal dari Desa Bagan Sari, Torgamba, Bagan Makmur, Bagan Baru, Bahtera Makmur, Bukit Tujuh dan Sei Meranti. Camat Torgamba, Ilham Siregar mengucapkan terima kasih kepada PTPN III Distrik Labuhanbatu karena kegiatan tersebut dapat membantu warga untuk meningkatkan pendapatan.
Suryati, seorang peserta juga sangat antusias dengan pelatihan tata boga ini karena menurutnya ia bisa mengembangkan kemampuan membuat kue. “Saya sngat senang dengan adanya kegiatan membuat kue ini, jadi bertambah pengetahuan dan ketrampilan saya,” katanya.(28-9-hn4)


Peringati Idul Adha 1436 H, Karyawan Unit Kantor Direksi Kurban 9 Ekor Sapi

Hari raya Idul Adha sering juga dinamakan hari raya haji atau kurban karena pada hari raya tersebut sedang berlangsung musim haji bagi kalangan Muslim yangatelah mampu untuk menunaikan ibadah di tanah suci Mekah. Selain itu ada ritual memotong daging kurban seperti sapi ataupun kambing untuk dibagikan kepada seluruh umat terutama yang kurang mampu.

Pada hari Kamis, 24 September di depan halaman masjid Nurul Hikmah, Kantor - Direksi PTPN III telah dilaksanakan sholat Idul Adha berjamaah dan pemotongan sembilan ekor sapi yang merupakan hasil tabungan dari uang pribadi komisaris, direksi dan karyawan di lingkungan kantor direksi.

Bertindak sebagai khatib Drs. H. Sudarso yang menyampaikan pesan agar setiap umat muslim senantiasa meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT, salah satu caranya ialah dengan berkurban. Ia mengingatkan bahwa dengan melaksanakan ibadah kurban ini, bagi masyarakat yang sangat kesulitan ekonominya, setidaknya akan terbantu dengan dibagikannya daging kurban. Kepedulian yang ditunjukkan Islam kepada sesama ini harus senantiasa ada dalam hati umat muslim.

Sedangkan yang menjadi imam shalat yaitu H. Zaini Lubis. Para karyawan dan keluarganya yang berada di sekitar lokasi kantor direksi turut serta meramaikan sholat berjamaah dan menyaksikan hewan sembelihan kurban. Salah satu karyawan yang turut dalam ibadah sholat Idul Adha, Iwan Maksum mengungkapkan rasa gembiranya karena mampu berkurban di tahun ini bersama rekan-rekannya yang lain. “Semoga berkah,” harapnya.(28-9-hn4)
 

Plt. Gubsu Minta Direksi PT Perkebunan Sumut Profesional


Medan, (MPC)
Jajaran Direksi PT Perkebunan Sumut menyampaikan kondisi terkini perusahaan milik Pemprov Sumut kepada Plt. Gubsu Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si di Kantor Gubsu, Rabu (16/9). Dalam kesempatan itu disampaikan pula pengunduran diri Komisaris Utama Hj Sabrina.

Kepada jajaran Direksi Plt Gubsu mengharapkan agar PT Perkebunan Sumut sebagai perusahaan daerah dapat bekerja secara profesional dalam pengelolaan perusahaan. Sehingga PT perkebunan nantinya dapat berjalan dengan sehat dan dapat diandalkan menghasilkan PAD bagi daerah.

"Rencana kerja diantaranya bussiness plan bisa dijalankan dengan baik dengan manajemen baik dan profesional, tentunya PT Perkebunan Sumut akan menjadi perusahaan daerah yang bisa diandalkan di Sumut," ujar Plt. Gubsu.

Hal tersebut terungkap saat Plt. Gubsu menerima audiensi Dirut PT Perkebunan Sumut Selain itu, menurut Plt. Gubsu Kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumut tentunya akan dapat dicapai sesuai dengan target yang diharapkan.
Selain itu Plt. Gubsu juga mengimbau agar pihak perusahaan dalam pengelolaan perusahaan bersifat transparan dan dan bekerjasama dengan pihak pemeriksa untuk auditing. Dengan demikian tidak ada yang ditutupi dan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

Dari jumlah lahan yang dimiliki PT. perkebunan Sumut yang berkisar 14 ribu hektar lebih Plt Gubsu mengharapkan agar pihak PT Perkebunan Sumut dapat memanfaatkan lahan yang dimiliki secara maksimal. Karena menurut informasi baru sekitar 8.000 an hektar yang baru ditanami.
Selain pengelolaan manajemen perusahaan secara profesional, Plt Gubsu juga mengingatkan agar pihak PT Perkebunan Sumut tetap mengingat dan meningkatkan kesejahteraan karyawan perusahaan tersebut. Dan pemprovsu sebagai pemilik saham terbesar dari perusahaan tersebut mendukung dan mendorong agar kinerja PT Perkebunan dapat lebih meningkat lagi. "Perkembangan perusahaan tentunya menjadi tujuan kita, tetapi kesejahteraan karyawan juga harus kita perhatikan," ucapnya.

Direktur Utama PT. Perkebunan Sumut Drs Darwin Nasution SH, MH pada audiensi tersebut menyampaikan tentang perkembangan dan kondisi kinerja PT Perkebunan Sumatera Utara. Dikatakannya bahwa hingga saat ini PT Perkebunan Sumut pada umumnya masih berjalan dengan baik. "Sampai saat ini PT Perkebunan Sumut pada umumnya masih berjalan sesuai dengan RUPS dan aturan yang ada," sebutnya.
Namun demikian pihak PT Perkebunan Sumut ingin meminta masukkan dan saran kepada Plt Gubsu agar PT Perkebunan Sumut dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya. "Terhadap kendala-kendala yang ada hingga saat ini, pihak perusahaan masih bisa mengatasinya, tetapi kami masih perlu masukan dari Bapak Plt. Gubsu demi dapat berjalan lebih baiknya perusahaan ini kedepan," ujarnya.

Pada pertemuan tersebut  Darwin yang hadir bersama Direktur Produksi dan Umum Elfina Hasibuan, Direktur Keuangan Bilson Silaen dan komisaris Edhy M dan A Rahim Matondang juga menyampaikan tentang pengunduran diri dari Komisaris Utama Ir Hj R Sabrina MSi Phd.
Sesuai dengan AD/RT perusahaan bahwa 30 hari sebelum komisaris mengundurkan diri terlebih dahulu yang bersangkutan menyampaikan kepada Direktur Utama dan direktur utama akan menyampaikan kepada Bapak Gubernur. "Mohon petunjuk dari Bapak tentang surat permohonan dimaksud untuk ditindaklanjuti," katanya.(dks.r)
  Minggu  Ke EMPAT    September    2015





Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin 


Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda

Ditahan di Polda Jatim, Ini Dia 22 Tersangka Pembunuhan Salim Kancil

Ditahan di Polda Jatim, Ini Dia 22 Tersangka Pembunuhan Salim Kancil Surabaya (MPC) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiajid menurunkan tim dari Propam dan Inspektorat Pengawasan (Irwasda) pada kasus penganiayaan dan pembunuhan aktivis antitambang di Kabupaten Lumajang.

Keterlibatan Propam dan Irwasda di kasus yang menewaskan aktivis antitambang Salim dan penganiayaan Tosan, tidak menutup kemungkinan untuk mencari dugaan keterlibatan oknum kepolisian.

"Untuk transparansi, tim lengkap dari Propam dan Inspektorat," kata Irjen Pol Anton Setiajid saat press release kasus pembunuhan dan penganiayaan terkait dengan penambangan pasir ilegal di Lumajang di Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (30/9/2015).
 Kapolda Jatim menerangkan, penyidik sudah menetapkan 22 orang sebagai tersangka kasus penganiayaan dan pembunuhan terkait penambangan liar di Lumajang. Sebagian berkas tersangka sudah dikirim ke penyidik kejaksaan Kejari Lumajang.

Dari 22 orang, 2 tersangka tidak ditahan karena masih dibawah umur (16). Sedangkan tersangka lainnya ditahan di Mapolda Jatim.

"Ada 2 tersangka masih dibawah umur. Tapi tetap kita berkas," terangnya sambil menambahkan, penahanan di mapolda, untuk memperlancar proses penyidikan.

"Ini kan melibatkan banyak orang. Mungkin ada masyarakat yang menilai tidak percaya (penyidikan di Lumajang), makanya kita bawa ke Polda," tandasnya.

22 orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni inisial MS (33), SL (50), SY (58), SM (58), ED (23), DH (35), TS (58), EP (35), HM (31), GT (65), TM (60), ES (24), NG (54), RH (25), FW (28), HD (32), SK (55), MD (65), WD (34), BR (48) serta IN dan AA (keduanya dibawah umur).


Polisi juga mengamankan barang bukti di antaranya 1 unit cangkul, 1 batang bambu panjang 1 meter, 1 setel pakaian milik korban Tosan, 4 bongkah batu, 2 unit sepeda motor, 1 unit senter, 1 utar tali tampar, 1 potong jaket warna abu-abu, 1 unit potong celana panjang warna coklat dan 1 pasang sandal.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, aksi petani menolak aktivitas pertambangan besi di kawasan Watu Pecak, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berujung maut. Salah seorang petani dianiaya hingga tewas, seorang lainnya dalam kondisi kritis.

Dua warga yang menjadi korban kebrutalan yakni, Salim (30) meninggal dunia  dan Tosan (40). Peristiwa penganiayaan keduanya terjadi Sabtu (26/9/2015) kemarin.

Salim tewas dengan kondisi luka parah di bagian wajah. Sedangkan Tosan menderita luka bacok di bagian kepala dan mendapatkan perawatan di rumah sakit. (dtn)

Susun RUU Persaingan Usaha, Komisi VI DPR akan Kunker ke Jerman

Susun RUU Persaingan Usaha, Komisi VI DPR akan Kunker ke Jerman Jakarta (MPC)- Komisi VI DPR berencana untuk melakukan kunjungan kerja ke Jerman. Kunjungan kerja ini dilakukan komisi yang membidangi BUMN dalam rangka penyusunan RUU Persaingan Usaha.

"Kunjungan terkait UU mengenai delik persaingan usaha, Jerman lebih lengkap. Sementara persaingan usaha kita baru lahir di jaman reformasi," kata Ketua Komisi VI Hafisz Tohir di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015).

Hafisz menuturkan waktu kunjungan belum ditentukan secara pasti. Komisi VI ingin terlebih dahulu menyelesaikan pembahasan RAPBN 2016.

"Diikuti 7-10 orang, dari semua fraksi ada. Tanggalnya belum ditentukan. Kemungkinan saat reses," ujarnya.

Di Jerman, Komisi VI berencana untuk bertemu dengan parlemen negara setempat. Jerman dianggap berhasil menghadapi globalisasi dengan tetap menerapkan persaingan usaha yang berimbang.

"Kita melihat bagaimana proses UU persaingan usaha di Jerman menghadapi globalisasi. Bagaimana mereka mengatasi persaingan usaha ketika berhadapan antar negara," ucap politikus PAN ini.

Hafisz menyebut kunjungan itu akan lebih bersifat seperti seminar. Lalu, kenapa harus jauh-jauh ke Jerman dan bukan memanfaatkan teleconference?

"Teleconference sudah kita lakukan. Ketika melakukan kunjungan spesifik, tidak bisa melalui email. Kita mau melihat lembaga komisi persaingan usaha mereka yang begitu berkibarnya," jelas Hafisz. . (dtn)


Menkum HAM: Permintaan Maaf Bukan ke PKI, Tapi Korban yang Tak Berdosa


Jakarta (MPC) - Pemerintah tengah menggodok upaya rekonsiliasi kasus pelanggaran HAM masa lalu yang salah satunya adalah peristiwa tahun 1965. Menkum HAM Yasonna Laoly menyatakan bahwa pada peristiwa itu banyak sekali korban tak bersalah yang kemudian hak-haknya dicabut.

"Rekonsoliasi maksudnya adalah upaya kita menyelesaikan peristiwa HAM masa lalu. Kepada korban-korban yang tidak berdosa, korban-korban yang ada peristiwa itu mereka orang-orang yang tidak bersalah menjadi korban. Ada yang hanya terdaftar menerima cangkul menjadi korban. Jadi kan ini yang mau kita selesaikan," kata Yasonna di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015).

Tetapi kemudian isu yang berembus adalah mengenai permintaan maaf Presiden selaku kepala negara kepada keluarga PKI. Yasonna kemudian menepis hal tersebut.

"Ini kan bukan soal PKI ya, yang kita minta itu ialah korban-korban yang dulu terjadi pada masa tahun '65. Organisasinya PKI itu kan sudah kita bubarin kan. Jadi bukan memaafkan pada PKI, enggak ada itu," ujar Yasonna.

Pemerintah juga menggandeng LSM yang perhatian pada isu HAM. Pemerintah ingin nantinya semua fakta di balik kasus yang terjadi benar-benar terungkap sehingga tak ada pihak yang dirugikan.

"Ini masih digodok oleh pemerintah, jadi Komnas HAM, kita juga meminta pendapat teman-teman Kontras, semua stakeholder bangsa ini harus duduk bersama menyelesaikannya. Jadi enggak ada sembunyi-sembunyi di sini," tutur Yasonna. (dtn)

 KESEHATAN


6 Makanan yang bisa menormalkan tekanan darah tinggi

6 Makanan yang bisa menormalkan tekanan darah tinggi ilustrasi makanan untuk penderita hipertensi. ©2015 Merdeka.com
 Tekanan darah tinggi atau dalam istilah medis disebut hipertensi, merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai di masyarakat modern. Bila tak ditangani dengan baik, hipertensi bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung, ginjal, stroke, dan masalah lainnya. Berikut adalah enam makanan yang bisa membantu menormalkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir healthline.com.

1. Makanan tinggi kalium

Untuk menormalkan hipertensi, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kalium. Anda bisa menemukan kalium pada lobak hijau dan bayam.

2. Berries

Berries, terutama blueberry, kaya akan flavonoid. Studi yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa flavonoid dapat mencegah hipertensi dan membantu menormalkan tekanan darah.

3. Kentang

Kentang kaya akan kalium dan magnesium. Dua mineral ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kentang juga mengandung banyak serat yang dapat memperlancar pencernaan.

4. Jus bit

Peneliti dari Queen Mary University of London menemukan bahwa jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 24 jam.

5. Susu skim

Susu skim merupakan sumber kalsium dan rendah lemak. Ini sangat dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah.

6. Oatmeal

Tinggi serat dan rendah lemak, oatmeal dapat membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa menyantapnya di pagi hari untuk menambah energi dan membuat perut kenyang lebih lama.

Inilah lima makanan yang bisa membantu menormalkan tekanan darah tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.(mcs)

8 Manfaat sehat dari hangatnya cuddling dengan kekasih

8 Manfaat sehat dari hangatnya cuddling dengan kekasih 
Ilustrasi cuddling. Shutterstock/Blend Images
  Dalam sebuah hubungan, tentu saja kemesraan yang ditandai dengan interaksi fisik selalu terasa menyenangkan. Tak hanya bermanfaat untuk manisnya hubungan Anda dengan pasangan, interaksi fisik ini ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain berpelukan dan ciuman, ada lagi cuddling. Cuddling yang diterjemahkan dengan bebas ini memiliki arti bahwa Anda bergelayut manja dengan si dia. Tak hanya manis, ternyata cuddling memberikan manfaat tinggi untuk kesehatan seperti dilansir dari boldsky.com berikut ini.
  • Cuddling mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga tingkah manis ini mampu melindungi tubuh Anda dari berbagai macam serangan penyakit.
  • Anda sedang sakit? Cobalah untuk cuddling dengan pasangan. Sebab cuddling mampu berfungsi sebagai pain killer. Para peneliti menemukan bahwa saat cuddling terjadi pelepasan hormon oksitosin yang dapat membuat Anda merasa jadi lebih baik.
  • Selain mampu mengobati rasa sakit, cuddling juga mampu meningkatkan mood Anda. Itulah sebabnya saat Anda merasa sedih, maka Anda sebaiknya memeluk pasangan.
  • Cuddling yang dilakukan di tempat umum ternyata memberikan manfaat yaitu mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membuat kecemasan bisa hilang.
  • Selain pelepasan oksitosin, cuddling juga mampu melepaskan hormon dopamin dalam tubuh Anda. Sehingga dapat membuat Anda merasa lebih tenang.
  • Beberapa ahli kesehatan menemukan bahwa risiko penyakit jantung akan menurun saat Anda sering cuddling dengan pasangan Anda.
  • Tak hanya mampu memperkuat hubungan, cuddling yang Anda lakukan dengan pasangan juga dapat menurunkan tingkat stres dan depresi.
  • Tahukah Anda bahwa tekanan darah akan menurun saat Anda sedang memeluk pasangan Anda?
Itulah beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan cuddling. Apakah Anda menemukan manfaat sehat lainnya? (mcs)

Jarak kelahiran terlalu dekat tingkatkan risiko autis pada anak?

Jarak kelahiran terlalu dekat tingkatkan risiko autis pada anak?Ilustrasi hamil. ©2015 Merdeka.com/shutterstock
 Rejeki berupa kehamilan memang tidak bisa ditolak. Terutama jika Anda memang sudah lama mengidam-idamkannya. Setelah kelahiran anak pertama, beberapa bulan kemudian Anda hamil lagi. Memang sepintas hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan hal yang mengejutkan. Dikatakan bahwa jarak kelahiran yang terlalu dekat bisa meningkatkan risiko autis pada buah hati Anda. Bagaimana bisa?

"Asam folat dan zat besi sangat mempengaruhi kesehatan janin yang dikandung. Namun ketika jarak kehamilan yang terjadi berdekatan, maka tubuh wanita kehabisan cadangan asam folat karena kehamilan sebelumnya. Sehingga di kehamilan berikutnya, dia pun akan kekurangan zat besi dan asam folat. Padahal nutrisi ini penting untuk perkembangan otak yang sehat," terang Dr Lisa Croen dari Kaiser Permanente Division of Research.

Sebelum hasil ini, penelitian sebelumnya menemukan bahwa tingginya kelahiran bayi autis terjadi ketika si ibu mengandung di usia yang muda.

"Tak hanya faktor usia ibu yang mengandung, dekatnya interval kehamilan juga mempengaruhi. Kami menemukan bahwa risiko autisme meningkat dari 1,5 hingga 3 kali dengan interval jarak kurang dari 2 tahun."

Entah penelitian ini benar atau tidak, namun tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan asupan asam folat dan zat besi Anda selama masa kehamilan. Sebab hal ini dapat mencegah kemungkinan bayi lahir secara cacat atau mengidap autisme. (mcs)
 
HIBURAN

Pedangdut Desya Ong berkeringat dingin bawakan acara kriminal


Pedangdut Desya Ong berkeringat dingin bawakan acara kriminal 
Desya Ong KapanLagi.com/Abbas Aditya
 Ingin dikenal sebagai pedangdut multi talenta, Desya Ong merambah dunia baru yakni sebagai host. Tak tanggung-tanggung, ia menjadi pembawa acara kriminal bertajuk Cakrawala yang tayang di ANTV. Rupanya banyak pengalaman didapat pelantun tembang Ora Kuat ini saat terjun di lapangan. Salah satunya adalah mewawancarai pelaku pembegalan yang membuatnya banjir keringat dingin.
"Aku mewawancarai sendiri para pelaku begal. Pas wawancara sama mereka badan sampai berkeringat dingin," curhat Desya saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Selain pelaku tindak kejahatan, Desya juga banyak berkomunikasi dengan pihak kepolisian. Menurutnya lebih mudah dan merasa aman saat berbicara dengan polisi ketimbang tersangka yang mendekam di balik jeruji besi.
"Kalau wawancara sama pihak Polsek dan Polresta lebih santai dan relax," katanya. Lebih dekat lagi, ternyata wanita yang dikenal dengan Goyang Kuncirnya tersebut sempat ikut berpatroli bersama tim kepolisian.
"Aku juga ikut turun ke jalan. Melakukan patroli dengan tim polisi khusus yang bernama tim Jaguar," pungkasnya.(mc)

Seleb cewek paling cantik dari SM Entertainment, siapa saja?


Seleb cewek paling cantik dari SM Entertainment, siapa saja?
Tiffany Girls Generation - Choi Sulli istimewa

 - Membahas soal SM Entertainment, sudah pasti fans hapal betul dengan wajah-wajah selebnya yang super good looking. Namun di antara para dewi-dewi SME, ada tiga yang dianggap paling lovely loh.
Seleb pertama yang pesonanya dianggap killer banget adalah Tiffany Girls Generation. Seperti yang diketahui, tak cuma memiliki paras yang cantik, ia juga memiliki eye smile yang bisa meluluhkan hati siapapun.
Malahan, nggak sedikit yang merasa jika Tiffany membuat fans merasa teringat pada warna pink. Yap, kata lovely memang yang paling tepat untuk menggambarkan member SNSD yang merupakan mantan kekasih Nichkhun itu.

Idol cantik kedua yang juga dianggap super mempesona adalah Choi Sulli. Gara-gara memiliki wajah yang agak pink, fans memberinya julukan Peach, seperti yang dilansir Koreaboo.
Bintang selanjutnya adalah Joy Red Velvet. Nggak heran deh jika idol satu ini diberi nama Joy, lihat saja tingkahnya yang selalu menggemaskan dan ceria.
Joy sendiri juga dianggap memiliki wajah yang tak cuma cantik, tapi juga fresh. Kebanyakan merasa jika melihat seleb bernama asli Park Soo Young ini seperti selalu ingin memeluknya karena terlalu menggemaskan.(mc)



KATA-KATA BIJAK

 Jika pandangan kita selalu diarahkan pada urusan duniawi, maka yang akan dirasakan hanyalah kelelahan”
“Belajar tanpa harus berpikir tak akan ada gunanya dan berpikir tanpa harus belajar adalah bahaya.”
“Belajar dari pengalaman jauh lebih baik daripada membaca setumpuk buku.”


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda