MADYA POS.COM

Minggu, 20 April 2014

Korupsi- PTPN 3-M.III -Naskah ujian-dIRGAHAYU 66






Pejabat di PD. Pembangunan Medan, 
Seorang DPO

Medan (mp.c)
Kejaksaan Negeri  (Kejari) Medan terus mengembangkan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oknum-oknum pejabat di PD Pembangunan  Pemko Medan.  Dan kini Direktur Operasional (Dirops) Ichwan Husein Siregar sudah menjadi boronan pihak Kejari Medan,  Dan ditetapkan statusnya DPO.
 

Informasi yang dihimpun wartawan, menyebutkan, bahwa petinggi PD. Pembangunan Pemko Medan itu, yakni,  Direktur Utama, Harmen Ginting, Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Besri Nazir, dan Bendahara Pengeluaran Risman Efendi, ketiga pejabat ini sudh ditahan oleh Kejari Medan,

  Kita sudah tetapkan  ketiga pejabat di PD.Pembangunan ini menjadi tersangka dan kini ditahan, sedangkan Ichwan Husein Siregar, ditetapkan statusnya DPO” ujar Kajari Medan, Muhammad Yusuf, yang disampaikan melalui Kasi Pidsus, Jufri Nasution , Jumat (18/4).

Menurut Kejari Medan, terkait  larinya Ichwan, maka Kajari  Medan Muhammad Yusuf , menginstruksikan  kepada anggotanya dan jajarannya untuk segera melacak dan mencari sampai ketemu, dimana keberadaan oknum Direktur Operasional itu.

Sebelumnya diinformasikan bahwa kasus ini Terkait dugaan melakukan tindak pidana korupsi di Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan  Pemko Medan, yang berasal dari dana penyertaan modal Tahun Anggaran 2012  yang kerugian negara berkisar Rp.2 miliar. Dana penyertaan modal berkisar Rp.5,9 miliar  (01.nn)





Konflik Pertanahan Antara PTPN III Kebun Bandar Betsy dengan Masyarakat Berakhir dengan Penyerahan Suguh Hati

Medan (mp.c)
Setelah cukup lama segketa atas tanah yang terjadi antara PTPN III Kebun Bandar Bersy  dengan masyarakat kelompok Tani Banjar Rejo atas arel HGU PTPN III seluas 129  Ha  di Afdeling VI Kebun Bandar Betsy dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan melalui segu hati. Tepatnya 8 April 2014 bertempat di gedung  aula PTPN III Kebun Bandar Betsy dilaksanakan acara penyerahan pembayaran sugu hati kepada 31 Anggota Kelompok Tani  Bandar Rejo yang sejak tahun2000 menguasai areal HGU PTPN III dengan menanam tanaman ubi kayu dan kelapa sawit. Penyerhan sugu hati dihadiri Kepala Bagian Hukum PTPN III, Distrik Manager  Simalungun, Danramil 06 Perdagangan, Camat Bandar Huluan serta Perwakilan Polres Simalungun

Hermanto, Manager PTPN III Kebun Bandar Betsy dalam sambutannya mengatakan  bahwa pemberian sugu hati kali ini merupakan rangkaian terakhir dari tahapan yang  telah  dilaksanakan  sebelumnya, yaitu pertama diberikan pada 25 Pebruari 2014, tahap  II pada tanggal  6 Maret 2014, dan tahap III pada tangggal 27 Maret 2014 . Pada areal  ex garapan telah dilakukan pembersihan areal sekaligus penanaman bibit kelapa sawit dan pembuatan parit isolasi yang berlangsung kondusif tanpa hambatan yang berarti.

Dalam kesempatan yang sama, Fauzi Chairul , Kepala Bagian Hukum PTPN III mengucapkan terima kasih kepada masyarakat penggarap, managemen Kebun Bandar Betsy, Muspika  dan Musida, Pihak Kepolisian Polres Simalungun beserta jajarannya dan Koramil 06/Perdagangan serta semua pihak yang terlibat dalam kelancaran penyelesaian areal garapan yang telah berlangsung selama hamper 18 tahun ini. Ke depan beliau berharap agarmanagemen kebun bersama masyarakat saling menjaga asset Negara yang dikelola oleh PTPN III ini untuk kepentingan  bersama.

Camat Bandar Huluan mengatakan bahwa penyelesaian lahan garapan melalui pembayaran sugu hati harus menjadi penyelesaian  final, jangan sampai timbul perselisihan lagi dikemudian hari antara masyarakat , KTBR dengan perusahaan berkaitan dengan areal garapan . Ia juga menyoroti aksi unjuk rasa yang dilaksanakan di depan Gedung DPRD Simalungun yang mengatasnamakan masyatakat Bandar Huluan namun diketahui bahwa peserta unjuk rasa tersebut bukan berasal dari masyarakat  Bandar Huluan. Hal ini sangat disayangkan olehnya dan menjadi bukti bahwa aksi kelompok yang mengatasnamakan  masyarakat  Bandar Huluan untuk kepentingan pribadi.

Suguhati merupakan pedekatan yang dilakukan PTPN III dalam penyelesaian sengketa pertanahan dengan masyarakat yang mengedepankan kekeluargaan dengan cara penggantian biaya tanaman yang telah ditanam di atas areal HGU PTPN III Kebun Bandar Betsy  dengan pengurus Kelompok Tani Bandar Rejo yang diketuai oleh Kemin. Diharapkan melalui sugu hati ini sengketa antara perusahaan dengan kelompok Tani dapat diselesaikan dengan tetap mempertahankan hubungan baik kedua belah  pihak . (r.01.nn)       








MINGGU KEtiga April  2014







Dengan Membayar PKB Dan
 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin
 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda



Ketua Panitia UN : Hendri Siregar
Naskah Ujian Nasional  Untuk SMP  Segera Sampai di Medan

Medan (mp.c)
Naskah Ujian Nasional (UN) beserta lembar jawaban Tingkat Sekolah Menengah (SMP)  sudah berjalan menuju  ke Medan, ujian UN akan di gelar pada tanggal, 5 Mei 2014, namun  informasi yang dihimpun  Madya Pos.Com  sudah akan dimulai didistribusikan

Pendistribusian bahan Naskah UN serta lembar jawaban akan diprediksi, pada Jumat malam truk yang membawa dari Bandung akan tiba di Medan, kemudian naskah akan dan jawabannya akan di simpan dengan baik di kawasan Tembung Pasar X.

“ Jum’at malam nanti mudah-mudahan naskah UN beserta jawababnya akan tiba di Medan dari bandung  naskah diangkut oleh truk yang dijaga ketat, truk pertama ini juga akan langsung masuk ke loksi penyimpanan yang sudah sesuai dengan mekanismenya”ujar Hendri Siregar selaku ketua panitia UN kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, truk selanjutnya akan tiba pada waktu yang telah di jadwalkan, namun semua ini diharapkan truk-truk berikutnya sampai dengan selamat ke tujuannya (di Medan), karena itu diharapkan juga dalam pelaksanaan UN tahun ini diminta kepada yang berkompeten untuk menjaganya dengan sebaik-baiknya, sehingga pelaksanaan UN tahun ini berjalan seperti apa yang kita harapkan” Ujar Hendri. (o1.nn)





Dirgahayu Provinsi  Sum.Utara
Hari Jadi Propinsi Sumatera Utara
Ke- 66
(15 April 1948-15 April 2014)
Membangun Sumatera Utara dalam Kerukunan dan Dinamika Masyarakat Menuju Kesejahteraan Bersama
Dari
H. GATOT PUJO NUGROHO,ST,MSi
 GUBERNUR SUMUT
IR.H.T.ERY NURADI,MSi
WAKIL GUBERNUR SUMUT

 H. NURDIN LUBIS, SH, MM
SEKRETARIS DAERAH PROVSU
 ======================================



Dirgahayu Provinsi  Sum.Utara
Hari Jadi Propinsi Sumatera Utara
Ke- 66
Membangun Sumatera Utara dalam Kerukunan dan Dinamika Masyarakat Menuju Kesejahteraan Bersama
Dari
DRS.MASRI,MSi & Keluarga



=======================================
Dirgahayu Provinsi  Sum.Utara
Hari Jadi Propinsi Sumatera Utara
Ke- 66
Membangun Sumatera Utara dalam Kerukunan dan Dinamika Masyarakat Menuju Kesejahteraan Bersama
Dari

Ir.EDDI SAPUTRA SALIM,MSi
Kadis Penataan Ruang dan Permukiman



 

=========================================

Gejolak Tim Cemara, Senyap Tim 08


Jakarta (mp.c)- Tangga menuju lantai dua rumah bercat putih itu selalu diawasi pria tegap berbaret merah. Kecuali terhadap penghuninya, anggota Satuan Tugas Khusus Cakra Buana itu akan menghalau orang yang hendak naik ke lantai atas rumah di Jalan Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, itu.

Sejak diresmikan oleh calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo, pada 3 April 2014, rumah itu jadi markas tim pemenangan Jokowi for President alias JKW4P. Tim Cemara—begitu julukan tim sukses Jokowi itu—berkantor di lantai dua.

Sebelumnya, Tim Cemara berada di bawah kendali Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum PDI Perjuangan Puan Maharani. Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Ahmad Basarah, yang ditempatkan di Menteng itu, ditugasi mengatur jadwal Jokowi selama kampanye pemilu legislatif. Namun, setelah diketahui berdasarkan hasil hitung cepat bahwa pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat itu tidak sesuai dengan target, Jokowi meminta kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar kendali atas tim pemenangan pemilihan presiden diserahkan kepadanya.

"Organisasinya nanti akan saya buat. Nanti siapa pun ketuanya akan saya laporkan," kata Jokowi dalam fokus majalah detik edisi 125. Dalam pertemuan di markas relawan Pro-Jokowi alias Projo, Jokowi menyebutkan bahwa Megawati mengatakan, "Ya sudah, buat saja."

***

Tulisan selengkapnya bisa dibaca GRATIS di edisi terbaru Majalah Detik (edisi 125, 21 April 2014). Edisi ini mengupas tuntas “Cara Jokowi Gaya Prabowo. Juga ikuti artikel lainnya yang tidak kalah menarik, seperti rubrik Nasional “Menanti Arah Koalisi Ki Lurah, Internasional “Untuk Siapa Suara Muslim India, Ekonomi “Ekspor Mobil Semakin Moncer”, Gaya Hidup Ups... Siapa yang Bau”, rubrik Seni Hiburan dan review Film Blood Ties, serta masih banyak artikel menarik lainnya. (dtn)

Rhoma Irama Mundur dari Pencapresan di PKB?

  Jakarta (mp.c) - Berhembus kabar Raja Dangdut Rhoma Irama akan mundur dari bursa pencapresan PKB. Ini merupakan rencana koalisi yang akan digarap partai besutan Muhaimin Iskandar, PKB, yang melakukan penjajakan koalisi dengan beberapa partai.

Namun, Ketua Tim Sukses Rhoma Irama, Ramdansyah, menampik kabar tersebut. Menurutnya, sampai sejauh ini pelantun 'Begadang' itu masih optimistis maju dalam bursa pencapresan.

"Seingat saya belum ada kabar mundur dari Bang Haji," kata Ramdansyah saat dihubungi detikcom, Senin (21/4/2014).


Ramdan mengatakan, hubungan baik Rhoma dan Cak Imin pun tidak ada masalah. Bahkan, komunikasi diantara keduanya terbilang intens.

"Cak Imin dan Bang Haji masih jalan bareng. Masih akur-akur saja," ujar Ramdansyah.

Ramdansyah juga membantah Rhoma akan menggelar jumpa pers hari ini terkait rencana kemundurannya dari pencapresan.

"Enggak bener itu. Enggak ada konferensi pers soal itu," ujarnya.(dtn)


59 Orang Tewas dalam Insiden Kapal Feri Korsel, 243 Lainnya Masih Hilang

Seoul (mp.c)- Korban tewas tenggelamnya kapal feri Korea Selatan melonjak tajam, hingga kini dilaporkan mencapai 59 orang. Sedangkan sebanyak 243 orang lainnya, sebagian besar anak sekolah, masih dinyatakan hilang.

Operasi pencarian kini melibatkan banyak penyelam yang berusaha masuk ke dalam kabin-kabin kapal Sewol yang sudah berada di dalam laut. Untuk pertama kalinya pada akhir pekan kemarin, penyelam berhasil mengakses bagian kabin kapal yang ada di dalam lautan.

Sebanyak 19 jasad berhasil dievakuasi dari dalam kabin tersebut. Jasad korban terwas kemudian dibawa ke sebuah tenda di Pulau Jindo, yang letaknya memang tidak jauh dari lokasi kejadian. Di lokasi ini pula, keluarga korban dan korban selamat ditampung sementara. Demikian seperti dilansir AFP, Senin (21/4/2014).

Beberapa polisi tampak berjaga di luar tenda mengingat banyak keluarga korban hilang yang cemas dan mengkhawatirkan kondisi anak mereka. Dari total 476 orang yang ada di atas kapal feri Sewol yang terbalik dan tenggelam pada Rabu (16/4) lalu, sebanyak 350 merupakan murid SMA Danwon di Ansan.

Dari jumlah tersebut, dilaporkan baru puluhan anak saja yang berhasil diselamatkan di antara penumpang lain. Otoritas Korsel memastikan, total hanya ada 174 orang yang berhasil diselamatkan dari kapal dan hingga kini belum ada korban selamat lain yang ditemukan.

Parahnya, di antara korban selamat tersebut terdapat juga kapten kapal dan sejumlah awaknya. Kapten kapal Sewol yang bernama Lee Joon Seok kini dalam penahanan polisi dan terancam hukuman penjara seumur hidup karena dianggap menjadi penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

Jaksa yang menangani kasus ini menyatakan, Lee tidak memperlambat kecepatan kapal saat berlayar di rute sempit. Tidak hanya itu, Lee rupanya tidak sedang berada di ruang kemudi ketika kapal mengalami insiden.

Lee dijerat banyak dakwaan oleh jaksa, mulai dari meninggalkan tanggung jawabnya dengan meninggalkan kapal, lalai, menyebabkan orang lain cedera, tidak melakukan kontak penyelamatan dengan kapal lain dan melanggar hukum kelautan. Selain itu, Lee dianggap tidak menjalankan prosedur benar untuk memandu proses evakuasi penumpang sehingga menyebabkan para penumpang meninggal atau terluka.

Bila terbukti bersalah, Lee akan menjalani hukuman penjara minimal 5 tahun hingga seumur hidup.(dtn)

Mobil Listrik RI Baru Diproduksi Massal 2025

http://images.detik.com/content/2014/04/21/1036/091554_selow.jpg  Jakarta (mp.c)-Indonesia sudah bisa mengembangkan purwarupa mobil listrik berbagai varian. Kapan kira-kira mobil listrik nasional ini bisa diproduksi secara massal?

Prosesnya masih cukup panjang. Saat ini mobil listrik ini masih dalam tahap sertifikasi. Untuk menuju produksi mobil listrik secara massal, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkirakan hal ini baru bisa memasuki fase industrialisasi pada tahun 2025.

“Kalau program mobil listrik baru di 2025,” kata Direktur Industri Alat Transportasi Darat, Soerjono kepada detikFinance di Jakarta seperti dikutip Senin (21/4/2014).

Soejono menilai membangun industrialisasi tidak sekedar menyiapkan purwarupa semata. Harus ada persiapan di segala lini seperti regulasi, produksi alat komponen, penyediaan stasiun pengisian hingga pengelolaan limbah mobil listrik yang terencana dengan baik.

“Siapin infrastruktur dulu. Penanganan baterainya bagaimana. Kita pakai listrik, mau green. Ada baterai lithium. Siap tangani limbah baterai?” sebutnya.

Industrialisasi harus disipkan secara matang sehingga mobil listrik karya Indonesia bisa bersaing dengan produk buatan luar negeri.

“Mobil listrik kalau sudah proven baru bisa dipakai. Mobil listrik disarankan siap infrastruktur dulu. Jangan asal ngomong,” jelasnya.

Soejono juga menjelaskan terkait penilaian lambatnya izin atau minimnya dukungan terhadap mobil listrik daripada pengembangan mobil murah. Mobil murah memang dipercepat pengembangannya karena ingin mempersiapkan diri menghadapi pasa bebas ASEAN tahun 2015. Hal tersebut bisa juga diterapkan pada mobil listrik nasional jika telah siap.

“Roadmap LCGC 2015. Tapi karena ada ancaman AEC tahun 2015. Maka kita genjot agar muncul. Kalau mobil listirk siap, kita majuin,” jelasnya.

Seperti diketahui ahli-ahli Indonesia seperti pandawa putra petir hingga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mampu menghasilkan berbagai purwarupa mobil listrik seperti jenis mobil sedan sport, mobil listrik MPV, hingga bus listrik. Namun purwarupa tersebut masih tertahan pada tingkat sertifikasi di Kementerian Perhubungan.(dtf)


Karyawan BTN Tolak Akuisisi Bank Mandiri, Dahlan: Saya Nggak Peduli

http://images.detik.com/content/2014/04/21/5/083807_btndemo.jpgJakatta (mp.c)Karyawan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menolak rencana aksi korporasi pemegang saham mayoritas yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kementerian BUMN sedang menyusun program akuisisi BTN oleh sesama perbankan pelat merah.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menjadi kandidat kuat sebagai bank yang bakal mengakuisisi BTN. Apa respons Menteri BUMN Dahlan Iskan atas aksi karyawan BTN?

Mantan bos PLN tersebut mengaku tidak terlalu ambil pusing terhadap aksi penolakan karyawan bank pelat merah tersebut. Bahkan ia menantang karyawan untuk langsung melakukan aksi unjuk rasa kepada dirinya sebagai Menteri BUMN.

"Saya nggak peduli. Kalau karyawan mau demo silahkan. Kalau direksi nggak bisa atasi. Silahkan demo ke saya," kata Dahlan kepada detikFinance, Senin (21/4/2014).

Dahlan menilai aksi penolakan karyawan BTN tersebut tidak mendasar. Pasalnya rencana akuisisi BTN justru akan memperbesar ukuran dan kemampuan BTN di dalam pembiayaan perumahan. Selama ini BTN kurang mampu membiayai sektor perumahan padahal kebutuhan perumahan terus meningkat.

"Karena akuisisi BTN ini adalah untuk memperbesar BTN. Selama ini masa BTN nggak mampu memberi pembiayaan perumahan dalam jumlah besar," jelasnya.

Pasca akuisisi bank berkode BBTN itu akan menjadi anak usaha Bank Mandiri. Saat ini total saham pemerintah di BTN mencapai 60,14% dan sisanya dimiliki oleh publik. Saham pemerintah itu yang akan dialihkan ke Bank Mandiri

Sebelumnya, ratusan karyawan BTN dari seluruh Indonesia berdemo di kantor pusat BTN di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Karyawan BTN melakukan aksi demonstrasi menolak rencana pemegang saham terkait akuisisi BTN oleh Bank Mandiri.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja BTN Satya Wijayantara menjelaskan rencana pemegang saham mayoritas yang diwakili Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait akuisisi BTN telah menabrak tiga regulasi sekaligus yakni Undang-Undang Perseroan Terbatas, Undang-Undang BUMN dan ketentuan pasar modal.

"Pak Dahlan keliru, mungkin kurang paham soal akuisisi. Tidak ada anak perusahaan di dalam perbankan, yang ada merger. Kalau merger harus ikuti visi misi Mandiri sementara Mandiri komersial bukan ritel jadi tidak akan bisa menyatu," kata Satya.(feb/ang) (dtf)


 
http://images.detik.com/content/2014/04/21/1015/facdalam.jpg
Jakarta -Pekan lalu perdagangan saham berlangsung relatif lebih sepi dibandingkan pekan sebelumnya. Nilai transaksi rata-rata harian selama sepekan kemarin di Pasar Reguler hanya Rp4,12 triliun dibandingkan rata-rata harian pekan sebelumnya yang mencapai Rp7,88 triliun. IHSG cenderung bergerak dalam rentang konsolidasi namun dengan tren menguat. IHSG akhir pekan lalu ditutup di 4897,052 menguat tipis 0,5% dari posisi penutupan hari sebelumnya dan menguat 1,67% selama sepekan.

Penguatan indeks sepekan terakhir terutama didorong masuknya dana asing mencapai Rp1,60 triliun. Saham sektor properti, CPO, perbankan dan tambang logam menjadi motor penguatan IHSG pekan kemarin. Sejumlah sentimen domestik seperti isu kandidat presiden menjelang pilpres Juli mendatang, aksi korporasi pembagian dividen dan antisipasi rilis laba 1Q14 sejumlah emiten menjelang akhir bulan ini meenjadi katalis pergerakan IHSG pekan lalu. Sementara bursa global terutama Wall Street pekan kemarin berhasil melanjutkan tren bullishnya. Indeks DJIA dan S&P di Wall Street sepekan terakhir masing-masing menguat 2,4% dan 2,7%. Penguatan tersebut terutama dipicu data ekonomi AS yang keluar di atas ekspektasi pasar dan respon atas rilis laba 1Q14 sejumlah emiten disana yang positif.

Memasuki perdagangan awal pekan ini, IHSG berpeluang melanjutkan penguatan, menguji kembali resisten 4930 sedangkan support 4870. Katalis penguatan IHSG adalah antisipasi rilis laba 1Q14 dan pembagian dividen sejumlah emiten yang memasuki masa cum akhir bulan ini.

IHSG : S1 4870 S2 4850 R1 4910 R2 4930


Saham Pilihan

BMRI 9750-10050 BoW, SL 9600
BBTN 1350-1520 TB, SL 1290
TLKM 2300-2400 TB, SL 2270
SGRO 2100-2300 TB, SL 2000
GGRM 50200-51400 TB, SL 49700
ITMG 25175-25800 TB, SL 24800
INCO 3375-3650 BoW, SL 3300
(dtf)

KESEHATAN

Jenis Daun Yang Berkhasiat Obat Yang Perlu Anda Tahu

Jenis Daun Yang Berkhasiat Obat Yang Perlu Anda Tahu - Mungkin di posting sebelumnya masing-masing tanaman yang berkhasiat obat sudah pernah dibahas satu persatu, tapi tidak ada salahnya jika dikesempatan ini saya segarkan kembali dengan paparan yang lebih simpel, dan praktis.Berikut ini ada beberapa tanaman berkhasiat obat.

Bagian yang dipergunakan dalam pengobatan adalah daunnya, langsung saja kita lihat satu persatu jenis daun yang berkhasiat obat, sebagai berikut :

Pepaya

Tanaman pepaya tumbuh dan banyak ditemukan di berbagai daerah ditanah air kita.Daun Pepaya pada umumnya kita makan sebagai lalap  atau disayur.Adapun kandungan zat yang terdapat pada daun pepaya, antara lain alkoida karpin, glukosida, karposioda, sedikit damar, dan lazin proteolitik papain.

Daun Pepaya berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan demam, disentri, dan sebagai perangsang semangat dengan dosis minimal 0,5 mg sampai 4 gram.Baca posting sebelumnya " sejuta khasiat dan manfaat pepaya "

Ketepeng

Tanaman ketepeng yang biasa disebut ketepeng cina, banyak pula tumbuh di tanah air kita, terutama di Pulau Jawa, Maluku, dan Menado.Daun-daun ini mengandung zat penyamak dan zat pahit dengan khasiat untuk menyembuhkan sakit demam dan penyakit kulit.Dosis yang biasa digunakan antara 200 mg-500 mg.Posting sebelumnya " manfaat daun ketepeng "

Jinten

Tanaman jinten tumbuh diberbagai daerah ditanah air kita.Daun jinten mempunyai banyak kandungan zatnya, yaitu minyak atsiri sekitar 0,2 %, karvokol, isopropik-okresal, dan kalium sampai 6,4%.daun jinten berkhasiat untuk menyembuhkan sakit batuk, mules, dan sariawan.dosisnya sekitar 3 g - 6 gram.

Kemuning

Tanaman kemuning tumbuh di berbagai daerah, terutama di Jawa dan Jawa Timur.Daun kemuning mengandung zat-zat glukosa uwayin, minyak atsiri, damar, dan zat penyamak.daun kemuning baik sekali untuk mengobati penyakit gonorrohoe dengan dosisnya tidak melebihi 2 gram-5 gram.

Kumis Kucing

Tanaman ini tumbuh di berbagai daerah di Indonesia dan biasanya tumbuh di tempat yang agak basah.Dalam memanfaatkan daun kumis kucing biasanya dimanfaatkan ketika sedang berbunga.kandungan zatnya, yaitu minyak atsiri dan kalium ( 0,6-3,5% ) diperlukan sebagai bahan bakal obat untuk meperlancar keluarnya air seni/kencing dengan dosis 1-2 gram.Baca juga posting sebelumnya " Kumis kucing dan manfaatnya "

Sirih

Daun sirih sudah secara tradisional digunakan oleh orang-orang tua kita.Daun ini biasanya tumbuh di pekarangan dan merambat.daun sirih mengandung minyak atsiri, klavikal, seskriterpen, diastose, zat penyamak, gula, dan pati.Daun sirih dapat digunakan sebagai obat batuk, antiseptik, obat kumur, dan juga bagus khasiatnya untuk cekok bagi ibu-ibu yang baru melahirkan dengan cara merendamnya di air panas.

Arbei

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tanah air kita, terutama didaerah yang keadaannya sejuk.Pada umumnya orang mengenal buahnya saja, tetapi daunnya mempunyai khasiat untuk obat.kandungan zat-zat pada daun ini, antara lain : logam-logam alkali, alkali tanah, garam, sitrat, molat, gula, dan pektin.Daun ini berkhasiat sebagai bahan bakal obat memperlancar atau meperbanyak keluarnya air seni.

Randu

tanaman randu tumbub luas di negeri kita.Sebagian besar orang hanya memperthatikan buahnya saja.namun, daun tanaman ini berkhasiat untuk obat.

Daun  randu mengandung zat hidrat arang, zat penyamak, dan damar yang pasif.Daun randu sangat baik untuk obat mencret dan obat kumur.Dosis yang umum digunakan adalah 2-10 gram.

Salam

Tanaman salam banyak tumbuh di diberbagai daerah di Indonesia.Penduduk kita pada umumnya mempergunakan daun salam sebagai bahan penyedap masakan.Zat yang terkandung dalam daun salam adalah minyak atsiri dan zat penyamak.Daun salam dapat juga digunakan sebagai bahan bakal obat astringensia denagn dosis yang umum antara 5-15 mg.

Jambu Biji

Tanaman jambu biji banyak tumbuh di daerah-daerah di tanah air kita.penduduk kebanyakan mementingkan buahnya, tetapi daun-daunnya pun ternyata mempunyai nilai obat yang baik.Daun-daun jambu biji berkandungan zat penyamak, minyak atsiri berwarna kehijauan yang mengandung egenol, minyak lemak, damar, dan garam-garam mineral.Daun jambu biji berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit mencret dan astringensia.

Teh

Tanaman teh sudah dikenal oleh penduduk di tanah air kita, terutama sebagai minuman.kandungan zat pada daun teh adalah kafein, tatin, dan sedikit minyak atsiri.Daun teh, disamping sebagai untuk penyegar minuman, juga berkhhasiat untuk obat antidotum pada keracunan oleh logam-logam berat dan alkaloida.Petiklah kuncup daun berikut 2-3 helai daun di bawahnya.Gulunglah kemudian berikanlah kepada si penderita.(Int)





0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda