MADYA POS.COM

Jumat, 04 September 2015

3 Bulan 352 Pelaksanaan proyek- Polisi Tembak- M-1- N3

Jumat 4 September 2015



Maret Hingga Mei Sudah 352 Pelaksanaan Proyek Dengan Nilai Rp. 792 Miliar

*Ketua DPP LSM Opas Indonesia Buyung Amin Nasution : Pejabat Yang Tidak Mampu Merealisasikan Anggaran Belanja Perlu Disoroti, Bila Perlu Segera Dicopot

Hasil gambar untuk sekda provsu hasban ritongaMedan (MPC),
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) sejak bulan Maret hingga Mei 2015 sudah mentenderkan 352 pelaksanaan proyek  dengan nilai berkisar Rp. 792 miliar. Proyek tersebut dilakukan di sejumlah SKPD Provinsi Sumatera Utara,Demikian sumber Madya Pos.com menyebutkan, Kamis(3/9)  namun Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda provsu), Hasban Ritonga (fhoto)  mengakui bahwa, serapan anggaran pada semester Pertama  masih dibawah target.

          Tetapi dia memperkirakan pada semester dua serapan anggaran akan naik, berkisar 60 persen , pada bulan oktober bisa mencapai angka 70 hinggga 80 persen “ Mudah-mudahan serapan anggaran pada semester dua nanti akan naik berkisar 60 persen , bulan Oktober bisa mencapai  70 hinggga 80 persen” ujar Sekda Provsu kepada wartawan Senin (31/8)

Menurut Asban, para kepala daerah kabupaten dan kota yang belum merelisasikan dana anggaran hingga tepat waktunya, dikhawatirkan perputaran ekonomi berdampak negative terhadap masyarakat, sebab perputaran uang dari transaksi lambat, makanya Hasban minta dana yang tersedia segera dibelanjakan sesuai mekanisme dan aturan.

Sementara itu, Ketua DPP Pusat LSM Opas Indonesia Buyung Amin Nasution, mengatakan, keterlambatan merealisasikan dana anggaran baik yang telah ditransferkan pusat ke daerah maupun berasal dari uang daerah, jelas para Bupati/Walikota  takut terimbas  indikasi korupsi, padahal, jika niat para kepala daerah itu tulus membangun berbagai sektor seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sarana pembangunan lainnya, maka  rakyat di Provinsi Sumatera Utara tidak merasakan kesulitan, artinya rakyat bisa sejahtera

Wajar bahwa kepala daerah dan pejabat pemegang pekerjaan proyek yang takut menggunakan dana anggaran yang sudah dianggarkan Pemerintah mereka perlu disorot, bila perlu mereka segera di copot dari jabatannya.”katanya (01.nn)


Dor! Polisi Tembak 2 Penjambret Bermodus Tukar Tas Saat Korban Makan di Mal



Dor! Polisi Tembak 2 Penjambret Bermodus Tukar Tas Saat Korban Makan di Mal 
Jakarta (MPC) - Bagi Anda yang terbiasa makan di tempat terbuka sambil meletakkan barang berharga di samping, harus lebih berhati-hati. Polisi baru menangkap komplotan pencuri spesialis barang-barang yang disimpan saat korban sedang makan.

"Proses penangkapan melalui CCTV, kita cari tahu orangnya. Kita kejar dan tangkap. Ditangkapnya ada yang di jalan dan kontrakan," ucap Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Audie Latuheru saat rilis kasus di kantornya, Jaksel, Jumat (4/9/2015).

Audie menjelaskan ada 3 orang yang berhasil ditangkap, dua di antaranya ditembak di kaki karena berusaha melarikan diri yaitu JP alias Solir dan AP alias Kepet. Satu lagi berinisial BJ alias Bebi. Ada satu yang masih diburu bernama Beni.

Pengungkapan kasus berawal saat para tersangka melakukan aksinya di salah satu mal di Tebet pada 6 Juli 2015. Korban yang makan di restoran, kehilangan tas ransel hitam yang berisi laptop, buku tabungan, flash disk dan dokumen penting lainnya.

Ketiga pencuri itu berbagi peran yaitu, JH mengambil dan menyerahkan tas ke AP serta menukar dengan tas lain. AP membawa tas keluar restoran, dan Beni menggeser tas ke JH untuk ditukar.

"Setelah diambil dicari penadah yang sedang kita cari (DPO -red)," ujarnya.

Barang bukti yang diamankan yaitu satu keping rekaman CCTV, 12 HP, satu powerbank, dua charger HP, satu buku tabungan bank, 6 dompet dan tas.

"(Hasil pencarian) digunakan untuk keperluan sehari-hari, karena tak punya pekerjaan tetap," ujarnya.

"Kalau menurut pengakuan sudah lebih dari satu tahun (beraksi)," ucap Audie.

Para tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal penjara 7 tahun. (dtn)

Usai Lengser, Mantan Presiden Guatemala Dipenjara

Otto Perez Molina mendapat pengawalan ketat polisi bersenjata lengkap.
Otto Perez Molina, yang telah mengundurkan diri sebagai presiden Guatemala, menghabiskan malam pertama di penjara setelah hakim memerintahkan penahanan dirinya selagi sidang kasus skandal korupsi berjalan.

Perez Molina tampak mendapat pengawalan ketat dari sejumlah polisi bersenjata lengkap saat meninggalkan pengadilan di Guatemala City dan menuju sebuah penjara militer di ibu kota Guatemala tersebut.

Seusai pria berusia 64 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya sebagai presiden, Wakil Presiden Alejandro Maldonado disumpah sebagai kepala negara ad-interim.

Maldonado diperkirakan akan mengemban tugas itu sampai presiden baru hasil pemilihan umum dilantik pada 14 Januari 2016 mendatang. Padahal, dia baru menempati jabatan wapres pada pertengahan Mei lalu, guna mengisi kekosongan yang ditinggalkan Roxana Baldetti.

Seperti Perez Molina, Baldetti tersangkut kasus skandal suap. Bahkan, dia terlebih dulu dipenjara sembari menunggu kasus itu disidangkan.

Perez Molina dituding berperan sebagai aktor intelektual di balik upaya penggelapan jutaan dollar dari bea cukai.



Pengunduran diri Perez Molina disambut meriah rakyat Guatemala.

Para jaksa menuduh presiden dan sejumlah pejabat menerima jatah dari uang suap yang diberikan para pengusaha yang ingin menghindari pajak impor.

Perez Molina membantah dirinya terlibat.

Meski demikian, penindaklanjutan kasus skandal suap yang diduga melibatkan Perez Molina dan berujung pada pengunduran dirinya mendapat sambutan meriah warga Guatemala. Mereka menggelar pawai besar di sejumlah kota, termasuk Guatemala City.(dtn)


PILKADA SERENTAK AKAN DIADAKAN 9 DESEMBER 2015


PILKADA SERENTAK AKAN DIADAKAN 9 DESEMBER 2015
Medan,(MPC)
Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember tahun ini menjadi topik utama pada Temu Konsultasi Bakohumas yang  di selenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara. Acara yang dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Setda Provsu Drs. H. Mhd Fitriyus, SH, MSP bertemakan ”Dengan Semangat Ayo Kerja Kita Tingkatkan Peran Strategis Bakohumas dalam Menysukseskan Pilkada Serentak   2015”, bertempat di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa (25/8).
Acara tersebut dihadiri Kadis Kominfo Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum, Kapendam I/BB, Ketua KPU Sumut , Para Kepala SKPD di lingkungan Pemprovsu,  wartawan media cetak maupun elektronik. (PIP)(dks)

Jokowi Prioritaskan 4 Program Atasi Bencana Asap di Sumatera dan Kalimantan

  Jokowi Prioritaskan 4 Program Atasi Bencana Asap di Sumatera dan Kalimantan
Jakarta (MPC)- Aksi pembakaran lahan dan hutan mengakibatkan terjadinya bencana asap di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Untuk mengatasi itu, Presiden Joko Widodo memprioritaskan 4 program.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, ada 4 cluster yang diprioritaskan dalam penanggulangan bencana asap ini.

"Pertama cluster pemadaman yang dilakukan oleh TNI, berupa pembuatan hujan buatan dan water bombing dan juga di darat dilakukan upaya pencegahan," ujar Syamsul saat ditemui usai rapat bersama Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/2015).

Kedua, aspek hukum harus ditegakkan dengan tegas. "Cluster hukum ini yang dipimpin oleh Kapolri bersama PPNS dari Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan upaya penegakan hukum," kata Syamsul.

Ketiga, aspek kesehatan. Jokowi segera memerintahkan untuk membuka posko-posko di wilayah yang terdampak kabut asap akibat pembakaran hutan dan lahan.

"Kita tahu sudah ada ISPA. Kementerian Kesehatan sudah diperintahkan untuk mengkoordinasikan di 8 posko (4 di Kalimantan dan 4 di Sumater). Jadi utamanya adalah untuk mengaktivasikan posko tersebut. Posko ini disebut posko bencana asap," kata Syamsul.

Program terakhir yakni sosialisasi. Masyarakat diberikan kesadaran terhadap bahayanya aksi pembakaran lahan dan hutan. Serta dampaknya bagi kesehatan.(dtn)

PTPN III Tepung Tawari 56 Calon Jamaah Haji Tahun 2015

 
Medan (MPC)
Keinginan yang besar untuk menunaikan ibadah haji sangatlah besar di hati kaum muslim Indonesia khususnya bagi karyawan dan keluarga besar PTPN III kota suci Mekah dan Madinah. Hal ini terlihat dari animo yang tiap tahun meningkat namun keterbatasan kuota yang sudah ditetapkan pemerintah membuat niatan itu harus disesuaikan dengan jadwal tunggu.

Menurut keterangan Adi Fitria, Kepala Bagian Umum pada tahun 2015 jumlah karyawan dan keluarganya yang telah terdaftar untuk menunaikan ibadah haji berjumlah 56 orang saja berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang cukup besar. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan untuk mendaftar menjadi calon jamaah haji tiap tahun katanya.

Dalam sambutannya di Aula Kelapa Sawit jalan Sei Batanghari No 2 Medan, Harianto, Direktur SDM & Umum mengucapkan selamat kepada para calon jamaah haji yang akan berangkat dan mengharapkan agar fokus untuk beribadah serta menjaga kesehatan supaya ketahanan fisik terjaga selama menunaikan ibadah di tanah suci.

“Saya berharap semua jamaah sehat dan tidak lupa mendoakan perusahaan agar mampu menghadapi berbagai tantangan terutama dengan merosotnya harga komoditas sawit dan karet,” katanya.
Sarial, perwakilan jamaah haji mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas dukungan dan bingkisan serta uang masing-masing 500 riyal yang diterima calon jamaah. “Kami sangat bersyukur atas bingkisan tersebut dan mendoakan agar perusahaan tetap maju,” katanya.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Poniran kemudian tepung tawar ditaburkan kepada para calon jamaah haji oleh Harianto, Direktur SDM & Umum didampingi istri, Tengku Syahmi Johan, Direktur Produksi dan Diah Bagas Angkasa didampingi oleh para kepala bagian yang hadir diiringi sholawatan talbiah. Semoga menjadi haji mabrur.(r.26.08.n3)


PTPN III Meriahkan HUT RI-70 Bersama Warga

 
Medan (MPC)
Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 PTPN III selain memeriahkannya dengan menyelenggarakan jalan santai di kisaran jalan raya di kantor Direksi PTPN III jalan Sei Batanghari No 2 Medan, seminar kesehatan, donor darah dan upacara bendera 17 Agustus serta penyerahan penghargaan kepada para karyawan yang telah bekerja selama 25, 30 hingga 35 tahun, di hari Senin sore di tanggal 17 Agustus 2015 juga diadakan kegiatan lomba panjat pinang dan lari goni yang melibatkan khusus para warga di sekitar lokasi kantor.

Kedua lomba tersebut memperebutkan hadiah diantaranya sepeda mini dan BMX 5 buah, kipas angin berdiri, duduk dan kotak 10 buah, dispenser - besar dan kecil 5 buah, rice cooker 5 buah, setrika 10 buah, handphone 5 buah dan kompor gas 5 buah sehingga total hadiah yang diperebutkan sebanyak 50 buah.

Harianto, Direktur SDM saat kegiatan berlangsung mengatakan bahwa pelibatan perlombaan dengan warga sekitar lingkungan kantor direksi adalah untuk memupuk tali silaturahmi dan bersama-sama merayakan kemerdekaan RI-70 di tahun 2015 ini dengan penuh suka cita.

Adi Fitria, Kepala Bagian Umum yang juga turut dalam aksi perlombaan balapan lari karung mengungkapkan antusias warga yang ikut dalam perlombaan pada peringatan HUT RI ini sangat besar dan berharap tahun depan kegiatan yang sama dapat diulang kembali. Syamsir, salah satu warga yang berhasil mendapatkan hadiah mengucapkan rasa syukur yang dalam karena hadiahnya dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari..(r.26.08.n3)



Rehab Kantor Desa Lestari Dadi Tanpa Plank, Jelas Menyalahi


Sergai, (    MPC)                          
            Desa lestari Dadi Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai dalam tahun anggaran 2015 telah memperoleh bantuan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai  Rp. 100 juta. Namun sangat disayangkan, kucuran dana yang bersumber dari uang negara tersebut untuk pelaksanaan rehab kantor Kepala Desa tanpa menggunakan plank proyek dari Perusahaan  mana yang mengerjakannya.

Padahal sesuai Kepres No. 80  Tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yakni Setiap Penggunaan Proyek yang berasal dari Uang Negara, harus memiliki Plank.  
Kemudian, berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk itu, dan kenapa   tidak ditenderkan . Disinyalir akan terjadi penyelewengan anggaran jika warga yang berada di desa tersebut tidak mau peduli terhadap jalannya pembangunan, dan tidak mau mengawasinya.
            Anehnya, dari sejumlah warga Dusun I Desa Lestari Dadi saat ditemui sejumlah awak media tidak mengetahui bahwa desanya telah mendapat kucuran dana dari pemerintah sebesar Rp. 100 Juta. Kami pak di Desa ini terbagi dari tiga dusun itu tidak mau berpolitik. Pada waktu-waktu senggang kami berkumpul di warung kopi hanya membicarakan bagaimana supaya hasil pertanian bisa lebih meningkat. Karena disini mayoritas warganya umumnya bekerja sebagai petani. 
            Mengenai desa kami ada menerima bantuan dari pemerintah sebesar Rp. 100 Juta, sebagai warga kami tidak mau mencampurinya. Sepengetahuan kami, Kepala Desa Lestari Dadi Hermanto alias Rembo yang baru saja terpilih lebih dari satu tahun itu orangnya baik dan disenangi masyarakat, ucap Pak Waris yang sudah berusia sekitar 60 tahunan itu.
            Kepala Desa Lestari Dadi Hermanto saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Senin (23/8) mengakui bahwa desanya benar telah menerima kucuran dana dari APBN senilai Rp. 100 Juta untuk tahun anggaran 2015 sebagai tahap pertama. Kemudian, untuk tahap kedua akan memperoleh dana lagi , katanya.
Proyek  kita buat menjadi swakelola. Dana tersebut selain digunakan untuk rehab kantor desa, juga akan kita buat tembok pengaman jalan. Selain itu pemberdayaan ekonomi kerakyatan seperti mendirikan koperasi unit desa, pembangunan masjid, dan lain-lainnya, katanya lagi.

            Itupun dana yang kita peroleh dikenakan pajak sekitar 11 persen dan wajib kita setor melalui Bank yang ditunjuk. Saya tidak pernah bermimpi untuk menjadi kades dan saya tidak pernah berkampanye sewaktu pemilihan calon Kepala Desa pada masa itu. Namun warga yang mendukung saya, dan hal ini seperti bermimpi saja, paparnya, namun itulah kenyataannya bagi saya,” ujar Kades.
            Menyinggung, sebentar lagi akan berlangsung Pemilihan Calon Bupati Sergai periode 2015-2020, ada 4 pasangan calon yang akan bertarung. Hermanto sepetinya enggan untuk berbicara. Namun kalau ditanya secara pribadi dari 4 kandidat yang bakal tampil sepertinya saya mendukung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai Shahrianto, SH - dr. M. Riski Ramadhan, Hsb,SE. Namun jika ditanya secara dinas, saya memilih pasangan Sukirman-Dharma Wijaya. Pak Riski itu keluarga saya, orang tuanya asli orang sini dan sebagian keluarga mendukungnya, paparnya lagi. (Rel. S.)



Komjen Anang Dapat Warisan Kasus BW, Jaksa Agung: Tunggu Penyerahan Tahap Dua


Komjen Anang Dapat Warisan Kasus BW, Jaksa Agung: Tunggu Penyerahan Tahap Dua Jakarta (MPC) - Posisi Kabareskrim kini ditempati Komjen Anang Iskandar. Banyak warisan kasus perkara yang ditangani di masa kepemimpinan Komjen Budi Waseso seperti perkara Bambang Widjojanto (BW) yang sudah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Sudah kita arahkan, sudah P-21 dilaporkan oleh Jampidum (Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum) sudah diekspos di sini. Semuanya menyimpulkan bahwa berkas tersebut sudah lengkap dan siap disidangkan," kata Jaksa Agung M Prasetyo di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (4/9/2015).

Saat ini Kejagung tengah menunggu penyerahan tahap dua dari penyidik Bareskrim Polri. Sejak dinyatakan lengkap sejak 25 Mei 2015, penyerahan tahap dua itu belum juga dilimpahkan sampai saat ini.

"Harus sudah diserahkan kemari dan kita pelajari rencana dakwaan untuk diserahkan ke pengadilan," kata Prasetyo.

Mengenai wacana deponering, Prasetyo tak ingin bicara lebih jauh. Menurut Prasetyo, deponering dikeluarkan hanya untuk kepentingan umum.

"Jangan bicara deponering. Itu memerlukan pertimbangan yang tidak mudah, kita lihat nanti sejauh mana. Deponering hanya kepentingan umum," pungkas Prasetyo. (dtn)

Harga CPO diduga cuma mekar sesaat

Petani memetik sawit di perkebunan PTPN VIII, Cimulang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/7). Penetapan bea keluar Crude Palm Oil (CPO) oleh pemerintah per 1 Juli yang naik menjadi 20 persen, dinilai semakin merugikan para pelaku industri sawit, khususnya petani sawit di Indonesia. KONTAN/Muradi/10/07/2011

Jakarta (MPC). Harga minyak sawit mentah alias crude palm oil (CPO) mekar lagi. Pelemahan nilai tukar ringgit Malaysia dan rebound bursa saham China menyulut kenaikan harga minyak nabati ini. Namun, kenaikan harga ini disinyalir terbatas.

Mengutip Bloomberg, Jumat (28/8), CPO pengiriman November 2015 di Malaysia Derivative Exchange naik 3,4% ke level RM 1.991 per metrik ton. Harga minyak sawit berhasil rebound selama dua hari, pasca anjlok pada Rabu (26/8). Kala itu, harganya terpangkas menjadi RM 1.867 per metrik ton. Ini harga termurah sejak Januari 2013. Kemarin (31/8), bursa komoditas Malaysia libur untuk memperingati hari kemerdekaan negeri itu.

Pasar komoditas membaik setelah Tiongkok memangkas lagi suku bunga acuan. Deddy Yusuf Siregar, Research and Analyst Fortis Asia Futures bilang, jangka pendek, berbagai kebijakan yang ditempuh Pemerintah China menimbulkan harapan perekonomian Negeri Panda membaik. “Sehingga terbuka harapan kenaikan permintaan komoditas, termasuk CPO,” katanya.
Sayang, kenaikan harga minyak sawit tidak didukung fundamental pertumbuhan permintaan. Ini yang memicu stok di Malaysia melimpah. Kenanga Investment Bank mencatat, stok minyak sawit bulan Agustus 2015 bertambah sebanyak 2,49 juta ton.

Sementara, Malaysian Palm Oil Board mencatat, produksi bulan Juli mencapai 1,82 juta ton. Ini level tertinggi sejak Oktober tahun lalu. Senior Research and Analyst Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai, sentimen stimulus Tiongkok sulit bertahan lama. Sektor riil masih lesu.
Pergerakan harga CPO bakal disetir perkembangan sektor manufaktur di China bulan Agustus yang tercermin dari Purchasing Managers’ Index (PMI) manufacturing. Data ini bakal dirilis Selasa (1/9). Diperkirakan indeks manufaktur melambat dibandingkan bulan sebelumnya. “Jika sesuai perkiraan, harga minyak sawit bisa terkoreksi lagi,” prediksi Ariston.

Permintaan masih loyo Dalam jangka panjang, pasar CPO juga masih kekurangan katalis penyokong. Rencana negara eksportir, yaitu Malaysia dan Indonesia mengembangkan kawasan industri hilirisasi kelapa sawit tidak serta merta ampuh mengerek harga minyak sawit.
Menurut Ariston, kerjasama tersebut baru akan dimulai tahun depan. “Masih lama dan berpotensi gagal karena detailnya belum ada,” tukasnya.

Analis Central Capital Futures Wahyu Tri Wibowo sependapat. Baginya, kerjasama tersebut baru wacana. Sekalipun terwujud, rencana kedua negara memproduksi CPO berstandar tinggi diragukan bisa menopang harga. “Sekarang dengan kualitas standar saja, permintaan masih lemah,” ujarnya.
Hingga akhir pekan ini, kata Wahyu, pergerakan harga CPO akan dipengaruhi ekspektasi terhadap hasil pertemuan The Fed dan perkembangan ekonomi China. Spekulasi kenaikan suku bunga Amerika Serikat bisa mengancam penurunan harga CPO. Tapi, secara teknikal ada potensi rebound.
Prediksi Aiston, CPO bergulir antara RM 1.860-RM 2.100. Sementara, Wahyu mennebak, harga bisa menuju support RM 1.800, dengan resistance di RM 2.150 per metrik ton.(r.n4)

RNI, PTPN IV bedah rumah veteran dan

 Salurkan Sembako Murah


bedah rumah_mamuju

 Medan (MPC)
MAMUJU – PT Rajawali Nusantara Indonesia (persero) bekerjasama dan PT Perkebunan Nusantara IV, melakukan bedah rumah veteran sebaanyak 45 Unit dan menyalurkan 2.061 paket sembako senilai Rp30.000 per paket kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Sulawesi Barat. Dan memberikan bantuan alat-alat laboratorium untuk 17 SMK yang ada di sekitar Mamuju. seiring dengan pelaksanaan program “BUMN Hadir Untuk Negeri” dalam rangka peringatan HUT ke-70 RI.

Harga paket sembako terdiri dari beras 5 kilogram, gula pasir 2 kg dan minyak goreng 1 liter itu sudah didiskon 70% dari harga di pasaran sekitar Rp100.000 per paket. Satu kepala keluarga kurang mampu diberi kesempatan untuk membeli satu paket.

Untuk Perbaikan rumah veteran merupakan salah satu agenda peringatan HUT ke-70 RI yang digelar oleh berbagai BUMN. Untuik kegiatan ini, BUMN menggandeng TNI AD sebagai pelaksana di lapangan.
“Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat. BUMN, bagaimanapun, akan terus menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional,” kata Deputi Bidang Usaha Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Muhamad Zamkhani.

“Sebanyak 561 paket dibagikan di lokasi ini, sedangkan sisanya dibagikan oleh Pemprov Sulawesi Barat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK di beberapa titik,” kata Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) B.Didik Prasetyo didampingi oleh Direnbang PTPN IV Memed Wiramihardja seusai upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-70 di halaman kantor Perum Bulog Simboro Mamuju, Senin (17/8/2015).

Usai bertindak sebagai inspektur upacara HUT RI ke-70 yang dihadiri karyawan BUMN se-Sulbar, Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Agro dan Farmasi Muhamad Zamkhani turut langsung melayani masyarakat kurang mampu yang menukarkan kupon paket sembako.
“Pemerintah berharap melalui kegiatan-kegiatan ini BUMN dapat lebih dirasakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat dimana BUMN beroperasi,” ujarnya.

Kegiatan lain yang dilaksanakan yakni senam bersama/jalan sehat sejauh 8 km, pesta kuliner pedagang kaki lima gratis. pemutaran layar tancap tiga pilihan film yakni Laskar Pelangi, Bendera, Garuda Di Dadaku di pinggiran Pantai Manakara dengan menyediakan makanan gratis untuk 1.000 orang.Kemudian, perlombaan tradisional agustusan dengan menyediakan hadiah hiburan menarik, upacara bendera HUT RI ke-70 di Kantor Perum Bulog Sulbar pada 17 Agustus.
Untuk peringatan di Mamuju, Sulawesi Barat, kegiatan sosial BUMN dikoordinir oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).(18.08.nn)
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Minggu  Pertama September    2015





Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin 
Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda

-----------------------------------------------------------------------------------------------

KESEHATAN


Manisnya kurma menyimpan 7 manfaat sehat iniManisnya kurma menyimpan 7 manfaat sehat ini 

ilustrasi kurma. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/mama_mia



  Saat Anda dalam program diet dan ingin mengonsumsi sesuatu yang manis, maka para ahli kesehatan pun menyarankan Anda untuk makan kurma. Sebab kurma mengandung pemanis alami yang dapat memuaskan hasrat Anda untuk makan sesuatu yang manis tanpa memberikan tambahan kalori. Tak hanya itu saja, kurma juga merupakan makanan yang tinggi akan zat besi, mineral, kalsium, asam amino, fosfor, dan vitamin. Sehingga buah ini baik untuk peningkatan kesehatan tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehat kurma yang wajib untuk Anda ketahui.

Meningkatkan energi dengan cepat
Anda merasa lemas di siang hari ini? Konsumsilah kurma. Sebab kurma tinggi akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketiga zat alami ini mampu memberikan Anda suntikan energi dengan cepat.

Menambah berat badan secara sehat
Jika dikonsumsi secara teratur sebagai camilan sehat, kurma dapat membantu Anda dalam meningkatkan berat badan secara sehat. Kandungan zat gula sehat, vitamin, dan protein di dalamnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan berat badan.

Memperkuat tulang
Kandungan mineral di dalam kurma mampu membantu dalam memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Kurma juga mengandung selenium, mangan, dan tembaga yang semuanya berkontribusi dalam meningkatkan kepadatan tulang.Meredakan sembelit
Mereka yang menderita sembelit sering disarankan untuk makan kurma. Sebab kurma kaya akan serat sehat yang meningkatkan pergerakan usus sehingga mampu meredakan sembelit.

Meningkatkan elastisitas kulit
Kurma mengandung vitamin A dan vitamin P. Kedua vitamin ini memiliki manfaat penting untuk meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah timbulnya garis halus atau kerutan di kulit Anda.

Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium dan magnesium di dalam kurma sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Mengobati anemia
Kurma tinggi akan zat besi, vitamin C, dan B6. Semua vitamin ini sangat baik untuk merangsang produksi hemoglobin. Sehingga dapat membantu dalam mengobati anemia.

Kurma segar tidak mengandung kolesterol dan rendah kalori. Kandungan kalori dalam kurma hanya sekitar 23 kalori. Selain itu buah ini terkenal memiliki sifat penyembuhan terutama dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel, mencegah penyakit stroke dan jantung, serta mencegah kanker.(mcs)

Hamil ternyata bikin cepat pikun!


Hamil ternyata bikin cepat pikun! 
Ilustrasi pelupa. Shutterstock/PathDoc
Pikun atau mudah lupa merupakan gangguan memori yang dialami oleh banyak orang. Biasanya penyakit mudah lupa terjadi saat memori otak Anda sudah terlalu penuh, menyimpan banyak hal. Tentu saja saat Anda mudah lupa, Anda pasti akan mengalami kesulitan seperti mengingat nomor handphone sendiri atau bahkan mengingat dimana letak barang pribadi Anda.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, ada banyak hal yang membuat seseorang mudah pikun. Salah satunya adalah kehamilan. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil terkadang membuat memori mereka menjadi tak setajam seperti saat belum hamil.

Selain faktor lainnya, berikut adalah penyebab kenapa seseorang mudah sekali pikun atau pelupa.

Penyakit tiroid
Jika Anda memiliki masalah dengan tiroid Anda, maka Anda bisa berada dalam kemungkinan besar untuk memiliki sifat pelupa atau pikun.

Insomnia
Kurang tidur dapat mengganggu sistem dan fungsi otak Anda. Itulah sebabnya Anda cenderung akan bingung atau sulit untuk mencerna sesuatu ketika kurang tidur. Dan jika insomnia ini berlanjut maka Anda akan berubah menjadi orang yang pelupa.

Pemakaian obat terlarang
Sudah bukan rahasia lagi jika pemakaian obat terlarang akan menimbulkan banyak efek buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kesehatan otak yang akan membuat Anda menjadi orang yang pelupa.

Stres
Stres ternyata bisa membuat orang menjadi lupa. Dan saat tingkat stres tersebut bertambah, maka sifat pelupa Anda akan semakin buruk.
Depresi
Stres yang tidak disembuhkan atau ditangani dengan baik akan berubah menjadi depresi. Dan sifat pelupa akan bertambah seiring dengan tingginya tingkat depresi Anda.

Kecanduan alkohol
Selain konsumsi obat-obatan terlarang, alkohol juga dapat membuat orang menjadi pelupa. Hal ini disebabkan karena bahan kimia dalam alkohol mampu melemahkan kerja otak.

Pertambahan usia
Agaknya tidak berlebihan jika seiring dengan pertambahan usia, maka seseorang akan mudah lupa. Sebab saat usia Anda menua, maka sel-sel otak juga akan semakin usang dan daya ingat menurun.

Konsumsi obat tertentu
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi obat-obatan tertentu akan membuat orang menjadi pelupa serta mudah bingung.

Malnutrisi
Ketika tubuh Anda mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi, maka daya ingat Anda tentu saja tidak bisa maksimal. Sehingga Anda pun menjadi mudah lupa. Oleh karena itu terapkan pola makan sehat pada diri Anda agar kesehatan tubuh termasuk kemampuan otak Anda bisa terjaga dengan maksimal.

Wah, ternyata selain kehamilan, beberapa faktor di atas yang masuk ke dalam golongan pola hidup tidak sehat bisa membuat Anda menjadi pula. Oleh karena itu selalu terapkan pola hidup sehat ya.(mcs)

Minuman bersoda perbesar risiko serangan jantung dan stroke


Minuman bersoda perbesar risiko serangan jantung dan stroke 
ilustrasi minuman soda. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/punsayaporn
Studi terbaru mengungkapkan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Para ilmuwan mengatakan bahwa tingginya konsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan peningkatan lebih lanjut dari penyakit jantung dan stroke.

Seperti dilansir Daily Mail (2/9), ilmuwan Jepang telah mengamati kebiasaan minum alkohol dari 800.000 pasien yang harus diresusitasi (pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena alasan tertentu) setelah mengalami serangan jantung selama periode enam tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa minuman berkarbonasi atau bersoda dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular. Hal tersebut dipicu oleh kandungan asam dalam minuman bersoda.

Sindrom metabolik adalah istilah medis untuk kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas yang menempatkan penderita pada risiko lebih besar terkena penyakit jantung, stroke dan kondisi lain yang mempengaruhi pembuluh darah.

"Temuan ini menunjukkan bahwa membatasi konsumsi minuman berkarbonasi dapat bermanfaat bagi kesehatan," kata Profesor Saku.(mcs)


 
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda